Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stop Kontak Listrik : Pengertian, Jenis, Merk, dan Harga

Stop kontak listrik merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan di dalam sebuah bangunan rumah. So dalam kesempatan pembuatan artikel kali ini, larantuka gypsum com akan mengulas tentang pengertian, fungsi, jenis, merk, hingga harga kontak listrik di Indonesia.

stop kontak listrik

Ya, stop listrik tergolong salah satu elemen penting dalam sebuah sistem kelistrikan di rumah. Jadi, saat sobat membangun sebuah rumah baik rumah kecil sederhana atau rumah desain minimalis modern.

Maka, meski di ketahui terlebih dahulu tentang apa itu stop kontak listrik, jenis dan fungsi stop kontak listrik, serta merk terbaik stop kontak listrik.

Selain itu, tentu informasi tentang berapa harga stop kontak listrik pun perlu juga di ketahui supaya ada persiapan dalam menyiapkan biaya membeli stop kontak listriknya secara keseluruhan, sesuai dengan kebutuhan sistem kelistrikan yang di terapkan di rumah.

Apa Itu Stop Kontak Listrik?

Stop kontak listrik, adalah sebuah perangkat atau alat listrik yang biasa di gunakan untuk menghubungkan peralatan listrik dengan sumber daya litsrik pln yang ada di sebuah bangunan rumah.

Perangkat tersebut, terdiri dari soket yang sengaja di desain atau dirancang untuk menerima colokan dari berbagai kabel listrik pada sejumlah perangkat berupa elektronik, seperti:
  • lampu
  • televisi
  • lemari es
  • kipas angin
  • charger gadget
  • dispenser
  • rice cooker
  • dan lain sebagainya
Stop kontak listrik itu sendiri orang Indonesia biasa menyebutnya dengan istilah colokan listrik, dimana ini merupakan sebuah alat pemutus arus listrik saat terjadi kontak antara grounding, arus negatif, dan arus positif pada instalasi listrik dirumah.

Fungsi Stop Kontak Listrik

Stop kontak listrik merupakan komponen atau rangkaian instalasi listrik yang mempunyai fungsi untuk mendistribusikan energi listrik dari sumber ke berbagai perangkat elektronik dalam rumah seperti lampu, televisi, lemari es, kipas angin, charger gadgetm dispenser, dan produk elekrtonik lainnya.

Dengan kata lain fungsi adanya stop kontak memungkinkan pengguna listrik untuk dapat mengakses listrik dengan mudah dalam mengoperasikan sejumlah perangkat elektronik yang ada dalam rumah.

Selain itu fungsi lainnya, ialah sebagai keamanan yang mana didalam desain stop kontak listrik terdapat fitur kemanannya, seperti pengamanan dalam memproteksi lonjakan arus listrik dan juga dapat melindungi perangkat elektronik dari kerusakan dan kebakaran.

Jenis Stop Kontak Listrik

Tahukah wahai sobat gypsum, bahwasanya stop kontak listrik itu terbagi kedalam beberapa jenis atau terdapat jenis-jenis yang umum di gunakan dalam sistem kelistrikan pada sebuah bangunan rumah, diantaranya adalah:

1. Stop Kontak Tunggal

stop kontak tunggal

Stop kontak tunggal, adalah jenis stop kontak listrik yang memiliki satu lubang atau katakan saja "slot" untuk memasukan satu colokan (plug).

Stop kontak tunggal ini umumnya di gunakan untuk menghubungkan alat-alat listrik atau peralatan elektronik dengan sumber energi listrik yang ada dirumah.

Desainnya terbilang cukup sederhana dan biasanya terdiri dari dua hingga 3 pin, tergantung dari jenis plug pada perangkat elektronik yang di gunakan.

Selain stop kontak tunggal sangat umum yang biasa di temui di rumah huni masa kini, juga bisa dengan mudah ditemui di tempat-tempat umum seperti kantor, ruang tempat tunggu transportasi, dan tempat umum lainnya.

2. Stop Kontak Ganda

stop kontak ganda

Stop kontak ganda, ialah jenis stop kontak listrik yang memiliki dua soket. Dengan adanya dua soket, stop kontak memungkinan penggunanya untuk menghubungkan dua perangkat elektronik sekaligus secara bersamaan.

Jadi, dengan adanya dua soket (2 lubang) dalam setiap ruangan dirumah dapat memudahkan pengguna listriknya mengisi daya gadget (ponsel), mengoperasikan lampu, televisi, kipas angin, lemari es, dispenser, rice cooker, dan produk elektronik lainnya, tanpa harus bergantian atau mencabut colokan secara terus menerus.

