Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wall Moulding: Metode (Teknik) Dekorasi Dinding Ruangan Rumah.

Wall Moulding gypsum adalah sebuah teknik atau metode dekorasi dinding ruangan dalam rumah agar terlihat cantik dan menawan, salah satunya yakni dengan menggunakan list gypsum.
Wall Moulding
list gypsum tersebut di cetak terlebih dulu, dengan bentuk dan ukurannya di sesuaikan dengan keinginan si pemesan wall moulding gypsum dinding.

Wall Moulding Gypsum, Apakah Itu?

Wall moulding gypsum ialah merupakan sebuah metode dalam merias dinding interior rumah, supaya ruangan lebih terlihat cantik, rapih, dan juga anggun.

Kata Wall dan Moulding itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah kata keren dengan kesan wow, yang biasa di gunakan oleh para elite desain exterior dan interior rumah.

Namun bagi kita sebagai tukang bangunan yang langsung terjun di lapangan, wall moulding gypsum sama artinya dengan pasang list gypsum pada dinding.

Adapun bahan wall moulding yang biasa di gunakan untuk mendekor dindingnya, yakni list yang terbuat dari bahan kayu, gypsum, pvc, dan lain sebagainya! Tapi, yang akan di bahas di sini hanyalah wall moulding gypsum, di mana bahan pembuatan listnya di buat dari casting.

Sementara casting itu sendiri adalah sebuah butiran atau serbuk-serbuk gypsum, yang sama persis dengan tepung. Casting ini, di bentuk menjadi sebatang list oleh sebuah cetakan gypsum yang sudah di sesuaikan desainnya dengan pesanan.

Jadi dalam membuat model desain, pola, atau motif yang di inginkan pada list gypsum, semuanya bermula dari cetakan gypsum.

List gypsum yang dasarnya sudah memiliki pola atau motif tersebut, kemudian di bentuk lagi pada dinding untuk di dekorasi.

Jadi, pemasangan list gypsum pada dinding rumah mempunyai model desain yang bermacam-macam bentuknya, yang bisa sobat pesan sesuai keinginan.

Sobat dapat memakai wall moulding gypsum untuk dekorasi dinding sebagai alternatif pilihan pengganti wallpaper dinding! Dekorasi dinding dengan teknik wall moulding gypsum, biasa di aplikasikan pada rumah bergaya minimalis elegan.

Selain mmenggunakan list gypsum, sobat bisa memakai list dari bahan lainnya, semisal kayu, kalsiboard, pvc, dan lain sebagainya.

Bagi sobat yang ingin mengetahui kelebihan wall moulding gypsum hingga cara cara pembuatannya, disertai ide desain! Yuk, kita simak saja ulasannya berikut ini sampai dengan akhir artikel!

Kelebihan Wall Moulding Gypsum

Di saat sekarang wall moulding gypsum sudah menjadi bagian dari dekorasi atau menghias dinding yang di minati banyak orang, khususnya masyarakat di Indonesia.

Sehingga menjadi tidak asing, metode wall moulding ini mempunyai banyak keunggulan atau kelebihan yang sobat peroleh, terutama dalam hal kesan yang wow pada rumah tinggal.

1. Kelebihan atau Keunggulan Wall Woulding Gypsum

Dan berikut di bawah ini, kelebihan atau keunggulan wall moulding gypsum yang bisa sobat ketahui:
  • Memberi kesan elegan dengan tepat
Buat sobat larantukagypsum.com, yang lagi bingung memikirkan tentang bagaimana cara membuat ruangan terkesan elegan dan mewah?

Maka, dengan mengaplikasikan wall moulding adalah merupakan salah satu cara serta langkah yang tepat dalam membuat dekorasi ruangan yang elegan tersebut.

Pasalnya, cara kerja mendekorasi dinding dengan menggunakan teknik wall moulding sangat mudah di lakukan dan hasilnya terlihat simple namun berkesan anggun, mewah, dramatis, dan elegan.

Teknik wall moulding ini bisa di katakan terlihat baik dan bagus hasilnya, ketimbang dekorasinya dengan menggunakan wallpaper dinding.
  • Lebih Elastis Untuk Semua Ruangan
Pemasangan list gypsum pada dinding menurut kita dalam beberapa puluh tahun yang lalu, masih jarang rumah mengaplikasikanya! Hingga saat sekarang pun pemasangan list gypsum sebagai dekor atau hiasan dinding, paling hanya sebatas pada ruang tamu saja.

