Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Roving Fiberglass Serat Untuk Menguatkan List Gypsum Saat Cetak

Harga Roving Fiberglass Gypsum atau biasa di kenal dengan istilah serat fiber dapat sobat ketahui informasi daftar harganya dihalaman ini yang akan kita sertakan pula dengan macam jenis roving dalam dunia konstruksi bangunan yang ada di Indonesia.
harga roving gypsum
Harga Roving Gypsum
Buat sobat yang sudah terbiasa melanglang buana dalam dunia bidang konstruksi bangunan khususnya bidang gipsum pergypsuman di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Roving Gypsum atau serat fiber.

Tetapi, apakah sobat sudah mengetahui tentang harganya baik per kg maupun per rol atau per gulungan! Tentu saja sebagian dari sobat ada yang masih gelap tentang berapa harga rovingnya, bukan?

Sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai bahan penguat list gypsum, pada artikel sebelum ini. Nah, dikesempatan pembuatan kali ini kita akan membahas tentang harganya juga jenis-jenis roving menurut kegunaan dan fungsinya dalam bidang konstruksi bangunan rumah.

Jadi buat sobat gips yang penasaran, maka bisa menyimak ulasan pada artikel ini hingga selesai agar bisa menambah wawasan sobat terutama buat sobat pemula yang baru saja terjun di proyek bangunan atau buat sobat yang hendak melakukan pembangunan rumah atau hanya sekedar renovasi rumah.

Namun, sebelum menyinggung soal harga roving alangkah baiknya kita ketahui dulu pengertian apa itu roving dan jenis-jenis roving agar sobat bisa menggunakannya sesuai dengan fungsi dan kebijakan yang berlaku sesuai produknya.

Apa Itu Roving

Apa itu roving? Definisi secara luas, roving adalah istilah yang umumnya di gunakan dalam industri tekstil dan konstruksi yang merujuk pada kumpulan serat yang telah di pilin atau di susun secara seksama dan teliti.

Dalam industri tekstil bahan roving seringkali digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan benang. Adapun serat yang umumny digunakan dalam bahan roving tekstil, seperti:
  • kapas
  • wol
  • linen
  • polyester
  • fiberglass
  • dan sebagainya
Disisi lain dalam bidang kontruksi, bahan roving dapat merujuk pada serat-serat yang digunakan dalam pembuatan material bangunan, seperti:
  • fiberglass
  • gypsum
  • hingga serat karbon
Roving dalam dunia konstruksi biasa digunakan sebagai penguat atau untuk memberikan kekuatan tambahan pada sesuatu produk, misalanya panel dinding, papan gypsum, komposit, list gypsum, hingga objek-objek tertentu yang masih ada keterkaitannya dengan konstruksi bangunan, dan lain sabagianya.

Jenis-Jenis Roving

Setelah mengetahui dan mengenal apa itu roving, berikut ini jenis roving yang umum digunakan dalam berbagai industri di Indonesia, sebagai berikut:

1. Roving Fiberglass

roving fiberglass serat karung per meter
Roving fiberglass ini terbuat dari dari serat fiber yang dipilin bersama untuk membentuk untaian yang kuat, dimana serat fiber itu sendiri adalah serat yang terbuat dari bahan kaca yang di tarik menjadi untaian serat yang panjang dan kuat.

Serat roving fiber glass, biasa digunakan dalam pembuatan komposit yang mana ini merupakan material yang terdiri dari campuran serat dan resin yang memiliki fungsi untuk memberikan kekuatan tambahan pada komposit.
rofing gypsum fiberglass per rol
Sehingga jenis roving yang satu ini, acapkali sering digunakan dalam pembuatan panel dinding, perahu, tangki, pipa, dan berbagai macam produk kontrsuksi yang bisa tahan terhadap cuaca juga tahan korosi.

Selain itu, terdapat keterkaitan antara roving fiberglass dengan judul pada artikel ini dimana serat roving yang satu ini biasa dipergunakan sebagai bahan penguat dalam pembuatan list gypsum ketika mencetak agar tidak mudah patah saat diangkat.

Maka dari itu, roving ini juga selain dikenal sebagai serat fiber juga terkenal dengan sebutan roving gypsum oleh para tukang plafon gypsum di seluruh Indonesia.

Jadi, jika sobat gypsum dirumah ingin membuat list gypsum sendiri, maka selain bahan casting gunakan juga bahan serat roving fiberglass ini untuk menambah daya kekuatan pada batang listnya.

2. Roving Karbon

roving karbon fiberglass
roving karbon serat karung per meter
Roving karbon di bikin dari serat karbon yang dipilin dan disusun secara longgar, dimana dipilin dan disusun secara longgar ini merupakan metode yang berbeda dalam menggabungkan serat-serat dalam roving.
roving carbon rol
roving karbon per roll
Jadi di pilin adalah serat-serat individu yang ditarik dan diputar bersama-sama untuk membentuk roving, yang mana proses pemilinan biasanya melibatkan memutar serat-surat dalam arah yang sama dan mengikatnya secara bersama! Metode dengan cara dipilin ini, mampu menghasilakan produk roving yang lebih padat dan kuat oleh karena serat-serat terjalin erat dan mampu membentuk struktur yang kohesif.

