Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Tempat Wisata Flores Timur Terfavorit dan Populer 2020.

LARANTUKAGYPSUM.COM, - Destinasi Wisata Di Flores Timur bisa di bilang sungguh terlalu banyak tempat yang bisa di kunjungi, 2  di antaranya adalah termasuk tempat wisata favorit dan juga populer di tahun 2020.


Destinasi Wisata Flores Timur Terfavorit dan Populer 2020.

Tempat atau destinasi wisata favorit dan populer tersebut akan saya infokan pada kesempatan pembuatan artikel kali ini.

Walaupun sebetulnya topik utama dari blog larantukagypsum.com ini hanya sebatas membahas info dan tips seputar plafon rumah.

Namun saya rasa tidak ada salahnya untuk mengulas seputar tempat wisata di flores timur ini, dengan harapan semoga flores timur yang sudah cukup di kenal, bisa lebih di kenal lagi secara luas seluas luasnya terutama buat orang yang senang berlibur di manapun berada.

Sekedar di ketahui Flores Timur adalah merupakan sebuah nama kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang memiliki Luas Wilayah, Daratan, dan Perairan sebagai berikut :
  • Luas Wilayah : 5.983,38 km2  
  • Luas Daratan : 1.812,85 km2 
  • Luas Perairan : 4.170,53 km2
Selain luas wilayah, Kabupatena Flores Timur juga memiliki Letak Geografis yang berbatasan langsung dengan wilayah adsmistratif seperti :
  • Sebelah Timur terdapat Kabupaten Lembata
  • Sebelah Barat ada Kabupaten Sikka
  • Sebelah Selatan terhampar Laut Sawu
  • Dan Sebelah Utara terbentang Laut Flores.
Adapun batas wilayah administtratif tersebut berada pada posisi antara 080 04’-08040’ LS dan 1220 38’-1230 57’ BT.

Jika mau melihat secara visual dari wilayah Flores Timur bisa di cek pada peta yang terdapat di Map Google atau bisa juga di lihat dengan secara sepintas pada gambar di bawah ini : 

Letak GEografis Flores Timur

Bisa terlihat pada gambar di atas terdapat titik titik lokasi kecamatan yang bernaung di kabupaten di Flores Timur.

Destinasi Wisata Flores Timur

Dengan mengenal lebih dulu secara ringkas Letak Kabupaten Flores Timur beserta dengan Luas Wilayahnya seperti di atas, 

Maka selanjutnya jika hendak mengunjung tempat destinasi wisata yang ada di flores timur bisa di pastikan akan sangat mudah di temukan, terutama bagi anda yang berada di luar Kabupaten Flores Timur.

Lalu seperti apa nama Tempat Destinasi Wisata Flores Timur beserta dengan lokasinya ? Yuk di simak saja ulasannya berikut ini :

1. Asam Satu Beach.

Tempat wisata pertama yang menjadi favorit dan popular di flores timur, bahkan bagi masyarakat yang ada di Flores Timur sendiri dan tidak begitu jauh dari pusat kota Larantuka yaitu Pantai Asam Satu.

Tempat Wisata Pantai Asam Satu Di Larantuka Flores Timur

Bagi anda yang baru datang dan secara kebetlulan menginap di Hotel Asa, Hotel Sunrise, maka perjalanan menuju Pantai Asam Satu hanya membutuhkan waktu 1 menit dengan menggunakan sepeda motor.

Karena lokasi Wisata Asam Satu Beach di satu kelurahan dengan Hotel Asa dan Hotel Sunrise yaitu  berada di bagian timur kota Larantuka, sejauh 5 km dari pusat perbelanjaan / Pertokoan dan 1 km dari arah bandara Gewayan Tana Larantuka.

Lebih pasnya lagi pantai asam satu ini berlokasi di Kelurahan Weri, pas berdampingan dengan terminal angkutan perkotaan weri.

Dalam sepekan terutama di hari minggu pas siang hingga menjelang sore, banyak sekali pengunjung datang di Asam Satu Beach ini, terutama pengunjung dari masyarakat lokal itu sendiri.

Hari - hari biasa pun masih tetap ada pengunjung yang datang di asam satu beach ini.

