Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Gypsum Untuk Konstruksi Bangunan, Kecantikan, serta di bidang Kedokteran.

Gipsum ialah salah satu tipe mineral yang banyak digunakan untuk keperluan banyak orang setiap hari. Sebutan gypsum sendiri ialah salah satu sebutan yang berasal dari bahasa Yunani, yang memiliki arti memasak.

Ilustrasi Gipsum Sebelum Di Olah (bahan mentah)

Gipsum ialah salah satu mineral yang kaya dengan kalsium. Gipsum sendiri bukan menggambarkan sesuatu produk mineral asli, itu maksudnya gypsum bisa ditemui nyaris di hampir semua pelosok negeri, termasuk di dalamnya yakni negeri di Indonesia. 

Sifat Mineral Gipsum

Gypsum sendiri di saat sekarang ini banyak di jadikan sebagai salah satu bahan dasar dan juga bahan tambahan di dalam suatu konstruksi bangunan, karena gypsum memiliki berbagai macam keunggulan, di antaranya adalah :

  • Memiliki sifat ringan
  • Memiliki sifat tahan terhadap api
  • Memiliki sifat yang fleksibel
  • Serta mudah dalam sebuah pemasangan serta desain

Daerah Kalimantan dan Jawa Barat adalah salah satu daerah atau kawasan produsen gipsum di Negeri Indonesia 

Mineral gipsum mempunyai banyak sekali manfaat, dan berikut di bawah inilah manfaat gipsum buat kebutuhan konstruksi bangunan, bisa untuk keperluan kecantikan, dan sering di gunakan juga dalam bidang kedokteran :

1. Gipsum Untuk plafon

Plafon adalah salah satu elemen yang penting di dalam sebuah konstruksi bangunan. Plafon adalah pembatas atau sekat antara atap bangunan dengan ruangan bangunan di dalamnya. 

Di jaman dulu mungkin masih banyak orang atau masyarkat yang menggunakan bahan plafon dari kayu tripleks sebagai pembatas atap bangunan. 

Tetapi sekarang jaman sudah berubah, seiring dengan kemajuan teknologi yang secara terus menerus berkembang, maka dalam pembuatan plafon pun sekarang sudah mulai berganti ke gipsum.

Dan hal seperti ini sangat berkaitan dengan 4 keunggulan gpsum yang sudah di singgung pada paragraf diatas, yaitu lebih murah, tahan api, fleksibel serta mudah sekali dalam hal pemasangannya. 

Selain itu plafon dengan menggunakan bahan dari gipsum mempunyai kontur yang lebih presisi, rapih, dan juga tidak mudah rusak.

2. Pembuatan Sekat Dinding (partisi)

Selain biasa di pakai untuk pemasangan plafon, gypsum juga sering kali dimanfaatkan untuk partisi dinding atau sekat dinding. 

Biasanya pada saat berada di bangunan– bangunan semacam mall, untuk memberikan sekat antar gerai di dalam mall, kontraktor bakal memanfaatkan gypsum buat jadi pembatas, ketimbang memakai tembok batu bata yang jatuhnya mempunyai harga yang lebih besar. 

3. Bahan Pembuatan Semen

Khasiat gipsum juga kerap di ketahui sebagai materi kombinasi dalam pembuatan semen yang biasa di maanfaatkan buat mendirikan suatu gedung atau bangunan rumah, dengan semen yang sudah teraduk dengan gypsum,sehingga kekokohannya bakal meningkat, dan mempunyai energi yang merekat dan ini sangatlah bagus di banding dengan semen biasa. 

4. Sebagai Ornament dan Hiasan

Pabrik pembuatan gypsum tidak cuma terbatas pada peranan arsitektur pokok saja, semacam dinding, langit- langit, atau sekat, tetapi juga telah dikembangkan sebagai salah satu materi dasar pembuatan ornament ataupun dekorasi pada rumah.