Selain itu, dengan menggunakan stop kontak ganda juga bisa meminimalisir kebutuhan akan perpanjangan kabel listrik atau alat tambahan listrik lainnya.

Sehingga hal ini, bisa juga untuk menjaga tata ruang dalam rumah yang kesannya terlihat sangat rapih dan dapat menghindari resiko kecelakaan yang tidak di inginkan.

Dalam memilih stop kontak ganda, pastikan untuk memperhatikan daya arus listrik yang dapat di tampung oleh stop kontak ganda yang sobat gypsum pilih. Lalu, sesuiakan juga dengan perangkat elektronik dalam rumah yang akan di hubungkan supaya stop kontak dapat berfungsi dengan baik dan aman digunakan.

Jadi, dengan adanya stop kontak ganda memungkinkan sobat larantuka gypsum dirumah dapat lebih fleksibel dalam menggunakan energi listrik dengan secara lebih efisien dan praktis.

3. Stop Kontak Saklar

stop kontak saklar

Apa itu Stop kontak saklar? Stop kontak listrik jenis saklar, ialah jenis stop kontak listrik yang dilengkapi dengan saklar. Istilaha saklar itu sendiri merupakan sebuah tombol on off untuk mengontrol daya listrik yang masuk ke berbagai perangkat elektronik yang ada dalam rumah.

Dalam segi desainnya, stop kontak saklar bisa memiliki satu atau lebih dari dua saklar (tombol) yang terletak di sebelah soket atau bagian depan stop kontak secara mandiri.

Dengan adanya saklar atau tombol pada stop kontak akan memudahkan sobat gypsum dirumah untuk menghidupkan ataupun mematikan aliran listrik ke berbagai perangkat elektronik yang terkoneksi dengan stop kontak.

Dalam mengoperasikan stop kontak saklar juga bermacam-macam bentuknya, ada yang di putar dan ada pula yang pengoperasiannya dilakukan dengan cara di tekan dari posisi On ke Off dan begitu juga sebaliknya.

Stop kontak saklar sangat berguna sekali untuk mengendalikan perangkat listrik tanpa harus mencabut colokan dari stop kontak. Misalnya, sobat gypsum dapat menggunakannya untuk menghidupkan ataupun mematikan lampu, televisi, lemari es, kipas angin, charger gadget, dispenser, rice cooker, dan bla bla bla 1000x dengan secara mudah dan praktis.

Selain bisa memberikan kemudahan dalam hal penggunaannya, stop kontak saklar juga dapat membantu menghemat energi listrik dirumah. Dengan mematikan saklar saat produk elektronik tidak digunakan, tentu ini akan akan bisa menghindari pemborosan energi listrik yang tidak perlu, bukan?

Merk Stop Kontak Listrik Terbaik Di Indonesia

Terdapat banyak, merk stop kontak listrik terbaik yang tersedia di pasaran Indonesia! Beberapa diantaranya yang sering kali di pakai oleh masyrakat Indonesia, adalah sebagai berikut:

1. Broco

stop kontak merk broco

Broco, adalah sebuah merk lokal yang sudah terkenal di Indonesia dalam bidang kelistrikan termasuk stop kontak. Merk stop kontak listrik yang satu ini, telah sejak lama hadir dan memiliki reputasi yang baik di pasaran Indonesia.

Merk broco menyediakan berbagai macam produk stop kontak listrik beragam variasi dan desain. Produk-produk bosco di desain dengan memperhatikan kebutuhan pengguna listrik di Indonesia, baik dari segi fungsionalitas maupun tampilan yang estetika.

Selain itu, merk broco juga menawarkan sejumlah stop kontak listrik dengan kualitas terbaik yang diimbangi pula dengan harga yang terjangkau. Sehingga, membuat stop kontak dari merk broco ini seringkali dijadikan sebagai konsumen pertama di tanah air.

Selain menyediakan produk stop kontak ganda dan tunggal, nyatanya merk broco ini menyediakan pula stop kontak listrik dengan fitur tambahan, seperti stop kontak dengan usb charger, saklar, proteksi anak, dan lain-lain.

Perihal tersebut, tentunya akan memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi penggunanya dalam menghubungkan dan mengoperasikan perangkat listrik dirumahnya.