Lalu kelebihan apa saja yang di dapat pada objek atau tempat wisata yang berada di dekat pusat kota larantuka yaitu pantai asam satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut  :
  • Terdapat hamparan pasir putih nan lembut yang terbentang sejauh mata memandang.
  • Bisa berenang dengan riang dan bebas, namun jangan terlalu ke tengah terutama di waktu arus laut kencang.
  • Bisa Duduk santai sambil memandang Pulau Adonara.
  • Terdapat beberapa pohon rindang, entah pohon apa namanya.
  • Fasilitas yang di rasa cukup memadai seperti : 
    • 8 Lopo 
    • 4 Gajebo
    • 5 Toilet
    • Air sumur
    • Panggung Hiburan
  • Fasilitas Selvi seperti : Ayunan dengan bingkai Bunga Love.
Kelebihan lainnya yang tidak terlalu penting yaitu Terdapatnya tempat Tambal Ban pas di depan pintu masuk di pantai asam beach ini. Walau kelihatan tidak penting tapi sangat berguna sekali bagi yang ingin tambah angin ban atau balon buat alat bantu berenang.

Selain sebagai tempat wisata di larantuka flores timur, Asam Satu Beach bisa di bilang sebagai tempat bermainnya anak - anak, seperti :
  • Bermain Football
  • Berenang
  • Bermain ayunan
  • Menggali pasir,
  • Berlari di sepanjang pantai,
  • Mojok Berduaan bagi yang Abg,
  • Dan lain - lain.
Beberapa tahun lalu tempat Pantai Asam Beach ini belum tertata rapih seperti belum adanya fasilitas yang mendukung seperti yang telah di singgung di atas. 

Namun berkat arahan dari Dinas Pariwisata Flores timur beserta kreatif dari para pemuda setempat maka pantai satu beach pada saat sekarang ini lebih nyaman dan sangat menarik untuk di kunjungi.

Mengenai kemananan, pak petugas di pantai asam beach mengatakan tempat wisata di asam satu ini sangat aman buat para pengunjung. Karena sudah berkoordinasi langsung dengan Polres Flotim beserta aparat kodim di flotim.

Lalu mengenai tarif, berapa sih biaya yang harus di keluarkan untuk bisa masuk di Asam Satu Beach ? Cukup 5.000 rupiah tapi saja perkelompok, bukan perorang.

2. Danau Asmara / Waibelen.

Apabila di bagian ujung barat kabupaten manggarai barat memiliki tempat wisata Pulau Komodo, maka kita yang di bagian ujung timir Kabupaten Flores Timur memiliki Danau Asmara yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata nasional pulau komodo untuk bisa anda di kunjungi.

Tempat Wisata Danau Asmara / Waibelen

Bagi yang baru dengar nama Danau Asamara, mungkin terdengar asing seperti apa itu Danau Asmara kok di namai Asmara ? Apakah danau tempat untuk para pengunjung yang lagi di mabuk asmara atau bagaimana ?

Tidak juga, siapapun boleh berkunjung di danau tersebut, mau itu anak - anak beserta orang tua, ataupun para remaja. 

Jadi kisah kenapa di namakan Danau Asmara bermula dari sepasang kekasih yang bernama Lio Kelen (laki - laki) dan Nela Kelen (perempuan). 

Pada waktu itu kedua pasangan tersebut lagi di mabuk asmara, namun di karenakan masih ada hubungan atau ikatan keluarga, maka hubungan asmara tersebut tak di restui oleh kedua orang tua mereka. Selain itu sepasang kekasih tersebut berasal dari kampung yang sama yaitu Kampung Tengadei, Desa Waibao.

Selain itu nama Danau Asmara sendiri, sering kali juga di sebut dengan nama Danau Waibelen, hampir sesuai dengan nama desanya.

Jadi suatu ketika, di tempo dulu, kalo itu Danau Waibao adalah satu - satunya tempat sebagai sumber mata air yang melimpah buat masyarakat di desa Waibao yang terdiri dari beberapa kampung yaitu :
  • Kampung Lebao
  • Kampung Riangpuho
  • Kampung Tengadei,
  • Dan Kampung Keka.
Dalam memenuhi kebutuhan keseharian, masyarakat khususnya yang masih muda turun setiap harinya untuk mengambil air yang hendak di pakai mandi kah, mencuci kah, minum kah, dan lain - lain.

Sama seperti pemudi dan pemuda lainnya lainnya, Nela dan Lio pun harinya - harinya pergi turun bersama di danau untuk mengambil air, lama - lama timbulah rasa asmara di ke dua hati Lio dan Nela.

Namun seperti yang telah di singgung di atas, bahwasanya hubungungan tersebut tetap tidak di restui.oleh orang tua, maka kedua pasangan sejoli Lio dan Nela ini bersepakat untuk melakukan "bunuhdiri" di Danau Waibelen atau tempat yang hari - hari biasa mereka kunjungi.

