13 Ide Bisnis Online Menguntungkan, "Awas No 13 Jangan Di Ikuti".

Ada banyakIde atau Gagasan Bisnis Onlineyang bisa menguntungkan dan menjanjikan. Namun dari sekian banyak gagasan bisnis online itu, tidak semua bisa di putuskan dengan mudah dalam waktu yang singkat.

13 Gagasan Bisnis Online Yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Lalu yang terpenting dari sebuah gagasan atau ide bisnis online itu bukanlah gagasan dan idenya, melainkan tindakan atau eksekusinya.

Kalau umpama ide atau gagasan tuk berbisnisnya bagus, mantap, unik dan keren tetapi tidak di tindak atau di putuskan secara baik ya itu sama saja dengan semua membuang waktu alias percuma.

Maka oleh karena itu akan lebih bagus, baik, dan bijaksana walau gagasannya sederhana namun langsung di tindak maka akan menjadi luar biasa.

Ibarat seperti Tukang Gojek atau Tukang Ojek Online

Gojek gagasanya terinspirasi dari tukang ojek biasa yang menjadi sebuah solusi mobilitas ditengah - tengah kemacetan. Namun Gojek mengeksekusi gagasan tersebut dengan baik bahkan lebih luar biasa.

Sehingga tidak mengherankan jika saat ini Gojek telah menjadi perusahaan yang mendapatkan pendanaan usahanya hingga jutaan dollar.

Jika anda belum pernah memulai bisnis online, Silahkan baca - baca artikel yang membahas bagaimana cara memulai bisnis online (di mbah google banyak terjaji), sebelum melanjutkan membaca ke gagasan bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan ini.

Jadi terdapat dua kata yang menjadi penekanan pada pembuatan artikel kali ini, yaitu Menguntungkan dan Menjanjikan.

Menguntungkan artinya adalah gagasan bisnis online ini mampu memberikan keuntungan materi atau finacial kepada Anda.

Memang sih resiko untuk bisa rugi itu selalu ada dalam bisnis apapun, tetapi paling tidak ya resikonya jauh lebih sedikit ketimbang gagasan bisnis online yang lainnya.

Sedangkan menjanjikan di sini bukan berarti ide bisnis online ini 100% akan sukses dan tidak akan gagal setelah Anda memulainya.

Menjanjikan di sini lebih mengarah ke peluang sukses yang besar di masa depan. Karena gagasan bisnis online yang kita berikan di sini paling tidak dari dulu hingga sekarang masih selalu tetap exis alias masih ada.

Dan ke depannya juga bisa di pastikan masih tetap terus ada melihat kebutuhan yang cukup tinggi pada bisnis online ini.

Ok, kita langsung saja ke 13 Gagasan Bisnis Online Yang Menguntungkan dan Menjanjikan:

  1. Influencer (Blogger, Youtuber, Selebgram)
  2. Membuat kursus online/produk digital
  3. Jual beli Website Atau Domain
  4. Jasa konsultasi online
  5. Jasa Penulisan artikel
  6. Copywriter
  7. Affiliate Marketing
  8. Sponsored Post
  9. Publisher iklan
  10. Freelancer
  11. Self Publishing
  12. Dropshipping
  13. ??????????

1. Influencer.

Apa itu Influencer ? Influencer adalah orang-orang yang aktif di media sosial dan memiliki cukup banyak followers, selain itu memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap followersnya.

Contoh dari influencer tersebut antara lain :

  • Blogger
  • Youtuber
  • Selebgram

Jika anda punya blog dan pembacanya cukup banyak, atau anda punya akun Youtube dan subscribernya banyak, atau anda punya akun Instagram dan memiliki banyak followers, maka Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi seorang influencer.

Namun bagi anda yang belum punya banyak pembaca followers, banyak subsriber, atau banyak follower, namun anda tetap ingin menjadi influencer, maka tidaklah perlu berkecil hati.