Tentang ini dilakukan buat mengirit anggaran, sebab umumnya ornament rumah yang terbuat dari materi kayu mempunyai harga yang relatih jauh lebih mahal, serta juga cara pengerjaannya yang condong tidak mudah bila tidak berada pada tangan yang pas. Maka itu, gipsum ialah salah satu opsi pengganti dari ornament di dalam rumah, sebab lebih enteng serta gampang dalam pembuatan konsep ornament yang di idamkan. 

5. Sebagai Bahan Plester atau Perekat

Tidak hanya jadi materi penting dalam konstruksi, air gypsum juga kerapkali digunakan sebagai plester ataupun lem pada bilik, asbes, ataupun langit- langit rumah. Dengan memakai perekat yang dibuat dari materi gypsum, hingga efek bocor serta rusak bakal jadi lebih kecil, sebab gypsum mempunyai watak fleksibel serta tidak gampang rusak. 

6. Sebagai Cara Penyembuhan Penyakit

Terdapat sebagian prosedur pemulihan tradisional yang berawal dari Cina, yakni Shi Gao. Prosedur ini memakai khasiat gipsum sebagai salah satu tata cara dalam mengobati bermacam ragam penyakit dengan cara tradisional. 

7. Sebagai Bahan Pembuatan Lapangan Tenis

Lapangan tenis yang terbuat dengan jenis lapangan clay ataupun tanah liat umumnya memakai kombinasi materi gypsum dalam pembuatannya. Hal ini bakal membuat lapangan tenis jadi lebih kesat serta tidak licin, dan jadi lebih kokoh dalam pengaplikasiannya. Tidak hanya itu, lapangan tenis yang memakai campuran gypsum juga mempunyai masa pakai yang lebih bagus. 

8. Sebagai Bahan Utama Kapur Tulis

Nyatanya, kapur tulis yang kerap kita maanfaatkan sehari– hari pada saat dahulu menuntut ilmu dibuat dari materi dasar gypsum. Gypsum yang telah diolah bakal dibentuk jadi batangan– batangan kapur tulis, serta setelah itu didistribusikan ke sekolah– sekolah yang membutuhkannya. Tidak cuma bercorak putih, kapur tulis yang bewarna warni pun pula terbuat dengan memakai bahan dasar gypsum 

9. Menjadi Penahan Patah Tulang

Salah satu khasiat gipsum dalam aspek kedokteran yakni bisa menjagi penahan dari tangan ataupun kaki yang alami patah tulang. Sifat dari gypsum yang kokoh, sanggup melindungi situasi tulang kaki supaya tidak alami perpindahan sehabis dikerjakannya penindakan patah tulang. 

10. Sebagai Perlengkapan Pemeliharaan Tubuh

Bisa jadi disaat ini telah sangat langka orang yang memakai gispum sebagai salah satu tata cara pemeliharaan badan. Tetapi di prancis, gipsum sempat digunakan sebagai salah satu tata cara pemeliharaan badan seperti : 

  • Krim kaki
  • Produk perawatan rambut
  • Shampoo

Dan hal ini di rasa masuk akal, karena gypsum mempunyai kandungan kalsium yang lumayan tinggi, dan bermanfaat buat kesehatan kulit serta rambut

Bahaya Gipsum dalam Konstruksi

Walaupun mempunyai banyak khasiat, paling utama untuk bidang konstruksi, tetapi nyatanya gipsum beresiko untuk kesehatan badan. Abu yang berawal dari gypsum mempunyai sifat karsinogenik, serta berpotensi buat memunculkan kanker alat pernapasan. Tidak hanya kanker alat pernapasan, abu dari gypsum itu sendiri pula bisa memunculkan kendala pernapasan, semacam sesak napas serta pengap napas bila terhisap.

Hingga dari itu, dianjurkan pada saat kamu bertugas pada tempat ataupun area yang tinggi kandungan abu gipsumnya, kamu harus memakai masker sebagai penjaga diri kamu dari abu gypsum. Seperti itu beberapa khasiat dari gypsum. Mudah- mudahan postingan ini berguna. 

close