Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu PK AC dan Berapa Watt Daya Listrik untuk AC 1/2 PK AC dan AC 1 PK yang di Butuhkan ?

Apa itu PK AC serta berapa watt daya listrik yang dibutuhkan untuk AC 1/2 PK dan AC yang 1 PK, dan ini perlu sobat ketahui dulu sebelum sobat merealisasikan pemasangan AC atau pendingin ruangan di rumah.
Mengenal Apa Itu PK AC dan Berapa Watt Daya Listrik untuk AC 1/2  PK AC dan AC 1 PK yang di Butuhkan ?
Meskipun sobat bisa bertanya langsung tentang ukuran ac 1/2 pk maupun 1 pk ini, pada tukangjasa pasang AC terdekat yang juga biasanya melayani dengan cuci AC beserta perbaikan dan pemasangan AC di rumah di kota sobat.

Namun tidak ada salahnya juga mengetahui ukuran pk ac terendah maupun tertinggi di halaman ini, agar bisa di sinkronkan dengan tukang service AC panggilan terdekat di kota sobat, ketika sobat nanti hendak bertanya pada tukang ac panggilan tersebut di kemudian hari.

Apa itu PK AC ?

PK pada AC merupakan sebuah singkatan kata atau kependekan dari dua suku kata yakni Paard Kracht berasal dari bahasa Belanda, yang apabila di terjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya Tenaga Kuda.

PK AC juga seringkali di istilahkan kedalam bahasa inggris dengan 2 suku kata yaitu Horse Power, yang jika di artikan kedalam bahasa Indonesia juga memiliki makna yang sama seperti pada Paard Kracht yaitu Tenaga Kuda.

Jadi pengertian (definisi) PK (Paard Kracht) pada AC atau istilah lainnya Horse Power adalah merupakan satuan daya AC atau besaran tenaga putar yang dimiliki AC dalam mendinginkan sebuah ruangan dirumah.

Sedangkan di Negara Indonesia sendiri terutama masyarakat yang bermukim di dataran rendah, banyak sekali orang yang sudah menggunakan AC ini sebagai pendingin ruangan di rumahnya.

Sehingga AC bukan lagi merupakan barang elektronik rumah tangga yang di rasa aneh dan asing untuk di dengar, melainkan produk elektronik yang sudah familiar dan sudah sangat mudah dan gampang di temukan di toko online maupun toko offline di kota di mana sobat berada.

Tak hanya pemilik rumah tinggal, yang dapat memasang AC ini. Bahkan pegawai yang berada di gedung-gedung perkantoran, tuan pemilik mall, hingga tuan pemilik hotel hingga restoran sudah banyak yang memasang AC.

Lantas, sudah kah sobat memasang AC di rumah ?

Daya Listrik untuk 1/2 PK dan 1 PK AC

Apabila sobat belum memasang AC di rumah dan hendak pasang AC 1/2 PK atau 1 PK di ruangan rumah, baik itu di ruang kamar tidur maupun ruangan-ruangan lainnya ?

Maka hal pertama yang harus sobat lakukan ialah mengecek terlebih dahulu berapa kapasitas daya listrik yang terdapat di Kwh meteran di rumah.

Adapun pilihan daya listrik standar yang biasanya di berikan oleh PLN dari mulai daya terendah hingga daya tertinggi, adalah sebagai berikut :
  • 01A - 220 VA
  • 02A - 450 VA
  • 04A - 900 VA
  • 06A - 1300 VA
  • 10A - 2200 VA
  • 16A - 3500 VA
  • 20A - 4400 VA
  • 25A - 5500 VA
1. Cara Cek Daya Listrik Rumah

Jadi ketika sobat ingin cek daya listrik rumah tangga atau kapasitas daya Kwh meter listrik di rumah, ada beberapa cara yang bisa di lakukan dengan langkah ringkasnya seperti berikut ini :

#Cek daya listrik melalui meteran

Pada meteran listrik token yang terpasang di rumah, dapat di pastikan sobat akan menemui atau melihat kode serta angka-angka tertentu, misalnya :
  • Kode CL6 = 6 A (Ampere)
  • Angka 230/400V 50 Hz = 220 V (Volt)
Nah, ketika sobat sudah melihat kode dan angka tersebut, maka daya listrik atau watt listrik di rumah dapat sobat hitung dengan cara di kalikan, yakni :
  • 6 A x 220 Volt = 1320 VA
Dan 1320 VA atau 1300 VA itulah besarnya watt atau daya listrik yang di miliki oleh meteran listrik token di rumah sobat.

