Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Jenis Ikan Laut Yang Enak Di Santap, Baik Dibakar ataupun Digoreng

Terdapat beragamam macam jenis ikan laut yang cocok untuk disantap, di Indonesia! Sebagai negara yang dianugrahi sumber daya alam yang berlimpah, kita dapat dengan mudah menemukan ikan di perairan tawar maupun laut.

ikan laut enak

Secara umum, ikan yang biasanya kita konsumsi di Indonesia dapat di kelompokan menjadi 2 (dua) kategori, yakni ikan air laut dan ikan air tawar. Kedua jenis ikan ini, mempunyai potensi untuk dibedah atau diolah menjadi hidangan lezat yang menggugah selera.

IKan-ikan ini bisa dimasak dengan berbagai metode, seperti dibakar atau dipanggang, digoreng ataupun diolah dengan rempah-rempah tradisional yang ada di Indonesia. Umumnya ikan santapan yang dipanggang ataupun di goreng akan dihidangkan bersama dengan sambal terdepas dan lalapan supaya rasa dalam mengkonsumsinya lebih nikmat serta lezat.

Di negara Indonesia sendiri macam jenis ikan enak untuk disantap, biasa diolah atau dimasak secara khusus. Dan ini artinya, dalam mengolah ikannya tidak cuma sekedar dipanggang ataupun digoreng begitu saja, melainkan ditambahin dengan bumbu-bumbu khas dari Indonesia yang membuat masakannya menjadi lebih lezat dan enak.

Lantas, macam jenis ikan laut apa saja yang enak untuk di santap? Biar nggak kepo terus, lebih kita langsung saja pada pembahasannya, berikut ini:

ejumlah jenis ikan laut di Dunia dan dalam hal ini khsususnya di Indonesia merupakan sumber makanan bergizi yang paling baik untuk disantap. Adapun sebagian contoh ikan laut bergizi yang kamu maksud disini, misalnya:
  • ikan kakap
  • ikan cakalang
  • dan ikan salmon
Selain ikan laut disukai orang dewasa, ikan laut juga akan sangat cocok di konsumsi anak-anak hingga ibu hamil, dimana didalam ikan laut terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang manfaatnya sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung.

Kendati, asam lemak omega-3 bisa diketemukan pada setiap macam jenis ikan. Namun, kandungan tertingginya terdapat pada ikan yang berlemak dan satu diantaranya sudah kami sebutkan diatas serta sisa ikan yang berlemak, meliputi ikan seperti ikan herring, ikan sarden, ikan macekrel, dan ikan tuna.

Jadi, saat ketika sobat hendak mengkonsumi atau menyantapnya. Maka konsumsi yang paling ideal adalah 1 (minggu) sekali supaya asupan giji dalam tubuh tetap seimbang. Selain itu, konsumsi ikan akan sangat cocok buat sobat yang ingin menjaga berat badan, oleh karena ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak.

Macam Jenis Ikan Laut Yang Enak Di Santap

Lalu, jenis ikan laut apa yang bisa dimakan dan paling enak? Berikut ini, adalah daftar nama ikan yang paling enak dikonsumsi baik masaknya dengan dibakar ataupun digoreng:

1. Dori


Ikan laut yang enak dimakan ataupun dikonsumsi (disantap) yang pertama adalah Ikan Dori. Ikan ini biasanya sering ditemui pada acara-acara hidangan fish and chip daru negara Inggris.

Ciri-ciri ikan dori berwarna putih dan memiliki tekstur daging yang lembut. Sehingga, ikan laut yang satu akan sangat cocok dimasak dengan digoreng menggunakan balutan tepung bumbu yang sudah diracik. Selain di digoreng, ikan juga bisa dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar dengan menggunakan bumbu steak.

Jika sobat ingin mencoba merasakan rasanya ikan dori, sobat bisa membelinya dalam bentuk fillet dan lalu mencoba memasaknya sendiri dirumah, baik mau dimasak dengan dibakar ataupun digoreng sama saja.

2. Tongkol


Ikan tongkol yang merupakan jenis ikan laut ini, umumnya biasa diketemukan diseluruh wilayah perairan laut Indonesia.

Ukuran tongkol terbilang cukup besar hingga mencapai kira-kira 60 cm, sehingga dagingnya pun banyak dan tebal. Kendati ikan tongkol mempunyai duri yang besa, tapi tetap mudah dimasaknya atau diolah untuk di santap.

Masyarakat Indonesia yang suka mengkonsumsi ikan laut, biasa memasak tongkol dengan berbagai macam bumbu khas Indonesia mulai dari bumbu pindang, gulai, hingga balado.

3. Kerapu


Ikan laut kerapu disaat sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang membudidayakannya untuk dijual dan disantap atau dikonsumsi. Adapun daging ikan kerapu yang gurih dan lezat biasa diolah lauk, sayur, hingga sup ikan.

Ada sejumlah jenis ikan kerapu, adalah sebagai berikut:
  • Kerapu merah
  • Kerapu muara
  • Kerapu batik
  • Kerapu lumpur
  • hingga Kerap macan

3. Tenggiri


Ikan laut tenggiri juga dikenal sebagai ikan yang enak dimakan. Adapun sejumlah alasan mengapa ikan laut yang satu ini enak disantap atau dimakan, oleh karena daging ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih dan lezat. Rasanya yang khas dan beraroma membuatnya menjadi santapan ikan laut yang disukai oleh banyak orang di Indonesia.

Daging tenggiri memiliki konsistensi atau struktur daging yang padat dan tebal, sehingga sangat cocok diolah atau dimasak dengan berbagai macam metode olahan termasuk dipanggang dan digoreng atau bisa juga direbus untuk dijadikan bahan hidangan utama.

