Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tips Cara Memilih Besi Beton Yang Baik Untuk Konstruksi Bangunan

Buat para sahabat yang memiliki profesi sesama tukang atau sebagai ahli konstruksi bangunan atau istilah kerennya seorang developer di bidang konstruksi rumah tentu sudah tak asing lagi dengan namanya beton bertulang.
Tips Cara Memilih Besi Beton Yang Benar untuk Konstruksi Bangunan Rumah
Sebetulnya, yang namanya beton bertulang ini berupa pemberian tulang kpada onstruksi beton dengan menggunakan bahan material yakni berupa besi beton.

Besi yang digunakan sebagai beton bertulang pada umumnya terbagi menjadi dua macam jenis diantaranya adalah :
  1. besi beton palin bar (polos) 
  2. besi beton deformed bar (bentuk ulir)
Besi beton plain bar yakni besi beton dengan permukaannya yang polos alias tanpa sirip. Sementara besi beton deformed bar adalah besi beton dengan permukaannya berulir atau mempunyai bentuk ulir seperti sirip dengan arah saling melintang.

Lalu, cara memilih besi beton yang bagus serta baik untuk konstruksi bangunan rumah itu bagaimana ? Tidak sulit kok, kawan ikuti saja tips dari kita dibawah ini :

#Jenis Besi Beton apa yang hendak Digunakan

Tips cara yang pertama caranya adalah perhatikan jenis besi beton yang akan digunakan sebelum membangun konstruksi rumahnya. Jenis beton yang dimaksud tentunya para sahabat larantukagypsum sudah mengetahuinya.

Jadi sudah diterangkan diawal paragraf bahwa terdapat 2 jenis jenis beton bertulang untuk konstruksi struktur bangunan rumah dan ada dua jenis berton bertulang tersebut mempunyai fungsinya masing - masing.

Ketika sahabat bisa memilih besi beton dengan tepat sesuai dengan desain rumah yang sudah dikonsep, maka hasilnya akan lebih maksimal. Akan tetapi, para sahabat larantukagypsum pun perlu mengetahui seperti apa karakteristik dari kedua jenis besi beton tersebut sebelum dibeli.

Pada umumnya, besi beton yang jenis ulir sangat sulit untuk dibengkokkan terutama dibengkokan dengan secara manual yakni menggunakan tangan dan sangat sudah dilakukan oleh karena tegangan yang dimiliki besi ulir bisa dibilang cukup tinggi. Tetapi, tidak berlaku bagi besi beton yang polos (palin bar), dimana jenis besi sangat lebih mudah dibengkokkan untuk dibentuk.

Jadi apabila para sahabat larantukagypsum hendak mencari besi beton berkualitas, saran kita pastikan dulu besi beton yang hendak dipilih apakah mempunyai tingkat kekerasan yang baik.

Adapun cara menguji tingkat kekerasan besi beton bisa dengan menggunakan sebuah alat namanya yakni hardness tester.

#Perhatikan Besi Beton Tak Berkarat

Berikutya pestikan besi betonya dalam kondisi yang masih fresh dan cara mengeceknya gampang yakni dengan melihat bentuk besi beton apakah sudah berkarat ataukah belum.

Jika sudah berkarat maka besi tersebut sudah terlalu lama disimpan digudang, dan ini artinya kondisi besi beton sudah tidak dalam kondisi baik.

Jadi apabila kondisi besi sudah seperti itu pastikan sahabat untuk tidak memilahnya. karena besi beton yang sudah berkarat akan mengakibatkan besi beton akan menjadi lebih mudah rusak.

Selain itu besi beton yang sudah berkarat pun akan berbahaya buat kesehatan penghuni rumah. Jadi, sekali lagi buat para sahabat larantukagypsum yang hendak membeli besi beton agar memilih besi yang masih segar supaya konstruksi rumah dapat lebih tahan lama dan kesehatan bagi penghuninya pun tetap terjaga.

#Pertimbangkan Ukuran Besi Beton

Kenapa besi beton dipilih sebagai bahan material pembangunan rumah ? ya karena fungsi dari besi beton dapat menjaga agar bangunan tetap kokoh dan kuat, serta bisa lebih tahan lama.

Maka oleh karena itu sahabat harus menyesuaikan ukuran besi beton yang hendak digunakan agar nantinya bisa menopang berat beban yang ditopang.

Adapun spesifikasi besi beton biasanya mempunyai ukuran standar panjang yakni 12 meter dengan diameternya bermacam - macam di mulai dari diamater terkecil yakni : 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 13 mm, 16 mm, 22 mm, hingga diameter 25 milimeter.

Jadi buat para sahabat larantukagypsum yang menyimak aritkel ini pilihlah ukuran besi beton dengan diameter serta panjang yang sudah sesuai dengan ketentuan ukuran standar SNI. Demi terjaminnya kekuatan bangunan, gitu lho !

#Perhatikan Merk Besi Beton

Setiap produk apapun itu tentunya mempunyai merk unggulan yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang sejenis lainnya.

Dan khusus untuk produk bahan material bangunan yang beredar di Indonesia terutama buat produsennya haruslah mengikuti aturan yang sudah ditentukan olah SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi, para sahabat pastikan juga ya dalam memilih merk besi betonnya apakah besi tersebut sudah berlisensi SNI ataukah belum.

#Perhatikan Juag Harga Besi Beton

Yang terakhir tips dari kita yang tak boleh terlewatu yakni harga. Pastinya, semakin berkualitas besi beton yang dipilih, maka harga yang harus sahabat keluarkan pun semakin mahal. Karena seperti pepatah mengatakan Harga tidak akan membohongi kualitas !

Jadi buat para sahabat larantukagypsum janganlah terlalu pelit untuk mengeluarkan uang ekstra demi mempunyai barang yang memiliki berkualitas terbaik, terlebih jika Anda menggunakannya dalam jangka panjang. Tentunya, Anda tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra hanya karena terjadi kerusakan pada konstruksi rumah, bukan?

Itulah tips cara memilih besi beton yang benar untuk konstruksi rumah yang bisa sahabat terapkan di lokasi pembanguna rumahnya.

Apakahi artikel bisa membantu ? Sekian dan terimkasih sudah mau berkunjung di blognya para tukang bangunan ini. Semoga ulasan bisa bermanfaat, wassalam.