Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Langkah Cara Aman Tanam Pisang Dalam Pot, Di Jamin Panen.

Tanam Pisang Dalam Pot - Dalam bercocok tanam pisang tidak lah harus memerlukan lahan luas, dan ternyata bisa juga dilakukan dengan cara menanam pisang di dalam pot dan ini adalah merupakan sebuah pilihan alternatif buat anda yang hendak mencoba usaha sampingan.

tanam pisang dalam pot

Penasaran seperti apa ? yuk di simak saja hingga akhir artikel tentang cara aman tanam pisang dalam pot di situs larantukagypsum.com ini.

Sepertinya masih banyak orang berpikir bahwa menanam pohon pisang cuma bisa dilakukan di lahan yang luas. Padahal tidaklah begitu...!!

Tahukah Anda bahwa pisang merupakan salah satu tanaman jenis tabulampot yang bisa tumbuh dengan subur walaupun pisang tersebut ditanam di dalam pot.

Dan jangan dikira panennya sedikit, malahan panen pisang yang diperoleh dengan cara ditanam di pot itu tidak kalah banyak hasilnya dengan menanam pisang di tanah yang luas.

Apakah Anda Penasaran dengan cara menanamnya ? Yuk di simak saja ulasannya, hingga akhir.

Cara Aman Tanam Pisang Dalam Pot

Bagaimana Tanam Pisang Dalam Pot secara aman dan di jamin panen? Berikut ini adalah cara beserta langkah - langkahnya:

1. Persyaratan Pisang

Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah jenis pisangnya. Oleh sebab, tidak semua pisang cocok ditanam dalam pot, sehingga alangkah baiknya diketahui dulu syarat pisang tumbuh.

Dan berikut ini adalah syarat pisang tumbuh yang sangat cocok ditanam dalam pot :

  • Dwarf Red;
  • Dwarf Cavendish;
  • Dwarf Brazilian; dan
  • Dwarf Jamaican.

Selain itu temperatur suhu serta lokasi juga bisa memengaruhi pisang tumbuh dalam pot.

Jadi supaya tanam pisang bisa tumbuh subur sehingga panen banyak, maka Anda harus tinggal di area yang memiliki iklim tropis dengan ketinggian kurang lebih 1300 mdpl.

2. Pilih Bibit Pisang Yang Unggul

Cara Tanam Pisang yang pertama yaitu pilih bibit pisang yang unggul buat ditanam dalam pot. Seperti apa bibit pisang yang unggul itu mempunyai karakteristik tertentu diantaranya adalah :

  • bibit pisang mempunyai tinggi perkiraan 0,5 meter hingga 1 meter;
  • lalu diameter bibit pisang mencapai 15 cm sampai dengan 20 cm;
  • dan bakal daun bibit pisang sudah terlihat;
  • serta daun tersebut menjulang tegak dan tidak terdapat rusak;
  • terakhir bibit pisang tak terserang penyakit dan hama.

3. Perendaman Bibit Baru

Sesudah memperoleh bibit pisang unggul, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu merendam lebih dulu bibit baru tersebut.

Jadi caranya adalah silahkan lakukan perendaman bibitnya dengan menggunakan pupuk organik cairan khusus untuk buah - buahan dengan ukuran 1 gelas.

Andai kata Anda hendak melakukan budidaya pisang dalam skala besar termasuk dalam membeli bibit pisang dalam jumlah banyak, maka campurkan stimulan buahnya dengan takaran sebanyak 1 gelas buat setiap 50 liter air pada bibit pisang.

Rendam bibit pisang tersebut selama 1 jam lalu kemudian tiriskan dulu bibit sebelum sebelum Anda tanam di dalam pot.

4. Siapkan Pot dan Media Tanam Pisang

Langkah yang ke empat adalah menyiapkan pot. Adapun ukuran Pot yang direkomendasikan untuk tanam pisang ialah pot yang memiliki ukuran pot sekitar 50 cm hingga 60 cm + terdapat lubang pada bagian bawah potnya.

Selanjutnya silahkan masukkan tanah liat pada pot yang sudah disiapkan tersebut. Selain tanah liat, juga masukan tanah berpasir dan jangan lupa pupuk kompos juga di masukan ke dalam pot sampai bibit mencapai ukuran 5cm.

Lalu aduk media tanam hingga merata, setelahnya siram dengan menggunakan air sampai tanah terlihat lembap.

Oh ya, yang di perhatikan sebelumnya yaitu pastikan tanah yang dipakai mempunyai pH sekitar 6 sampai 7 sebelum tanam pisang di mulai.

5. Menanam Bibit Pisang

Untuk menanam bibit pisang pada langkah yang ke lima ini caranya adalah sebagai berikut :

  • Gali lubang secara melingkar di area bibit pisang, lalu setelaghnya cabut dengan perlahan.
  • Silahkan bersihkan dulu tanah yang terlihat menggumpal pada akar bibit pisang dengan secara hati - hati dan teliti tanpa bagian akar tercabut.
  • Selanjutnya buat lubang sekitar 15 cm hingga sampai 20 cm pada pot, setelah bibit pisangnya di masukan.
  • lalu timbun lubang tersebut dengan menggunakan tanah dan pastikan tanaman bibit pisang bisa berdiri dengan tegak.
  • Teakhir berikan pupuk organik pada tanaman serta siram dengan menggunakan air secukupnya.

6. Perawatan Tanaman Pisang

Supaya tanam pisang bisa tumbuh secara baik, Anda bisa menyimpan pot tanam pisang setiap harinya di area yang bisa terkena cahaya matahari langsung.

Dan jangan lupa untuk menyiram tanaman pisang tersebut secara rutin umpamnya setiap dua kali sehari di waktu musim panas. Sedangkan di musim hujan, maka Anda cuma perlu menyiram tanam pisangnya apabila tanah sudah terlihat kering.

Yang perlu diperhatikan lagi, pastikan agar air yang diterima tanam pisang tidak terlalu berlebihan supaya akar pisang tidak terkena busuk.

7. Pemupukan Tanaman

Disaat umur pisang masih di 0 sampai 6 bulan, berikan selalu pupuk organik setiap 2 minggu sekali pada tanam pisang tersebut.

Namun disaat umur tanam pisang sudah mencapai 6 bulan lebih, setidaknya berikan pupuk organiknya satu kali saja atau 6 bulan sekali.

8. Waktunya Panen

Perlu diketahu biasanya panen Pisang, apabila usia penanamanya sudah mencapai sekitar 1 tahun, maka tanam pisang bisa di panen. Seperti apa ciri - ciri tanam pisang bisa panen?

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri menanam pisang bisa dinikmatai hasil alias bisa dipanen :

  • Daun bendera mulai mengering;
  • Buah berusia minimal 80 hari;
  • Bentuk buah memiliki siku-siku hampir bulat;
  • Buah berubah warna menjadi ranum.

Itulah artikel tentang 8 Langkah Cara Tanam Pisang Dalam Pot, Di Jamin Panen. Bisa Buat Usaha Sampingan di Rumah !

Apakah ini bisa membantu ? Mudah - mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya dan semoga yang berkunjung selalu dalam keadaan sehat walafiat dan semoga sukses.