Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Wisata Bahari di Gunungkidul, Alternatif Terbaik Liburan Anda.

Walaupun terdapat kemajuan fasilitas umum dan infrastruktur di sejumlah daerah, namun tidak menghilangkan fungsi dari adanya wisata alam dan salah satunya, yaitu wisata pantai.
Berbicara mengenai pantai, Gunungkidul yang merupakan salah satu Kabupaten di DI Yogyakarta menyuguhkan destinasi wisata pantai tiada ujung, serta mempunyai daya tarik masing-masing. Berikut ini, destinasi wisata bahari di Gunung Kidul yang wajib sobat kunjungi.

Bukan hal yang mengherankan, jika daerah Istemewa Yogyakarta memiliki wisata pantai yang beragam.

Sebab, Yogyakarta tak terkecuali Kabupaten Gunung Kidul terletak di pesisir pantai selatan Pulau Jawa.

Julukan Negeri Seribu Pantai yang di berikan untuk Kabupaten Gunungkidul, pastinya tak muncul begitu saja.

Julukan tersebut muncul, sebab banyaknya tujuan wisata pantai yang terdapat di Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul, memang terkenal akan deretan wisata pantainya yang indah dan menakjubkan.

Sehingga, menjadikan berbagai panorama pantainya yang sangat eksotis serta dapat membuat momen liburan sobat di Gunung Kidul, menjadi berkesan.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Gunungkidul

Nah, berikut ini beberapa tujuan wisata pantai di Gunungkidul yang wajib untuk sobat kunjungi:

1. Pantai Sepanjang

Destinasi Wisata Bahari Pantai Sepanjang di Gunungkidul
Images by. JogjaKini
Pantai ini mempunyai garis pantai paling panjang di Gunungkidul, maka dari itu nama tempatnya dinamakan Pantai Sepanjang.

Kebersihan di pantai sangatlah terpelihara dengan gelombang laut yang akan sangat cocok buat sobat, yang hoby melakukan aktifitas surfing.

Panjang Sepanjang ini juga kerap dianggap mirip, dengan pantai kuta yang ada dibali diwaktu tempo dulu atau jaman yang telah berlalu.

Sebab, pantai sepanjang ini menawarkan panorama alam yang indah, dengan sedikit bangunan permanen yang terdapat di sekitar pantainya.

2. Pantai Jogan

Destinasi Wisata Bahari Pantai Jogan di Gunungkidul
Images by. cool4myeyes.com
Destinasi wisata bahari di Gunungkidul berikutnya terdapat Pantai Jogan, dimana pantai ini terasa cukup menarik dan terbilang unik.

Sebabnya adalah di Pantai Joga tersebut, terdapat air terjun pada tebing yang airnya jatuh langsung ke laut.

Untuk bisa mengunjungi pantai ini, sobat perlu waktu kurang lebih dua jam dari Kota Jogja dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Sangat di rekomendasikan sekali, buat sobat yang hendak berkunjung ke Pantai Jogan di waktu musim penghujan.

Pasalnya, Pantai Jogan ketika di musim kemarau melanda debit airnya sangat sedikit! Sehingga, air terjun tersebut cenderung mengering.

Di Pantai Jogan, sobat dapat melihat Sunrise yang sungguh sangat eksotis spotnya.

Selain itu, di Pantai Jogan sobat juga bisa sembari merasakan udara tepi pantai dan percikan airu laut yang menghantam tebing serta karang.

3. Pantai Sadeng

Destinasi Wisata Bahari Pantai Sadeng di Gunungkidul
Gambar by : asitajogja.org
Tujuan wisata pantai di Gunungkidul yang satu ini juga cupup menarik untuk di kunjungi, bila kita mau melihat sejarah Pantai Sadeng.

Pada jaman dahulu kala, Pantai Sadeng ini adalah sebuah tempat untuk bermuaranya sungai Bengawan Solo.

Hingga pada akhirnya jutaan tahun silam, lempengan Australia mengalami benturan dengan sisi bagian selatan Pulau Jawa.

Sehingga, dataran di bagian selatan Pulau Jawa tersebut mengalami pengangkatan! Hingga pada akhirnya, Bengawan Solo berbalik aliran menjadi mengalir ke arah utara.

Disaat sekarang ini, Pantai Sadeng sudah menjadi pusat pelelangan ikan di Yogyakarta yang paling maju.

Penduduk di sekitar Pantai Sadeng, sebagian besar masyarakatnya memang mempunyai mata pencaharian sehari-harinya sebagai nelayan.

4. Pantai Wediombo

Destinasi Wisata Bahari Pantai Wediombo di Gunungkidul
Foto By. kotajogja.com
Rekomendasi destinasi wisata di Gunungkidul selanjutnya, yaitu Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo ini juga, terbilang sangat cukup spesial! Pasalnya, berdasarkan cerita dari warga lokal bahwa Pantai Wediombo ini ada atau muncul dikeranakan adanya letusan api.

Untuk bisa sampai di Pantai Wediombo, Sobat harus menuju ke Desa Girisubo terlebih dahulu.

Tak hanya kisahnya yang unik, Pantai Wediombo tersebut juga mempunyai pemandangan yang masih sangat alami dan sangat begitu menakjubkan.

Adapun fasilitas yang terdapat di Pantai Wediombo, terbilang lumayan cukup lengkap.

Sehingga buat sobat yang ingin berkunjung buat berlibur di Pantai Wediombo, di jamin tidak akan kecewa atau pun menyesal.

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul
tempatplesir.blogspot.com
Meskipun akses jalan menuju pantai Pok Tunggal ini, termasuk terjal dan menantang! Akan tetapi, nanti akan terbayarkan dengan pemandangan serta suasana yang di suguhkan oleh pantai Pok Tunggal ini.

Pantai Pok Tunggal ini biasa menjadi tempat tujuan camping, yang banyak digemari oleh pecinta petualangan outdoor.

Selain itu di Pantai Pok Tunggal juga terdapat barisan tebing karang, yang seakan-akan menjadi pelindung pantai tersebut dari dunia luar.

5. Pantai Ngobaran

Destinasi Wisata Bahari Pantai Ngobaran di Gunungkidul
Jogja Asik
Lokasi Pantai Ngobaran yang memiliki tebing yang sangatv tinggi ini, hanya sekitar 2 Km dari jaraknya dari Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngobaran adalah pantai yang sangat begitu menawan, terutama ketika air lautnya surut! Maka, sobat dapat menyaksikan hamparan rumput laut (alga) yang berwarna hijau maupun cokelat.

Pantai ini, cukup popular dengan adanya patung-patung dewa berwarna putih beserta dengan puranya.

Pura yang terdapat di Pantai Ngobaran tersebut, di berdirikan pada tahun 2003 sebagai sebagai momentum kedatangan Brawijaya V, dimana Brawijaya V ini adalah merupakan salah satu keturunan Raja Majahapahit di Ngobaran.

Nah itu tadi sobat, beberapa destinasi wisata bahari di Gunungkidul yang bisa sobat jadikan sebagai alternatif liburan sobat.

Selain bisa menikmati panorama pantainya yang indah, disana pun sobat bisa menikmati wisata kuliner yang tersedia.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan jika sobat mau membagikan informasi ini, bisa melalui tombol berbagi yang sudah kita sediakan pdi bagian bawah setehah artikel ini.

Simak terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di situs larantukagypsum.com, selain sebagai situs tukangnya plafon juga situs yang senang akan berbagi informasi yang bermanfaat dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa.

Sekian dan terimakasih, sudah berkunjung dan menyimak artikel ini. Wassalam..!!