Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Bermain Bitcoin Untuk Pemula ? Yuk Disimak Saja Ulasannya....

Sepertinya belum terlalu banyak orang tahu Cara Bermain Bitcoin walaupun orang - orang tersebut sudah sering mendengar  apa itu yang namanya Bitcoin. Entah tidak tergoda atau apa entahlah...!!

Cara Bermain Bitcoin Untuk Pemula

Tetapi ada juga sejumlah orang yang belum mengetahui sama sekali apa itu Bitcoin. Untuk orang tipe seperti ini barangkali beliau malas untuk update berita mau itu melihat berita di handphone atau mendengar berita di orang - orang terdekatnya.

Namun begitu tidak ada salahnya jika yang sudah mendengar apa itu bitcoin namun belum mengetahui cara bermain bitcoin, maka bisa disimak saja ulasannya disini hingga akhir.

Karena pada kesempatan pembuatan artikel kali ini larantuka gypsum akan mencoba mengupdate informasi tentang Bitcoin terutama dalam hal cara bermainnya seperti apa.  

Investasi bitcoin memang mempunyai daya tarik tersendiri karena dalam investasi bitcoin ini ada penawaran keuntungan yang tidak main-main.

Oh ya, perlu di ketahui bitcoin juga termasuk kedalam kategory investasi yang sungguh sangat menggiurkan dan bisa dilakoni oleh siapa saja, salah satunya adalah termasuk Anda pemula.

Bitcoin buat sebagian orang (mungkin belum terlalu banyak juga ya orangnya) dan disaat sekarang ini sudah menjadi salah satu alternatif investasi yang kian tambah populer. 

"gimana tak populer, wong situs - situs berita yang terkemuka di Indonesia juga ikut andil memberitakannya di tambah bos mobil listrik pun elon mask ikut berinvestasi di bitcoin, ya tambah ramai lah." 

Tetapi kembali lagi, tidak sedikit juga orang yang masih belum tahu bagaimana cara bermain bitcoin, khususnya buat orang yang baru mendengar tentang bitcoin.

Kalo boleh mengatakan, harga bitcoin hingga saat ini itu terus merangkak naik. Bahakan dalam nilai rupiah saja, harga bitcoin perkepingnya itu sudah mencapai 700 jutaan.  Woow, duit segitu bisa buat beli rumah bergaya desain minimalis tuh.

Dan Jika anda orangnya seperti saya yang tak punya apa - apa, jangankan 700 juta, 700 ribu saja masih mencari setengah mati, hahahaha..."

Tapi jangan dulu kabur alias minder bro, simak aja terus ulasannya hingga selesai biar ada pengetahuan sedikit seputar bitcoin, walaupun uang kita tak ada. hahaha...!!!

Sebelum memulai bagaimana cara bermain bitcoin berinvestasi di bitcoin, alangkah baiknya kita kenali dulu lebih dalam apa sesungguhnya itu bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Mengutip dari situsnya bitcoin.org, bitcoin itu ialah salah satu jaringan konsensus, dimana jaringan ini memungkinkan sebuah sistem pembayaran baru berupa uang dengan bentuk digital.

Dengan kata lain Bitcoin merupakan sebuah jaringan pembayaran yang di istilahkan dengan nama peer - to -peer.  

Peer - to - peer itu sendiri adalah desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh hak pengguna tanpa ada otoritas sentral lain maupun perantara.

Jika dilihat dari sisi sudut pengguna bitcoin, maka bitcoin adalah sama halnya dengan uang cash. Namun uang cash yang ada di dunet (dunia internet).

Selain itu bitcoin juga disaat sekarang ini bisa katakan sebagai sistem pembukuan dengan 3 pencatatan yang paling menonjol.

Untuk mendapatkan Bitcoin itu sendiri ada beberapa cara yang bisa di lakukan, seperti :

  1. Cara pertama yaitu membeli bitcoin dengan menggunakan uang
  2. Cara kedua yaitu menjual barang dan menerima pembayaran dengan bitcoin
  3. Cara ketiga  yaitu menambang bitcoin dengan menggunakan komputer super canggih

Cara Kerja Bitcoin

Mengutip kembali dari situs bitcoin.org, dilihat dari sudut pandang pengguna bitcoin kembali itu tidak lebih dari sebuah aplikasi ponsel ataupun program komputer yang menyajikan wallet bitcoin.

Jadi dengan sebuah program komputer atau sebuah aplikasi ponsel dapat memungkinkan seorang pengguna buat mengirim dan juga menerima bitcoin.

Biar lebih jelas, kurang lebih seperti di bawah inilah cara bekerja bitcoin bagi sebagian besar para pengguna bitcoin :

  • Jaringan bitcoin yang duduk dibelakang layar, menshare (membagikan) sebuah catatan publik, dimana catatan ini disebut dengan Blockchain.
  • Jadi semua transaksi yang sudah diproses, tercatat pada catatan tersebut dan memungkinkan komputer penggunanya untuk memverifikasi pada setiap transaksi yang dilakukan.
  • Ddan keaslian setiap transaksi tersebut dilindungi oleh sebuah tanda tangan digital yang terkoneksi langsung dengan alamat pengirim.
  • Sehingga memungkinkan semua pengguna mempunyai kontrol yang penuh atas pengiriman bitcoin dari alamat bitcoin mereka.

Cara Bermain Bitcoin

Bagaimana Cara bermain bitcoin bagi yang pemula bisa menyimak langkah - langkahnya yang akan kita uraikan berikut ini :

1. Registrasi ke Exchange

Mungutip dari Convestasi, langkah pertama yang harus di lakukan adalah harus registrasi dulu di sebuah platform namanya platform exchange (bursa).

