Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Desain Rumah Amerika Klasik Gaya Minimalis Modern 2023

Berbagai macam desain rumah amerika klasik bisa kita tiru dan kita contoh modelnya untuk di bangun di Indonesia mulai dari gaya klasik terbaru, klasik modern, rumah american style minimalis, hingga desain rumah american syle 1 atau 2 lantai, dan lain-lain.

desain rumah amerika klasik

Ya, desain rumah amerika dengan berbagai macam model gaya klasik dapat di temukan di situs larantuka gypsum ini, lengkap dengan contoh gambar sebagai bahan inspirasi dalam membangun rumah impian, baik dimasa depan ataupun dimasa sekarang.

Lantas, apakah di perbolehkan jika kita ingin membangun rumah gaya amerika klasik di Negara Indonesia? Ya boleh lah, selama ada dana atau budget untuk membangunnya.

Jangankan desain rumah amerika dengan model gaya klasik terbaru, model desain lainpun seperti desain rumah american style 1 dan 2 lantai, rumah gaya amerika modern hingga desain rumah klasik dengan gaya rumah negara lainnya pun bisa, asalkan ada cuan atau uangnya.

Tetapi jika belum ada dana atau anggaran pun, tidak apa-apa lah untuk melihat - lihat dulu contoh gambar rumah amerika klasik ini sebagai rekomendasi buat teman kerabat atau keluarga di sekitar.

Sekedar diketahui, semua orang pastinya tahu bahwa tiap-tiap negara di dunia mempunyai ciri khas gaya rumahnya tersendiri baik dari segi desain maupun aritekturnya yang di peruntukan untuk rumah tinggal termasuk negara Amerika.

Desain rumah paman sam, ada yang menanggap mempunyai nilai pembaharuan yang tinggi. Disamping itu, juga memiliki desain rumah yang simple dimana ini ternyata merupakan daya tariknya tersendiri.

Faktanya, desain rumah yang simple memang tidak pernah lapuk di makan jaman. Dan ini artinya, desain rumah simple rupanya memiliki sifat yang netral dan universal.

Maka dari itu, desain rumah ala amerika classik ini sangat cocok di bangun dengan rentang jangka waktu yang cukup lama hingga dimasa depan.

17 Desain Rumah Amerika Klasik Minimalis Modern

Lalu, mungkinkah sobat larantuka gypsum merasa tertarik dengan membangun rumah yang model desainnya tidak pernah lapuk di makan jaman, semisal membuat rumah dengan gaya desain amerika klasik minimalis modern?

Mending kita langsung lihat saja berbagai contoh gambar rumah amerika mulai dari gaya desain klasik minimalis hingga modern, sebagai berikut:

1. Model Rumah Amerika Gaya Desain Klasik

model rumah amerika gaya desain klasik

Desain rumah pada foto tersebut, merupakan desain rumah amerika klasik yang sering kali di jumpai di sekitar daerah Savvanah dan Georgia.

Kendati kita tinggal di Negara Indonesia, kita bisa meniru desain rumah bergaya amerika klasik seperti yang terlihat pada foto tersebut.

Asalkan ada cuan atau budgetnya, tentu kita bisa membangun rumah amerika dengan gaya desain seperti itu, betul? Selain itu, pemerintah setempat juga pastinya tidak akan melarang selama kita menerapkan etika atau aturan dasar dalam membangun rumah yang berlaku.

Adapun ciri khas desain rumah gaya amerika klasik, yakni terlihatnya dinding bata merah dengan desain fasad yang simetris. Disamping itu, terdapat banyaknya jendela-jendela pada exerterior rumah nampak depan.

Lalu, pada bagian atap bangunannya hampir kebanyakan rumah amerika menggunakan jenis atap dari bahan material pelana berwarna semu hitam.

2. Rumah Peternakan Amerika Model Klasik Modern

rumah peternakan ameriki gaya klasik modern

Rumah amerika dengan gaya desain bermodelkan peternakan klasik modern juga bisa di contoh, seperti yang terlihat pada gambar tersebut.

