Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Penawaran Barang, Mulai Dari Produk Elektronik Sampai Property.

Contoh Surat Penawaran Barang yang Formal (Resmi) mulai dari barang elektronik, material bangunan, property hingga sampai barang furniture ini, kita tujukan buat sobat larantukagypsum.com yang bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses.
Ya, teruntuk sobat tercinta dimana saja berada! Apakah bercita-cita ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, baik sukses di tingkat kelurahan maupun kabupaten? Namun, yang lebih bagusnya lagi bila bisa sukses di tingkat nasional.

Maka, sobat wajib mempelajari cara membuat surat penawaran barang yang resmi atau formal ini, secara baik dan benar! Yang akan kita berikan contoh surat penawarannya, di kesempatan pembuatan artikel ini.

Surat penawaran barang ini kita lansir dari situs terpercaya di master google, yang dapat sobat contoh untuk berbagai keperluan bisnis yang akan sobat jalani, baik diwaktu sekarang maupun di masa depan nanti.

Namun sebelum kita berlanjut pada contoh suratnya, alangkah bagusnya kita pahami dulu apa itu surat penawaran barang!

Surat Penawaran Barang, Apakah Itu?

Apa itu surat penawaran barang ? Surat penawaran barang ialah surat yang fungsinya sebagai jembatan agar terjalinnya hubungan kerjasama antara penawar barang dan penerima penawar barang.

Dengan kata lain tujuan membuat surat penawaran yakni guna membantu memperluas jaringan bisnis perusahaan serta meningkatkan pemasaran produk yang artinya, surat penawaran ini juga tergolong kedalam media promosi.

Adapun isi dalam surat penawaran barang pada umumnya menggambarkan tentang barang-barang yang dipromosikan, yang biasanya dibuat disaat ada tawaran permintaan barang dari calon konsumen atau pembeli.

Jadi surat penawaran barang merupakan surat berstatus formal (resmi) yang dibuat oleh penjual, untuk diberikan kepada calon pembeli atau konsumen! Dimana didalam suratnya, berisikan data-data tantang perusahaan serta barang-barang yang akan ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Maksud dan tujuan dibuat surat penawaran barang tersebut tidak lain yaitu guna meyakakinkan konsumen dengan harapan supaya terjadi kerjasama atau transaksi jual beli diantara kedua belah pihak.

Elemen Yang Harus Ada Pada Surat Penawaran Barang

Bila sobat hendak membuat surat seperti ini, tentunya harus menyesuaikan dengan tujuan dibuatnya surat penawaran barang! Sehingga, isinya harus terdapat kata atau kalimat penegasan yang bisa meyakinkan si calon konsumen terhadap kredibilitas perusahaan serta barang yang hendak sobat tawarkan.

Maka dari itu, sobat harus memperhatikan memperhatikan komponen atau elemen-elemen yang harus ada dalam surat penawaran barang, seperti berikut ini:

1. Informasi Perusahaan Penawar Barang

Dalam surat penawaran barang yang sobat buat, hal pertama yang perlu diingat ialah mencantumkan secara detail namun ringkas, informasi tentang perusahaan sobat sebagai pihak penawara barang.

Karena, ini merupakan sebuah upaya atau langkah-langkah dalam memperkenalkan perusahaan sobat pada calon konsumen.

Adapun informasi tentang perusaahan penawar barang yang dapat sobat masukan pada surat penawaranya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Nama Perusahaan
  • Alamat Perusahaan
  • serta Bidang Perusahaan

2. Jenis Barang Yang Hendak di Tawarkan

kemudian yang kedua, bidang elemen yang harus ada dalam surat penawaran barang ialah informasi seputar jenis barang yang hendak sobat tawarkan.

Informasi tentang jenis barang yang harus sobat cantumkan, detailnya bisa mulai dari stock barang yang tersedia sekaligus dengan daftar harga barangnya.

Sehingga dengan begitu, calon konsumen dapat memperkirakan total barang yang hendak dibelinya secara keseluruhan.

Apa jadinya, bila sobat menawarkan barang yang hendak sobat jual, namun tak mencantumkan harga barang?

