Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Aziomoto (Micin) Untuk Tanaman di Halaman Rumah

Manfaat Azinomoto (Micin) Untuk Tanaman - Micin alias Azinomoto atau kalo istilah kerennya Monosodium Glutamate (MSG) adalah merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah terkenal sebagai bahan penyedap masakan yang sangat di gemari. 

Manfaat Aziomoto (Micin) Untuk Tanaman

Oleh karena apa ? Oleh karena bumbu dapur yang satu ini mempunyai kandungan gula dan juga garam didalamnya untuk memperkuat rasa makanan.

Azinomoto sendiri termasuk kedalam kategori garam jenis natrium atau sodium yang memiliki bentuk menyerupai kristal yang terbuat dari zat asam glumate.

Walaupun Aziomoto bisa dibilang tak berbahaya, akan tetapi jangan terlalu berlebihan pula dalam meng konsumsinya.

Dan ternyata selain itu Azinomoto tidak cuma dipakai untuk mempersedap makanan, melainkan bisa juga digunakan pada tanaman dengan beberapa manfaat yang diterimanya seperti yang akan kita jelaskan di halaman ini.

Jadi pada kesempatan pembuatan artikel kali kita akan membahas sejumlah Manfaat Aziomoto (Micin) Untuk Tanaman di Halaman Rumah Anda

So jika penasaran, simak terus artikelnya hingga selesai ya !

Manfaat Micin Untuk Tanaman

Menurut video Tanaman Rumah yang kita lihat di akun YouTubenya kompas.com, salah satu manfaatnya adalah dapat membuat pupuk menjadi ramah lingkungan serta bisa menyuburkan tanaman. 

Dan manfaat aziomoto atau micin selengkapnya bisa dilihat berikut ini :

1. Dapat Merangsang Pertumbuhan

Sejumlah senyawa nitrogen yang terdapat didalam Azinomoto atau picin itu memiliki manfaat buat merangsang pertumbuhan batang, cabang, serta daun - daun tanaman.

Dan waktu yang terbaik untuk memberikan micin atau azinomoto pada tanaman yaitu disaat ketika usia tanaman sudah mencapai dua minggu setelah tanam dan belum menghasilkan buah. Kenapa ?

Karena disaat tanaman sudah berbuah lalu diberikan Azinomot atau pecin, maka hal seperti ini dapat berpengaruh pada kualitas buah seperti rasa dari buahnya akan sedikit berbeda, dalam arti buah menjadi gurih dan terlihat kurang segar.

2. Dapat Meningkatkan Kadar Air

Selain dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman yang sudah diterangkan pada poin satu, ternyata pecin micin atau azinomoto pun bisa meningkatkan kandungan kadar air di dalam tanaman.

Dengan kata lain Monosodium Glutamate bin picin ini dapat mencegah tanaman dari kekurangan air, oleh karena mempunyai kandungan didalamnya yang diberi nama senyawa natrium

3. Dapat Lebih Tahan Penyakit

Selanjutnya manfaat yang ke tiga selain bisa merangsang dan meningkatkan kadar air pada tumbuhan, juga dapat memperkuat ketahanan terhadap penyakit oleh karena didalamnya terdapat kandungan Kalium.

Kandungan kalium ini selain dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, juga dapat mengatur penutupan serta pembukaan pada stomata tumbuhan Sehingga dengan otomatis dapat meningkatkan juga fotosintesis serta metabolisme tanaman.

4. Dapat Mempercepat Tumbuh Bunga.

Sama dengan bumbu garam yang mempunyai manfaat untuk tanaman, bumbu micin juga dapat menjadikan tanaman untuk menumbuhkan bunga.erutama pada tanaman hias dan tanamana sayuran.

Manfaat micin untuk tanaman hias dan bunga ini dipengaruhi oleh senyawa natrium yang terdapat di dalam micin.

