Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki List Gypsum Yang Retak, Jatuh, Lalu Terlepas.

LARANTUKAGYPSUM.COM - Memperbaiki List Gypsum yang retak, lepas atau terjatuh dari plafon yang sudah terpasang di dalam ruangan rumah, sangatlah mudah dan simple.

Cara Memperbaiki List Gypsum Retak Dan Jatuh
Sumber foto : Pahrul Channel tube - Larantukagypsum.com
Kasus lis gypsum terlepas dari plafon asal mulanya dari retak kecil pada satu titik, lalu retak tersebut merembet kesamping kiri kanan secara pelan.

Dari rembetan pelan tersebut semakin lama retak list gypsum semakin melebar, hingga akhirnya jatuh telungkup di pangkuan sang lantai keramik dengan kondisi list gypsum sudah mengenaskan alias hancur berantakan.

Tak ada solusi lain jika list gypsum sudah jatuh terlepas, maka harus di ganti baru. Syukur - syukur motif list gypum yang terjatuh masih tersedia stocknya. Jika persediaan list gypsumnya kosong, maka harus menunggu untuk di cetak lebih dulu.

Namun apabila list gypsum hanya terjadi retak, maka tak perlu di ganti dengan list gypsum yang baru. Tinggal di dempul saja pada bagian yang retak dengan menggunakan lem gypsum yang bernama cornice.

Adapun Cara Memperbaiki List Gypsum Yang Retak adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan steger / skapolding / steling untuk menggapai lis gypsum yang retak.
  2. Persiapan lem gypsum (tepung cornice) ember, dan alat dempul.
  3. Korek dulu pada bagian list gpysum yang retak dengan menggunakan pisau cutter di beberapa titik, agar dempulan bisa masuk lebih dalam.
  4. Pasang skrup di ujung, tengah lalu ujung lagi, pada bidang list yang retak dengan menggunakan bor atau obeng.
  5. Tuangkan air pada ember secukupnya.
  6. Taburi air di ember dengan tepung cornice,
  7. Aduk secara perlahan dengan menggunakan skrap gagang,
  8. Atur kekentalan jangan sampai terlalu cair,
  9. Silahkan dempulkan adukan lem gypsum (tepung cornice) tersebut pada list yang retak termasuk yang sudah di korek dengan skrap dempul.
  10. Dempul semua yang retak secara merata dan padat
  11. Tunggu dempulan agak semu kering sedikit (anda boleh duduk rokok dulu).
  12. Jika sudah di rasa agak kering, segera bersihkan dempulan tersebut dengan menggunakan kuas tangan yang di celupkan dulu pada air.
  13. Kuas dempulan dan body lis yang terkena dempulan hingga bersih dan rapih.
  14. Terakhir cat ulang kembali list gypsum tersebut dengan warna yang sama.
Note : Jika di rasa dempulan pada list gypsumnya terlihat masih belum rapih, maka bisa di gosok atau amplas dengan menggunakan kertas pasir pada dempulan tersebut.

Bagaimana sanagt mudah bukan cara memperbaiki list gypsum yang retak. Lalu bagaimana jika listnya jatuh dan terlepas ? 

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya apabila list gypsum terjatuh dan terlepas, itu berarti harus pasang ulang. 

Bagaimana cara pasang lis gypsum yang jatuh, sama halnya seperti pasang list gypsum baru yang sudah saya buatkan panduannya di artikel dengan judul : 6 Langkah Praktis Cara Pasang List Gypsum

Itulah Cara Memperbaiki List Gypsum Yang Retak, Jatuh, dan Terlepas. Apakah ini bisa membantu ? jika ada pertanyaan silahkan ajukan di komentar. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung, semoga bermanfaat.
✅ Kang Wendy 😎
✅ Kang Wendy 😎 Sebelum tidur sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini bro..!! Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin Proyek Plafon dengan volume 100 juta m2. (Mimpi dan Berkhayal...) 😱😁

Post a comment for "Cara Memperbaiki List Gypsum Yang Retak, Jatuh, Lalu Terlepas."