Hal ini di karenakan jumlah pembaca, jumlah followers dan jumlah subscribers itu bisa mengikuti atau bisa di kejar dengan konten yang anda buat, dan tentunya dengan konten - konten yang berkualitas. Selain itu juga dengan pendistribusian yang tepat.

Dengan memulai bisnis online melalui seorang influencer ini Anda bisa mendapatkan uang dari bisnis atau perusahaan yang memakai jasa anda untuk memasarkan produknya. Dan Anda nanti akan dibayar per iklan tayang atau bisa juga di bayar berdasarkan waktu kontrak.

Jika followers Anda sudah lumayan banyak, maka Anda bisa langsung mencari job melalui marketplace seperti:

  • Sociabuzz
  • Sociago
  • Buzzohero
  • Iconreel
  • dll

2. Membuat Kursus online / Digital Produk

Gagasan bisnis usaha online yang menguntungkan dan menjanjikan berikutnya adalah dengan membuka kursus online atau kalimat popularnya adalah digital produk.

Modal yang di perlukan agar bisa mengeksekusi gagasan bisnis online ini ialah hanya dengan rekaman layar di komputer anda. Artinya Pertama - tama di mulai saja dengan menentukan topik kursus lebih, lalu membuat kurikulum, lalu membuat slide presentasi, kemudian merekamnya sehingga bisa menjadi sebuah modul.

Umpama Anda menguasai materi tentang email marketing. Maka bisa bisa membuka kursus online dengan topik tentang bagaimana cara menjalankan email marketing untuk bisnis online.

Tidak hanya kursus online, anda juga bisa menjual sebuah produk - produk digital. Contoh dari Produk digital yang di maksud yaitu seperti di bawah :

  • WordPress Theme,
  • Slide Presentasi,
  • Template Video
  • Hingga aplikasi - aplikasi untuk smartphone.

Khusus untuk produk digital, jika anda memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal programming, maka anda bisa membuat aplikasi atau tools anda sendiri.

Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, dengan membeli langsung produk digitalnya pun bisa, tentunya produk digital yang sudah jadi dan ada lisensi PLR atau white label sehingga bisa di jual kembali.

Nama tempat untuk mencari produk digital white label, bisa di cari pada alamat di bawah ini :

  • CodeCanyon
  • Codester
  • GPLDL

3. Bisnis Jual Beli Website dan Domain.

Gagasan bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan seperti ini kalo istilah populernya adalah flipping. Jadi Aktifitas yang di lakukannya adalah membeli Website dan domain, kemudian mengelolanya, dan lalu menjualnya kembali dengan harga jual yang lebih tinggi.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan bisnis seperti ini adalah sebagai berikut:

  • Membeli website dan domain yang sudah benar-benar bagus performanya, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.
  • Membeli website dan domain yang sudah jadi, namun performanya masih kurang bagus, memperbaikinya lalu menjualnya.
  • Membuat website mulai dari nol dengan domain yang baru, meningkatkan performa dan nilainya, lalu menjualnya kembali

Untuk mengeksekusi gagasan bisnis online seperti ini Anda hanya perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang website, traffic dan juga metric website.

Dan bagaimana cara untuk melakukan jual beli domain dan websitenya anda bisa masuk atau kunjungi situs - situs berikut ini:

  • Flippa
  • Ads.id
  • Trademysite
  • Afternic
  • Empire Flipper

4. Jasa Konsultasi Online

Gagasan bisnis online lainnya yang menguntungkan dan menjanjikan berikutnya atau jenis bisnis online yang ke empat adalah jasa konsultasi online.

Di jaman yang sudah modern ini agar bisa berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya tidaklah harus dengan bertatap muka dulu.

Cukup hanya dengan menggunakan sosial media, website, atau aplikasi handphone dan juga koneksi internet, maka sudah bisa membuka jasa konsultasi online.

