Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Penguat List Gypsum Agar Tidak Mudah Patah Saat Cetak

Bahan Penguat List Gypsum - Mungkinkah sobat gipsumer sedang mencari tahu tentang bahan penguat untuk sebatang list gyspum agar tidak mudah patah saat cetak? atau mungkin sudah tahu bentuknya, tetapi tidak tahu nama bahannya apa? Maka, dengan menyimak halaman ini hingga sobat akan mengetahuinya.

bahan penguat list gypsum

Buat sobat yang berprofesi sebagai tukang khususnya tukang plafon gypsum pemula, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya list gypsum, bukan? Dan list gypsum ini, tidak serta merta tercipta sendiri melainkan harus dicetak atau mesti ada seseorang yang mencetaknya.

Nah, dalam mencetak listnya inilah sangat rawan patah terutama pada saat hendak mengangkatnya dari cetakan jika tidak menggunakan bahan penguat.

Bahkan, tak hanya dalam proses pengangkatan dari cetakan saja! Ketika kita hendak memasangnya diplafon untuk diaplikasikan sebagai bingkai atau wall moulding, maka list juga akan mudah patah bilamana tidak menggunakan bahan penguat.

Jadi bagi sobat yang belum tahu apa itu list gypsum, yakni list yang terbuat dari tepung atau bubuk gypsum yang kemudian di cetak untuk di bentuk menjadi sebuah batangan dengan ukuran lebar dan panjang yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

List gypsum yang sudah menjadi batangan, nantinya akan di gunakan untuk aksesoris (bingkai) plafon dan partisi (sekat) dinding, wall moulding, atau buat di jual pada orang yang membutuhkannya juga sangat bisa sekali.

Jadi ketika sobat berencana pasang plafon gypsum pada rumahnya, maka gunakan list gypsum sebagai aksesoris agar penampilan plafon menjadi terlihat menarik dan elegan.

Tetapi, bia memang rencana pasang plafonnya ingin mengaplikasikan bahan PVC, maka silahkan aksesorisnya menggunakan list khusus pvc yang namanya list pvc.

Ibarat manusia di muka bumi ada cowok dan ada cewe yang artinya, setiap mahluk hidup pasti ada pasanganya, betul? Nah, begitu juga dengan plafon dimana terdapat plafon gypsum pasangannya adalah list gypsum. Sedangkan plafon pvc, tentu saja ada listnya yang dapat membuat cantik tampilan plafon pvc yang diberi nama list pvc.

Namun, yang akan kita beritahukan disini bukan lah tentang list pvc, melainkan bahan penguat list gypsum agar tidak mudah patah saat sobat hendak menggunakan bahan gypsum untuk plafon rumah.

Bahan Penguat List Gypsum

Mungkin sobat sudah semakin penasaran, apa sih nama bahan penguatnya? Jadi, nama bahan penguat untuk list gypsum agar tidak mudah patah saat mencetak ataupun ketika hendak memasangnya, yakni Roving.

Ya, ketika sobat selesai mencetak mau tidak mau list harus diangkat dari cetakan untuk dikeringkan dengan cara di gantung pada tempat gantungan yang memang sudah dirancang untuk menempatkan list yang masih basah.

Tidak cuma sampai disitu, pada saat pasang list gypsum juga dibutuhkan pengangkatan dari tempat cetak ke lokasi pemasangan yang bisa jadi jarak kelokasinya cukup jauh.

Dalam membawa list gypsum dari tempat kerja ke lokasi proyek pemasangan plafon gypsum, biasanya para tukang mengelompokannya menjadi satu ikat dimana satu ikatnya berjumlah 5 batang hingga 10 batang list gypsum, tergantung dari ukuran lebarnya.

Semakin lebar ukuran list gypsum, maka akan semakin sedikit jumlah list dalam ikatannya oleh karena akan menjadi berat dalam mengangkatnya bilamana dibuat banyak dalam 1 ikat.

Fungsi list gypsum yang di ikat di tempat cetak untuk di bawa ke lokasi pemasangan, yakni selain untuk menambah kekuatan ketika mengangkatnya supaya tidak mudah patah juga durasi pengangkutan bisa lebih cepat.

Mengenal Apa Itu Roving

roving bahan penguat list gypsum
Bahan Penguat List Gypsum Adalah Roving
Definisi atau pengertian apa itu roving, ialah salah satu bahan material untuk memmbuat list gypsum yang fungsinya untuk penguat supaya tidak cepat saat diangkat! Adapun bentuk ROVING ini seperti tali rapia berupa serat dimana bentuk utuhnya menyerupai gulungan atau rol.

Roving juga, sebetulnya terdapat macam jenis baik dari segi bentuk dan kegunaannya seperti roving grc untuk membuat kubah mesjid. Mudah-mudahan penjelasan tentang jenis-jenis roving ini, secara lengkapnya akan kita bahas dikesempatan pembuatan artikel berikutnya. So, sobat pantau terus situs larantukagypsum.com ini, ya sob!

Jadi, pada intinya saat sobat hendak melakukan pemasangan plafon gypsum terutama dalam hal list gypsum sebagai aksesorisnya, terdapat proses pengangkatan secara continue mulai dari tempat cetak ke lokasi kerja. Lalu di lokasi kerja, nanti list berupa batangan akan diangkat kembali satu persatu untuk dipasang menjadi sebuah bingkai hiasan plafon gypsum.

Dengan terdapatnya, proses pengangkatan semacam itu! Maka pada saat mencetak list gypsum, list perlu di perkuat dengan dengan menggunakan ROVING atau tali roving.

Bagi sebagian tukang plafon yang sudah familiar, ada yang menyebut roving ini dengan sebutan serat fiber berupa tali dalam bentuk gulungan yang mana bila ditarik akan menjadi panjang.

Jadi jika list tidak didukung oleh bahan penguat, tentu dikhwatirkan list akan rawan patah apalagi dalam mengangkat listnya di lakukan secara serampangan di mana posisi list saat di pegang dan diangkat tidak dalam posisi yang tepat.

Harga Roving Terbaru

Setelah sobat mengetahui apa itu roving, apakah mungkin sobat mau mencetak list gypsum sendiri untuk plafon gypsum dirumahnya? Ya boleh - boleh saja, tetapi sobat haru mengetahui bahan pembuatan lsit gypsum lainnya selain roving sepertinya bubuk atau tepung gypsum. Selain ini, juga memerlukan cetakan untuk mencetak listnya menjadi bentuk yang diinginkan sesuai dengan motif yang terdapat pada cetakan.

Jika memang sobat berniat ingin mencetak list gypsumnya sendiri, berikut ini harga roving sebagai bahan penguat untuk cetak list gypsum yang harus diketahui:
No. Jenis Harga
1. Roving lis gypsum fiber glass 1kg Aplus Rp29.000
2. Roving serat fiber roving 1 kg Rp30.000
3. Roving serat fiber 1 roll full Rp350.000
4. Glass ROVING Aplus 18 kg Rp355.000
5. Roving Aplus Rofing Serat @20 kg Rp405.000
6. Benang gypsum de roving Rp410.000
Itulah informasi tentang bahan penguat list gypsum yang mana nama bahannya adalah Roving atau Serat Fiber yang dapat kami sampaikan buat sahabat gipsum dimana saja berada. Apakah ini bisa membantu?

Sekian dan terimakasih buat sobat yang sudah berkunjung dan menyimak artikel ini, semoga ini bisa bermanfaat. Akhir kata, wassalam..!!