4. Layur


Ikan laut dengan nama layur ini mempunyai tubuh yang panjang dan ramping, dimana terdapat banyak gigi pada mulutnya dan ada warna-warna perak. Ikan ini hidupnya ditengah lautan dan biasa sering berkumpul menjelajah lautan secara berkelompok

Kendati termasuk ikan yang berukuran panjang tidak lebih dari 1 meter, namun ikan layur mengandung banyak protein dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Sehingga, bagi sobat yang suka konsumsi ikan laut tenggiri akan merasakan manfaat, seperti menjaga berat badan, mengobati radang, hingga cegah penyakit gondok.

5. Teri


Ikan teri yang ukuran tubuh terbilang kecil ini pun, termasuk ikan favorit yang enak disantap atau dimakan. Biasanya cara pengolahan ikan teri oleh kebanyakan mayarakat di Indonesia, yakni dengan cara dibuat keripik, disayur, hingga ditumis.

Kendati ukurannya terbilang kecil dan mungil, ikan teri juga nyatanya memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh manusia dan beberapa manfaatnya, adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan pertumbuhan otak pada anak-anak.

Selain itu, ikan laut dengan nama teri ini sangat aman di konsumsi oleh orang yang menderita diabetes oleh karena tidak adanya kandungan karbohidrat dan gula pada ikan teri.

6. Tuna


Siapa orang yang tidak kenal, sih? Semua orang pastinya sudah mengenal dengan ikan tuna yang merupakan ikan laut, dimana daging ikan tuna mempunyai kandungan giji yang melimpah, semisal kandungan yodium, kalium, Vitamin D, fostor, protein, niacin, hingga vitamin B3.

Di Negara Jepang, ikan laut tuna seringkali diolah menjadi sebuah hidangan lezat yang sudah sangat terkenal di seantaro dunia dan nama hidangannya, adalah "Hidangan Sashimi dan Sushi".

Jenis ikan tuna itu sendiri, terbagi menjadi beberapa tipe atau kelompok. Diantaranya, adalah sebagai berikut:
  • Tuna benito
  • Tuna skipjack
  • Tuna bigeye
  • Tuna southern bluefin
  • Tuna blcakfin
  • Tuna yellowfin
  • dan Tuna albacore

7. Salmon


Ikan laut salmon atau bahasa latin-nya "Oncorhynchus Nerka" juga merupakan ikan laut yang enak dan lezat untuk dikonsumsi. Dagingnya dikenal dengan warna meraha tua atau orange, dimanha dalam dagingnya terdapat kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Buat sobat gypsum yang suka konsumsi ikan salmon dirumah, maka manfaat yang diperoleh, adalah sebagai berikut:
  • Mampu meningkatkan kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mengatur pembekuan darah
  • hingga bisa mencegah peradangan

8. Sarden


Apakah sobat sudah tahu ikan sarden? Kami yakin, sobat sudah mengetahui apa itu ikan sarden oleh karena dijaman yang sudah modern ini ikan sarden banyak bertebaran di supermarket yang dikemas dengan menggunakan kemasan berupa kaleng. So, tidak mungkin sobat tidak mengetahuinya.

Ikan laut sarden menurut para ahli giji disegala penjuru Dunia sangat kaya akan nutrisi, semisal vitamin B12, asam lemak omega-3, protein, zat besi, hingga kalsium. Dengan mengkonsumsi ikan sarden setiap hari akan sangat baik buat meningkatkan suasanan hati sekaligus menjaga kesehatan otak bagi yang mengkonsumsinya.

Selain itu, ikan sarden juga bisa membantu atasi perihal masalah kesehatan mental, misalnya depresi dan kecemasan oleh karena didalam dagingnya sudah terkandung pula yang namanya vitamin D, dimana ini merupakan kandungan alami yang sangat penting buat kesehatan tulang. Jadi, ketika tulang kita tetap terjaga kesehatannya, maka kecemasan dan depresi juga akan tetap sehat serta stabil.

9. Kakap

Terdapat ikan kakap warna putih dan merah, dimana ikan laut kakap ini juga merupakan ikan yang sangat enak disantap dan biasa dihidangkan dimeja restoran terkenal ataupun rumah makan elite.

Ikan kakap juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3 dalam tubuhnya yang tergolong jenis lemak jenuh dan kaya akan sejumlah mineral, semisal: zat besi, seng, kalsium, dan fosfor. Selain ini, terkandung juga vitamin didalam daging ikan kakap yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

10. Bawal


Jenis ikan laut yang enak disantap (dimakan) atau dikonsumsi pada poin terakhir, yakni terdapat ikan Bawal. Ikan ini juga sangat kaya akan nutrisinnya mulai dari mineral, fosfor, omega-3, vitamin, sampai kandungan kalsium.

Teruntuk sobat gypsum yang senang menyantap ikan bawal, dimana kandungan asam lemaknya tergolong lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk disantap? Maka, ada manfaat yang akan diperoleh, seperti: menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, hingga, bisa membantu mencegah kolseterol tinggi.

Seperti itulah, macam jenis ikan laut yang enak dikonsumsi atau dimakan (disantap), baik itu ikannya mau diolah dengan cara dibakar (dipanggang) ataupun digoreng dan bisa juga direbus.

Apakah ini bisa membantu sobat gypsum, semuanya? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung untuk menyimak pembahasan tentang ikan laut yang enak ini. Jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya seputar ikan hanya di situs situs ini. Akhir kata, wassalam dan semoga bermanfaat.