Apalagi jika kita mempunyai lahan yang besar dan luas dan mengingingkan desain rumah amerika yang unik, maka desain rumah klasik modern bergaya peternakan tersebut sangatlah cocok.

Pada gambar tersebut selain gaya klasik modern yang terlihat, nampak pula desain rumah klasik 1 lantai pada bangunan sebelah kiri yang terdapat jendelanya.

Jika tidak suka dengan warna desainnya, maka malasah warna pada sebuah bangunan itu bisa di rubah sesuai dengan keinginan kita. Tapi, untuk konsep model desain rumahnya iku lho yang membuat bangunan rumah menjadi unik.

3. Rumah Amerika Gaya Klasik Modern 2 Lantai

rumah amerika klasik modern

Sobat juga bisa menerapkan rumah gaya amerika di Indoensia seperti pada gambar rumah amerika 2 lantai tersebut yang mengusung konsep gaya desain klasik modern 2 lantai sederhana.

Istilah kata klasik modern itu sendiri, artinya adalah sebuah konsep rancangan rumah klasik dengan model atau gaya desain modern sederhan kekinian atau katakan saja model desain rumah amerika classic terbaru 2 lantai.

rumah amerika klasik modern mewah

Gambar kedua tersebut masih merupakan desain rumah klasik modern 2 lantai, tetapi sudah masuk dalam kategori rumah mewah dan bukan rumah aesthetic sederhana lagi.

So, buat sobat yang memiliki dana atau anggaran membangun rumah yang melimpah, maka bisa menerapkan desain rumah amerika 2 lantai di Indonesia dengan gaya klasik modern mewah seperti pada gambar diatas.

4. Desain Rumah American Style Sederhana 1 Lantai

rumah american style 1 lantai

Lalu, terdapat pula rumah amerika dengan desain american klasik sederhan 1 lantai yang dapat sobat lihat contohnya pada gambar tersebut.

Digambar tersebut terdapat desain rumah gaya american sytle terlihat klasik sederhana, dimana kalo di Indoenesia hampir menyerupai rumah jaman belanda.

Jika dalam situasi low budget, namun ingin punya rumah amerika bergaya klasik sederhana. Maka, bisa mengaplikasikan desain rumah american style 1 lantai seperti pada foto diatas.

Tetapi, jika ingin mengaplikasikan model exterior rumah american bergaya style modern. Maka, bisa mencontoh desainnya seperti pada gambar berikut ini:

rumah american style klasik modern

Ramah american style tersebut, kendati masih berkosepkan gaya klasik namun sudah mengusung desain rumah amerika modern dengan ciri khasnya, yakni terdapat jendela kaca nampak depan rumahnya.

5. Rumah American Style Farmhouse Minimalis

rumah american farmhouse minimalis

Berikutnya lagi pada poin kelima terdapat konsep rumah amerika dengan gaya desain, yakni american style farmhouse minimalis sederhana yang bisa di teliti tata modelnya pada gambar tesebut.

Silahkan nilai sendiri pada gambar rumah amerika gaya farmhouse minimalis tersebut secara seksama, kira - kira dalam hal apa saja yang menjadi poin plus atau daya tariknya.

Jika menurut sobat terdapat poni plus yang bisa menarik perhatian, maka boleh memasukannya dalam inspirasi rencana membangun rumah dimasa depan.

6. Desain Rumah Amerika Farmhouse Modern 2 Lantai

rumah amerika farmhouse modern 2 lantai

Poin keenam ini juga masih merupakan rumah amerika farmhouse, namun sudah masuk dalam kategori gaya klasik modern 2 lantai.

Alasan kenapa disebut sebagai rumah american farmhouse dengan style modern, oleh karena terdapa garasi yang bisa memuat 2 kendaraan dan bermodelkan 2 lantai.

7. Gaya Rumah American Contemporary

rumah amerika contemporary

Rumah american berikutnya lagi memiliki gaya kontemporer atau contemporary, dimana rumah dengan desain gaya seperti ini menggambarkan model rumah modern yang dikemas dalam bentuk lebih sederhana dan geometris.

