Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Sertifikat Vaksin Secara Online di Website PeduliLindungi.id

Begini Cara Mengecek Sertifikat Vaksin secara online | Perlu di ketahui Program vaksinasi Covid-19 yang di canangkan pemerintah Republik Indonesia hingga saat artikel ini di terbitkan masih terus berjalan. Buat masyarakat yang sudah di vaksinasi akan memperoleh sertifikat sebagai tanda bukti.
Cara Mengecek Sertifikat Vaksin
Jadi sertifikat vaksin ini diberikan buat peserta vaksin yang sudah memperoleh dosis pertama yang berupa cairan lengkap.

Setelah proses vaksinasi dilakukan, maka Anda akan memperoleh pesan SMS berupa tautan atau link dari nomor 1199, yang nantinya akan diarahkan pada sebuah situs atau website, dalam hal ini nama situsnya yakni situs pedulilindungi.id.

Adapun program vaksinasi ini diharuskan 2 kali dilakukan, tujuannya supaya kekebalan dalam menangkis virus covid-19 bisa lebih maksimal (katanya..) !

Vaksinasi pertama

Yup, lakukan vaksinasi pertama dan setelah mendapatkan dosis vaksin yang pertama, nanti akan dikirimkan sejumlah pesan SMS dari 1199 perihal tentang kapan jadwal vaksin yang kedua dilakukan.

Selain itu Anda juga nanti akan memperoleh sebuah pesan berupa link sertifikat vaksinasi dosis yang pertama.

Jadi pada SMS tersebut, akan tertera juga nama peserta yang di vaksin, lalu ada juga nomor induk kependudukan beserta jadwal informasi pelaksanaan vaksin yang kedua.

Vaksinasi kedua

Selanjutnya setelah anda melakukan vaksinasi pertama maka harus melakukan vaksinasi ke dua. Nanti setelah menyelesaikan vaksinasi yang kedua ini, peserta vaksin akan memperoleh sebuah pesan SMS lagi yang berupa link atau tautan. Dan isi dari pesan sms tersebut adalah informasi nama peserta yang di vaksin + nomor induk kependudukan (NIK).

Lalu bagaimana apabila saya sudah divaksin, namun belum mendapatkan sertifikat vaksin ?

Mengutip dari website berita yang terkemuka di Indonesia, bahwasanya juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari KEMENKES yakni Ibu Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan : "Peserta vaksinasi yang belum mendapatkan sertifikat bisa mengakses halaman di Website pedulilindungi.id.

Dan menurut Ibu Siti lagi katanya bila vaksinasi belum kunjung muncul juga, harap menghubungi kontak call center yang terdapat pada website tersebut. "Silahkan cek di aplikasi PeduliLindung,id dan jika belum ada hubungi contact call center atau websitenya ya," begitu katanya.

Dalam Instagram resminya Kemenkes yakni @kemenkes_ri pun menyampaikan hal yang sama : "masyarakat dapat memeriksa statusnya serta bisa mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 via website peduliLindungi.id

Cara Cek Sertifikat Via peduliLindungi.id

  • Pastikan dulu Anda sudah mempunyai akun di web pedulilindungi.id 
  • Setelah itu, silahkan akses laman pedulilindungi.id, 
  • nanti pada bagian paling atas bakal muncul sebuah keterangan : “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19 ? 
  • Silahkan cek sertifikatnya di situ”. nanti akan diarahkan pada kolom untuk mengisi alamat email atau nomor telepon Anda yang sudah tercatat.
  • Setelah itu nanti akan dikirimi sebuah kode yang namanya kode pengungkit, 
  • Silahkan masukkan kode pengunkit tersebut, lalu klik tombol “Verifikasi”.
  • Selanjutnya masukan data seperti berikut :
    • masukkan Nama lengkap, 
    • masukan NIK / Nomor Paspor, 
    • masukan tanggal lahir, 
    • masukan tanggal vaksin, 
    • masukan jenis vaksin, 
    • terakhir masukan pengungkit bukan robot. 
  • Nanti sertifikatnya akan muncul, selanjutnya klik gambar dan lalu klik “Unduh Sertifikat” pada bagian kanan bawah.
  • Apabila Anda  berhasil mengunduh sertifikat tersebut, maka akan muncul sebuah keterangan sertifikat yang sudah berhasil disimpan ke ponsel Anda.

Cara Cek Sertifikat Via SMS

  • Jika peserta vaksin memperoleh sebuah pesan SMS dari nomor 1199 yang isi pesannya berupa link sertifikat, tinggalah Anda klik saja tautan tersebut (biasanya tulisan link berwarna biru), maka nanti setelah di klik tautan tersebut, Anda akan di arahkan ke halaman web pedulilindungi.id
  • Setelah berada  di halaman web lindungipeduli.id tersebut, silahkan lanjut login dengan akun Anda jika memang diperlukan, maka nanti akan langsung muncul link sertifikatnya untuk Anda unduh atau download. 
  • Setelah Anda unduh sertifikat tersebut, nanti akan secara otomatis tersimpan didalam memory internal ponsel Anda.

Itulah informasi tentang bagaimana cara mengecek sertifikasi vaksin secara online di website pedulilindungi.id yang bisa kita sampaikan.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan dishare saja pada teman disekitar anda yang sudah di vaksin, barangkali teman anda tersebut kebingungan untuk mendapatkan sertifikat vaksinnya.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya dan semoga ulasan tentang vaksin ini bisa bermanfaat, wassalam.