Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

34 Desain Dop Lampu Gypsum dan PVC Motif Untuk Plafon

Apakah sobat sedang mencari rekomendasi desain dop lampu (center panel) yang terbuat dari bahan gypsum dan pvc sebagai hiasan pada bagian titik as atau tengah plafon yang baru saja dipasang. Maka, sobat bisa melihat sample atau contoh gambar desainnya yang terbaru yang bisa sobat jadikan ide atau inspirasi dirumah.

Dop Lampu (Center Panel)

Nama lain dari dop lampu itu sendiri, kalo orang-orang berpendidikan tinggi dengan gelar sarjana teknik menyebutnya dengan istilah center panel.

Tapi, sejumlah artsitek profesional malah memiliki sebutan tersendiri, yakni "Rossete" atau "medallion plafon", dimana arti dari rossete adalah dekoratif atau struktural yang digunakan untuk menempatkan lampu penerangan yang utama. Dan ini juga dapat disebut sebagai "medalion plafon", oleh karena bentuk desain atau dekorasinya memiliki kesan klasik.

Medalion plafon atau rossete (center panel) ataupun dop tempat lampu, biasanya terbuat dari bahan gypsum dan ada pula yang dibuat dari bahan PVC serta tersedia dalam berbagai macam desain gaya yang bisa dipilih. Salah satunya, adalah desain dop lampu plafon motif bunga.

Apa Itu Dop Lampu Gypsum

Dop lampu gypsum adalah elemen penting dalam desain interior yang digunakan untuk meningkatkan estetika ruangan dan mengelola pencahayaan pada plafon gypsum.

Gipsum itu sendiri, merupakan salah satu bahan bangunan umum yang biasa digunakan untuk pemasangan plafon rumah. Dan dop lampu gpyum merupakan struktur tambahan yang ditempatkan disekitar area dimana lampu langit-langit ruangan akan dipasang.

Jadi fungsi utama dop lampu ini adalah guna bisa menyembunyikan kabel listrik dan bagian lampu yang mungkin kurang menarik dilihat secara visual dan dengan dop lampu mampu membuat tampilannya lebih rapih dan terstruktur.

Selain itu dop lampu gypsum juga dapat dirancang dengan berbagai bentuk dan desain serta ukuran yang sesuai dengan gaya interior ruangan, baik itu minimalis, modern, atau klasik. Sehingga, dapat berfungsi sebagai elemen dekorasi yang menarik dalam desain ruangan. Selain aspek estetika, dop lampu gypsum juga memiliki peran penting dalam pengelolaan pencahayaan ruangan.

Apa Itu Dop Lampu PVC

Dop lampu pvc fungsinya sama dengan dop lampu gypsum, hanya bedanya dari bahan yang digunakan. Jadi, "Dop Lamu PVC" adalah komponen dalam desain interior yang terbuat dari PVC (Polyvinyl Cloride) yang digunakan untuk menghias lampu-lampu langit pada plafon.

Fungsinya mirip dengan dop lampu gypsum atau elemen serupa, yaitu untuk menciptakan tampilan plafon yang estesis, merapihkan tampilan plafon, dan menyembunyikan kabel listrik serta komponen lampu yang mungkin kurang menarik dilihat secara visual.

Dop lampu pvc juga memiliki berbagai macam desain motif yang banyak variasinya, salah satunya ada motif bunga yang bisa sobat lihat nanti contoh gambar atau foto-foto dop lampunya dengan cara menyimak artikel ini hingga selesai.

Perbedaan Dop Lampu Gypsum dan PVC

Setelah mengetahui apa itu dop lampu gypsum dan pvc, maka seharusnya sobat sudah bisa membedakannya sendiri tanpa perlu kita jelaskan. Namun agar lebih afdol, biar kita jelaskan saja secara rinci.

Jadi, perbedaan utama antara dop lampu gypsum dan dop lampu pvc terletak pada bahan pembuatan dan tampilan visualnya, seperti berikut:
Perbedaan Dop Lampu Gypsum Dop Lampu PVC
Bahan Baku Gipsum PVC (Polyvinyl Chloride)
Tampilan dan Tekstur Padat, mirip dengan plafon gipsum Halus, permukaan rata dan licin
Fleksibilitas Desain Cocok untuk desain klasik atau tradisional Cocok untuk desain modern atau minimalis
Karakteristik Material Berat, bisa rapuh, sifat akustik baik Ringan, tahan air, tahan lama
Dengan melihat perbedaan dop lampu gypsum dan pvc tersebut pada tabel tersebut, kami yakin sobat sudah benar-benar bisa memahaminya! Jadi, sekali kita sampaikan bawah perbedaan utama antara dop lampu gypsum dan pvc itu terlihat dari bahan pembuatan serta tampilan visualnya.

Selain itu, untuk dop lampu gypsum saat pemasangan selesai dikerjakan, maka selanjutanya diperlukan pengecatan.

Sedangkan dop lampu PVC tidak memerlukan pengecatan, oleh karena dari pabriknya sudah dicat dan sudah terlihat berkilau.

18 Gambar Desain Dop Lampu Gypsum

Sesudah memahami apa itu dop lampu gypsum, maka tiba saatnya untuk melihat contoh desainnya dengan berbagai macam gaya mulai dari motif polos, motif bunga, bentuk bulat, hingga bentuk kotak, sebagai berikut:

1.
dop lampu gypsum bulat bunga 18

16 Gambar Desain Dop Lampu PVC

Jika gambar atau foto-foto diatas merupakan contoh desain dop lampu bahan gypsum, maka berikut dibawah ini adalah sample gambar desain dop lampu dari bahan PVC yang bisa sobat aplikasin pada plafon pvc ataupun plafon gypsum dirumah, sebagai berikut:


Itulah desain dop lampu gypsum dan pvc yang dapat kami rangkum buat sobat larantukagypsum.com semuanya dimanapun berada. Mudah-mudahan contoh desain dop lampu diatas bisa sobat jadikan inspirasi atau ide cerdas dalam menata tampilan semua plafon dalam ruangan rumah agar terlihat lebih menarik dan aduhai.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih banyak sudah berkunjung dihalaman ini sekaligus melijat-lihat contoh gambar dop lampu diatas. Jangan lupa untuk melihat juga artikel lainnya seputar desain plafon dibagian bawah halaman ini, siapa tahu ada yang menarik perhatian dihati. Akhir kata, wassalam dan semoga bermanfaat.