Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Plafon Rumah.

Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Plafon Rumah.

Bagaimana ya, cara hitung biaya bahan Plafon, beserta biaya ongkos tukang untuk pekerjaan pasang plafon pada rumah tinggal, berlaku juga untuk jenis bangunan lainnya - Ulasan ini adalah merupakan satu rangkaian pekerjaan yang harus di buat setelah atau sebelum pekerjaan pemasangan lantai keramik selesai.

Apa itu plafon rumah ? Plafon rumah adalah merupakan suatus pembatas antara lantai dan rangka atap rumah, atau sebagai penutup pada bagian atas ruangan di dalam rumah. 

Jenis Plafon Rumah

Jenis plafon rumah itu banyak macam jenisnya, tergantung bahan material yang di gunakan. Plafon yang biasa paling sering dipakai oleh masyarakat banyak di indonesia pada umumnya  :
  1. Plafon Gypsum : Bahan utamanya terbuat dari Gypsum Board.
  2. Plafon PVC : Bahan utamanya terbuat dari PVC Board.
  3. Plafon GRC/Kalsiboard : Bahan Utamanya dari GRC Board.
  4. Plafon Triplek : Bahan Utamanya dari Triplek Board.
  5. Plafon akustik, plafon metal, plafon eternit, plafon anyam bambu, dan jenis plafon - plafon lainnya
  6. Baca selengkapnya : 7 Jenis Plafon Rumah Yang Ada di Indonesia

Di antara begitu banyak macam jenis plafon untuk rumah di antaranya sudah di sebutkan pada list di atas, namun pada kesempatan kali ini yang akan larantukagypsu.com bahas, akan berfokus pada jenis plafon rumah di mana bahan utamanya terbuat dari gypsum board. 

Merk - Merk Plafon Gypsum Terkenal Dan Terbaik

Selain itu gypsum board untuk plafon rumah juga memiliki merk - merk tersendiri. Di antara merk yang tersaji ada beberapa merk yang sudah terkenal dan terbaik yang biasa di pakai oleh para tukang plafon profesional, seperti saya selain sebagai admin di larantukagypsum.com ini juga sebagai tukang yang sangat profesional di bidang perplafonan yang langsung turun kerja di lapangan, promosi diri dikit tidak  apa ya, hehehe.

Merk - merk gypsum board terkenal dan terbaik yang di maksud adalah :
  • Gypsum Board merk Jayaboard, 
  • Gypsum Board merk Elephant, 
  • Gypsum Board merk Aplus, 
  • Gypsum Board merk Gyproc
  • dan lain sebagainya.

Bahan Plafon Gypsum dan Ukuran Gypsum Board

Lalu dari segi ukuran gipsum board untuk plafon rumah ini, memiliki ukuran lebar, ukuran panjang, dan ketebalan yakni 120 cm x 240 cm x 9 mm. 

Plafon Gypsum selain dari gypsum board sebagai bahan utamanya, juga memiliki bahan lainnya yaitu batangan besi atau yang biasa kenal dengan nama besi hollow, dan fungsinya adalah sebagai rangka plafon gypsum. 

Besi hollow memiliki ukuran 4 cm x 2 cm dan panjang perbatangnya 4 meter. ada juga besi hollow yang berukuran 4 cm x 4 cm dan panjangnya rata - rata semua sama perbatangnya yakni memiliki ukuran panjang 4 meter

Bahan lainnya dari plafon gypsum bisa lihat lisnya berikut ini :
  • Kain kasa sebagai penguat sambungan pada gypsum board
  • Paku Beton untuk pemasangan hollow pada tembok. 
  • Kompon untuk dempul atau plamir pada gypsum board dan profil lis gypsum.
  • Sekrup Gipsum untuk merangkai rangka dan pasang gypsum board. 
  • Dan Profil Lis Gipsum sebagai penghias.

Cara Hitung Biaya Bahan Pasang Plafon

Sebagai gambaran buat anda, cara menghitung bahan material untuk pekerjaan pemasangan plafon rumah akan kita contohkan di sini dengan ukuran volune rumah misalkan : 36 meter persegi.

Maka dengan demikian, mulai dari volume, bahan baku, dan lalu ongkos kerja pemasangan dapat kita hitung berdasarkan harga per meter persegi.

# Cara Hitung Kebutuhan Papan Gypsum :
  1. Ukuran Volume Rumah : 36 m2
  2. Ukuran Papan Gypsum : 1.20 m x 2.40 = 2.88 m2
  3. Papan Gypsum yang di butuhkan : 36 m2 : 2.88 m2 = 12,5 lembar.
  4. Note : karena tidak ada gypsum board yang setengah lembar, dari 12.5 lembar di bulatkan menjadi 13 lembar.

