Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Kunci Pintu Yang Aman dan Terbaik Untuk Rumah Tinggal

Kunci pintu jika Anda hendak keluar rumah ya dan jangan lupa gunakan jenis kunci yang aman, bagus, serta terbaik, supaya keamanan rumah lebih terjamin, terutama buat Anda yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.
Jenis Kunci Pintu
Alasan rumah kosong mungkin karena aktifitas pekerjaan Anda dikantor yang sangat super sibuk, begitupun dengan istri yang juga sibuk berkerja. Mau tak sewa pembantu belum waktunya karena belum memiliki anak, maka pilihan terbaik agar rumah aman yakni dengan menggunakan jenis kunci rumah yang baik, bagus, serta aman dan kuat.

Atau mungkin saja Anda menyimpan sesuatu yang penting dalam sebuah lemari diruangan kamar tidur yang tak boleh orang lain ketahui, maka tak cuma lemarinya saja yang dikunci melainkan harus dikunci juga pintu kamarnya supaya kemananannya bisa lebih terjamin.

Arti kunci diatas akan menjadi lain maknanya ketika pengertian atau definisinya menjadi seperti "Pintu adalah merupakan sebuah kunci sukses agar Anda bisa masuk keluar rumah dengan secara bebas, lancar, aman terkendali, serta nyaman.

Coba bayangkan jika rumah tidak ada pintunya, sedangkan cara untuk masuk keluar rumah kunci utamanya ada di pintu ? Lalu, apakah anda akan keluar masuk rumah melalui lubang jendela ?? atau apakah mungkin Anda hendak mengakses ruangan kamar tidur harus dengan menembus dinding ??? Hadeuuuh, pusing jadinya...hehehe !!!

Jenis Kunci Pintu Rumah

Buat sahabat larantukagypsum dimana saja berada terutama yang masih bingung dalam memilih jenis kunci yang aman dan terbaik untuk rumah, maka jangan khawatir lagi...!

Oleh karena macam - macam kunci dan gambarnya yang kita rekomendasikan ini sangat cocok dan pas untuk dapat meningkatkan keamanan dirumah Anda.

Dan ketika rumah sudah dirasa aman karena terpasang kunci pintu terbaik, tentunya Anda juga dapat dengan tenang pergi bekerja tanpa takut maling bertamu dirumah.

Berikut dibawah ini daftar 7 jenis kunci pintu rumah terbaik yang bisa Anda simak :

1. Kunci Pintu Rumah Mortise
Lalu jenis kunci rumah yang lainnya yang aman serta terbaik untuk rumah tinggal terdapat kunci model mortise yang memiliki desain penampilan yang menarik, terutama pada pelat bagian luar yang didesain agak sedikit berbeda dengan pelat bagian dalam.

Desain bagian luar pada kunci pintu jensi mortise ini sudah dilengkapi dengan anakan kunci, sementara pada bagian dalamnya tidak dilengkapi dengan lubang kunci.

Adapun cara menggunakannya jenis kunci mortise ini yaitu dengan menekan sebuah tuas yang terletak pada bagian atas gagang pintu. Sedangkan pada bagian luar Anda cuma tinggal memutar kenop agar dapat mengunci pintu dengan secara otomatis.

Jadi kunci rumah mortise ini seperti yang sudah dikatakan diatas, kunci ini termasuk kedalam salah satu jenis yang paling aman oleh karena tidak dapat diakses dari luar pintu rumah.

2. Kunci Pintu Rumah Deadbolt
Jenis kunci deadblot untuk pintu rumah ini mempunyai mekanisme terpisah antar gagang atau pegangan pintunya. Dengan mekanisme seperti ini dapat memberikan keamanan tambahan yang berlapis pada pintu.

Lalu pada bagian handle pintu yang sungguh terlihat sederhana ini pun memiliki peran yang penting yakni sebagai keamanan tambahan.

Model kunci pintu deadbolt ini selain bisa mengurangi risiko masuk rumah secara paksa oleh tamu tak diundang juga memiliki Desain kunci pintu Sperti sebuah silinder ganda dan tunggal.

3. Kunci Pintu Rumah Barrel Bolt
Jenis kunci pintu rumah Barel Bolt ini dikenal sebagai kunci gerender atau kunci baut geser, yang dipasangkan pada bagian dalam pintu rumah agar bisa membuat Anda tetap merasa aman tertuama saat berada di dalam rumah bersama dengan anggota keluarga.

Desain kunci pintu barrel bolt ini mempunyai dua bagian yakni satu bagiannya terpasang di tiang pintu (kusen) dan satu bagiannya lagi sebagai penguncian utama yang dipasang pada daun pintu rumah.

Selain itu pada handle pintu dengan desai yang sederhana ini, mempunyai sebuah kunci silinder yang bisa digeser ke sebuah pengait yang terpasang sebagai pengunci pintu dari bagaian dalam rumah.

