Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Gambar Kontrakan Uk 3x5 Meter dan Perkiraan Biaya Membangunnya

Gambar Kontrakan 3x5 Meter - Bagi Sobat yang memiliki lahan luas, sebaiknya jangan biarkan tanah tersebut menganggur terlalu lama, karena Sobat bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak orang memanfaatkannya dengan membangun dan menjalankan bisnis kontrakan. Bisnis ini selalu memiliki permintaan, karena semua orang memerlukan tempat tinggal. Sobat tidak perlu membangun rumah kontrakan yang mewah, karena banyak peminat untuk rumah kontrakan yang sederhana.

Gambar Kontrakan Uk 3x5 Meter dan Perkiraan Biaya Membangunnya

Salah satu keuntungan memiliki dan menjalankan bisnis rumah kontrakan adalah tingginya permintaan untuk rumah kontrakan, terutama di wilayah-wilayah yang sedang berkembang, seperti yang berdekatan dengan akses tol, pusat perdagangan, pusat perbelanjaan, simpang jalan utama, terminal, dan lain sebagainya. Biasanya, nilai kapital dari rumah kontrakan meningkat jika disewakan dalam jangka waktu yang panjang, misalnya lebih dari enam tahun.

Malahan, nilai investasi rumah kontrakan cenderung lebih tinggi daripada investasi pada tanah kosong. Ini disebabkan oleh manfaat yang langsung dapat diperoleh dari rumah sewa, berbeda dengan tanah kosong yang hanya memberikan manfaat tidak langsung. Jika Sobat berencana untuk membangun rumah kontrakan, berikut adalah beberapa denah kontrakan yang bisa menjadi referensi Sobat.
  • Gambar Kontrakan 3x5 1 Kamar
  • Gambar Kontrakan 3x5 2 Kamar
  • Gambar Kontrakan 3x5 1 Lantai
  • Gambar Kontrakan 3x5 dengan Rooftop
  • Gambar Kontrakan 3x5 dengan Perabotan Multifungsi
  • Gambar Kontrakan 3x5 dengan Eksterior Minimalis Modern
  • Gambar Kontrakan 3x5 dengan Pilihan Warna Eksterior
  • Perkiraan Biaya Pembangunan Kontrakan 3x5"

Denah Gambar Kontrakan Ukuran 3x5 Meter

1. Gambar Kontrakan 3x5 dengan Pilihan Warna Interior

Gambar Kontrakan 3x5 dengan Pilihan Warna Interior

Pemilihan warna bisa memiliki dampak besar pada desain interior sebuah ruangan minimalis. Kesalahan dalam pemilihan warna dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit atau gelap. Dengan memilih kombinasi warna yang cerah, ruangan dapat memancarkan estetika yang menarik. Oleh karena itu, banyak desain interior saat ini menggunakan warna-warna terang atau netral seperti putih dan krem untuk menciptakan tampilan yang bersih dan elegan pada desain ini.

Ketika Sobat merencanakan pembangunan denah kontrakan berukuran 3x5, penting untuk menentukan jenis, desain, dan model rumah kontrakan dari awal. Selain itu, persiapkan perencanaan keuangan dengan teliti. Lakukan penelitian tentang perkiraan biaya pembangunan kontrakan di wilayah sekitar. Selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pihak kontraktor atau pemborong, dan pertimbangkan lokasi pembangunan kontrakan secara strategis.

2. Gambar Kontrakan 3x5 dengan Eksterior Minimalis Modern

Gambar Kontrakan 3x5 dengan Eksterior Minimalis Modern

Denah eksterior rumah ini mengusung desain minimalis, yang terlihat dari penggunaan material besi dan plesteran sebagai pengganti cat untuk menghemat biaya. Untuk menghindari tampilan yang monoton dan menciptakan nuansa alami, Sobat dapat menggunakan plesteran dengan motif kayu dan menambahkan sofa empuk yang serasi dengan plesteran, sehingga memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Jika Sobat berencana untuk membangun kontrakan berukuran 3x5 meter, disarankan untuk menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu sebelum memulai pembangunan.

3. Gambar Kontrakan 3x5 dengan Perabotan Multifungsi

Gambar Kontrakan 3x5 dengan Perabotan Multifungsi

Biaya pembangunan kontrakan sederhana juga tergolong terjangkau, sehingga potensi keuntungan yang bisa diperoleh sangat menggiurkan. Sobat tidak perlu repot-repot mengelolanya atau merawatnya secara rutin. Setelah selesai dibangun, pendapatan dari kontrakan akan terus mengalir setiap tahunnya tanpa henti.

Salah satu opsi denah kontrakan 3x5 lain yang bisa Sobat terapkan adalah dengan gaya minimalis yang menekankan fungsi daripada estetika, sehingga mengurangi kebutuhan akan banyak perabotan yang hanya berfungsi sebagai dekorasi. Dalam desain ini, perabotan yang digunakan adalah yang benar-benar diperlukan untuk aktivitas sehari-hari, mengingat keterbatasan ukuran ruangan.

4. Gambar Kontrakan 3x5 dengan Rooftop

Gambar Kontrakan 3x5 dengan Rooftop

Desain eksterior dengan ukuran 3x5 meter ini cocok bagi mereka yang ingin memiliki rumah yang luas, namun memiliki anggaran terbatas. Dengan perkembangan zaman, banyak orang yang kini mengoptimalkan pemanfaatan lahan terbatas untuk menciptakan rumah yang fungsional. Gaya desain seperti ini sering dikenal dengan istilah desain minimalis.

