8 Macam Varian Gypsum Disertai Dimensi dan Harga Terbaru 2024

Plafon rumah memiliki peran yang penting sebagai pembatas tinggi ruangan, pelindung dari elemen cuaca, dan elemen dekorasi rumah. Oleh karena itu, sangat penting bagi sobat untuk memilih material yang tepat dan salah satu bahan plafon yang sangat popular adalah gypsum. Selain memiliki keunggulan bobotnya yang ringan dan tahan lama, ukuran dan harga gypsum juga sangat beragam.

varian gypsum

Di waktu dulu dijamannya tai kotok dilebuan, plafon triplek merupakan pilihan yang paling umum digunakan untuk rumah. Namun, karena triplek terbuat dari kayu yang membuat material ini tidak memiliki sifat tahan api dan jika terus terpapar air triplek dapat mengalami kerusakan dan keropos. Maka oleh karena itu sebagai alternatif yang lebih baik, gypsum dapat dipilih sebagai opsi yang lebih menguntungkan.

Gypsum memiliki kekuatan yang tangguh, tetapi beratnya tetap ringan dan sangat mudah sekali dipasangnya serta lebih mudah ketimbang kalsiboard kalo menurut kami, yang membuatnya menjadi pilihan yang menguntungkan dalam waktu jangka panjang. Selain itu, harga gypsum yang cenderung terjangkau menjadi nilai tambahnya dan gypsum tidak hanya digunakan untuk plafon, tetapi biasa juga dipakai untuk pembuatan dinding rumah sebagai partisi atau sekat.

Dan, masih terdapat banyak informasi penting lainnya yang perlu sobat ketahui tentang plafon plafon gypsum. So, mari kita ulas secara lebih rinci sejumlah fungsi, jenis, harga, dan ukuran gypsum.

Mengenal Gypsum?

Apa itu gpysum? definisi atau pengertian gypsum merupakan mineral yang terbentuk melalui proses pengendapan ion-ion akibat penguapan. Ketika air mengandung kadar air garam yang tinggi, mineral ini dapat berubah menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau anhisdrit (CaSO4). Sebagai mienral hasil pengendapan, gypsum membentuk sebuah lapisan diantara batuan sedimen seperti lempung, batu pasir, serpih merah, dan batu gamping.

Gypsum juga merupakan bahan yang mepunyai kandungan kalsium yang terbilang cukup tinggi. Selain biasa dipergunakan untuk bahan bangunan, material ini juga seringkali di manfaatkan dalam berbagai industri sebagai pupuk, produk kecantikan, hingga bahan obat-obatan.

Ukuran umum gypsum yang tersedia di pasaran dalam bentuk papan atau board, ialah 120 cm x 240 cm dimana didalamnya terdapat beragam macam merk gypsum terkenal dan popular. Diantaranya ialah : Alabaster, Selenite, aplus, Knauf, Elephant, Jayaboard, Gyprok, dan masih terdapat merk-merk lainnya yang merupakan merk tidak terkenal dan kurang popular, dimana merek-merek gypsum ini memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda-beda.

Tidak hanya memiliki sifat tahan terhadap api, gypsum juga memiliki beberapa kelebihan lainnya seperti beratnya yang ringan dan fleksibel. Selain ini, terdapat sejumlah fakta menarik yang ada keterkaitannya dengan gypsum yang membuat material gypsum menjadi sebuah material yang popular hingga saat ini, sebagai berikut:
  • Gypsum merupakan material yang dapat tahan terhadap api, sehingga biasa dipergunakan sebagai salah satu elemen bangunan guna mencegah penyebaran api saat terjadi kebakaran.
  • Gypsum mempunyai kualitas yang bisa tahan terhadap suara (kedap suara), dimana terdapat jenis papan akustik gypsum sebagai materialnya yang mampu menghalangi merambatnya suara.
  • Gypsum mempunyai konduktifitas panas yang rendah. Ketika dipergunakan sebagai bahan isolasi, gypsum mampu menghambat perpindahan panas dan mampu pula dalam menjaga suhu ruangan tetap stabil.
  • Gypsum juga memiliki kekuatan yang tinggi dan bisa meningkatkan kekuatan dinding dan melindungi dari benturan.
  • Gypsum sangalah mudah dipasangnya dan mudah pula dilepasnya. Bahkan ketika sudah tidak dipergunakan, gypsum dapat di daur ulang menjadi sebuah produk baru yang berguna.