Mungkinkah, sobat akan menunggu calon pembelinya untuk bertanya perihal harga langsung ke sobat, seperti halnya yang biasa terjadi pada Group Jual Beli di Facebok, yakni membalas komentar dengan kalimat, "Cek Inbox".

Rasanya tidak mungkin akan seperti itu, bukan? Karena ini bukan "STATUS" menawarkan barang, melainkan "SURAT" penawaran barang.

3. Keterangan Tentang Harga Promo

Salah satu kata yang paling efektif dalam mempromosikan suatu produk, yakni kata "Harga Promo"! Ya, kata promo bisa sobat terapkan pada harga produk atau barang sebagai kata penggoda buat calon konsumen.

Karena bagi calon konsumen, hal seperti ini merupakan keistimewaan tersendiri! Sehingga, calon konsumen atau pembeli menjadi tertarik dan alhasil akan mempertimbangkan penawaran barang yang sobat ajukan.

Jadi sobat bisa menerapkan kata "promo" pada surat penawaran barangnya, semisal harga khusus untuk pembelian barang dalam jumlah tertentu yang dapat sobat berikan kepada calon konsumen.

Akan tetapi, harus selalu dengan mencantumkan harganya sekaligus ya sob, supaya calon pembeli bisa memperkirakan total b biaya kebutuhan barang yang diperlukan.

Karena ini bukan merupakan status penawaran barang di Group Jual Beli Facebook yang sifatnya umum, melainkan surat penawaran barang yang langsung sobat berikan dan tujukan pada calon pembeli yang sifatnya private.

4. Informasi Tentang Pilihan Cara Pembayaran

Selanjutnya bidang yang juga perlu sobat cantumkan pada isi surat penawaran barang yakni detail informasi tentang bagaiman cara pembayaran atas pembelian barangnya.

Hal ini lumayan dirasa penting, agar calon konsumen tidak direpotkan dengan pertanyaan lanjutan yang dapat membuat terbuangnya waktu berharga calon pembeli.

Meskipun calon pembeli, biasanya akan memastikan lagi tentang masalah cara pembayarannya dengan bertanya kembali pada pengirim surat penawaran barang, disaat calon pembeli akan membayar.

Jadi dalam isi surat penawaran barangnya, sobat bisa mencantumkan informasi tentang pilihan bagaiamana cara pembayarannya! Misalnya saja, melalui bank tranfer maupun bangking BNI, BCA, BNI, dan lain sebagainya.

Pada intinya semakin banyak metode pilihan pembayaran yang bisa di pilih, maka selain akan semakin meyakinkan juga akan semakin membuat calon konsumen atau pembeli tertarik pada barang yang sobat tawarkan! Karena mudahnya, dalam cara pembayarannya.

5. Lampiran Informasi Tentang Barang

Lalu yang terakhir bidang elemen yang harus ada dalam surat penawaran barang, yaitu lampiran informasi tentang barang atau produk.

Perihal yang satu ini, bisa menjadi teknik marketing andalan yang juga perlu sobat terapkan dalam membuat surat penawaran barang supaya calon konsumen bisa lebih tertarik terhadap barang atau produk yang sobat tawarkan.

Jadi, sobat harus membuat lampiran informasi produk atau barangnya dengan semenarik mungkin dengan menyertakan kata atau kalimat yang dapat menggoda serta merayu calon pembeli.

Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam merangkai kata dan kalimat supaya tidak dikatakan rayuan basi atau garing oleh calon pembeli

Contoh Surat Penawaran Barang Formal

Sesudah sobat mengetahui definisi, maksud dan tujuan, serta bidang elemen-elemen yang harus ada dalam membuat surat penawaran barang! Maka, dibawah ini adalah contoh surat penawaran yang bisa sobat perhatikan dengan secara teliti dan seksama.

1. Surat Penawaran Barang Elektronik

Bisa sobat lihat pada contoh gambar surat penawaran barang diatas, terdapat komponen-komponen tertentu pada isian surat pernyataanya, semisal:
  • kop surat
  • kepala surat
  • nomor surat
  • lampiran
  • perihal
  • surat ditujukan buat siapa
  • lalu ada isi surat sebagai kata pembuka
  • jenis produk elektronik dibuatkan tabel jika produknya lebih dari satu
  • harganya pun dicantumkan
  • kemudian isi surat kata penutup
  • dan bagian akhir, sebagai tanda hormat dari perusahan yang menawarkan barang.

