Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Mengatasinya, Dijamin Hilang Bro.

Ngorok saat tidur merupakan kebiasaan jelek yang dapat mengganggu ketenangan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, sobat bisa mencari tahu bagaimana cara menghilangkan tidur ngorok pada artikel ini.
Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Menghilangkan
Karena jika sobat tidak mencari tahu solusi mengatasi tidur ngorok dan membiarkannya kebiasaan buruk begitu saja, tentunya ini akan bisa mempengaruhi kualitas tidur sobat secara menyeluruh.

Ya, apabila di biarkan berlarut-larut! Maka, selain mempengaruhi kualitas tidur juga dapat mengaikbatkan kondisi kesehatan pada badan sobat sewaktu-waktu.

Menurut sebuah penelitian yang larantukgypsum.com kutip dari situsnya Everyday Health, bahwasanya orang yang tidur ngorok mempunyai peluang sekitar 34% besarnya, akan mengalami serangan jantung dan sisanya yang 67% akan lebih mudah terkena strok.

Oleh sebab itu, tibalah saatnya buat sobat yang sering kali tidurnya mengorok keras mendengkur terutama di malam hari untuk mencari tahu tentang bagaimana cara menghilangkan tidur ngorok dan beruntung sobat yang berkunjung bisa menemukannya pada halaman ini.

Namun sebelum ke cara menghilangkan ngorok, alangkah baiknya kita ketahui dulu penyebab mengorok saat tidur lelap di rumah, baik di malam hari maupun siang hari! Berikut ini pembahasannya:

Penyebab Tidur Ngorok

Orang yang tidurnya mengorok mendengkur, pada umumnya terjadi karena adanya penyempitan saluran pernafasan pada rongga hidung, di mana hidung adalah sebuah anugerah yang di berikan oleh Tuhan untuk sobat!

Nah, proses penyempitan pada rongga hidung tersebut itulah yang menimbulkan suara getaran atau bunyi mendengkur yang seringkali kita dengar pada orang yang tidur ngorok.

Jadi itu, merupakan salah satu penyebabnya! Adapun penyebab lainnya orang tidur ngorok atau mengorok, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan obat tidur
  • Kondisi berat bada yang berlebihan
  • Bisa jadi karena tulang hidung tidak lurus atau bengkok
  • Memiliki kelainan bentuk pada wajah
  • Terdapat amandel atau kelenjar adenoid yang bengkak
  • Mengalami gondok
  • Terjangkit Sleep Apnea
  • Lemahnya otot tenggorokan oleh karena penuaan

Penyebab tidur ngorok tersebut, tentunya dapat mengakibatkan suara mendengkur yang semakin menjadi-jadi bila tidak di cegah dan berikut ini adalah cara pencegahan mendengkur yang dapat cobat sobat praktekan di kamar rumah maupun di apartemen:

  • Hindari minuman beralkohol sebelum tidur di mulai
  • Kurangi berat badan berlebih
  • Jauhi asap rokok
  • Lakukan posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dari badan
  • Praktekan waktu tidur yang cukup
  • dan coba juga lakoni tidur dengan posisi badan menyamping.

Cara Mengatasi (Menghilangkan) Tidur Ngorok

Bagaimana cara kita mengatasi atau menghilangkan kebiasaan tidur baik ngorok maupun mengorok akan kami kupas tuntas pada kesempatan pembuatan artikel kali ini.

Berikut ini ulasan perihal cara menghilangkan ngorok atau mengorok saat kita tertidur lelap, baik di ruangan kamar rumah maupun ruangan kamar apartemen yang bisa coba sobat praktek kan:

1. Konsultasi Dengan Dokter THT.

Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Menghilangkan Mengorok
Cara mengatasi atau menghilangkan kebiasaan tidur ngorok yang pertama ini bisa menjadi pilihan pertama juga bisa menjadi pilihan yang terakhir buat sobat, yakni berkonsultasi dengan dokter THT.

Dokter THT ini, biasanya akan memberikan sebuah solusi pada yang berkonsultasi tentang masalah tidur mengorok yang sobat alami, semisal merekomendasikan sobat untuk menjalani sejumlah prosedur medis CPAP (Continous Positive Airway Pressure) yang gunannya nanti buat melebarkan ukuran pada saluran pernafasan sobat yang sering mengorok saat tidur.