Manfaat Gypsum Untuk Rumah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu kegunaan gypsum adalah sebagai bahan pembuatan plafon. Gypsum yang memiliki sifat tahan api, permukaan yang halus dan presisi, serta ketahanannya terhadapa kerusakan menjadikannya sebagai bahan material yang sangat menguntungkan.

Selain itu ukuran gypsum dapat beragam, namum umumnya berbentuk lembaran yang lebar. Dibandingkan dengan batu bata yang harus di pasang satu persatu. Hanya dengan 1 lembar gypsum, sobat dapat menutup area yang luas. Hal ini, membuat proses pemasangan menjadi lebih efisien dalam hal waktu, pikiran, dan tenaga.

Lalu, gypsum juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan, termasuk sebagai elemen dekorasi rumah. Sobat juga bisa meningkatkan estetika rumah dengan mengaplikasikan berbagai macam akseoris seperti list gypsum, center panel, dan berbagai macam desain dari desain plafon datar menjadi desain dengan bentuk bertingkat, lalu model kubah atau plafon variasi tengah bentuk bulat, dan lain sebagainya.

Jadi, ketika ini semua di kombinasikan dengan desain interior yang tepat, maka akan menambah cita rasa dengan kesan yang mewah pada sejumlah ruangan didalam rumah.

Selain fungsi-fungsi diatas, terdapat pula pembahasan mengenai beberapa fungsi atau manfaat gypsum lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Sebagai Pembatas Dinding

Gypsum sebagai pembatas yang biasa dikenal sekat dinding bisa memudahkan dalam proses pengecatan. Sifat gypsum yang mampu menyerap cat dengan baik memungkinkan sobat untuk bebas memilah berbagai jenis cat dan warna.

Selain kemampuannya dalam menyerap cat dengan secara baik, daya rekatnya pun pada gypsum tergolong grate A yang artinya, sangatlah baik.

2. Sebagai Plester atau Perekat

Gypsum mempunyai sifat fleksibel dan dapat tahan terhadap kerapuhan, sehingga dapat digunakan sebagai bahan plester. Pada bagian interior, plester gypsum bisa dipergunakan untuk melapisi plafon dan dinding.

Sedangkan, pada bagian eksterior rumah, gypsum bisa menjadi alternatif pengganti acian dan plester pada permukaan batu bata bagian dalam.

3. Untuk Dinding Kamar Mandi

Di saat sekarang. lembaran gypsum yang bisa tahan terhadap air juga tahan benturan, banyak tersedia dipasaran Indoensia dan salah satunya, yaitu Gypsum Wet-area Optimum™, dimana kekuatannya hampir menyerupai batu bata yang dapat tahan terhadap benturan juga tahan air.

Maka dengan demikian, dapat menjadi alternatif pilihan yang cocok untuk menerenovasi ruang kamar mandi.

4. Untuk Menyuburkan Tanaman

Buat sobat yang gemar berkebun di sekitar area pekarangan atau halaman rumah, ternyata gypsum juga memiliki manfaat sebagai pupuk, lho kok bisa? Ya, bisa oleh karena terdapat kandungan zat penyubur didalamnya.

Selain itu, gypsum juga bisa membantu memperbaiki pertumbuhan sejumlah tanaman menjadi subur dan menjadi lebih baik lagi.