2. Clipsal

stop kontak merk clipsal

Apa itu Clipsal, ialah sebuah nama brands merk terkenal dalam industri peralatan listrik yang berasal dari negara Australia. Merk ini, telah hadir di pasar global termasuk pasaran Indonesia yang sudah terkenal akan produknya berkualitas tinggi.

Merk clipsal menawarkan berbagai macam produk peralatan listrik termasuk stop kontak, saklar, kotak listrik, hingga perlengkapan listrik lainnya.

Dalam hal stop kontak listrik, Clipsal menyediakan berbagai macam variasi dan jenis yang di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna listrik. Jadi, stop kontak merk clipsal ini dikenal dengan desainnya yang elegan dan inovatif.

Clipsal juga kurang lebih sama dengan merk broco yang mengutamakan keamanan dalam setiap produk kelistrikan yang di produksinya, seperti pada stop kontak listrik yang mana terdapat fitur keamanan dalam memproteksi anak.

Fitur proteksi anak tersebut sangat berguna dalam membantu anak-anak kecil dirumah untuk mencolokan benda-benda kedalam soket yang dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan yang tinggi kepada setiap penggunanya.

3. Panasonic

stop kontak merk panasonic

Merk elektronik yang satu ini juga, yakni panasonic merupakan merk ternama yang memproduksi stop kontak listrik yang berkualitas.

Stop kontak merk panasonic juga di rancang dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang sudah memenuhi standar Internasional.

Sobat boleh memilih stop kontak dari merk panasonic ini untuk rangkaian listrik dirumahnya secara keseluruhan. Atau mau di campur dengan merk broco maupun clipsal juga sebetulnya tidak akan menjadi masalah.

4. Siemens

stop kontak merk siemens

Berikutnya terdapat stop kontak listrik dengan merk siemens! Siemens ini tentunya bukan nama orang, melainkan sebuah nama merk atau brand perusahaan yang juga di kenal sebagai produsen peralatan listrik terkemuka di dunia, khususnya Indonesia.

Merk siemens ini, menyediakan berbagai macam model stop kontak listrik dengan kualitas dan performa terbaik. Produk kelistrikan dari merk siemens juga memiliki desain yang menarik dan tahan lama.

Harga Stop Kontak Listrik

STOP KONTAK BROCO 2 3 4 5 6 LUBANG / Terminal
STOP KONTAK BROCO 2 3 4 5 6 LUBANG / Terminal
Tanpa Kabel
Merk Broco
Warna Putih
Rp29.500,-
Stop Kontak Outdoor Atlantic Broco Outbow
Stop Kontak Outdoor Atlantic Broco Outbow
Tanpa Kabel
Merk Broco
Warna Abu-abu
Rp39.540,-
Broco Saklar Seri 2G Gracio 4162 Sakelar Double 2 Gang
Broco Saklar Seri 2G Gracio 4162 Sakelar Double 2 Gang
Tanpa Kabel
Merk Broco
Warna Putih dan Krem
Rp18.782,-
Broco Saklar Engkel 1G Biru Galleo G161
Broco Saklar Engkel 1G Biru Galleo G161
Tanpa Kabel
Merk Broco
Warna Abu-abu
Rp17.243,-
Stop kontak Tanam CLIPSAL E426 / SCHNEIDER CLASSIC
Tanpa Kabel
Merk Clipsal
Warna Putih
Rp26.235,-
Saklar 3 Gang Schneider Classic Clipsal Original
Tanpa Kabel
Merk Broco
Warna Abu-abu
Rp70.000,-
STOP KONTAK LANTAI PANASONIC DU 5919JTK / 1 STOP KONTAK ARDE
Tanpa Kabel
Brand Panasonic
Warna Putih
Rp430.000,-
PANASONIC Saklar Single Kecil Style Series WESJ78019
Tanpa Kabel
Merk Panasonic
Warna Putih
Rp17.500,-
Stop Kontak Siemens
Tanpa Kabel
Brand Siemens
Warna Perak
Rp15.000,-
SIEMENS Saklar Double
Tanpa Kabel
Merk SIEMENS
Warna Putih
Rp75.000,-

Tips Memilih Stop Kontak Yang Tepat

Dalam memilih stop kontak listrik yang tepat ada hal-hal yang perlu sobat gypsum perhatikan seperti kebutuhan daya, fitur kemananan, kualitas dan merk, hingga desain dan penampilan.

Memilih stop kontak yang sesuai dan tepat merupakan langkah penting untuk bisa menjaga keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan perangkat listrik dirumah.