2. Beli Obat Penghilang Ngorok di Apotik k24 Terdekat.

Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Menghilangkan Mengorok
Cara yang kedua, sobat bisa mengatasi ngorok saat tidur dengan membeli obat untuk menghilangkan mengorok berupa herbal di apotik terdekat di kota sobat.

Obat herbal untuk mengatasi tidur ngorok itu sendiri, merupakan obat yang bahannya terbuat dari bahan alami yang sebetulnya dapat sobat temukan sendiri di ruangan dapur rumah sobat, seperti berikut ini:

  • Herbal pepermint:
    • Dengan meneteskan minyak peppermint pada secangkir air hangat, insyaallah kebiasaan tidur ngorok sobat dapat di atasi dengan secara efektif.
  • Madu:
    • Obat herbal berupa madu murni juga dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan, bila sobat secara rutin rajin mengkonsumsinya setiap hari.
  • Obat Kayu Manis:
    • Ini juga merupakan obat herbal yang bisa mengatasi masalah pernafasan dengan cara menyeduh 1 sendok teh kayu manis yang di campur dengan air panas, lalu di minum setiap pagi maupun malam menjelang tidur.
  • Si Kunyit:
    • Herbat kunyit yang merupakan salah satu bumbu bahan dapur ini juga bisa mencegah ngorok saat tidur dengan cara menyeduh sari kunyit yang sudah di haluskan dan lalu meminumnya secara rutin setiap saat.
  • Bawang Putih:
    • Siapa yang tidak tahu dengan bumbu dapur yang satu ini yakni Bawang Putih, semua orang tentu mengetahuinya, bukan? So, silahkan sobat mengkonsumsinya sebanyak 2 hingga 3 siung bawang ini guna meningkatkan peredaran pernafasan pada tenggorokan.

3. Turunkan Berat Badan.

Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Mengatasi Mengorok
Bila cara ke dua sudah sobat coba dan nyatanya masih belum optimal, maka sobat bisa melakukan cara mengatasi tidur ngorok yang ketiga ini yakni dengan menurunkan berat beban badan yang sobat miliki.

Dengan melangsingkan badan atau mengurangi berat badan, pastinya akan ada dampak yang cukup signifikan guna mengurangi dengkuran saat tidur!

Karena, dengan berkurangnya lemak pada bagian area belakang tenggorokan, tentunya sobat akan bisa mengurangi juga getaran pada tenggorokan maupun rongga hidung di saat tidur! Selain itu, dengan menurunkan berat badan juga dapat berpeluang untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok, seumpanya sobat seorang perokok.

So, yuk mari kita coba cara yang ke tiga ini guna menggentikan kebiasaan buruk kita di saat tidur, yakni tidur mengorok dan mendengkur yang dapat membuyarkan kenyamanan di sekitar.

4. Terapi Senam Otot Tenggorokan

Penyebab Tidur Ngorok dan Cara Mengatasi Mengorok
Bila langkah sebelumnya belum di rasa maksimal, maka sobat bisa lakukan cara terapi senam otot tenggorokan guna mengobati tidur yang mendengkur keras, berikut ini:
  • Melafalkan sejumlah huruf vokal dengan suara yang lantang selama 3 menit dan lakukan hal selama beberapa kali dalam 1 hari,
  • Meletakkan bagian ujung lidah di belakang gigi bagian atas, lalu geser lidah tersebut ke depan serta belakang hingga 3 menit untuk setiap harinya,
  • Membuka mulut, lalu menggerakan rahang bagian bawah pada salah satu sisi, dan kemudian tahan selama kurang lebih 35 detik secara bergantian.

5. Pastikan Asupan Cairan Pada Tubuh Tercukupi.

cara mengobati tidur ngorok
Sebelum sobat tidur agar nantinya tidak ngorok atau mendengkur, maka sobat harus memastikan terlebih dahulu asupan cairan pada tubuh sobat apakah sudah tercukupi, semisal minum air putih secukupnya dan lain sebagainya.

