Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambaran Harga Galian Tanah Untuk Pondasi Rumah Per Meter Kubik.

Harga Galian Tanah - Pada saat sobat hendak mendirikan rumah, tentunya penggalian tanah untuk pondasi harus di lakukan terlebih dahulu sebelum bangunan rumahnya berdiri, bukan?

harga galian tanah permeter kubik

Dan sebelum proses penggalian tanah di kerjakan pun, sobat masih harus melakukan perhitungan yang pasti tentang berapa kisaran harga atau ongkos (upah) galian tanah yang harus di bayarkan per meter kubiknya.

Jangan sampai sobat asal menyuruh saja seorang tukang gali untuk menggali tanahnya buat pondasi, tanpa sobat menanyakan dulu tentang masalah harganya.

Jika seperti itu, bisa - bisa nanti tukang galinya meneke atau mempermainkan harga yang seharusnya "katakan saja 50 ribu per meter kubik", di sulap oleh si pesulap merah (Opps, maksudnya tukang gali!), menjadi 200 rebu per m3nya. Kan sobat jadi merugi, betul?

Jadi sebelum memperkerjakan tukang gali tanah untuk menggali tanah pondasinya, selesaikan dulu tawar menawar harga atau ongkosnya hingga deal (jadi).

Bila kedua belah pihak, yakni sobat dan si penggali tanah sudah ada kesepakatan tentang harganya! Silahkan sobat menyuruhnya, untuk segera melaksanakan perkerjaannya secepat mungkin guna bisa melangkah ke tahap pekerjaan bangun rumah selanjutnya, yakni pembuatan pondasi rumah.

Harga Galian Tanah Untuk Pondasi Rumah Per Meter Kubik

Perlu di ketahui oleh sobat yang hendak melakukan penggalian tanah untuk pondasi, bahwa harga galian tanah biasa di hitung per m3 (meter kubik)!

Dan berapa biaya permeter kubiknya, bisa jadi antara saya yang tinggal di kota dengan sobat di kampung akan berbeda harganya.

Perbedaan harga galian tanah pondasi, sesungguhnya tergantung dari pemikiran si tukang galinya itu sendiri! Jadi biasanya, mas tukang gali tanahnya mesti melihat dulu kondisi tanah yang akan di galinya supaya bisa memperkirakan harganya.

Apabila di lokasi tanah tingkat kesulitan penggaliannya cenderung tinggi, bisa jadi harganya akan mahal! Sebaliknya bila terlihat mudah di kerjakannya, maka akan lebih murah harga galiannya.

Namun pada umumnya, kalo di tempat saya (di kota ya)! Harga galian tanah yang sudah saya ketahui, yakni berkisar di "90 ribu hingga 110 ribuan rupiah per meter kubiknya" di mana pengerjaannya di lakukan secara borongan.

Entahlah, kalo di tempat sobat di perkampungan, hehehe...!! Bisa jadi gratis ya, karena bisa di lakukan secara gotong royong dengan masyarakat setempat. Lo, biasanya di kampung kan begitu dimana solidaritas antar sesamanya masih sangat tinggi.

Oh ya sebagai info tambahan, tentang harga yang saya sebutkan tersebut! Itu, udah termasuk dengan hitungan peralatan menggali tanah yang di sediakan sendiri oleh si pak penggalinya.

Jadi, kita sebagai pihak yang memberikan borongan hanya tahu bayar saja! Itupun, pembayaran lunasnya nanti dibayarkan setelah pekerjaan gali tanahnya selesai di kerjakan dan juga kondisi tanah yang di gali sudah sesuai dengan kesepakatan yang sudah di sepakati bersama.

Harga Galian Tanah Dengan Menyewa Alat Berat

Persoalan harga galian tanah untuk pondasi rumah akan terasa jauh lebih mahal lagi, bilamana sobat menyewa alat berat untuk menggalinya.

Rasa mahal tersebut, akan terbayarkan dengan cepat terselesaikannya pekerjaan penggalian tanah pondasi dalam waktu yang sesingkat -singkatnya.

Berpikir sesaat tentang kepraktisan alat berat, bisa menggoyahkan jiwa yang tangguh dan kuat untuk sesegera mungkin menyewanya, supaya rumah impian bisa dengan cepat di dirikan.

Namun ada yang perlu di pikirkan lagi tentang menggunakan alat berat, di mana pada alat berat terdapat sejumlah ketergantungan yang tak dapat kita hindari, di antaranya ialah:
  • Mobilisasi yang susah
  • Demobilisasinya rumit
  • Perawatan juga pemeliharaannya yang terkesan gimana gitu
  • Lalu kebutuhan jajanan alat berat yang harus di pikirkan, misalnya:
    • filter
    • gemuk
    • minyak hidrolik
    • oil pelumas transmisi
    • bahan pelumal mesinnya
    • hingga bahan bakar minyak (BBM)
    • dan lain - lainnya yang tak terduga.
Meskipun ketergantungan alat berat tersebut, sejak awal pada waktu perencanaan anggarannya sudah di perhitungkan dalam biaya bangun rumah per meter persegi.

Tapi kita tidak tahu, kesulitan dan rintangan seperti apa yang akan menghadang di lokasi pengerjaan saat alat beratnya di gunakan.

Sementara si pemilik alat berat itu sendiri, pastinya tidak mau tahu perihal kesulitan dan rintangan yang dihadapi oleh si penyewa!

Karena menurut pemikiran si tuan pemilik alat berat, yang pada intinya ialah semakin lama alat beratnya di pergunakan! Maka, akan semakin banyak pula dia menerima cuan (duit).

Adapun untuk harga menyewa alat berat jenis exvator yang saya ketahui di tempat saya, besarannya yakni "Rp. 5.000.000 perhari" dan ini udah termasuk dengan hitungan gaji sang operatornya.

Jadi harga sewa alat berat tersebut, mau selesainya penggalian tanahnya 2 jam hingga 3 jam! Di hitungnya, tetap 5 juta / hari. Sungguh biaya penggalian pondasi yang sangat mahal, bukan.

Saran saya jika ukuran rumah yang hendak sobat dirikan berukuran menengah kebawah atau selama masih bisa di tangani oleh tukang gali, jangan menyewa alat berat deh.

Terkecuali lokasi tanah sobat yang hendak di bangun rumah, masih merupakan hutan belantara yang masih banyak pohon besar yang tidak bisa ditangani dengan tangan manusia. Maka, bolehlah menggunakan alat berat.

Demikan, ulasan tentang daftar harga galian tanah untuk pondasi rumah yang bisa saya sampaikan. Apakah, ini bisa membantu?

Sekian dan terimakasih buat bro, yang sudah berkunjung sekaligus menyimak isi pembahasan di halaman ini. Semoga ini, bisa berguna dan bermanfaat buat seseorang yang membutuhkan informasi semacam ini. Wassalam...!!