Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghasilan Kreator Live Streaming, Bisa Capai Jutaan Rupiah!

Pernahkah sobat bertanya-tanya, berapa sih penghasilan kreator live streaming? Kok banyak banget ya, yang mau menjalani profesi semacam ini. Yuk, kita cek saja ulasannya di sini!

penghasilan kreator live streaming bisa mencapai jutaan rupiah
Mendulang rupiah dari saweran digital, sepertinya ini menjadi sebuah istilah yang sangat cocok di tujukan untuk para kreator live streaming.

Bagaimana tidak, penghasilan creator baik secara steraming maupun non streaming di sebuah platform siaran ini memang berasal dari penontonnya.

Munginkah sobat tertarik untuk memasuki dunia para streamer? Tenang saja soba, untuk membuka wawasan kita, maka dalam ulasan di kesempatan pembuatan artikel kali ini, kami akan membeberkan beberapa fakta yang menarik dari para kreator siaran.

Fakta yang menarik tersebut, salah satunya kami akan membeberkan berapa penghasilan seorang kreator dan juga tips - tips bagaimana cara mendapatkan cuan dari live streaming.

Berapa Penghasilan Kreator Live Streaming?

Pertanyaan tentang sebuah penghasilan memang selalu menarik di kupas tuntas buat siapun, apalagi jika berbicara mengenai penghasilan seseorang kerjanya bergerak di bidang industri digital kreatif.

Mengingat sebenarnya tidak ada sebuah rumus atau patokan yang pasti perihal nilai gaji yang tepat dan akurat dalam hal ini yaitu gaji untuk seorang konten kreator.

Jumlah penghasilan yang di terima pun, antara satu kreator dan lainnya juga tidak akan sama oleh karena target market-nya yang berbeda - beda.

Selain itu, perbedaan agensi atau istilah lainnya yakni pihak ketiga yang biasa bekerja sama dengan para konten kreator juga bisa mempengaruhi jumlah penghasilan yang di terimanya.

Nah, kunci penghasilan streamer itu sendiri pada umumnya akan sangat bergantung pada interaksi sang kreatornya dengan sejumlah penonton!

Misalnya saja, interaksi bertatap muka secara virtual dari sang kreator, guna bisa membangun vibes yang menarik.

Sehingga dengan adanya interaksi seperti itu, maka penonton bisa betah berlama - lama dan dapat memberikan sawerannya dengan secara sukarela.

Banyaknya platform untuk streaming yang tentunya bisa membuat perbedaan, terutama di sistem saweran atau pemberian giftnya.

Di lansir dari Kompas dot com, cukup banyak juga para konten kreator khususnya live streaming yang berhasil meraup cuan hingga jutaan rupiah hanya dalam satu kali putaran pada siaran langsungnya.

Salah satunya adalah sang konten kreator asal Indonesia, yakni bernama Natasya Adelsya yang biasa mengadakan siaran di YayaLive dan SnackVideo.

Sang kreator imoet nan cantik yang satu ini, bisa mendapat cuan minimal Rp 3 juta per bulannya dan ini hanya gaji pokok saja, belum termasuk gift - gift atau hadiah yang di berikan oleh penonton.

Sementara nominal gift atau hadiah terbesar dari penonton yang pernah nona Natasya Adelsya dapat, adalah Rp 6 juta hingga Rp 9 juta per tiap sesinya.

Kemudian ada lagi sang kreator lainnya, yang mempunyai julukan yakni Snow pada aplikasi Bigo Live dan aplikasi Myco Live, di mana penghasilan yang bisa di dapat dari live bisa mencapai dari Rp 6 juta hingga Rp 10 juta perbulannya untuk gift dari penonton.

Baca Juga :  20 Aplikasi Yang Bisa Menghasilkan Cuan dan Terbukti Membayar.

Lalu, berapa penghasilan kreator dari live streaming di luar negeri?

Streamer sukses luar negeri yang siarannya di aplikasi Twitch, bisa menghasilkan lebih dari 20 juta dolar per tahun. Bahkan dari subscriber-nya saja, mereka bisa memperoleh cuan 3000 hingga 5000 dolar per tiap bulan dan ini masih belum termasuk dengan program dari link affiliate, iklan, dan lain-lainnya lho.

Cuan 3000 dollar bila kita rupiahkan 1 dollarnya 15.000 rupiah, maka menjadi 45 juta rupiah per tiap bulannya! Wow, sungguh nilai penghasilan yang fantasis menurut kami, di mana kami mencari cuan senilai penghasilan UMR saja, sangat begitu susahnya minta ampun.