Rumah bergaya desain contemporary menggambarkan tentang dinanisme serta sebuah eksperimen pasca peperangan, yang mana pada saat itu terdapat banyak inspirasi gagasan tentang konsep penggabungan rumah modern kedalam sebuah estetika pada desain rumah Amerika.

Model rumah contemporary ini mempunyai tampilan banyak kaca dengan denah lantai konsep terbuka serta desain yang inovatif, kreatif, jga produktif.

8. Model Rumah Amerika Style Townhouse

rumah amerika kontemporer

Gaya rumah amerika townhouse ini terbilang sudah popular di Negara Indonesia dimana ciri khasnya, yakni terdapat material bata pada dinding bangunannya dan tanpa pagar pembatas.

Kalo di Indoenesia itu sendiri, batu bata sebagai dinding bangunan rumah townhouse seperti yang terlihat pada foto diatas, biasa orang menyebutnya dengan istilah batu alam.

9. American Style House Bergaya Richardson Romanesque

Rumah Richardson Romanesque

Rumah amerika dengan gaya semacam ini merupakan desain american style klasik tempo dulu yang diciptakan oleh seseorang yang bernama Henry Richardson.

Henry Richardson di kenal sebagai seorang Arsitek kelas dunia yang membuat desain rumah american style dengan gaya desain seperti yang terlihat pada foto tersebut pada waktu tahun 1870 di Boston dan Newyork.

Model rumah amerika dengan gaya Richardson Romanesque tersebut, mengusung konsep desain exterior dari material bata dan batu dengan bentuk rumah asimetris. Lalu, terdapatnya lengkungan pada menara bagian atas bangunan yang merupakan ciri khas menara romawi.

Selain itu, terdapat pula bentuk jendela melengkung serta berumbung asap yang membuat bangunan rumah menjadi semakin terasa kental akan gaya klasiknya.

Gaya rumah Richardson Romanesque ini, mengingatkan kita dengan model rumah Shingle dan Queen Anne yang akan segera sobat lihat bagaimana bentuk dan gaya rumahnya dibawah.

10. Desain Model Rumah Amerika Gaya Single

rumah model single

Rumah model single merupakan rumah yang memiliki gaya model paling popular di jalur pantai laut timur, negara Amerika yang tergolong falam mahakarya arsitek besar kelas dunia.

Desain gaya rumah single seperti ini mempunyai atap sirap kayu serta dinding exterior berbentuk asimetris yang menyerupai gaya rumah rumah richardson romanesquee.

Selain itu terdapat beranda rumah yang cukup besaar dan banyaknya jendela yang berbaris dalam jumlah banyak, dimana barisan banyal jendela inilah yang merupakan ciri khas dari rumah amerika.

11. Model Rumah Amerika Bergaya Federal

rumah amerika federal

Merupakan rumah amerika model klasik jaman dulu dengan konsep gaya federal atau bisa juga dengan gaya esque inggris yang di bangun oleh arsitek romawi kuno.

12. Rumah Gaya Amerika Style Desain Mediterranean

Merupakan rumah amerika gaya klasik minimalis yang tercipta dari tangan arstiek mediterranean saat kebangkitan jaman kolonial spanyol dulu.

Rumah mediterranean gaya amerika style paling klasik ini dikenal juga sebagai rumah pertanian spanyol jaman dulu kala yang sempat berkembang kala itu antara tahun 1920 hingga 1930, di wilayah California Selatan.

13. Model Rumah Klasik Amerika Bergaya Tudor Revival

rumah klasik amerika gaya tudor revival

Gaya Tudor Revival juga tergolong dalam kategori rumah gaya amerika klasik dimana gaya rumah amerika yang satu ini mengingatkan kita pada masa Tudor Inggris yang masuk ke wilayah Amerika pada waktu itu, sekitar abad kesembilan belas (19).

Gaya desainnya mempunyai jendela double yang berbaris di dinding terbuat dari kayu yang menatap pemandangan indah di depan seakan-akan penuh dengan arti.