Delapan (8) Varian (Jenis) Gypsum

Dikarenakan bentuknya yang berupa lembaran yang lebar, bahkan satu varian lembar gypsum bisa menutupi luas area yang besar. Namun, terdapat berbagai varian gypsum termasuk dimensi (ukuran) gypsum tergantung dari variasi dan merek gypsum.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dimensi ukuran dan harga gypsum, sobat bisa simak pembahasannya berikut ini. Mungkin, salah satunya sesuai dengan kebutuhan yang sobat perlukan.

1. Varian Aplus G-Strong Papan Gypsum Premium

Gypsum aplus g-strong ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi, sehingga mampu menahan beban vertikal yang ekstrem sekalipun.

Selain itu, gypsum ini juga yang merupakan papan gypsum premium mempunyai tingkat lendutan yang rendah hingga pada tingkat kelembabab 99% (persen) dan dapat pula terhadap benturan.

Fleksibilatas yang tinggi pada gypsum, memungkinkannya bisa dilengkungkan dengan mudah. Disamping itu, bahan gypsum yang satu tergolong sangat aman dan dapat didaur ulang dimana sobat dapat mengaplikasikannya pada dinding rumah sebagai partisi atau sekat.

2. Varian Gypsum Aplus Acoustic Pinhole

Gypsum yang satu dikenal dengan istilah nama, yakni "PINHOME" oleh karena mempunyai pola lubang-lubang kecil yang menyerupai tusukan jarum. Selain meiliki sifat kedap suara dengan fitur Noise Reduction Coeffisient (NRC) yang mencapai angka 0,55 sobat tak perlu lagi untuk menggunakannya dirumah.

Selain sifatnya yang kedap suara, varian gypsum ini juga di klaim bisa menghemat energi oleh karena kemampuannya dalam mereflesikan cahaya hingga lebih dari 83 persen.

3. Varian Gypsu Aplus Acoustic Cater 2

Varian gypsum aplus dengan pola cater 2 tidak hanya mempunyai kualitas yang terbaik, tetapi juga di tawarkan dengan harga yangf kompetitif. Selain itu, bahan yang dipergunakan juga tidak mengandung zat beracun dan ramh lingkungan.

Seperti halnya gypsum akustik (acoustic) lainnya, sobat dapat mempergunakan varian gypsum aplus cater2 di ruangan yang membutuhkan kedap suara, seperti studi musik pribadi atau di ruangan khusus untuk tempat diskusi maupun bergosip.

4. Varian Gypsum Aplus Acoustic A3510

Varian gypsum yang satu ini memiliki kemiripan dengan gypsum A711 (lihat poin ke 5), namun terdapat perbedaan pada pola permukaannya dimana varian gypsum A3510 mempunyai ketebalan 15mm dengan kepadatan mencapai 280-320Kg/M3.

Adapun isinya dalam 1 (satu) dus yang tipe standar, yakni berisi 10 lembar dengan total bobot berat, sekitar 20 kg. Varian gypsum ini, akan sangat cocok dipergunakan di tempat-tempat yang membutuhkan sekat atau partisi yang membutuhkan kedap suara.

5. Varian Gypsum Akustik A711

Varian gypsum yang kelima, yakni gypsum akustik A711 memiliki berat sekitar 1,7 - 3,4 kg per lembarnya. Sebelumnya perlu diketahui, bahwasanya terdapat beberapa jenis gypsum seperti akustik, lay in exposed, hingga original regular.

Selain itu, gypsum juga tersedia dalam berbagai macam pola yang dirancang sesuai kebutuhan dan varian gypsum akustik A711 ini cocok dipergunakan untuk rumah ibadah, bioskop, karaoke, dan lain sebagainya.

6. Varian Gypsum Gyptile Aplus

Varian gyppsum akustik Gyptile aplus ini merupakan varian panel gypsum dengan tekstur dan finishingnya menyerupai cat yang sangat cocok di aplikasikan untuk penggunaan pada rumah hunian, perkantoran, pertokoan, dan lain sebagainya.

Dalam varian yang satu ini terdapat dua tipe, yaitu Crystal dan Diamond dimana kelebihannya terdapat pada kekuatannya yang dapat tahan terhadap api, kelembabab, serta kelendutan.