Kenapa jenis kunci barrel bolt ini termasuk kedalam kategor aman, karena sejumlah orang lebih memilah memasang grendel satu bagian di atas pintu dan satu bagian lainnya bawah pintu yang dapat menciptakan keamanan rumah yang super ekstra.

4. Kunci Pintu Rumah Handleset
Berikutnya terdapat jenis kunci pintu namanya handleset. Kunci handlset ini termasuk kedalam tipe kunci aman serta terbaik yang biasa dipakai oleh banyak orang untuk rumahnya.

Jenis kunci handleset ini mempunyai model desain yang terlihat menarik, sehingga sangat cocok untuk Anda gunakan selain sebagai pengaman rumah juga untuk penampilan eksterior rumah menjadi berkesan elegan nan unik.

Tuas rumah pada kunci handleset ini pun sudah dilengkapi dengan pegangan pada bagian pintu sisi luar (eksternal) dan terdapat satu kenop putar pada bagian pintu sisi dalam (internal) sebagai pengunci.

5. Kunci Pintu Rumah Elektronik
Lalu terdapat kunci pintu rumah elektronik. Jenis kunci ini sangat cocok sekali buat Anda yang hoby dengan sebuah kepraktisan ekonomis yang tetap menghasilkan hunian rumah yang aman dari semacam sesuatu yang tidak diinginkan.

Kunci pintu elektronik bisa bekerja tanpa membutuhkan anakan kunci oleh karena cara beroperasi dengan menggunakan sistem keypad seperti tombol hp layar sentu atau dengan memakai sebuah kartu yang ditempel sebagai metode penguncian otomatis.

Jika Anda bagaikan orang lanjut usia yang sering lupa, maka dapat memilih jenis kunci pintu elektrik ini dengan menkombinasikan antara metode kunci kartu dengan metode kuci biasa.

Atau Bisa juga memilah kunci pintu elektronik yang mempunyai fitur yang lebih lengkap misalnya terdapat akses sidik jari, pemindai handphone dengan kemampuan akses buka tutupnya dari jarak jauh.

6. Kunci Pintu Rumah Doorknob Lock
Pegangan tuas pada kunci Doorknob Lock ini juga merupakan jenis kunci pintu rumah yang paling banyak digunakan oleh rumah - rumah tinggal sebagai tempat hunian permanen.

Jenis kunci pintu rumah yang ini biasanya ditempatkan selain di pintu utama depan rumah juga pada pintu bagian dalam ruangan rumah misalnya ruang kamar tidur dan kamar mandi. Mekanisme penguncian terdapat pada kenop didalam gagang pintunya.

7. Kunci Pintu Rumah Rantai
Jenis kunci pintu model rantai ini istilah kelennya yakni kunci chain bolt yang biasa sering dilihat pada sebuah kamar hotel bagian dalam ruangan.

Kunci-kunci ini mempunyai pengait khusus yang terletak pada kusen (tiang) pintu serta pada unit pengunci utamanya yakni baut per barel, namun tetap dengan menggunakan rantai sebagai menguncinya.

Ide kunci pintu seperti model rantai ini memungkinkan Anda untuk membuka sedikit pintu rumah, namun masih menjaga pintu tetap tertutup.

Jadi seseorang entah siapa, tidak akan dapat masuk kedalam rumah sebelum anda tutup dulu pintunya lalu melepaskan rantainya dan kemudian pintunya baru bisa terbuka.

Yang perlu dingat untuk jenis pintu rantai ini, disaat anda didalam rumah lalu tiba - tiba Anda menghilang dan muncul diluar rumah dalam keadaan posisi pintu terantai. Nanti bisa - bisa pintunya nda bisa dibuka, kecuali dengan dibongkar...!!

Bonus : Kunci Pintu Rumah Gembok Cakram
Kunci Gembok CAKRAM, sungguh terlihat unik namanya seperti rem kendaraan saja ada cakramnya, jangan sampai jenis kunci ini bisa berlari dengan kencang. Hehehe...!!

Tapi tidak juga, tipe kunci gembok cakram ini terdapat tips yang harus diketahui ketika membeli yakni jangan digunakan untuk pintu utama rumah sebab sangat tidak cocok dan sesuai dengan desain rumah.

Gembok cakram sebagai salah satu jenis kunci ini cocoknya diaplikasikan pada pintu ruang penyimpanan atau gudang sebagai tempat menyimpan barang yang sudah tidak dipakai.

Akan tetapi kunci gembok cakram iku lho, mempunyai kinerja ketahanan yang sangat tangguh serta sangat sulit untuk dibongkar.

Mungkin anda dapat memasang jenis kunci ini sesekali saja pada bagian bawah dan atas tuas pintu sebagai tambahan keamanan extra disaat Anda bepergian nun jauh entah kemana.

Demikian ulasan tentang 7 Jenis Kunci Pintu Yang Aman dan Terbaik Untuk Rumah Tinggal yang dapat kita sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.