Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting Bray! Ini, 5 Tips Nabung Reksa Dana untuk Pendidikan Anak.

Apakah sobat termasuk pasangan yang baru menikah? Gunakan lima tips nabung reksa dana ini guna menyiapkan dana pendidikan terbaik untuk anak kelak.

Reksa Dana Pendidikan Anak

Tahukah sobat, investasi dengan reksa dana bisa membantu sobat untuk mengumpulkan dana pendidikan anak? Sudah menjadi rahasia umum, jika biaya pendidikan anak makin hari makin naik.

Oleh karena itu, menyiapkan dana pendidikan anak jadi prioritas bagi banyak orang tua dan menurut data dari BPS di tahun 2021 saja, biaya pendidikan anak mengalami inflasi hingga 1,6%.

Maka dari itu, menabung untuk pendidikan anak adalah salah satu solusi terbaik. Untuk menunjang keberhasilan menabung, tips ini bisa sobat jadikan referensi.

5 Tips Nabung Reksa Dana untuk Pendidikan Anak

Reksa dana merupakan salah satu investasi yang memungkinkan sobat memulai dengan modal kecil. Bahkan, investasi ini menjadi solusi yang cocok untuk sobat mulai dalam mengumpulkan biaya pendidikan anak.

Walaupun sangat menjanjikan, sobat harus tetap berhati-hati dan memiliki strategi terbaik dalam pengumpulan dana ini. Berikut ada beberapa tipsnya untuk sobat.

1. Mulai Sejak Dini

Dalam mengumpulkan biaya pendidikan anak, ada baiknya sobat mulai sedini mungkin. Sebisa mungkin mulai pengumpulan dana pendidikan sedari awal menikah. Untuk itu, sobat bisa melakukan musyawarah dengan pasangan sobat, bahkan sebelum menikah.

Dengan memulai nabung reksa dana untuk pendidikan anak sejak dini, sobat bisa merasakan hasil yang lebih menjanjikan! Karena makin lama jangka waktu investasi yang sobat lakukan, maka akan makin ringan pula beban yang harus sobat tanggung.

2. Rencanakan Persiapan Jenjang Pendidikan Anak

Tips berikutnya yang bisa sobat lakukan adalah merencanakan jenjang pendidikan anak. Rencana tersebut mencakup jenis sekolah, lokasi, hingga sampau jenjang pendidikan yang sobat harapkan. Pertimbangkan juga minat dan bakat anak kelak.

Dengan merencanakan persiapan jenjang pendidikan anak, sobat bisa mengalkulasi biaya dari setiap jenjang yang akan di lalui. Hitung juga perkiraan inflasi dari biaya tersebut agar persiapan sobat mendekati akurat.

3. Riset Kebutuhan Biaya Pendidikan Anak

Meriset dan memprediksi biaya sekolah yang ingin di tuju akan sangat membantu dalam pengumpulan dana. Coba lakukan riset beberapa sekolah berbeda untuk opsi yang bisa sobat rekomendasikan untuk anak.

Biaya sekolah swasta dan negeri jelas berbeda. Maka dari itu, sobat harus meriset dan memperkirakan inflasi biaya yang di butuhkan.

Dana yang harus sobat riset antara lain biaya pendaftaran, uang SPP, biaya seragam, peralatan sekolah, biaya transportasi, maupun kebutuhan lainya.

Pisahkan biaya berdasarkan jenjang pendidikan. Makin detail akan makin mengerucutkan total target biaya yang harus sobat kumpulkan.

4. Buat Strategi Pengeluaran Bulanan

Mulai buat strategi pengeluaran bulanan, bedah finansial, serta alokasi dana dan pengeluaran untuk belanja bulanan. Pisahkan antara kebutuhan pokok, kebutuhan lain-lain, tabungan, asuransi kesehatan, dan biaya investasi seperti reksa dana biaya pendidikan.

Gunakan persentase prioritas yang di terapkan para pakar keuangan. Namun, semua itu harus sobat sesuaikan lagi dengan kondisi keuangan saat ini. Lakukan perencanaan yang menurut sobat paling efisien; coba mulai dengan mengelola keuangan lebih bijak.

Pastikan sobat melakukan investai secara rutin dan disiplin. Jika di butuhkan, sobat bisa mencari pemasukan tambahan untuk menunjang target investasi yang harus sobat kumpulkan tiap bulannya.

5. Gunakan Aplikasi Investasi Online dan Konsultasi dengan Para Ahli

Kemajuan teknologi membuat proses investasi lebih mudah. Sobat bisa menggunakan aplikasi investasi online yang dapat nmerekomendasikan investasi terbaik.

Rekomendasi ini bisa berdasarkan banyak hal, seperti karakter pengambilan risiko, tujuan investasi, dan kemampuan dana yang sobat jadikan penanaman modal.

Walaupun sobat telah menggunakan aplikasi investasi online, sobat masih harus berkonsultasi dengan para ahli. Setidaknya, mintalah bantuan dari orang yang lebih dulu terjun dan berpengalaman dalam investasi untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak.

Dengan berkomunikasi dengan orang yang lebih paham tentang investasi, sobat akan mengetahui solusi terbaik untuk kondisi keuangan, target waktu, biaya yang harus di kumpulkan, maupun investasi yang ingin sobat ambil.

Kini, sobat Bisa Mulai Nabung Reksa Dana untuk Pendidikan Anak Dengan menggunakan tips nabung reksa dana untuk pendidikan anak di atas, pastinya akan menunjang tujuan investasi sobat bisa tercapai dengan lebih terjamin. Nyatanya, investasi memang sangat menjanjikan untuk tujuan pengumpulan dana yang sobat kehendaki.