Dan varian gypsum ini juga mampu menahan beban berat hingga 3 kg, mempunyai kemampuan memantulkan cahaya, serta dapat menyerap suara secara maksimal juga efisien.

7. Varian Gypsum Aplus Standar

Gypsum aplus varian standar mempunyai berat sekitar 16-17 kg perlembar, dimana varian gypsum aplus standar ini juga mempunyai sifat tahan terhadap api dan dapat tahan terhadap kelembaban.

Hanya sekedera untuk diketahui saja, bahwa varian pada jenis-jenis gypsum juga dapat dibedakan berdasarkan warnanya seperti ada yang berwarna abu-abu untuk jenis yang standart. Lalu ada warna hijau untuk tahan lembab, serta merah muda untuk tahan api.

8. Varian Gypsum Indogypsum

Varian gypsum indogypsum mempunyai karakteristik yang ringan tapi kuat, dimana dalam setiap lembarnya mempunyai berat sekita 15,5 s/d 16 kg perlembarnya.

Produk gypsum indogyps ini mempunyai kualitas yang terjamin juga sangat ramah terhadap lingkungan. Gypsum yang satu ini mempunyai 2 tipe, yakni tipe standart dan tipe indogypsum yang dapat tahan terhadap kelembaban atau anti lembap.

Catatan:Selain 8 varian gypsum diatas, sesungguhnya masih terdapat banyak varian yang tak dapat kami sebutkan satu persatu. Mudah-mudahan dilain kesempatan pada pembuatan artikel selanjutnya akan kami bahas varian gypsum lainnya yang lebih lengkap.

Dimensi Ukuran dan Harga Gypsum

So, bagaimana sobat gypsum tercinta? apakah sudah mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai informasi gypsum ini? Bilamana sobat masih penasaran dengan dimensi ukuran dan harga pada varian gypsum diatas, maka bolehlah lihat tabelnya berikut ini:
Jenis Gypsum Ukuran Harga
Gypsum Indogyp (9mm x 1200mm x 2400mm)
(12mm x 1200mm x 2400mm)
Rp 63 ribu
Rp 83,5 ribu
Gypsum Aplus (9mm x 1200mm x 2400mm)
(12mm x 1200mm x 2400mm)
Rp 53 ribu
Rp 73 ribu
Gypsum Gyptile Aplus (9mm x 600mm x 1200mm)
(9mm x 600mm x 600mm)
Rp 18 ribu
Rp 9 ribu
Gypsum Aplus Acoustic A711 (15mm x 600mm x 1200mm)
(15mm x 600mm x 600mm)
Rp 38 – 40 ribu
Rp 20 – 22 ribu
Gypsum Aplus Acoustic A3510 (15mm x 600mm x 1200mm)
(15mm x 600mm x 600mm)
Rp 38 – 40 ribu
Rp 20 – 22 ribu
Gypsum Aplus Acoustic CATER2 (15mm x 600mm x 1200mm)
(15mm x 600mm x 600mm)
Rp 38 – 40 ribu
Rp 20 – 22 ribu
Gypsum Aplus Acoustic PINHOLE (15mm x 600mm x 1200mm)
(15mm x 600mm x 600mm)
Rp 38 – 40 ribu
Rp 20 – 22 ribu
Gypsum Aplus G-Strong Premium Board (9mm x 1200mm x 2400mm) Rp 59 ribu
Sebelum memulai pembangunan atau renovasi rumah, pastikan sobat sudah memahami dengan baik apa manfaat dan fungsi gypsum untuk didalam rumah. Selain itu, jangan lupa untuk memilih dimensi ukuran gypsum yang sesuai dan menentukan harga yang sesuai pula dengan angggaran yang dimiliki baik anggaran yang ada di dompet maupun di tabungan, asalkan jangan anggaran yang khusus istri dirumah.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak ulasan diatas. Akhir kata, semoga bermanfaat.