Pasalnya, bilamana tubuh kekurangan asupan cairan tertuma pada saat hendak tidur! Maka, menurut ilmu kedokteran itu adalah sesuatu hal yang dapat menyebabkan sekresi dalam rongga hidung serta dinding pada terggorokan akan menjadi lengket selengket-lengketnya.

Hal semacam itulah, yang terkadang dapat membuat tidur menjadi ngorok atau mendengkur sekeras-kerasnya! Dan bila ini terjadi secara berkelanjutan, tentunya akan sangat mengganggu konsentrasi tidur buat pasangan sobat (isteri) di setiap malamnya.

6. Kepalanya Di Sangga Saat Tidur Ngorok

cara menghilangkan tidur mengorok
Dengan menyangga kepala menggunakan bantal setinggi 10 cm lebih pada waktu hendak tidur, juga dapat menjaga lidah supaya tak di dorong ke bagian belakang yang dapat menghalangi jalannya sirkulasi udara pada pernafasan.

Cara mengatasi tidur ngorok dengan menggunakan bantal kepala seperti itu, maka dapat membantu juga dalam melebarkan saluran sirkulasi udara pada pernapasan sobat, sehingga udara nafas yang keluar ketika tidur bisa di lepas secara normal.

Akan tetapi, jangan terlalu tinggi juga dalam sobat membuat penyangga untuk kepalanya di kala hendak tidur. Karena, bisa menyebabkan saluran udara pernafasan yang di keluarkan malah menjadi terhambat.

7. Atur Temperatur Kamar Jangan Sampai Lembap

cara menghilangkan tidur ngorok
Temperatur atau suhu kamar yang lembab nan dingin di ruangan kamar tempat sobat tidur, juga dapat menjadi sebuah faktor penyebab sobat tidur ngorok mendengkur.

Maka dari itu, usahakan udara yang dingin yang dapat menyebabkan lembabnya dinding dalam hidung serta tenggorokan akab menjadi mumpet dan tersumbat.

Sehingga hal seperti itulah, yang membuat kondisi tidur menjadi mengorok dan mendengkur oleh karena terjadinya getaran di saat proses masuk keluarnya udara pernafasan sedang berlangsung.

Jadi sobat usahakan ya, kondisi ruang dalam kamar saat hendak tidur di hangatkan terlebih dahulu temperatur atau suhunya dengan humidifier atau semacamnya.

8. Ganti Bantal Tidur.

tidur ngorok? begini cara mengatasi dan menghilangkannya
Percaya atau tidak, bantal yang tidak pernah di ganti terutama pada sarungnya yang tidak di cuci selama berabad-abad hingga sampai bermunculan pulau - pulau yang tidak di ketahaui pulau apa namanya! Maka, ini dapat menyebabkan ngorok saat tidur.

Sehingga bila sobat selalu mengorok saat tidur dan melihat bantal sudah kucel, maka cobalah untuk mengganti sarung bantalnya atau bila perlu cuci bantalnya sampai bersih dan harum serta hilangnya pulau-pulau pada permukaan bantal.

Bila suspensi ke empukan bantalnya sudah tidak berfungsi, maka bisa ganti dengan beli bantal tidur baru yang lebih baik agar kualitas tidurnya bisa terjamin.

9. Ubah Posisi Tidur

kebiasaan tidur mengorok
Yang terakhir yang menurut kami wajib di coba dalam mengatasi tidur ngorok mendengkur buat someone yang sering ngorok saat tertidur lelap di malam hari maupun siang, maka bisa mencoba dengan mengubah posisi tidurnya dan pastinya cara seperti ini akan sangat mudah sekali di lakukannya.

Pasalnya menurut buku riset yang kami temukan dalam jurang entah di mana, posisi tidur telentang maupun tengkurap dapat menyebabkan daging dalam tenggorokan dan lidah akan terasa longgar (masuk hingga ke dalam) dan inilah yang menyumbat jalur sirkulasi udara pernafasan, sehingga terjadinya tidur ngorok.

Itulah ulasan terpenting menurut seseorang yang ingin menghilangkan kebiasaan tidur mengorok atau mendengkur yang dapat kami sampaikan! Semoga, artikel ini bisa berguna dan terimakasih atas kunjungannya.