2. Surat Penawaran Barang Elektronik

Kemudian contoh surat yang kedua ini adalah contoh surat penawaran barang, khusus untuk keperluan kantor yang didalamnya terdapat diskon atau promo khusus.

Bila sobat memiliki bisnis dibidang usaha keperluan kantor, semisal mulai produk alat tulis, kertas hvs, dan lain sebagainya.

Maka agar bisnisnya bisa berkembang, sobat bisa membuat surat penawaran barang dengan mencontoh format suratnya seperti pada gambar.

Jangan lupa juga untuk menampilkan nama perusahaan sobat pada bagian atas kop surat supaya terlihat formal atau resmi, karena pada contoh gambar surat diatas tidak di cantumkan.

Selain itu harga produk keperluan kantor, bila memang diperlukan cantumkan juga dengan harga pertiap produk yang tersedia diperusahaan sobat.

3. Surat Penawaran Harga Renovasi Gedung Kantor

Meskipun tidak terdapat kata barangnya, melainkan kata barang diganti dengan kata harga seperti yang sobat baca pada sub judul tersebut!

Namun itu juga merupakan salah satu bentuk surat penawaran yang bisa sobat contoh, bila bisnis usaha sobat dalam bidang seperti renovasi interior dan exterior gedung kantor atau bangunan rumah tinggal.

Sobat dapat lihat dalam contoh surat penawaran harga diatas, terdapat keterangan nama proyek yang dimaksud yakni Renovasi Interior dan Exterior Gedung Kantor Cabang Bla bla bla bla.

Selain itu pada surat penawaran komponen pertama, terdapat kop nama perusahaan yakni berupa CV sebagai pihak yang melakukan penawaran harga.

Kemudian lamanya proses pekerjaan renovasi yang sanggup dikerjakan, hingga sampai dengan selesai.

4. Surat Penawaran Barang Lifestyle atau Fashion

Kemudian bila bisnis usaha sobat dalam bidang fashion atai lifestyle, sobat bisa membuat surat penawaran barangnya seperti pada contoh gambar diatas.

Pada contoh surat penawaran barang fashion diatas, dapat sobat lihat suratnya ditujukan pada Bpk/Ibu calon pembeli PT Abadi Bersaudara.

Kemudian sebelum itu, terdapat komponen perihal yakni tentang penawaran produk fashion sebagai penjelasan singkat tentang barang atau produk yang ditawarkan.

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa memperhatikan kembali contoh surat penawaran barangnya pada gambar diatas dengan secara serius dan seksama termasuk rangkaian kata dan kalimat yang digunakan agar surat terlihat formal atay resmi.

5. Surat Penawaran Property

Selanjutnya terdapat surat penawaran harga rumah yang bisa sobat contoh pada gambar surat penawaran diatas, bila sobat hendak menjual rumah pada pihak yang mau membeli rumah sobat.

Atau sobat yang bergerak di bidang bisnis property, maka seperti itulah cara membuat surat penawaran harga rumahnya!

Jadi dalam isi surat penawaran harga rumah, sobat harus cantumkan perihal penting yang perlu diketahui oleh calon pembeli, seperti:
  • Luas bangunan
  • Luas tanah
  • Jenis sertifikat
  • Spesifikasi bangunan
  • Total unit rumah
  • Ketersedian unit rumah
  • Lokasi rumah
  • fasilitas dan akses
  • harga rumah per unit
  • sistem pembayaran
  • dan lain sebagainya
Demikian informasi tentang surat penawaran barang dan harga secara formal atau resmi dari mulai produk elektronik sampai propertty yang dapat kita sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Silahkan buat sobat yang mau membagikan informasi, jangan sungkan untuk membagikannya pada kawan disekitar melalui tombol berbagi yang sudah kira sediakan dibawah.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna. Amin..!!