Dalam bulan desember 2020 saja, itu katanya yang sudah mengantongi ijin dari Bappebti sudah ada sekitar 13 perusahaan aset kripto. Salah satu di antara 13 perusahaan tersebut yakni : 

  • Indodax, 
  • TokoCrypto, 
  • Pintu, 
  • Rekeningku, 
  • Luno, dan lain-lain.

Selanjutnya setelah memilah salah satu, nanti akan di minta untuk melakukan satu proses namanya proses Know Your Customer

Inti dari proses tersebut adalah Anda wajib mengunduh KTP, foto, dan dokumen - dokumen lainnya yang dibutuhkan. Setelah itu tinggal tunggu proses selanjutnya yaitu proses verifikasi akun selama 1×24 jam.

Dalam memilah exchange, Anda juga perlu memeriksa biaya yang dibutuhkan mau itu untuk deposit awal hingga sampai withdrawal ke mata uang rupiah.

2. Membeli Bitcoin

Setelah proses registrasi ke exchange atau verifikasi akun selesai, maka Anda sudah di perbolehkan buat mendapatkan itu bitcoin, caranya yaitu dengan membeli bitcoin tersebut. 

Adapun Cara Membeli Bitcon itu bisa dilakukan melalui exchange kembali.

Lantas bagaimana cara agar bitcoin bisa mendapatkan untung ?

Jawabannya adalah : 

  • Anda beli bitcoinnya diharga yang rendah, dan ketika harga bitcoin melambung tinggi atau sedang naik pesat maka silahkan untuk menjualnya kembali.
Kira - kira seperti itu ya mas bro mba bro cara mendapat keuntungan dari bitcoin. Oh ya sebelum menjual bitcoin di harga yang tinggi pastikan dulu saldo yang tersedia di akun exchange yang intinya saldo harus tersedia.

3. Trading Bitcoin

Cara bermain bitcoin berikutnya bisa Trading bitcoin. Ada nama trading - tradingnya barangkali semacam trading saham gitu ya. Entahlah...!!!

Tapi kalo menurut situs Pintu atau definisi traiding bitcoin yang di lansir di situs Pintu, trading bitcoin itu adalah kegiatan perdagangan Cryptocurrency pada pasar mata uang kripto.

Jadi mungkin istilah dari trading bitcoin ini adalah mengacu pada aktivitas jual beli bitcoin yang ada di pasar kripto dan juga pasar berjangka.

Sedangkan, para pedagang juga investor perdagangan crypto itu dinamakan dengan istilah trader cryptocurrency.

Agar bisa menganalisa harga bitcoin itu katanya memerlukan sejumlah strategi trading. Dan kalo menurut Convestasi sih  cara - cara trading itu seperti ini :

  • Hodl : Anda dapat menyimpan bitcoin setelah Anda membelinya sebagai sarana investasi dalam jangka panjang.
  • Day Trading : Ketika Anda melakukan jual beli bitcoin dihari yang sama. Anda harus mengawasi pergerakan - pergerakan harga supaya dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa membeli bitcoin ataupun menjualnya.
  • Pump and Dump: Anda dapat membeli bitcoin dalam jumlah yang suangat banyak (perkeping 700 juta lho) untuk mempengaruhi harga bitcoin. Setelah itu Anda bisa menjualnya kembali ketika harga bitcoinnya sudah naik melebihi harga bitcoin ketika Anda membeli.

4.  Menjual Bitcoin

Salah satu cara termudah disaat Anda mau menjual bitcoin adalah dengan menggunakan bitcoin exchange kembali.

Karena pada dasarnya Bitcoin exchange itu bisa di katakan sebuah dompet sementara yang istilah kerennya disebut dengan Temporary Wallet.  

Jadi Temporary Wallet ini fungsinya adalah untuk menampung saldo mata uang fiat (rupiah) atau cryptocurrency yang akan diperdagangkan nanti oleh para pengguna bitcoin. Maka dengan begitu, transaksi yang dilakukan akan terjamin keamanannya.

Cuma saja, alangkah baiknya Anda bisa memilih exchange yang tepat sehingga disaat kegiatan jual menjual bitcoin nanti bisa berjalan dengan lancar serta untung.

5. Bitcoin Gratis

Bagi pemula jika ingin bermain bitcoin, maka bisa mencobanya dengan memperoleh bitcoin gratis lebih dulu. Bagaimana caranya yaitu dengan cara menambang dulu bitcoinnya (kaya emas saja menambang. Hahaa...)

Cuma saja, dalam hal tambang menambang bitcoin ini bisa dikatakan sungguh sulit lit lit lit alias tidak dapat dilakukan dengan mudah.

Namun setidaknya jika hanya ingin mengetahui caranya itu ada 4 cara menambang bitcoin seperti :

  • Menambang di pool mining
  • Cloud mining
  • Solo mining
  • Platform trading bitcoin

Dan apabila Anda ingin mendapatkan bitocin gratis, ada salah satu aplikasi untuk menambang bitcoin yang bisa Anda tes atau coba. NAma aplikasinya adalah MinerGate.

Ok barangkali hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai Bagaimana Cara Bermain Bitcoin khususnya Untuk Pemula.

Apakah ini bisa membantu ? Jika ya, bagikan dong artikel di orang terdekat anda siapa tahu membutuhkannya. 

Akhir kata terima kasih atas kunjungannya serta juga sudah menyimak. Semoga ulasan tentang bitcoin ini bisa berguna bagi yang membutuhkan. wsslm..