Sedangkan disusun secara longgar artinya adalah ketika serat disusun secara longgar, maka serat-serat akan ditempatkan bersama tanpa dipilin atau diikat erat. Serat-serat yang disusun secara longgar ini, diletakan dalam posisi paralel atau diatur dengan jarak yang lebih longgar antara serta satu dengan yang lainnya. Sehingga metode yang satu ini, sering menghasilkan roving yang lebih longgar dengan ruang antara serat-serat yang lebih besar.

Jadi, serat karbon itu sendiri adalah serat yang terbuat dari bahan yang di tarik menjadi serat yang sangat kuat dan kaku. Makanya, roving karbon ini juga dikenal sebagai roving yang mempunyai kekuatan sangat tinggi dan kekakuan yang sangat luar biasa.

Fungsi serat karbon biasa digunakan dalam industri yang membutuhkan yang membutuhkan kekuatan dan kekakuan yang tinggi, seperti: industri pesawat terbang, otomotif, hingga manufaktur komposit.

Jadi, pada umumnya roving karbon biasa digunakan dalam pembuatan komponen struktural, seperti:
  • bingkai pesawat
  • bodi mobil
  • sampai perlengkapan olahraga, semisal : raket tenis dan tongkat golf

3. Roving Basalt

roving basalt
roving jenis basalt
Jenis roving yang ketiga, yakni terdapat roving basalt yang mana roving dibuat dari serat basalat alami atau buatan yang dipilin secara bersama. Dan serat basalt itu sendiri, merupakan serat yang terbuat dari bahan batuan basalt yang dilebur menjadi serat-serat yang halus dengan sifat-sifatnya, yakni:
  • tahan panas
  • tahan korosi
  • dan tahan terhadap tekanan
Roving basalt biasa dipergunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti:
  • Insulasi ternal dalam konstruksi
  • Pembuatan panel dinding
  • Penguatan struktural pada produk beton
  • Hingga pada industri perlindungan kebakaran

4. Roving Aramid

roving aramid
roving jenis aramid
Roving yang satu ini, merupakan salah satu jenis roving yang terbuat dari serat polimer sintesis yang kuat dan dapat tahan terhadap panas. Roving aramid seperti "Kavler", memiiki kekuatan yang sangat tinggi dan dapat tahan terhadap dampak dan tekanan dimana roving ini biasa dipergunakan dalam hal perlindungan diri, seperti:
  • Pembuatan helm
  • Rompi anti peluru
  • Sarung tangan tahan luka
  • dan lain sebagainya
Selain itu, roving aramid juga acapkali sering digunakan dalam dunia industri otomotif, kapal, hingga peralatan militer.

5. Roving Plastik

roving plastik

Lalu, jenis roving yang terakhir atau yang kelima yang dapat kami bahas, yaitu terdapat roving plastik dimana roving plastik ini terbuat dari bahan-bahan plastik, seperti:
  • poliester
  • polipropilen
  • dan poliamida
Roving plastik biasa digunakan untuk berbagai macam aplikasi pada sejumlah struktur bangunan, semisal untuk:
  • pengecoran beton
  • pembuatan produk fiberglass
  • hingga pembuatan benda-benda komposit.
Jadi, roving plastik ini mampu memberikan kekuatan dan ketahanan tambahan pada material finishing serta dapat pula membantu meningkatkan kinerja kekuaran pada produknya. Selain itu, roving plastik ini juga bisa dipergunakan sebagai bahan cetak untuk membuat list gypsum supaya kuat dan tidak cepat patah yang mana bentuknya hampir menyerupai roving fiberglass.

Harga Roving

Harga roving ini harus diketahui buat sobat gypsum yang berprofesi sebagai tukang bangunan dan mempelajari tentang cara penggunaannya di mbah google sebelum membeli. Berikut ini, daftar harga-harganya:
No. Nama Roving (roving gypsum) Harga per Roll
1 Roving Fiberglass Rp 500.000
2 Roving Karbon Rp 1.000.000
3 Roving Basalt Rp 700.000
3 Roving Poliester Rp 400.000
4 Roving Serat Karung Rp 200.000
5 Roving Plastik Daur Ulang Rp 300.000

Kesimpulan

Jadi, kesumpulannya roving merupakan serat kontinu yang diperkuat dan dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi dalam dunia konstruksi. Dengan kekuatan dan kakakuan yang tinggi, roving mampu meningkatkan kekuatan dan ketahanan struktur yang digunakan.

Selain itu, roving juga seringkali dipergunakan dalam dunia indutsri otomotif, pelayaran, pesawat terbang, pembangunan kapal, hingga aplikasi konstruksi lainnya yang berlaku di wilayah hukum di Indonesia.

Dalam memilih roving, sebaiknya untuk selalu mempertimbangkan spesifikasi dan karakteristiknya agar dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam proyek konstruksi. Dan dengan harga roving yang bervariasi (lihat tabel harga), pilihan tergantung pada jenis bahan dan kekuatan yang dipilih dimana semua jenis roving menjadi sebuah pilihan yang penting dalam memperkuat komposit dan kosntruksi.