Desain eksterior berukuran 3x5 meter ini sangat cocok bagi pasangan yang baru menikah dan ingin memiliki rumah sendiri. Bangunan berukuran 3x5 meter persegi ini memiliki dua lantai dan atap datar di bagian atasnya. Itu membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk pasangan yang ingin memiliki rumah dengan ukuran kompak.

5. Gambar Kontrakan 3x5 1 Lantai

Gambar Kontrakan 3x5 1 Lantai

Sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan yang Sobat miliki, maka sebagai pemilik rumah Sobat dapat mengoptimalkan penggunaan ruangan dengan sebaik-baiknya. Misalnya, jika Sobat memiliki kamar dan ruang tamu yang cukup luas, Sobat dapat memanfaatkannya sebagai ruang tidur tambahan ketika ada tamu yang datang.

6. Gambar Kontrakan 3x5 2 Kamar

Gambar Kontrakan 3x5 2 Kamar

Salah satu jenis kontrakan sederhana yang sering dibangun oleh para pebisnis properti adalah kontrakan berukuran 3 meter x 5 meter. Pilihan ini memiliki alasan yang kuat, karena kontrakan dengan ukuran 3x5 meter dianggap cukup ideal untuk dihuni oleh satu atau dua orang. Seperti halnya dengan kontrakan 3x5 untuk 1 kamar, Sobat dapat membagi luas ruangan yang sebelumnya digunakan untuk satu kamar menjadi 2 kamar.

Dengan kemampuan merancang denah kontrakan, Sobat dapat membangunnya untuk disewakan, yang dapat menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan. Terlebih lagi, kenaikan harga tanah yang terus menerus membuat bisnis properti seperti rumah kontrakan atau kos-kosan semakin diminati oleh banyak orang.

7. Gambar Kontrakan 3x5 1 Kamar

Gambar Kontrakan 3x5 1 Kamar

Sebelum kita membahas perkiraan biaya pembangunan kontrakan berukuran 3x5 meter, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu desain atau tata letak ruangannya. Biasanya, kontrakan dengan ukuran 3 meter x 5 meter ini memiliki 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 dapur, dan 1 kamar mandi. Di dalamnya juga seringkali terdapat sekat-sekat yang terbuat dari papan atau partisi dinding.

Jika tidak ingin menggunakan partisi, Sobat juga bisa menggunakan lemari sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang makan, sehingga ruang makan tidak terlihat dari ruang tamu. Sementara itu, dapur terletak di bagian paling belakang dan berdekatan dengan kamar mandi. Meskipun kontrakan ini tidak terlalu besar, bangunan ini masih memiliki sedikit lahan tersisa yang biasanya digunakan sebagai taman kecil.

Perkiraan Biaya Pembangunan Kontrakan 3x5 Meter

Setelah memahami desain atau tata letak rumah kontrakan berukuran 3x5 meter, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana menghitung total biaya pembangunannya. Saat menghitung biaya pembangunan kontrakan 3x5 meter, terdapat beberapa aspek penting yang memerlukan perhatian khusus. Beberapa aspek penting tersebut meliputi pembelian lahan, pemilihan sistem konstruksi, akuisisi bahan material bangunan, dan tahap finishing.

Untuk menghindari kebingungan, berikut adalah perincian perhitungan biaya pembangunan kontrakan 3x5 meter:

1. Biaya Lahan

Secara umum, kontrakan dengan ukuran 3x5 meter dibangun di atas lahan seluas 23 meter persegi. Dengan demikian, jika harga tanah per meter persegi saat ini adalah Rp2.000.000, maka Sobat perlu menyediakan anggaran sekitar Rp2.000.000 x 23 m2 = Rp46.000.000.

2. Biaya Membangun Kontrakan

Dalam menghitung biaya pembangunan kontrakan, langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih sistem kerja yang akan digunakan. Di Indonesia terdapat dua jenis sistem kerja dalam pembangunan, yaitu sistem kerja harian dan sistem kerja borongan. Kalo boleh Kami merekomendasikan untuk memilih sistem kerja borongan, karena umumnya lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem kerja harian.

Setelah Sobat memutuskan untuk menggunakan pekerja borongan, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang harga borongan per meter persegi. Sebagai contoh, jika harga borongan konstruksi per meter persegi saat ini adalah Rp3.000.000, maka cara menghitung biaya pembangunan kontrakan 3x5 meter akan seperti berikut.
Luas kontrakan : Lebar x panjang.
Luas kontrakan : 3 m x 5 m = 15 m2.
Biaya bangun kontrakan : Luas kontrakan x harga borongan per meter.
Biaya bangun kontrakan : 15 m2 x Rp 3.000.000 = Rp 45.000.000.
Dari hasil perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan untuk membangun rumah kontrakan seluas 15 meter persegi dengan menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp45.000.000.

3. Biaya Lainnya

Selain beberapa elemen yang telah disebutkan di atas, biaya lainnya juga merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Biaya ini perlu disiapkan sebagai cadangan untuk mengatasi situasi yang mungkin tidak terduga selama proses pembangunan kontrakan.

Umumnya, kontraktor atau pemborong merekomendasikan alokasi biaya lainnya sekitar 10% hingga 15% dari total anggaran biaya pembangunan kontrakan 3x5 meter. Dengan demikian, Sobat perlu menyediakan biaya lainnya sekitar Rp7.200.000 dalam proyek pembangunan kontrakan 3x5 meter.

Itulah 7 gambar denah kotrakan ukuran 3x5 meter yang kita sertai juga dengan perkiraaan biaya membangunnya. Apakah ini bisa membantu?

Sekian dan terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.