Sudah ada yang menindak gagasan untuk menjadi jasa konsultasi online ini, namun jumlahnya masih belum terlalu banyak! Jika dibandingkan dengan potensi pasar yang ada sekarang ini. beberapa diantaranya adalah :

  • Halodoc
  • Hukumonlune
  • Pijar Psikologi
  • dll.

Kalau Anda memiliki bakat di bidang tertentu, maka Anda bisa memulai dengan membuka bisnis online jasa konsultasi online ini.

5. Jasa Penulisan Artikel

Kalau Anda suka menulis atau Anda mempunyai kemampuan dalam hal tulis menulis, maka bisa mengeksekusi gagasan atau ide bisnis online Jasa Penulisan Artikel.

Banyak sekali pada saat sekarang ini para blogger atau seseorang yang memiliki website membutuhkan jasa penulisan artikel.

Untuk mengenai Tarif atau harga jasa penulisan artikel itu macam - macam dan bervariasi, ada yang mulai dari Rp5.000 per artikel, dan bahkan ada yang sudah hingga puluhan ribu per artikel, biasanya itu semua tergantung dari jumlah kata dan juga kualitas artikel yang di buatnya.

Sekarang katakanlah Anda bisa membuat 5 artikel dalam waktu satu hari dengan harga per artikelnya misalkan Rp 30 Ribu.

Jika di jumlah maka dalam sehari maka Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp150 Ribu. Jika di kalikan selama 1 Bulan, maka peluang pendapatan Anda mencapai Rp 4,5 Juta (Empat Juta Lima Ratus Ribu). Dan modalnya itu tadi hanya kemampuan dalam riset kata dan menulis saja.

Untuk mendapatkan pekerjaan menulis artikel ini bisa di bilang gampang dan juga cukup mudah. Anda bisa mengeceknya di Website freelance atau Website yang menawarkan jasa penulisan, atau bisa melalui forum serta Grup yang ada di Facebook.

6. Copywriter

Kita percaya dalam hal menulis semua orang itu pasti bisa. Namun menulis tulisan yang enak di baca dan mampu mempengaruhi ingatan orang lain untuk melakukan sesuatu itulah yang sangat - sangat sulit.

Jika Anda memiliki kemampuan seperti ini, maka gagasan bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan seperti menjadi copywriter ini, sangat cocok untuk Anda geluti.

Apa itu Copywriter? Copywriter adalah orang yang mampu membuat copywriting. Copywriting sendiri bertujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis melalui tulisan.

Teknisnya adalah dengan cara menjelaskan atau mengkomunikasikan penawaran kepada calon pembeli dengan bahasa yang lebih simple, praktis, dan mudah dipahami.

Selain itu dengan copywriting bisa membuat orang yang membaca menjadi tertarik dan muncul keinginan untuk membeli.

Untuk memulai bisnis online sebagai seorang copywriter, sama halnya seperti jasa penulisan artikel yaitu cukup bermodalkan kemampuan menulis saja.

Sedangkan untuk memasarkannya Anda bisa menggunakan media sosial atau bisa juga melalui situs freelance.

7. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah Gagasan Bisnis Online yang menguntungkan dan juga menjanjikan yang ke tujuh pada pembahasan artkikel kali ini! Affiliate marketing ini pada dasarnya semacam broker atau bisa juga di bilang makelar. terserah makelar apa saja, yang pasti bukan makelar kodok...xixixixi...

Secara teknisnya dalam Affiliate Marketing ini adalah Anda cukup memasarkan produk dan jasa milik orang lain ke orang lain, dengan catatan nama pemilik produk / jasa nya tidak di ganti, dan ketika terjadi transaksi atau penjualan, maka anda nantinya akan di beri komisi. Besaran komisi tergantung dari apa yang sebelumnya sudah di sepakati.

Affiliate marketing ini akan selalu tetap menjanjikan selama masih ada pihak - pihak yang ingin fokus pada produk dan layanan after salesnya.

Sehingga untuk urusan marketing dan sales sebagian besar di pasrahkan langsung kepada para affiliate marketer itu sendiri.

