Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mortar Aplus 212 Plester dan Acian Pada Dinding Bata Ringan

Mortar Aplus 212 adalah sebuah produk bahan konstruksi bangunan yang biasa dipakai pada proses pekerjaan acian dan plaster untuk permukaan dinding dari bata ringan.

mortar aplus 212
Mortar Aplus 212 Plaster dan Acian

Ya, aplus 212 ini merupakan salah satu jenis mortar yang biasa digunakan sebagai bahan untuk pekerjaan plaster sekaligus untuk mengaci atau acian dinding pada permukaan bata ringan yang kemudian disebut dengan dinding bata ringan.

Lantas apa itu bata ringan ? Pengertian atau definisi dari bata ringan itu sendiri adalah salah satu jenis material bangunan yang dipergunakan sebagai pengganti bata merah atau blok beton dalam pembangunan dinding sebuah bangunan.

IStilah bata ringan ini sebagian orang masyarakat Indonesia ada yang menyebutnya dengan nama herbel atau AAC (Autoclaved Aerated Concrete) untuk dibeberapa negara.

Selain itu, bata ringan mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan bata merah atau bata tradisional termasuk bobot yang lebih ringan, isolasi suara yang baik, resistensi terhadap api, hingga efisiense energi yang lebih tinggi oleh karena sifat insulasi yang sangat baik.

Sekedar diketahui saja bahwa bata ringan itu terbuat dari campuran pasir silika, kapur, semen, air, dan bahan pengembang yang diolah melalui proses autoclaving.

Dengan kata lain campuran untuk bata ringan tersebut dipanaskan dibawah tekanan tinggi yang nantinya akan menghasilkan bahan bangunan kuat tapi ringan yang kemudian ama-nya disebut dengan bata ringan.

Struktur mikro sel tertutup yang terdapat bata ringan tidak hanya membuat-nya ringan, tetapi juga mampu memberikan insulasi termal dan akustik yang baik.

Kira-kira seperti itu penjelasan singkat dari bata ringan, dimana ketika sobat hendak membangun rumah Rp50 juta dengan menggunakan bata ringan, maka wajib mengetahui tentang mortar aplus 212 untuk mendukung pekerjaan plester dan acian-nya.

Mortal Aplus 212 : Keunggulan, Spesikasi, dan Persiapan Aplikasi

Ketika sobat gypsum hendak membangun rumah, alangkah bagusnya kita ketahui dulu tentang keunggulan atau kelebihan, lalu spesifikasi hingga persiapan aplikasi-nya dari mortar aplus 212 ini sebagai bahan plester acian-nya, sebagai berikut:

1. Keunggulan Mortar Aplus 212

Pertama-tama kita ketahui dulu tentang keunggulan atau kelebihan menggunakan Mortar Aplus 212 untuk plester dan acian pada dinding bata ringan, dibawah ini:

  1. Aplikasi yang efisien memungkinkan penghematan material.
  2. Efektif dan mengurangi biaya dengan fungsinya sebagai plester dan finishing.
  3. Menghindari terbentuknya retakan halus yang diakibatkan oleh penyusutan.
  4. Permukaan yang rata meminimalisir kebutuhan cat.
  5. Proses plester dan finishing dapat dilakukan dalam satu tahap, dan hanya membutuhkan waktu 7 hari sebelum siap untuk dicat.

Ya, keenam poin tersebut merupakan kelebihan yang dimiliki oleh mortal aplus. Andai kata sobat kurang yakin dan ingin lebih yakin, maka bisa bertanya pada tukang bangunan profesional yang biasa melakukan pekerjaan plaster aci pada bata ringan disekitar lokasi sobat.

Tetapi jika sobat sudah yakin ingin menggunakan mortar aplus 212 untuk pekerjaan plaster dan acian dinding bata ringan-nya, maka sobat bisa menemukan-nya dengan secara muda di toko banguan terdekat di sekitar.

2. Spesifikasi Mortar Aplus 212

Setelah mengetahui keunggulan aplus 212 diatas, sobat bisa mengetahui spesifikasi mortal aplus 212 agar bisa mengetahui berapa kebutuhan yang diperlukan pada tebal berikut ini:

KeteranganDetail
Daya Sebar:± 5 – 6 m2 / dengan ketebalan 5 mm (disesuaikan dengan kerataan permukaan)
Kemasan:50 kg
Kebutuhan Ai:r13 – 15 liter

3. Persiapan Aplikasi Mortal Aplus 212

Selanjutnya setelah bahan semuanya sudah siap, tinggalah pelajari bagaimana persiapan yang mesti dilakukaan ketika akan mengaplikasikan Mortal Aplus 212 ini pada dinding bata ringan:

  1. Bersihkan permukaan dinding dari segala debu dan kotoran menggunakan air.
  2. Isikan wadah dengan 13 hingga 15 liter air bersih.
  3. Tambahkan 40 kg Aplus Plaster Acian 212 ke dalam wadah tersebut.
  4. Gunakan mixer untuk mengaduk campuran secara perlahan hingga homogen.
  5. Tetapkan marker untuk ketebalan plester antara 5 hingga 8 mm sebagai panduan.
  6. Sebarkan campuran secara merata, lalu gunakan jidar untuk menyamakan permukaan.
  7. Terapkan campuran ini pada dinding secara merata.
  8. Gunakan roskam polos untuk meratakan permukaan dalam satu arah agar hasilnya halus dan rata.
  9. Dinding siap untuk diwarnai setelah menunggu selama 7 hari.

Itulah informasi tentang Mortal APlus 212 sebagai bahan plester dan acian untuk permukaan dinding dari bata ringan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.