#Cek daya listrik melalui situs PLN Online

Cara mengecek daya listrik rumah lainnya, sobat dapat mengunjungi situs atau website PLN di alamat https://layanan.pln.co.id, dan selanjutnya ketika sudah masuk situs pln tersebut tinggalah sobat mengisi isian formulir yang diperlukan.

Ketika nanti di halaman situs PLN sudah pada bagian memasukan identitas pelanggan, maka silahkan sobat masukan id pelanggan atau nomor meteran yang sobat miliki.

Alhasil, nanti akan ada terpampang info mengenai besaran watt atau daya listrik yang di pergunakan oleh meteran listrik di rumah sobat.

2. Kebutuhan Watt (Daya) Listrik untuk AC 1/2 dan 1 PK

Ketika sobat sudah mengetahui besaran watt atau daya listrik yang di miliki oleh meteran listrik di rumah sobat, maka sobat bisa menentukan ukuran PK AC yang mana yang akan di gunakan.

Adapun daftar ukuran atau tenaga PK AC yang sesuai dengan watt atau daya listrik meteran yang ada di rumah sobat, adalah sebagai berikut :
  • Tenaga AC Interver 1 PK, biasanya dapat memakan daya listrik 225 Watt s/d 920 Watt
  • Tenaga AC 1 PK yang Low Watt, biasa menyantap daya listrik 660 Watt.
  • Tenaga AC 1 PK yang Standar, bisa mengkonsumsi daya listrik 840 Watt.
  • Konsumsi Daya listrik untuk tenaga AC 3/4 PK yang Low Watt, bisa mencapai mencapai 530 Watt.
  • Kebutuhan tenaga listrik untuk AC 3/4 yang standar, biasa mencapai 600 Watt.
  • AC 1/2 PK Low Watt, biaya makan daya listrik 320 Watt.
  • Lalu AC 1/2 PK Standar, biasa menghabiskan daya listrik hingga sampai 400 Watt
Jadi, sobat tinggal menyesuaikan saja daya listrik di rumah dengan daftar kebutuhan tenaga putar yang biasa dikonsumsi pada PK AC diatas.

Usahakan, daya listrik dirumah harus berada pada daya listrik yang dikonsumsi PK AC diatas. Karena jika daya listrik di rumah berada di bawah daya PK AC yang di butuhkan, maka akan menjadi bermasalah di kemudian hari.

Dan salah satu masalah yang akan terjadi, apabila kebutuhan atau konsumsi PK AC melebihi kapasitas daya listrik pada meteran dirumah yaitu listrik dirumah akan mati seketika dirumah sobat.

Lalu jangan lupa untuk memperhitungkan kebutuhan daya listrik untuk barang elektronik lainnya, semisal kulkas, dispenser, lampu penerangan ruangan, magicom, televisi dan lain sebagainya.

Jadi pada intinya agar listrik di rumah kuat, jangan mengkonsumsi listrik melebihi total atau kapasitas daya listrik dirumah sobat.

Itulah ulasan tentang apa itu PK AC dan berapa watt daya listrik yang di butuhkan untuk besaran AC 1/2 PK dengan AC 1 PK yang dapat kita sampaikan buat para sahabat larantukgypsum.com yang hendak pasang AC di rumah.

Mungkinkah informasi ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung sekaligus menyimak pembahasan tentang PK AC ini. Mohon maaf, apabila terdapat kata atau kalimat yang kurang di mengerti. Semoga Bermanfaat..!!