Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Keuangan Untuk Yang Baru Kerja Agar Uang Awet Surawet

Memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya, adalah pengalaman yang seru sekaligus menyenangkan!

tips keuangan

Apalagi ketika mendapatkan gaji pertama, tidak jarang orang jadi lupa diri dan membeli barang-barang yang sudah diidamkannya sejak lama.

Oleh karena itulah tips keuangan dalam artikel ini mungkin akan sangat membantu sobat larantukagypsum.com dimana saja berada.

Tips Keuangan

Artikel ini akan membahas beberapa tips keuangan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang baru terjun di dunia kerja.

Dengan demikian, Sobat bisa mengelola pendapatan dengan lebih baik dan menguntungkan di masa depan.

1. Biasakan membayar dengan uang tunai.

Belajar mengendalikan diri sangatlah penting di usia kerja, terutama jika menyangkut keuangan Sobat.

Salah satu cara mengendalikan diri adalah dengan menunggu mengumpulkan uang untuk membeli barang apa pun yang diinginkan! Dengan cara ini, Sobat tidak perlu menggunakan pinjaman apalagi kartu kredit.

Kartu kredit memang memudahkan pembelian, apalagi karena sistem pembayarannya yang bisa dicicil. Meski demikian, bunga yang dikenakan sebenarnya sangatlah tinggi.

Jika Sobat terjerumus ke dalam kebiasaan membeli apa pun dengan kartu kredit, Sobat akan makin sulit terlepas darinya. Bisa jadi Sobat masih mencicil untuk barang yang sebenarnya mudah dibeli. Karena itulah, gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan darurat saja.

2. Belajar tentang keuangan pribadi.

Belajarlah cara mengelola uang dengan baik. Hal ini penting agar Sobat tidak mudah terjebak oleh keputusan keuangan yang salah.

Beberapa orang mungkin berniat baik membantu Sobat mengelola uang, tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Sebaliknya, beberapa orang lainnya bisa saja memang punya niat buruk untuk menipu.

Jangan menerima saran keuangan dari sembarang orang. Ada baiknya Sobat membaca buku-buku tentang keuangan pribadi agar lebih memiliki pengetahuan di bidang ini. Hal ini akan membantu Sobat mengelola keuangan dengan lebih baik.

3. Belajar cara membuat anggaran dana.

Setelah belajar tentang keuangan, Sobat akan mengetahui pentingnya membuat anggaran dana.

Pembuatan anggaran dana bisa membantu Sobat mengatur pengeluaran dan pemasukan setiap bulan. Agar keuangan tetap sehat, pengeluaran tidak boleh sampai melebihi pendapatan.

Setelah membuat anggaran dana, Sobat akan melihat jelas ke mana perginya uang Sobat setiap bulan. Jadi, Sobat bisa mulai mengurangi atau bahkan menghentikan pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu.

4. Sisihkan uang untuk dana darurat.

Tips keuangan ini sangatlah penting dan sebisa mungkin segera diwujudkan. Sesuai namanya, dana darurat bisa digunakan dalam keadaan yang sangat mendesak! Tidak peduli seberapa ketat anggaran dana Sobat, pastikan untuk menyisihkan sebagian untuk disimpan sebagai dana darurat.

Biasakan menyisihkan uang terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk pengeluaran bulanan. Dengan cara ini,Sobat tidak akan lagi memperlakukan kebiasaan menabung sebagai hal yang boleh dilakukan atau tidak, melainkan suatu keharusan.

5. Mulai menabung untuk pensiun dini.

Sobat mungkin masih berusia di awal 20 tahunan dan masih ingin bekerja, tetapi tidak ada salahnya sudah memikirkan pensiun sejak dini.

Buatlah simpanan khusus untuk tujuan ini. Dengan menabung uang pensiun sejak dini, maka ketika tiba saatnya pensiun nanti, Sobat sudah tidak pusing lagi memikirkan biaya untuk hidup setelah pensiun.

6. Jangan lupa membayar pajak.

Jangan lupa, jika sudah bekerja dan menerima gaji, Sobat sudah memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Pelajari cara kerja pajak pendapatan dan bagaimana cara membayarnya.

Untungnya, beberapa perusahaan sudah mempermudah proses ini dengan membayarkan pajak pendapatan pegawainya. Jadi, mereka hanya perlu melakukan pelaporan saat masa SPT Tahunan.

7. Jaga kesehatan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, biaya rumah sakit sangatlah mahal, apalagi jika Sobat tidak terdaftar asuransi kesehatan. Agar tidak sampai mengeluarkan uang untuk biaya rumah sakit, pastikan Sobat selalu menjaga kesehatan dan berhati-hati.

Selain itu, pastikan untuk bergabung dengan asuransi kesehatan atau BPJS agar kesehatan Sobat terjamin. Dengan mengikuti asuransi kesehatan, Sobat tidak perlu bingung ketika tiba-tiba jatuh sakit dan membutuhkan biaya perawatan yang besar.

Nah, itulah tadi 7 tips keuangan yang sebenarnya cukup sederhana, tetapi sering terlewatkan oleh anak muda yang baru masuk dunia kerja. Jadi, agar keuangan Sobataman dan bisa merdeka secara finansial, jangan ragu ikuti tips di atas, ya!