Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Jenis Aplus Untuk Bahan Material Plafon dan Partisi Ruangan.

Aplus yang merupakan salah satu merk material bangunan khususunys bahan untuk pembuatan plafon dan partisi gypsum, ternyata terdapat macam jenisnya.
Macam Jenis Aplus
Ya, bagi sobat yang hendak membuat plafon maupun partisi dirumah bisa mencoba bahan material dari merk aplus yang akan saya informasikan di halaman ini.

Karena, di kesempatan pembuatan artikel kali ini, larantukagypsum.com akan mengulas tentang macam jenis material bangunan APLUS khususnya bahan untuk pemasangan plafon dan partisi gypsum.

Namun sebelum ke pokok pembahasan mengenai macam macam aplus, kita pahami dulu tentang aplus dan apa itu aplus, berikut ini:

Apa Itu Aplus?

Aplus bagi semua pekerja proyek bangunan mulai dari mandor sampai tukang, pastinya sudah mengetahui baik dari segi bentuknya maupun harga - harganya!

Bahkan bos kontraktor bangunan sekalipun, sudah paham dengan yang namanya Aplus ini terutama dalam soal harga produknya.

Apa jadinya, jika seorang bos pemborong bangunan tidak tahu menahu tentang jenis dan harga serta cara hitung material bahan bangunan dari merk Aplus? Tentunya biaya membangun dalam pekerjaan proyek bangunan, akan menjadi kacau balau di masa mendatang.

Atau katakanlah biaya membangunnya, tidak mengalami kerugian alias dapat untung? Tapi, apakah bahan material yang digunakan dalam proyeknya memiliki kualitas yang baik.

Jangan - jangan setelah bangunan proyeknya selesai dikerjakan, besok - besok terjadi kerusakan pada bangunan yang dikerjakannya oleh karena kesalahan dalam pemilihan bahan materialnya.

Kesalahan dalam memilih bahan material sering kali terjadi, dimana yang seharusnya harga material papan gypsum Rp. 50.000 perlembarnya, kemudian di mark up menjadi 75.000 per lembar.

Padahal, ada papan gypsum yang harganya Rp. 75.000 dengan kualitas produk yang lebih baik dan bagus ketimbang papan gypsum yang harga Rp. 50.000 perlembar tersebut.

Kejadian semacam itu, sering kali terjadi pada bos proyek pendatang baru atau bos dadakan! Dimana tipe bos semacam ini, hanya bisa mengandalkan keberuntungan oleh karena kenal dekat para pejabat tinggi setempat.

Sehingga jika sudah terjadi kasus seperti itu, maka "salahkan saja gelasnya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh! Ada malaikat yang lagi menyulam jaring laba - laba di dinding, mengapa tidak goyangkan saja loncengnya".

Yang di tandai tanda kutip tersebut, merupakan sebuah puisi Rangga dan Cinta di dalam film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) yang sempat popular beberapa waktu tahun yang lalu.

Jadi kembali lagi ke sub judul, apa itu Aplus?

Aplus adalah nama merk produk dari PT. Aplus Pacifik dimana ini merupakan sebuah perusahaan produsen dalam negeri yang biasa memproduksi bahan - bahan material bangunan.

PT. Aplus Pacifik merupakan solusi yang inovatif guna suplai material pastisi dinding, plafon, lantai, hingga sampai produk material bangunan lainnya.

Menurut manjamen dari perusahaan aplus itu sendiri, katanya mereke sudah mempunyai pabrik di 4 lokasi di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Rangkas Bitung, Provinsi Banten.
  2. Kapuk Poglar, Jakarta Barat.
  3. Pasar Kemis, Tanggerang.
  4. Dan Gresik, di Provinsi Jawa Timur.
Diantara keempat lokasi pabrik tersebut, untuk yang di gresik mulai produksinya pada tahun 2015 yang lalu. Dimana, total aset PT. Aplus Pacifik secara keseluruhannya bisa mencapai 60 hektare area produksi dan 16 hektare area untuk gudang (tempat penyimpanan produk).

Macam Macam Aplus Product

Berikut ini rincian lengkapnya, perihal maca macam jenis aplus product yang di produksi oleh PT. Aplus Pacifik untuk pemasangan plafon dan partisi gypsum:

1. Aplus Gypsum

Produk dari PT. Aplus Pacifik yang pertama, ialah Aplus Gypsum yang terbagi kedalam beberapa kategori, seperti: gypsum board, gypsum coupound, hingga produk gypsum tools dan aksesoris.
  • Gypsum Board

Produk Gypsum board (papan gypsum) sebagai bahan material pembuatan plafon dan partisi dari merk Aplus ini terdapat beberapa tipe (type), diantaranya ialah:
    • Gypsum Indogyps,
    • Gypsum Aplus,
    • Aplus Gypsum Tile,
    • Aplus Acoustic,
    • Aplus Gypsound,
    • Aplus Sound,
    • Gypsum Indogyps,
    • WR dan Aplus G Strength.
Mudah - mudahan di kesempatan pembuatan artikel selanjutnya, akan sy bahas satu persatu secara lengkap tentang papan - papan gypsum untuk pembuatan plafon maupun partisi tersebut.
  • Gypsum Coumpond

Lalu terdapat produk Gypsum Compound yang juga terdiri dari beberapa tipe, dimana fungsinya bahan untuk dempul mendempul permukaan yang tidak rata menjadi rapih dan kuat.