Apabila anda tertarik agar bisa memulai gagasan atau ide bisnis online seperti affilaite marketing ini, caranya Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Website / Landing page
  • Akun di affiliate network seperti JVZoo, Clickbank, Idaff, Ratakan, dll
  • Akun Facebook ads
  • Akun Google Ads
  • Sedikit Doi untuk beriklan

Setelah itu semua di persiapkan, pilih produk yang ada di affiliate network, lalu buat landing page nya di website anda sendiri, lalu ber iklan lah di Facebook Ads atau di Google Ads, dan lalu duduk santai tuk menunggu hasilnya.

Jika Anda belum paham bagaimana cara beriklan di Facebook Ads, Anda nanti bisa cari artikel di mbah google yang mengulas mengenai cara tersebut

Selain hal-hal di atas, perlu juga di perhatikan tentang List Building agar supaya ke depan nanti, anda bisa memiliki traffic sendiri, sehingga tidak terus menerus ketergantungan pada iklan yang berbayar.

8. Sponsored Post

Gagasam bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan selanjutnya adalah menekuni sponsored post! Cara kerjanya adalah anda menulis artikel pada blog yang anda punya, dengan tujuan untuk mereview produk / layanan dari orang lain.

Jadi sebelumnya Anda harus memiliki dulu blog atau website sendiri, jika ingin menjalani gagasan bisnis online sponsores post ini.

Dalam hal pembayaran, biasanya akan mendapatkan pembayaran dalam sekali posting untuk satu produk! Semakin banyak review yang Anda tulis di website atau blog, maka akan semakin besar juga potensi keuntungan yang di dapat.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan job dengan sponsored post ini ? anda bisa bergabung dengan komunitas blogger atau blog network seperti di bawah ini:

  • http://rhodoy.co.id/job-untuk-blogger/
  • https://www.etalasebisnis.com/partnership
  • Sociabuzz
  • Blogger Perempuan
  • dan lain sebagainya.

Atau selain bergabung dengan komunitas seperti di atas, tawaran sponsored post ini biasanya datang dengan sendirinya.

9. Publisher Iklan

Gagasan bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan selanjutnya adalah dengan cara menjadi seorang Publisher Iklan.

Cara kerjanya Anda cukup dengan menampilkan iklan baik itu iklan berbaris ataupun iklan bergambar pada website atau blog sendiri.

Jadi syarat utama untuk menjadi seorang publisher iklan ya harus punya Website atau Blog dulu. Setelah anda punya Website atau Blog, lalu sudah memiliki traffic yang banyak, maka bisa di daftarkan dengan segera website atau blog anda ke platform - platform publishing iklan, seperti di berikut ini:

  • Google Adsense
  • Infolinks
  • Chitika
  • Adnow
  • Payclick
  • Media.net
  • RevenueHist
  • dan lain sebagainya.

Berapa Potensi pendapatan dengan menjadi publisher iklan seperti ini ? Tergantung, namun bisa mencapai ratusan juta per bulannya....!!! Sudah lumayan banyak para publisher Indonesia yang sudah membuktikan dengan menjadi publisher iklan seperti ini.

Jika Anda ingin memulai bisnis online dengan mengeksekusi gagasan atau ide bisnis online ini, agar bisa menghasilkan lebih maksimal, kita sarankan untuk membangun sebuah blog yang berbahasa Inggris, itupun kalo Anda bisa berbahasa inggris. Karena kenapa kawan?

Karena untuk website berbahasa Indonesia, nilai setiap kliknya terlalu kecil jika dibandingkan dengan website yang isinya berbahasa Inggris.

10. Freelancer

Bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan seterusnya adalah dengan cara menjadi seorang freelancer. Apa itu Freelancer ?

Freelancer adalah pekerja lepas atau dengan kata lain tidak ada keterikatan antara pihak pekerja dan yang mempekerjakan.

Jadi begitu pekerjaan selesai, seorang freelancer kemudian dibayar sesuai dengan apa yang dia kerjakan sesuai dengan kesepakatan.

