Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ukuran Panjang Skrup Yang Pas Untuk Pasang Plafon

Inilah Ukuran Skrup Yang Pas Untuk Pemasangan Plafon

Memilih jenis ukuran skrup untuk pemasangan plafon khususnya skrup untuk plafon gypsum adalah merupakan salah satu hal yang perlu di pertimbangkan, agar proses pekerjaan bisa lancar dan tidak tersendat.

Apa jadinya pemasangan plafon khususnya plafon dari bahan gypsum yang menggunakan rangka hollow tanpa adanya skrup ? Sepertinya plafon tidak akan terpasang, terkecuali rangkanya menggunakan kayu dan penguncinya memakai paku khusus gypsum.

Apa Itu Skrup ?

Ciri - Ciri Skrup Gypsum
Skrup adalah merupakan salah satu komponen atau bahan material untuk pemasangan plafon yang berfungsi sebagai pengikat hollo ke hollo dan juga sebagai pengunci papan gypsum agar bisa menempel pada rangka plafon.

Skrup untuk plafon khususnya bahan gypsum lebih di kenal namany oleh para tukang plafon dengan istilah Skrup Gypsum.

Ciri - ciri Skrup Gypsum :
  • Memiliki warna hitam 
  • Terbuat dari serbuk besi
  • Ujungnya Tajam
  • Memiliki Tanda Plus di Topinya
  • Tersedia berbagai macam jenis ukuran panjang.
Skrup sepintas terlihat menyerupai baut yang sama - sama mempunyai ulir pada batangnya. Namun Skrup tidaklah sama dengan baut, dimana skrup itu memiliki ujung yang tajam dan terdapat tanda + (plus) ada juga yang - (minus) pada bagian topinya. 

Cara penggunaanyapun berbeda jika baut menggunakan kunci, maka skrup khusus untuk gypsum itu dengan menggunakan bor.

Kisah Skrup Dan Paku

Masih tersimpan di benak admin kala pemasangan plafon gypsum dengan menggunakan kayu dan memakai paku itu proses pekerjaannya sampai oseh - osehan, kucur keringat mengalir deras, otot - otot mengejang, di rasa cepat tapi kok lambat, karena ukuran demi ukuran panjang kayu untuk rangkanya harus di potong dengan gergaji. 

Selain itu penutupan papan gypsumntya dengan menggunakan paku. Namanya Ada paku otomatis harus ada hamer atau palu, ketika tangan memegang palu apakah cukup hanya di lihat saja agar papan gypsum bisa menempel pada rangka dan paku bisa masuk di gypsum, tentunya tangan harus di gerakan bukan. Wuuah pokoknya serasa seperti kembali ke jaman purba. wkwkwkwk.

Lainnya halnya plafon dengan menggunakan rangka hollo maka pemotongannya cukup dengan satu buah gunting dan pemotongan bisa di lakukan sambil berdiri. Tapi kayu apakah bisa di gergaji sambil berdiri ? kalo admin tidak bisa bro. Lalu penutupan papan gypsum di rangka hollo juga sangat simple tinggal di skrup saja dengan menggunakan Bor.

Jenis Ukuran Skrup Gypsum

Jika mengingat hal tersebut maka peran skrup itu sangatlah penting sekali untuk di perhatikan seperti jenis ukuran panjang skrup yang di pakai, ketajaman skrup, dan lain - lain.

Jika Anda salah dalam hal memilih jenis ukuran skrup untuk pekerjaan pemasangan plafon khususnya plafon gypsum, di jamin pekerjaan akan sedikit tersendat dan agak di rasa lama.

Maka oleh karena itu pada kesempatan kali ini Larantukagypsum.com akan mencoba mengulas tentang jenis ukuran skrup yang pas untuk pemasangan plafon. 

Namun sebelumnya kita ketahui dulu jenis ukuran skrup gypsum seperti apa saja yang biasa tersedia di toko material bangunan untuk pasang plafon. Silahkan simak terus artikelnya sampai selesai.

Macam Jenis Ukuran Skrup Gypsum

Macam Jenis Ukuran Panjang Skrup Gypsum :
  • 6 x 3/4" inchi : memiliki panjang skrup 2 cm
  • 6 x 1" inchi : memiliki panjang skrup 2,5 cm
  • 6 x 1 1/4" inchi : memiliki panjang skrup 3 cm
  • 6 x 1 1/2" inchi : memiliki panjang skrup 4 cm
  • 6 x 2" inchi : memiliki panjang skrup 5 cm
  • 6 x 3" inchi : memiliki panjang skrup 7,5 cm
Jenis ukuran skrup gypsum di atas adalah yang biasa kita pakai untuk pemasangan plafon, walaupun sebetulnya masih ada ukuran yang lebih panjang lagi.

Ukuran Skrup Yang Pas Untuk Pasang Plafon

Macam jenis ukuran skrup gypsum yang sudah anda baca pada list di atas, itu tidaklah semua di pakai dalam pekerjaan pemasangan plafon. Ada kalanya pada bidang pekerjaan tertentu membutuhkan skrup yang berukuran 4 cm, 5 cm, hingga 7,5 cm, dan itu hanya beberapa buah skrup saja.

Jika pada pekerjaan pekerjaan pemasangan plafon dari mulai rangka sampai penutupan semuanya itu dengan menggunakan skrup yang ukuran 4 cm, atau mungkin yang 5 cm, hingga yang ukuran 7,5 cm. Kita rasa pekerjaan akan di rasa lama. Karena Apa ?

Karena semakin panjang skrup yang di gunakan pada saat hendak di bor, mau itu di bor ke rangka hollo ataupun di bor untuk memasang papan gypsum, itu akan terjadi goyangan pada skrup. Artinya skrup akan menunjukan skillnya dalam hal bergoyang dan menari, dan ini akan menyulitkan kan anda nantinya.

Apalagi jenis rangka hollo yang di gunakan memiliki ketebalan yang keras, itu sudah pasti akan membuat anda prustasi, strees, ujung - ujungnya ingin melempar bor.

maka oleh karena itu pada saat belanja bahan sebelum pemasangan plafon, sekali lagi ukuran panjang skrup gypsum haruslah di perhatikan.

Jadi kesimpulan ukuran skrup gypsum yang pas dan ideal untuk di pakai dalam pemasangan plafon mulai pembuatan rangka hingga penutupan papan gypsum adalah :

Ukuran Skrup Gypsum Yang Pas Untuk Pasang Plafon :
  • 6 x 3/4" inchi : memiliki panjang skrup 2 cm
  • 6 x 1" inchi : memiliki panjang skrup 2,5 cm
Namun yang paling sangat sering di gunakan untuk penutupan papan gypsum adalah ukuran skrup gypsum 6 x 1 inchi yang memiliki panjang 2,5 cm. Untuk ukuran skrup gypsum yang 6 x 3/4 inchi lebih enaknya di pakai untuk pembuatan rangka plafon.

Ok itulah informasi mengenai Jenis Ukuran Skrup Yang Pas Untuk Pemasangan Plafon. Apakah artikel ini bisa membantu ? Silahkan di share saja, jika di rasa bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung.
Mang Wendy
Mang Wendy Sehabis shalat isya sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini. Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin proyek Plafon 1 juta m2.

Posting Komentar untuk "Inilah Ukuran Panjang Skrup Yang Pas Untuk Pasang Plafon"