Padahal, akan sangat elastis bila list gypsum di aplilasikan juga pada semua dinding ruangan interior rumah, semisal ruang keluarga, kamar tidur pribadi, ruang televisi, ruang belajar, ruang dapur, dan lain sebagainya.
  • Dapat Percantik ruangan rumah
Buat sobat yang hendak mempercantik ruangan rumah terutama pada bagian dinding, maka sobat bisa mengaplikasikan teknik Wall Moulding ini.

Begitupun buat sobat yang sudah bosan dengan dinding yang modelnya gitu-gitu saja dari dulu, maka bisa mencoba menerapkan metode wall moulding untuk mendekornya.

Sobat pun bisa memberikan warna yang berbeda pada model wall moulding yang di buat, misalnya warna hitam, abu-abu, cokelat, putih, dan warna-warna lainnya.
  • Mengakali dinding yang tidak rata
Sobat juga bisa mengakali dinding ruangan rumah dengan menerapkan teknik semacam ini, yakni teknik wall moulding gypsum.

2. Ide Model Desain Wall

Bila sobat bingung dengan ide model desain yang dapat di terapkan dalam teknik wall moulding gypsum untuk dekor dinding rumah? Maka berikut, dibawah ini adalah contohnya:
  • Model Desain Simetris
Model Desain Simetris
Ruang pada gambar di atas adalah satu contoh ide model desain woul moulding dengan pola garis yang bisa sobat tiru! Sehingga, ruangan terkesan serasa lebih cantik dan anggun di lihatnya.

Selain itu warna yang gelap pada dindingnya, yang di kombinasi warna putih pada furniturenya serta lampu dengan corak hitam.

Itupun menambah ruangan yang sudah terlihat cantik dan anggun, serasa menjadi lebih sempurna.
  • Ide Model Chic
Ide Model Chic
Kemudian terdapat ide model desain woul moulding yang chic dengan kesan minimalis, yang dapat sobat lihat pada gambar.

Model gaya wall moulding tersebut, bisa menjadi pilihan sobat yang cerdas! Selain itu, sepertinya akan sangat cocok di aplikasikan pada dinding ruang kerja sobat.

Pasalnya, dinding dengan nuansa warna biru akan menjadikan ruangan kerja terasa cerah dan hangat.
  • Gaya Bingkai Foto
Gaya Bingkai Foto
Ide model gaya wall moulding berikutnya terdapat bentuk seperti, layaknya bingkai foto yang terpajang pada dinding dan pada bagian bingkainya itulah yang di sebut dengan list gypsum sebagai wall moulding.

Sobat bisa lihat pada dindingnya, menurut kita tak ada lagi dekorasi yang monoton berkat terpasangnya list gypsum sebagai bingkai foto.

Selain itu, tampilan ruangan pun menjadi terlihat lebih estetika dengan desain model modern ala clasik! Karena, di bagian dalam kotak bingkai di pasangkan dengan sebuah lukisan yang besarnya menyesuaikan dengan figur.
  • Desain Dark Moulding Modern
Desain Dark Moulding Modern
Warna hiasan moulding tidak selalu harus putih, sobat bisa menerapkan warna lainnya seperti warna hijau tua pada dinding ruang makan.

Jangan lupa, sobat tiru juga garis-garis lurus yang memanjang menuju tepi plafon, jendela, dan lantai! Selain itu, sobat juga dapat memperlengkap seluruh area dapur dengan warna elemen desain lebih gelap serta lampu-lampu gantung. Supaya kesannya, lebih mewah dan modern.

Harga Pembuatan Wall Moulding Gypsum

Bila sobat hendak mendekorasi dinding ruangan dengan metode seperti ini, alangkah baiknya memasrahkan pada tukang yang ahli di bidangnya.

Supaya wall moulding gypsum yang tercipta bisa lebih rapih dan kesalahan dalam pembuatannya pun bisa di minimalisir.

Akan tetapi, biaya untuk pembuatan wall moulding terbilang mahal harganya, lho!

