Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Penyakit Paru - Paru Pada Sistem Nafas Manusia.

Terdapat beberapa macam jenis penyakit paru - paru yang dapat terjadi! Penyakit semacam ini umumnya di tandai dengan sejumlah gejala, semisal nyeri dada, mengi, batuk kronis, atau sesak nafas.

jenis penyakit paru

Lantas, bagaimana penanganan yang tepat guna mengatasi masalah seperti itu? Yuk, kita berkenalan dengan lebih dekat terlebih dahulu tentang macam jenis penyakit paru - paru dalam sistem nafas manusia dihalaman ini.

Paru-paru, adalah salah satu organ yang ada dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pernafasan mahluk hidup khususnya manusia diseluruh alam semesta.

Ketika sobat bernafas! Paru - paru mempunyai tugas, yakni mengambil oksigen dari udara ke aliran darah dalam tubuh sekaligus mengeluarkan karbon dioksida dari darah. Bila paru-paru mengalami gangguan, maka proses ini pun tentunya akan ikut terganggu.

5 Jenis Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru umumnya di sebabkan oleh beragam macam faktor mulai dari faktor turunan, kebiasaan merokok, hingga terkena infeksi!

Berikut dibawah inilah, sejumlah macam jenis penyakit paru-paru dalam sistem pernafasan manusia yang penting untuk kita ketahui:

1. Asma.

Asma merupakan penyakit kronis yang tanda - tandanya ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran pernafasan.

Seorang penderita asma, biasanya mempunyai saluran pernafasan yang lebih sensitif. Jadi, ketika seorang pengidap asma terpapar pemicu alergi atau alergen saluran pernafasannya akan menyempit, membengkak, dan meradang.

Perihal tersebut, tentu akan membuat aliran udara menjadi tersendat yang akan menyebabkan sesaknya nafas. Selain ini, akan terjadi pula peningkatan produksi dahak yang dapat membuat seorang pengidap asmanya akan semakin susah untuk bernafas.

Terdapat sejumlah hal yang dapat menyebabkan munculnya serangan asma dan beberapa diantara, seperti:
  • zat kimia
  • virus
  • udara dingin
  • bulu binatang
  • asap rokok
  • hingga paparan debu

2. Obstruktif Kronis.

Obstruktif kronis merupakan salah satu jenis penyakit paru - paru dalam sistem nafas manusia dimana terjadinya gangguan aliran udara baik aliran yang menuju paru maupun yang dari paru yang disebabkan oleh karena adanya peradangan paru kronis.

Terdapat dua macam jenis gangguan yang biasa terjadi pada penyakit paru obstruktif kronis atau yang biasa di singkat menjadi PPOK, diantaranya ialah:
  • emfisema
  • bronkitis kronis
Pada jenis emsema, misalnya kerusakan atau peradangan terjadi pada kantung kecil (alveoli) paru-paru. Sedangkan pada bronkitis kronis peradangannya terjadi pada dindind bronkus.

Faktor utama yang dapat meningkatkan resiko terjadi penyakit paru obstruktif kronis (ppok), ialah paparan asap rokok dalam waktu jangka panjang baik secara pasif maupun aktif. Sedangkan faktor lainnya, yaitu paparan uap kimia dan sapa bahan bakar.

3. Bronkitis.

Penyakit paru jenis bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran yang menghubungkan tenggorokan ke paru-paru atau saluran bronkis. Adapun, salah satu penyebab paling umum terjadinya bronkitis oleh karena infeksi virus.

Infeksi virus penyebab terjadinya bronkitis pada umumnya di tularkan oleh penderita atau pengidap melalui percikan - percikan dahak yang dikeluarkan baik secara sengaja maupun tidak.

Apabila percikan - percikan dahak tersebut, tertelan atau terhirup oleh orang lain! Maka, sudah barnag tentun virusnya akan menginfeksi saluran bronkus pada orang yang terkena percikannya.

3. Tuberkulosis.

Penyakit paru tuberkulotis, ialah salah satu jenis penyakit paru-paru yang di sebabkan oleh karena terserang bakteri Mycobacterium Tuberkulosis.

Bakteri tersebut tidak cuma menyerang bagian paru - paru saja! Tapi, dapat juga menyebar dan menyerang pada bagian - bagian tubuh lainnya semisal ginjal, sistem saraf pusat, kelenjar getah bening, dan tulang.

Bakteri Mycobacterium Tuberkulosis juga merupakan penyebab pentakit TBC yang bisa menyebar di udara melalui cairan dari saluran pernafasan atau percikan dahak pada penderitanya. Contohnya, ketika penderita bersin atau batuk.

4. Pneumonia.

Penyakit paru pneumonia, ialah jenis penyakit paru-paru berupa infeksi dimana infeksinya ini dapat menyebabkan kantung - kantung udara yang terdapat dalam paru, membengkak dan meradang.

Kondisi semacam itu, biasa disebut oleh tim medis dengan istilah paru-paru basah dimana paru-paru dipenuhi dengan nanah atau carian basah.

Jadi penyebab dari penyakit pneumonia adalah jamur, virus, atau infeksi bakteri. Selain itu, penularan infeksi bakteri juga dapat terjadi melalui udara yang sudah terkontimasi kuman dari sang pengidap yang bersin atau batuk.

Akhir Kata

Itulah 5 macam jenis penyakit paru-paru dalam sistem pernafasan mahluk hidup khusunya manusia di seluruh alam semesta yang dapat kami sampaikan.

Apabila, sobat seringkali mengalami gejala - gejala penyakit paru yang suka sekali menggangggu baik dirumah maupun ditempat kerja! Maka, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri sobat di dokter spesialis paru terdekat disekitar kota sobat.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung serta menyimak. Akhir kata, wassala dan semoga bermanfaat.