Andai kata mislanya bunga yang tumbuh pada suatu tanaman jumlahnya banyak, maka buahnya pun juga akan semakin banyak.

5. Dapat Dijadikan Pupuk

Manfaat picin selanjutnya lagi adalah bisa dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman aglonema atau yang biasa diistilahkan dengan pupuk yang ramah lingkungan.

Dengan menjadikan micin sebagai pupuk, maka tanaman akan terlihat tampak sehat, berdaun lebat, dan segar oleh karena terdapatnya kandungan senyawa C, H, O, serta Na didalamnya.

6. Dapat Menyuburkan Tanaman Padi

Jika Anda di belakang rumahnya terdapat tanaman padi, maka bisa menggunakan picin atau azinomoto ini sebagai penyubur. Karena penyedap rasa makanan ini bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanaman padi.

Salah satu pelaku atau orang - orang yang biasa menggunakan picin untuk menyuburkan tanaman padi ini sebagai pengganti pupuk adalah para petani didaerah Kendal Jawa Tengah, dengan cara mencampurkan micin dalam air dengan takaran yang sudah disesuaikan, lalu kemudian disemprotkan langsung pada tanaman padi ketika usia padi sudah lebih dari 1 bulan.

7. Dapat Membuat Warna Daun Lebih Hijau

Manfaat micin buat tanaman lainnya yaitu dapat membuat warna tanaman khususnya daun itu lebih hijau, dan yang namanya zat hijau daun atau istilah lainnya klorofil itu terbuat dari asam glutamat. 

Akan tetapi, perubahan warna yang terjadi pada daun tanaman ini tidak serta merta disertai dengan penambahan jumlah daunnya. Dan agar bisa menambah jumlah daun, maka dibutuhkan perawatan yang khusus lainnya.

Cara Memberikan Picin pada Tanaman

Adapun bagaimana cara memberikan azinomoto picin mecin atau penyedap rasa makanan pada tanaman adalah sebagai berikut :

  • pertama siapkan sebuah ember, dan silahkan masukkan 5 gram azinomot.
  • lalu tambahkan dengan satu liter air bersih.
  • selanjutnya, aduk sampai kristal azinomotonya benar - benar larut dengan air.
  • jika sudah laru, silahkan siramkan di salah satu tangkai tanaman.
Andai kata tanaman yang hendak disiramnya lebih banyak, maka ukuran atau takaran diatas yakni 5 gram micin dalam satu ember bisa dibuat dengan kelipatan tersebut.

Adapun pilihan lainnya jika hendak daun tanaman supaya semakin hijau serta lebat caranya yaitu dengan menyemprotkan larutan air azinomot langsung pada bagian daun tanamannnya.

Cara Membuat Pupuk dari Micin

Setelah bagaimana cara memberikan azinomot pada tanaman, mungkin Anda ingin mengetahui juga bagaimana cara membuat pupuk dari bahan penyedap rasa ini.

Dan berikut di bawah inilah Cara Membuat Pupuk dai Azinomoto :

  • Larutkan azinomot kira - kira 1 gram hingga 2 gram micin pada satu gelas air.
  • Jika sudah tercampur dan larut, siramkan pada akar - akar tanaman dengan dosis mulai dari 50 cc hingga sampai 100 cc per setiap tanaman, tergantung dari ukuran dan juga usia tanaman.
  • Jangka waktu penyiraman yaitu setiap tujuh hari sekali 
Catatan : sebaiknya penyiraman dengan menggunakan pupuk dari azinomot ini tak dilakukan dengan pupuk kimia lainnya supaya bisa terlihat hasilnya.

Itulah bahasan pembuatan artikel kali ini yakni Manfaat - Manfaat Aziomoto (Micin) Untuk Tanaman di Halaman Rumah Anda, beserta dengan cara beri micinnya pada tanaman dan juga cara membuat pupuk dari azinomot.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih telah menyimak artikel ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Wassalam.