# Cara Hitung Biaya Papan Gypsum :
  1. Pemasangan plafon berukuran 36 m2 dalam perhitungan di atas, membutuhkan gipsum board atau papan gypsum sebanyak : 13 lembar. 
  2. Lalu harga dari gypsum board yang kita cantumkan disini, di ambil menurut pasaran harga papan gipsum yang berlaku di kota - kota besar yakni 55.000 rupiah per lembarnya.
  3. Maka Total Biaya papan gypsum : 13 lembar x Rp. 55.000 = 715.000 Rupiah.

# Cara Hitung Biaya Besi Hollo Untuk Rangka Plafon : 
  1. Kebutuhan Besi hollow perkiraan : 60 batang 
  2. Harga Perbatang besi hollow : 23.000 Rupiah, 
  3. Maka total biaya untuk rangka plafon : 60 batang x Rp. 23.000 = 1.380.000 Rupiah.

# Cara Hitung Biaya kebutuhan lainnya :
  1. 1 dos paku beton : Rp80.000, 
  2. sekrup gipsum 3 dus : Rp. 150.000, 
  3. lis gipsum : 30 batang x Rp. 14.000 =  Rp. 420.000 
  4. Kompon Untuk Dempul : 10 kg x Rp. 10.000 = Rp. 100.000
  5. Kain Kasa : 2 rol x Rp. 20.000 = Rp. 40.000
  6. Total Biaya Kebutuhan lainnya : 790.000 Rupiah

Jika di jumlah semua dari hitungan - hitungan di atas mulai dari cara hitung biaya kebutuhan papan gypsum atau gypsum board, lalu cara hitung biaya besi hollo untuk rangka plafon, dan cara hitung biaya kebutuhan lainnya, maka dapat di tarik kesimpulan biaya yang di perlukan untuk pekerjaan pemasangan plafon rumah dari bahan gypsum dengan volume 36 m2 seperti berikut ini :

# Kesimpulan Biaya Bahan Pasang Plafon Volume 36 m2 :
  • Biaya Papan Gypsum :  Rp. 715.000
  • Biaya Besi Hollow : Rp. 1.380.000
  • Biaya Kebutuhan Lainnya : Rp. 790.000
  • Total Biaya yang di butuhkan : 2.960.000 Rupiah

Lalu berapa ongkos tukang itu besarnyta itu tergantung dari lokasi di mana anda berada dan juga tergantung seperti apa tukang yang di pakai. Apakah profesional atau hanya tukang - tukangan.

Dalam hal ini kita di sini akan menggunakan harga untuk tukang - tukang profesional seperti saya selain sebagai admin di sini juga sebagai tukang yang sangat profesional karena sudah memiliki peralatan yang lengkap. 

Tukang seperti saya yang sudah sangat profesional ini dan sudah memiliki perlatan yang mendukung di patok dengan harga yakni Rp. 100.000 / m2. jika di total biaya upah atau ongkos pemasangan plafon rumah dengan volume 36 m2 adalah sebagai berikut :

# Biaya Ongkos Tukang Plafon :
  1. Upah Per m2 : Rp. 100.000
  2. Volume Rumah : 36 m2
  3. Total Biaya : Rp. 100.000 x 36 m2 = 3.600.000 Rupiah. 

Setelah anda hitung - menghitung biaya bahan maupun biaya upah tukang, maka selanjutnya tinggal anda merealisasikan saja rencana anda untuk pasang plafon di rumah anda. mau itu dengan menggunakan jasa tukang atau anda sendiri yang kerja. 

Jika ingin lebih hemat biaya maka boleh lah anda mengerjakan pemasangan plafonnya oleh anda sendiri. jika belum tahu caranya silahkan baca artikel mengenai Cara Pemasangan Plafon Rumah Dari Bahan Gypsum.

Ok, itulah ulasan mengenai Bagaimana Cara Hitung Biaya Bahan Dan Ongkos Upah Pemasangan Plafon Rumah Tinggal. Apakah artikel ini bisa membantu ? silhakan bagikan jika di rasa bermanfaat buat teman - teman anda yang hendak pasang plafon. Sekian dan terima kasih sudah mau singgah di blog ini. wassalam

Post a comment for "Cara Mudah Menghitung Biaya Pemasangan Plafon Rumah."