Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membangun Rumah Mewah di Lahan Terbatas

Desain rumah yang mewah menjadi impian bagi sebagian besar orang. Lantas, bagaimana cara membangun rumah mewah di atas lahan terbatas? Simak di sini!

Cara Membangun Rumah Mewah

Bagi beberapa orang, membangun rumah menjadi pilihan terbaik daripada membelinya. Selain dapat memastikan kualitas bahan bangunan yang di gunakan, mereka juga bisa merencanakan sendiri desain rumah sesuai dengan preferensi pribadi.

Desain yang tampak mewah kini masih menjadi keinginan sebagian besar orang. Namun, sering kali keterbatasan lahan menjadi tantangannya.

Namun sebelumnya, bila sobat berminat membangun rumah minimalis bisa menyimak terlebih dahulu pada artikel sebelumnya tentang kelebihan memiliki rumah minimalis di jaman sekarang.

Cara Membangun Rumah Mewah

Jika Sobat juga menginginkan rumah mewah di atas lahan terbatas, berikut ada beberapa cara atau sejumlah tips dalam membangunnya rumah mewahnya yang bisa sobat terapkan nanti dalam prkateknya.

1. Desain langit-langit yang lebih tinggi.

Rumah yang di bangun di atas lahan terbatas tentunya akan menghasilkan bangunan yang berukuran minimalis. Namun, Sobat masih bisa menciptakan kesan mewah dengan mendesain langit-langit yang lebih tinggi sehingga tercipta jarak yang cukup jauh dengan lantai.

Jarak ini akan memberikan ilusi lebih lapang dan jauh dari kesan sempit. Tidak hanya itu, desain ini juga dapat memperlancar sirkulasi udara sehingga membuat ruangan terasa sejuk karena oksigen berlimpah dan minim hawa panas.

Dinding yang luas dan tinggi bisa Sobat manfaatkan untuk memasang dekorasi tanpa membuat interior terlihat penuh dan sesak. Pilih dekorasi yang dapat menciptakan kesan mewah pada ruangan, seperti foto, lukisan, tirai, lampu gantung, karpet dan aromaterapi yang menenangkan.

2. Buat desain bangunan dua atau tiga lantai.

Rumah mewah biasanya identik dengan ruangan yang lebih luas. Dengan lahan minimalis, Sobat hanya bisa memiliki ruangan sempit atau ruangan luas, tetapi dengan jumlah yang tidak mencukupi kebutuhan. Agar bisa mendapatkan keduanya, solusi yang dapat di ambil yaitu dengan membangun rumah bertingkat.

Tidak hanya itu, rumah tingkat juga memudahkan Sobat untuk memisahkan antara zona privat dan area publik. Misalnya, dengan menggunakan lantai 2 sebagai ruang privasi keluarga, sedangkan lantai dasar di gunakan untuk ruang tamu, kamar tidur khusus tamu, kamar mandi dan dapur.

3. Terapkan konsep rumah terbuka.

Konsep rumah terbuka atau biasa di kenal dengan sebutan open space adalah rumah yang di desain secara terbuka, tanpa menggunakan sekat dan pembatas antarruangan, misalnya dengan menggabungkan dapur, ruang makan dan ruang santai. Selain menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, desain ini juga memiliki kesan mewah, modern dan timeless.

Tidak hanya itu, desain ini akan memperlancar sirkulasi udara dan menciptakan pencahayaan alami di setiap ruangan. Lagi-lagi, ini akan membawa keuntungan bagi Sobat karena dapat menghemat biaya listrik untuk penerangan. Kapan lagi memiliki rumah mewah dan hemat?

Suplai oksigen dan cahaya yang cukup juga memberikan dampak baik bagi lingkungan tinggal dan kesehatan para penghuninya. Udara yang sejuk akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

4. Pilih material berkualitas tinggi.

Material berkualitas tinggi akan menghasilkan bangunan yang lebih kokoh dan tahan lama. Jika di kerjakan dengan teknik yang benar, material ini akan menghasilkan visual rumah mewah yang menawan. Pilih keramik granit atau marmer alam untuk lantai rumah yang lebih elegan.

Tidak hanya itu, granit dan marmer juga dapat di gunakan untuk tampilan meja dapur yang lebih indah, tahan panas, tahan gores dan mudah di bersihkan saat terkena noda. Material kaca dan metal juga dapat di gunakan untuk memberi kesan ruangan yang lebih megah.

Misalnya, penerapan material kaca pada wall panel dan metal pada railing tangga.

5. Pilih furnitur yang tepat.

Terakhir, Sobat harus memperhatikan furnitur yang akan di gunakan. Hal ini, karena interior yang terlihat megah merupakan hasil dari perpaduan furnitur yang tepat. Sobat bisa menginvestasikan biaya lebih untuk membeli perabotan yang berkualitas. Namun, karena ukuran bangunan yang minimalis, jangan lupa sesuaikan ukuran perabot yang akan Sobat gunakan dengan luas ruangan.

Jika ingin menambahkan furnitur kayu, pilih material kayu solid agar dapat bertahan lama. Jangan lupakan finishing untuk lebih menguatkan kesan mewah pada rumah Sobat.

Itulah beberapa tips yang dapat di gunakan saat Sobat ingin membangun rumah mewah di atas lahan terbatas. Ukuran tidak lagi menjadi halangan karena semua itu dapat di siasati dengan cara-cara yang telah di sebutkan di atas.