Produk gypsum coumpond ini juga terdapat beragam macam jenisnya, sepert berikut:
    • Aplus Cornice Adhesive,
    • Indogyps Wall Plaster,
    • Aplus Finish Compind,
    • Aplus Gypsum Casting,
    • Aplus Fiber Glass Rooving,
    • Aplus Skimcoat By Gypsum,
    • Aplus Perekat Dinding Gypsum.
  • Gypsum Tools dan Accessories

Manajaemen Aplus sengaja merancang produk yang satu ini, guna bisa menghasilkan system plaafon dan skat dinding dengan performa yang baik dan estesis.

Produk gypsum tools dan accessories ini juga terbagi kedalam beberapa tipe, diantaranya ialah:
    • Aplus Textille Tape,
    • Aplus Gypsum Screw,
    • Aplus Manhole,
    • Aplus Power Set,
    • Roxplus atau Aplus Glaswwol (peredam suara untuk ruangan),
    • Aplus Concrete Nail,
    • dan Roxplus Mineral Wool.
Mengenai informasi yang lebih detailnya tentang tipe - tipe produk tersebut, akan saya kupas tuntas secara terpisah di kesempatan pembuatan artikel berikutnya.

2. Aplus Silika Board

Produk merk Aplus selanjutnya yang kedua, ialah Aplus Silika Board. Produk ini pun terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Aplus Papan Silika

Aplus silika board ini, tentunya akan sangat cocok diaplikasin baik untuk plafon maupun partis. Bedanya dengan papan gypsum bisa dilihat pada uraian berikut.

Produk Aplus Silika Board tipe ini terbuat dari campuran semen dan pasir kuarsa dengan di perkuat oleh lapisan serat selulosa sebagai bahan baku utama dimana pemrosesannya dilakukan pada suhu yang sangat tinggi.

Dengan kata lain tipe produk yang satu ini, sudah dengan menggunakan teknologi tinggi dalam pembuatannya! Sehingga, bisa menghasilkan produk stabil dan produk yang tidak akan mengalami penyusutan oleh karena suhu udara yang lembab.

Produk Aplus tipe Aplus Papan Silika ini memiliki spesikasi ukuran 1200 x 2400 mm dan 1220 x 2440 mm! Adapun keunggulan tentang produk ini, ialah: berpermukaan sisi kasar dan halus, fleksibel, mudah pengaplikasiannya, anti rayap, memiliki ketebalan yang bervariasi, tahan terhadap air dan api juga tahan pada benturan.
  • Aplus Colour Paint

Product aplus Colour Paint ini merupakan produk cat dari merk Aplus yang dikhususkan untuk pengecatan permukaan papan gypsum dan papan silika.

Sehingga masih satu kesatuan bahan material untuk pemasangan plafon dan pastisi terutama dalam hal finshing warna, dimana cat aplus ini tidak akan mengelembung dan mengelupas.

Meski begitu, cat aplus ini juga bisa diaplikasikan pada dinding tembok interior rumah maupun dekorasi permukaan lainnya di dalam rumah.

Panduan singkat tentang bagaimana cara pengaplikasian cat Aplus Colur Paint ini mulai dari persiapan sampai pengecatannya, yaitu:
    • Aduk cat terlebih dahulu sampai merata,
    • lalu encerkan dengan air besih sebesar 20% untuk lapisan cat pertama dan 10% untuk lapisan berikutnya dan seterusnya.
    • Sebelum pengecatan, periksa bidang yang hendak di cat harulah terbebas dari kotoran dan harus permukaannya harus kering (tidak boleh lembab).
  • Frame Partition System

Sistem partisi atau skat rangka metal stud dari merk aplus tersebut, memiliki bobot berat yang ringan, tahan terhadap api, harga ekonomis, serta sistem pemasanagannya yang sangat mudah dikerjakan.

Berbicara tentang sistem yang terdapat pada Frame Partition ini, terdiri dari Papan Gypsum Aplus Board yang cara pemasangannya dengan menggunakan sekrup pada rangka metal stud yang sudah dilapisi Zincalum.

Sementara finishing akhirnya hampir sama dengan finsihing plafon gypsum, yakni sebelum tahapan pengecetan melakukan sistem compund terlabih dahulu pada sambungan - sambungan papan gypsumnya supaya permukaan Partition bisa terlihat rata dan rapih serta enak di lihatnya.

Itulah informasi perihal macam macam jenis Aplus sebagai bahan material untuk pembuatan atau pemasangan plafon dan partisi terkhusus gypsum yang saya sampaikan.

Apakah ini dapat membantu? monggo di share aja, barangkali saja ada teman terdekat di sekitar yang hendak pasang plafon maupun partisi.

Sekian dan terimkasih sudah berkunjung, semoga ulasan ini bisa bermanfaat. Wassalam...!!