Cerita ini di kisahkan oleh seorang warga di desa Waibao namanya yaitu Pak Paulus. Lalu beliaupun melanjutkan kisahnya bahwasanya sepasang sejoli tersebut lalu menyusuri jalak setapak menurun yang biasa mereka lalui bersama warga lainnya dari kampung Tengadei, menuju Danau Waibelen.

Sebelum berjalan masuk untuk menceburkan diri ke dalam danau, mereka berdua sempat beristirahat dan duduk di tepi Danau.

Hal ini di buktikan dengan secarik kertas surat dari mereka yang di temukan tidak jauh dari tempat "bunuhdiri" yaitu pada celah - celah pohon yang terjepit di tepi danau.

Isi surat tersebut ber isikan kata - kata untuk kedua orang tuanya dengan bunyi : "Jika Mama Bapa Ingin Mencari Emas, Maka Carilah Ke Dalam Danau".

Lalu Pak Paulus pun melanjutkan lagi kisahnya, "Tiga hari sesudahnya, sepasang Kekasih inipun akhirnya di ketemukan dalam keadaan jasad masih utuh, walapun sebetulnya di dalam danau tersebut ada banyak buayanya.

Maka sejak kejadian tragis itu, Danau Waibelen pun berubah namanya menjadi Danau Asmara. Bahkan hampir semua masyarakat di Flores Timur pada saat sekarang ini menyebutnya dengan nama Danau Asmara.

Lebih lanjut pak paulus mengatakan bagi para Wisatawan yang ingin datang berkunjung di Danau Asmara ini sebelum menikmati keindahan pemandangannya di harap agar membasuh dulu dengan air danau yang di lakukan oleh juru kunci di danau tersebut. Tapi kalo menurut kita hal tersebut, tidak wajib juga.

Selain itu selama berada di area Danau Asamara para wisatawan yang berkunjung tidak boleh mengucapkan kata, seperti :
  • Kata - kata kotor,
  • Kata - kata saling bersumpag serapah.
  • Kata - kata tidak baik.
Adapun Kelebihan yang bisa di dapat pada Destinasi Wisata Danau Asmara ini diantaranya adalah :
  • Bisa menikmati Pesona Danau yang di rasa tenang, di tengah - tengah pepohonan yang rimbun.
  • Bisa duduk bersantai di sebuah rumah pohon sambil merasakan sejuknya udara tanpa polusi.
  • Bisa menikmati Bunyi Burung yang berkicuh riuh saling sahut menyahut sesama burung, ada juga burung yang lagi berterbangan. Jenis burung tersebut pun bermacam - macam seperti :
    • Burung Caridonax fulgidus (Cekakak tunggir putih).
    • Burung Pitta elegans (Paok laus)
    • Burung Philemon Buceroides (Cikukua tanduk).
    • Burung Dicrurus Densus (Sri gunting wallacea).
Mancing mania pun sepertinya bisa di lakukan, namun ikannya kecil - kecil dan bukan jenis ikan yang berada di laut melainkan jenis ikan air tawar seperti ikan nilla. Dulu sekali pernah saya coba untuk memancing di situ, tapi entah kalo sekarang apakah masih bisa memancing di situ ?.

Pesona lain yang bisa di rasakan adalah pemandangan pada saat di perjalanan yang penuh liku dan menantang seperti : 
  • Melewati perkampungan - perkampungan yang tentram
  • Melewati pemandangan rumah - rumah khas yang sangat begitu sederhana. 
  • Menikmati pemandangan  pohon - pohon mente yang berjejer kiri dan kanan.
  • Setelah pemandangan pohon terlewati, maka akan di suguhkan kembali pemandangan laut yang indah.
  • Kemudian menikmati kembali pepohonan - pepohonan lainnya, 
  • Dan lain - lain.
Bagi yang baru mungkin akan di rasa cape dan letih, namun percayalah rasa capai dan letih tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah tiba di Danau Asmara.

Sementara hanya itu yang bisa kita infokan mengenai Destinasi Wisata Di Flores Timur Terfavorit dan Populer di Tahun 2020.

Walaupun sebetulnya masih banyak tempat wisata flores timur lainya yang favorit dan juga sama - sama populernya di Flores Timur, dan mudahan mudahaan di lain waktu dan kesempatan akan kita update kembali artikel ini untuk bisa kita masukan.

Apakah ini bisa membantu ? sekian dan terimakasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini dapat berguna.
✅ Kang Wendy 😎
✅ Kang Wendy 😎 Sebelum tidur sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini bro..!! Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin Proyek Plafon dengan volume 100 juta m2. (Mimpi dan Berkhayal...) 😱😁

Post a comment for "2 Tempat Wisata Flores Timur Terfavorit dan Populer 2020."