Tips Meningkatkan Potensi Penghasilan Kreator Live Streaming

Ingat, kunci dari penghasilan gede para kreator live streaming adalah interaksi dengan penonton. Jadi, sobat perlu menyajikan tontonan yang menarik dan kreatif, bilaperlu di buat unik.

Tujuannya, yaitu tadi agar penonton bisa betah berlama - lama menontonya dan dapat memberikan gift atau hadianya dengan secara sukarela.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk meningkatkan penghasilan kreator live streaming, yang kami peroleh dari sang kreator yang sudah profesional:

1. Siaran di Platform yang Berbeda

Untuk mendapat penghasilan di kisaran jutaan rupiah, sobat perlu mengorbankan waktu streaming di lebih dari satu platform.

Maksudnya, ini bisa jadi akan membuat para penonton bisa lebih mudah dalam memberikan sawerannya dan juga akan selalu mengikuti sobat sebagai fans yang sangat loyal.

Lebih idealnya lagi, sobat bisa siaran selama 2 hingga 3 jam dalam sehari hanya di satu platform. Agar hasilnya bisa lebih optimal, sobat juga perlu memberikan jeda atau waktu istirahat agar siaranmu tidak asal - asalan dan juga membosankan.

2. Interaksi Dengan Penonton

Pekerjaan menjadi konten kreator ini mengharuskan sobat untuk berinteraksi dengan para penonton secara online yang artinya tidak ada tatap muka secara langsung di dunia nyata atau head to head.

Untuk itu, sobat perlu melakukan berbagai hal untuk berinteraksi. Contohnya, sobat bisa membuat challenge agar komunikasi bisa lebih interaktif.

Selain itu, sobat juga bisa menunjukkan bakat yang dimiliki agar suasana menjadi lebih hidup dan tidak membosankan atau monoton. Jangan ragu juga, untuk menerima request dari para penonton agar mereka senang.

Bila penonton senang, maka hadiah gift pastinya akan di berikan dengan sendirinya oleh yang menontonnya itu sendiri. Jadi sobat senang, penonton senang, semuan senang.

3. Buat Rancangan di Tiap Siaran

Siaran di platform seperti ini tak jauh bedanya dengan host atau MC yang biasa di terapkan di acara - acara offline.

Cuma bedanya, sobat tidak memegang clue card selama acara sedang berlangsung. Namun begitu, ini bukan berarti sobat siaran tanpa rencana atau perencanaan.

Sekali ingat ya, bahwa profesi dalam bidang kreator itu sebuah kreativitas akan sangat di perlukan, agar siaranmu tetap menarik dan berbobot.

Jadi ksobatamu perlu membuat sebuah rancangan atau konsep maupun outline yang agak sedikit berbeda antara di satu siaran dengan siaran lainnya.

Tidak perlu terlalu rinci atau mendetail, yang penting asalkan ada sesuatu gambaran yang besar tentang apa yang perlu sobat lakukan saat siaran! Maka, lakukannlah dengan segera.

Dengan pembuatan rancangan atau konsep untuk sebuah siaran terlebih dulu sebelum menyiarkan, setidaknya bisa meminimalkan rasa bosan para penonton oleh karena isi siaran yang di rancang dan juga sudah di konsepkan pasti akan terlihat berbeda. Sehingga, kesannya siaran yang tidak berulang, begicu lho.

4. Jangan Pernah Memaksa atau Meminta Gift

Tips berikutnya yang bisa kami berikan dan ini juga masih tips yang di berikan oleh seorang konten kreator yang sudah profeional, di mana katanya ada satu aturan yang perlu sobat perhatikan pada saat live streaming. Apa itu?Aturan yang di maksud, yakni hindari meminta gift ke para penonton. Pasalnya, ini bisa membuat viewers jengah.

Jadi kembali lagi ke konsep yang sudah di rancang sebelum di siarkan apakah kontenya sudah menarik? Dan ketika siaranmu terlihat menarik penonton, secara sukarela gift akan di berikan oleh penontonnya itu sendiri.

Itulah gambaran tentang penghasilan kreator live streaming yag bisa mencapai pertiap bulannya yang kami sertai juga dengan tips agar penghasilan dari live streaming bisa meningkat baik secara pelan maupun drastis.

Setelah mengetahui penghasilan kreator live streaming, apa sobat makin tertarik terjun ke dunia siaran ini? Jika iya, pastikan tips di atas sobat terapkan ya sob yanhg akhirnya dapat meningkatkan potensi penghasilannya.

Mungkinkah ini bisa membantu? Jangan lupa untuk membaca ulasan yang mungkin ada yang menarik untuk sobat simak dengan topik yang sama pada artikel terkait si bagian bawah ulasan ini.

Sekian dan terimakasih telah berkunjung serta menyimak, semoga ini bisa bermanfaat. Wassalam..!