Berikut ini, bebeberapa tips dari larantukagypsum.com yang mungkin bisa membantu sobat gypsum dalam memilih stop kontak yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan listrik di rumah:

1. Perhatikan Jumlah Soket

Sobat gypsum coba pertimbangkan berapa jumlah perangkat elektronik yang akan di hubungkan ke stop kontak listrik. Pilih jumlah soket atau lubang stop kontak listriknya sesuai dengan kebutuhan yang sudah sobat perhitungkan dirumah.

Misalnya saja, sobat dirumah dalam satu ruangan memiliki banyak perangkat elektronik. Maka, pilihlah stop kontak listrik dengan beberapa soket ganda.

2. Periksa Daya Listrik

Selanjutnya tips memilih stop kontak yang kedua, yakni coba sobat perhatikan daya listrik yang di butuhkan oleh setiap perangkat elektronik yang akan di hubungkan dengan ke stop kontak.

Sobat gypsum juga mesti pastikan stop kontak listrik yang di pilih memiliki kapasitas daya yang mencukupi agar tidak terjadi overloading atau kelebihan beban listrik.

3. Jenis Stop Kontak

Lalu, tips yang ketiga sobat perhatikan juga jenis stop kontak listrik yang sesuai dengan kebutuhan sobat gypsum di rumah.

Karena seperti yang sudah kita jelaskan diatas, terdapat berbagai jenis stop kontak listrik mulai dari stop kontak tunggal, ganda, hingga saklar, bahkan ada stop kontak yang berupa usb dan masih banyak jenis stop kontak listrik lainnya. So, sesuaikan dengan kebutuhan sobat gypsum dirumah.

4. Perhatikan Desain dan Kualitas

Berikutnya tips memilih stop kontak yang tepat adalah dengan memilih desain yang sesuai dengan tampilan interior ruangan di rumah.

Kendati desain stop kontaknya sudah dirasa bagus dan cocok dengan desain interior ruangan rumah, namun mesti di perhatikan dan dipastikan juga tentang kualitas dari stop kontak yang di pilih berkualitas tinggi dan merupakan yang terbaik.

5. Fitur Keamanan

Kemudian tips memilah stop kontak pada poin kelima, yakni tentang fitur keamanan yang dimiliki stop kontak listrik, apakah sudah terdapat fitur keamanan untuk memproteksi anak?

Selain itu, apakah stop kontak yang di pilih sudah ada fitur groundingnya, dimana grounding memiliki peran yang sangat penting untuk menjada keselamatan penggunannya. So, sobat pastikan stop kontaknya memiliki fitur keamanan semacam ini.

6. Sertifikasi dan Kepatuhan Standar

Poin keenam dalam memilih stop kontak yang tepat, sobat gypsum mesti memastikan tentang sertifikasi dan kepatuhan standar yang dimiliki stop kontak, apakah sudah sesuai dengan standar SNI yang berlaku di Indonesia?

Dengan adanya SNI atau Standar Nasional Indonesia itu sendiri menunjukan, bahwa produk stop kontak sudah melewati uji kualitas yang ketat.

7. Berkonsultasi Dengan Ahli Listrik

Tips memilih stop kontak listrik yang terakhir apabila sobat gypsum masih dilanda kebingungan dalam memilihnya, maka konsulasikan masalah ini dengan ahli atau pakar listrik terdekat yang ada disekitar rumah sobat.

Mereka sang ahli listrik, pastinya bisa memberikan solusi dalam masalah yang sedang sobat hadapi dan dalam hal ini, yakni masalah memilih stop kontak listrik yang tepat, baik, dengan kualitas yang bagus.

Kesimpulan

Jadi sekali lagi larantukagypsum.com sampaikan, bahwasanya stop kontak listrik itu merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan pada sebuah bangunan rumah.

Dalam uraian diatas, sudah kami jelaskan tentang stop kontak listrik mulai dari pengertian, jenis, merk, dan harga hingga tips yang bisa sobat pelajari lebih secara perlahan dirumah bilamana memang belum memahaminya.

Apakah ini bisa membantu? Jangan lupa untuk membaca juga artikel lainnya tentang listrik pada bagian artikel terkait yang bisa sobat gypsum lihat di bagian akhir halaman ini.

Sekian dan terimakasih banyak buat sahabat larantukagypsum.com yang sudah berkunjung sekaligus menyimak artikel ini, semoga bermanfaat.