Bila sobat tak percaya, berikut di bawah inilah contoh perhitungan harga pasang wall mouldingnya sebagai gambaran buat sobat! Contoh cara hitung total harga pemasangan wall moulding + bahan:
Di ketahui:
  • Harga pasang wall moulding + bahan : Rp. 500.000 per meter lari
  • Luas dinding yang akan di wall moulding : 3m x 3m = 9m2
Pertanyaan :
  • berapa total biaya yang harus di bayarkan ?
Jawaban :
  • biaya pemasangan wall moulding : Rp. 500.000 x 9m2 = Rp. 4.500.000
  • Jadi total harga biaya keseluruhan pasang wall moulding, adalah sebesar Rp. 4.500.000 (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
Catatan : Harga wall moulding + bahanper meter lari tersebut, hanya berlaku untuk daerah Sukabumi Kota! Entah berapa harga pasaran untuk daerah lainnya. Namun, sobat bisa berpatokan dengan harga tersebut bila hendak pasang wall moulding.

Cara Pembuatan Wall Moulding Gypsum

Bagi sobat yang lebih memilih untuk pasang wall moulding sendiri, maka bisa ikuti cara - caranya di bawah ini:

Kita jabarkan cara pemasangan wall moulding dari bahan list gypsum di sini, dengan bentuk atau model 1 kotak bingkai foto. Adapun asumsi ukuran untuk 1 kotak bingkai foto yang hendak di pasangkan pada dinding, yakni:
  • Panjang : 2 meter x 2 sisi = 4 meter
  • Lebar : 1 meter x 2 sisi = 2 meter
  • Total list gypsum untuk membuat kotak bingkai foto adalah 6 meter lari.
Maka, hal yang harus di lakukan dalam melakukan pengerjaan pembuatan wall moulding gypsumnya, adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Alat dan Bahan :

Sobat persiapkan dulu alat dan bahan-bahan yang di perlukan dalam membuat wall moulding gypsum, di antaranya ialah :
  • 5 batang list gypsum berukuran lebar 4 cm dan panjang 2,2 meter (220 cm)
  • Meteran untuk mengukur
  • Gergaji gypsum
  • Hammer (Palu / Pemukul)
  • Lem Cornice (lem khusus gypsum)
  • Kape untuk dempul
  • Cat tembok
  • Kuas tangan
  • Air bersih untuk campur lem
  • Wadah kecil untuk tempat aduk dempul
  • pinsil
  • tali sipat (penggaris)

2. Langkah-langkah Pengerjaan

Bagaimana cara pengerjaan Wall Moulding Gypsum, bisa sobat ikuti langkah-langkahnya, dibawah ini:
  1. Buat dulu tanda berupa garis sesuai ukuran kotak bingkai foto yang akan di buat pada dinding, dengan memanfaatkan pinsil dan penggaris (tali sipat) yang telah di persiapkan.
  2. Berikan luka kecil pada dinding di sepanjang garis tersebut dengan menggunakan hammer.
  3. Potong list gypsum sesuai ukuran panjang dan lebar kotak bingkai foto, dengan menggunakan gergaji gypsum.
  4. Membuat adukan lem pada wadah kecil dengan cornice yang di campur air, usahakan adukan lemnya di buat agak kental.
  5. Lalu oleskan kan lem cornice yang sudah di aduk tersebut pada bagain dasar batang list yang tadi sudah di potong.
  6. Kemudian tempelkan list gypsum yang sudah di campur lem tersebut pada dinding tepat di permukaan luka atau garis.
  7. Lakukan pendempulan pada bagian pinggiran atau sisi-sisi list gypsum hingga rapih dengan menggunakan kape atau kuas tangan yang sudah di basahi air.
  8. Lakukan semua langkah pada poin ke tiga sampai ke tujuh, agar bentuk kotak bingkai fotonya terwujud.
  9. Jika bingkai foto dari list gypsum sudah terbentuk dan sudah kelihatan rapih, silahkan sobat warnai dengan menggunakan cat tembok dan kuas tangan.
Bila sobat ingin membuat banyak kotak bingkai foto di sebelahnya, maka ikuti cara seperti di atas dari mulai poin 1 hingga sampai poin 9.

Itulah pembahasan tentang wall moulding dari gypsum yang dapat kita sampaikan sampaikan buat sobat yang hendak mendekorasi dinding rumahnya.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan bila sobat ingin membagikan informasi pada teman atau kerabat di sekitar, siapa tahu membutuhkannya.

Akhir kata, sekian dan terimakasih buat sobat larantukagypsum.com yang sudah berkunjung serta menyimak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Wassalam..!!