Untuk menjalankan bisnis online sebagai seorang freelancer ini ada banyak sekali peluang yang bisa Anda ambil. di mulai dari translator, input data, membuat logo, dan lalu membuat desain grafis hingga membuat sebuah software.

Dan yang lebih enaknya lagi, dengan memulai bisnis online sebagai seorang freelancer ini Anda tidak perlu keluar uang dan juga tidak perlulah keluar untuk bekerja, cukup stay home di rumah aja. Apa Modalnya?

Modalnya hanyalah skill yang Anda punya. Jadi kalau Anda punya kemampuan bahasa planet, maka Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi sebagai seorang translator.

Mungkin kalau Anda punya kemampuan dalam hal menulis dengan cepat, Maka bisa di coba dengan memulai bisnis online dalam bidang input data! Selain itu, Anda juga perlu bergabung ke dalam platform freelance untuk mendapatkan sebuah job.

Beberapa platform yang bisa Anda coba di antaranya adalah:

  • Sribulancer
  • Upwork
  • Freelancer
  • Fiverr
  • Toptal
  • Flexjob
  • Projects
  • Fastwork
  • dan lain sebagainya.

Di Negara Indonesia ada banyak anak muda yang sudah memulai bisnis online nya dengan menjadi seorang freelancer. Setelah cukup lama menjadi sebagai seorang freelancer, kemudian membuka bisnis agensi sendiri yang juga mempekerjakan para freelancer.

11. Self Publishing

Bagi Anda yang suka menulis, gagasan atau ide bisnis online dengan menjadi seorang Self Publishing ini juga cukup menguntungkan dan menjanjikan. Jadi Anda cukup menulis buku saja, lalu mencetaknya, dan lalu memasarkannya.

Untuk mencetak buku, anda bisa melayout sendiri, mengedit sendiri, hingga mencetaknya sendiri dengan biaya sendiri. Namun jika Anda tidak ingin repot mengurusi proses produksi, bisa juga kok menggunakan layanan self publishing seperti:

  • Nulis Buku
  • Mizan Store Self Publishing
  • Bitread
  • Leutikaprio
  • dan lain sebagainya.

12. Dropshipping

Dan selanjutnya gagasan atau ide bisnis online menjanjikan dan bisa menguntungkan yg ke 12 adalah dropshipping.

Dropshipping ini cara kerjanya sama mirip dengan affiliate marketing. Bedanya dropshipping ini apa yang dikirimkan adalah produk fisik dan tidak ada komisi.

Namun anda akan mendapatkan keuntungan atau profit dari selisih harga jual dengan harga beli dari supplier. Kelebihan dari Dropshipping ini anda tidaklah perlu menyetok produk dan lalu memikirkan bagaimana cara pengirimannya, karena sudah di atur oleh si pemilik produk. Jadi anda hanya perlu memikirkan bagaimana memasarkan produk tersebut.

13. Pengganguran

Dan yang terakhir atau yang ke 13 gagasan atau ide bisnis online yang sangat tidak menguntungkan dan sangat - sangat tidak menjanjikan adalah menjadi seorang pengangguran. Opsi ini bisa anda eksekusi, jika tidak ada pilihan yang lain.

Namun untuk menjadi seorang Pengangguran syarat mutlak pertama dan wajib harus di penuhi adalah anda harus punya banyak uang terlebih dahulu. dan uang tersebut harus cukup sampai kapan anda bosan jadi pengangguran. 1 tahun kah, 10 tahun kah, 20 tahun kah, terserah. yang pasti jangan sampai stress nantinya ya....wkwkwkwkwkwkwkwk.

Ok Itulah 13 Gagasan Bisnis Online Menjanjikan dan bisa menguntungkan yang bisa anda coba dan tindak lalu eksekusi.

Apakah artikel bisa membantu? Silahkan kalo share, barangkali ada kawan di sekitar anda yang membutuhkan. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. wassalam.