13. Rumah Amerika Klasik Bergaya Colonial Revival

rumah amerika klasik model colonial revival

Rumah model colinial revival ini pun masih tergolong desain rumah amerika klasik, dimana desainnya terlihat sedikit megah dengan penampilan exterior berbentuk simetris.

Selain itu terdapat ciri khas rumah amerika klasik, yakni jendela yang berbaris sama rata plus ada cerobong asap pada atap bangunannya membuat gaya model rumah ini mengingatkan kita pada masa-masa kolonial belanda.

14. Desain Rumah Amerika Klasik Model Craftsman

Desain Rumah Amerika Klasik Model Craftsman

Kemudian, rumah amerika klasik pada desain yang ke-14 terdapat model rumah american style 1 lantai bergaya Craftsman dimana semua material bangunannya terbuat dari bahan-bahan alami.

Jadi ceritanya, jaman dahulu kala di abad kesembilan belas (19) terdapat sebuah komunitas gerakan seni dan kerajinan di Negara Inggris dan dalam ini khususnya pengrajin dari California dengan nama Greene menghalau segala macam produk material bangunan yang dibuat oleh mesin.

Ya, seorang pengrajin California bernama Green menekankan tentang betapa indahnya keindahan tangan terbuat dari bahan alami. Sehingga, rumah pada foto tersebut disebut sebagai rumah amerika craftsman hingga sampai sekarang.

15. Model Rumah American Style Gaya Cape Cod

rumah amerika classic model cape cod

Model rumah cape cod ini merupakan salah satu desain rumah acmerican style bergaya klasik sederhana yang paling bersejarah di Negara Amerika. Inipun menurut situs Better Home and Gardens. Entahlah, kalo menurut sobat semuanya...!!

Alasan kenapa dikatakan sebagai desain bangunan bersejarah di Amerika oleh merupakan bagian dari model gaya desain rumah kebangkitan kolonial yang pada waktu sempat popular di tahun 1920 sampai dengan 1940.

Pada tahun-tahun tersebut material bangunan rumah cape cod sudah dibuat dengan menggunakan bahan material batu bata dan ada juga dinding yang dari kayu, dimana sebelumnya tahun tersebut bangunannya terbuat dari material sirap.

16. Gaya Rumah Amerika Klasik Model Queen Anne

rumah amerika klasik gaya queen anne

Model rumah queen anne juga merupakan desain rumah amerika klasik dengan ciri khas, yakni bentuk rumah asimetris disertai atap motif berupa potongan genteng dimana bentuk bangunan secara keseluruhannya seperti menara yang dilengkapi dengan jendela dengan bentuk ceruk yang terbuat dari bahan material sirap bermotif.

17. Bentuk Rumah Amerika Model Neo Klasik

rumah amerika bergaya neo klasik

Desain rumah amerika klasik urutan terakhir yang dapat larantuka gypsum bahas, yakni rumah amerian style model neo klasik modern dengan gaya desain bangunan yang sungguh terlihat megah dan besar.

Desain rumah amerika neo klasik ini bisa menjadi salah satu inspirasi sobat yang paling di prioritaskan dalam membangun rumah impian dimasa depan nanti.

Rumah neo klasik modern gaya american style ini, mempunyai ciri-ciri pada bagian terasnya berukuran lebar dan tinggi, fasad yang simteris, dan pedimennya besar.

Selain itu, model gaya rumah neo klasik masih ada keterkaitannya dengan banguna rumah pada masa kebangkitan kolonial dulu dan ini terbukti dari desain yang mengusung gaya arsitektur Amerika.

Nah gimana bro, sesudah mengetahu tentang informasi desain rumah amerika klasik diatas, apakah tertarik untuk memilikinya di masa mendatang? So, mulailah menabung dari sekarang supaya rumah impian bergayakan desain american style bisa tercapai di masa depan.

Apakah artikel ini membantu? Jangan lupa simak juga artikel lainnya seputar desain exterior dan interior rumah, seperti artikel:  31 Ide Desain Rumah Yang Menarik Dan Terlihat Mewah  hanya di situs larantuka gypsum. Semoga bermanfaat..!!