Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Sumur Resapan yang Diperoleh, yang bisa Sobat Buat Sendiri !

Beberapa manfaat membuat sumur resapan disekitar pekarangan rumah dapat sobat peroleh, seperti dapat memudahkannya air hujan menyerap kedalam tanah. Sehingga genangan air yang menggenang dipermukaan tanah, dapat diminimalizier sedini mungkin.
4 Manfaat Sumur Resapan yang Diperoleh
Sekedar diketahui saja bahwa dengan adanya kehadiran sumur resapan ini, sangat membantu sekali untuk mengurangi resiko kebanjiran! Terutama di area atau wilayah yang memiliki lahan rawan banjir, entah itu diarea perkotaan ataupun dipedesaan.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin belum semua orang mengetahuinya tentang manfaat dari sumur resapan ini, apalagi untuk membuatnya sendiri sumur resapan dipekarangan rumah.

Pasalnya, fungsi dari sumur resapan ini sesungguhnya sudah berjalan sejak lama dengan secara alamiah, dimana kondisi alam waktu itu masih hijau nan asri dan masih banyak pepohonan berdiri!

Akan tetapi, kini banyak area atau wilayah yang pepohonannya ditumbang ratakan, yang terkadang dilakukan oleh sejumlah orang tidak bertanggung jawab, tanpa memikirkan akibatnya dari penumbangan pohon tersebut.

Sehingga, kemampuan atau skill tanah dalam menyerap air pun semakin berkurang! Hal ini tentunya menjadi permasalahan bersama yang harus dipecahkan, bagaimana agar resiko kebanjiran bisa dikurangi terutama bagi penduduk yang tinggal diarea rawan banjir!

Maka untuk mengatasi hal semacam itu, sumur resapan adalah solusi terbaik yang dapat dipilih ! Dan berikut dibawah inilah manfaat sumur resapan yang diperoleh, yang dapat sobat buat sumur resapannya dipekarangan rumah.

4 Manfaat Sumur Resapan

Inilah Manfaat sumur resapan yang dapat sobat peroleh dan juga ketahui sebelum sobat membuat sumur resapan dipekarangan rumah, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat Menambah Cadangan Air Tanah

Mengutip dari situsnya BBC, tentang kajian pemerintah yang memperkirakan bahwsanya nanti didaerah pulau jawa akan kehilangan hampir separuh bahkan seluruh sumber air bersih di tahun 2040.

Bahkan yang lebih parahnya lagi ditahun 2040 mendatang, persediaan atau stock air bersih hanya untuk makan dan minum saja tidak akan tersedia bahkan tidak mencukupi!

Sehingga ini menjadi salah satu alasan pemerintah, yang sempat dijadikan wacana atau sebuah acuan pindahnya ibu kota negara Indonesia ke pulau Kalimantan, pada beberapa waktu tahun yang lalu.

Sebetulnya ada salah satu langkah yang dapat dilakukan, dalam mengatasi berkurangnya stok air dalam tanah yakni dengan memperbanyak sumur-sumur resapan.

Sumur-sumur resapan ini, tentunya harus dibuat sesuai dengan fungsinya itu sendiri yakni sebagai cadangan air baru, untuk kebutuhan dimasa depan nanti.

2. Dapat Mengurangi Resiko Banjir

Manfaat kedua yang diperoleh dari keberadaan sumur resapan ini adalah dapat mengurangi genangan air hujan yang mengalir ke pembuangan, disegala penjuru.

Karena semakin banyak air yang mengalir dan tergenang dipermukaan tanah, maka akan semakin besar pula resiko kebanjiran.

Akan jadi lainnya permasalahanya, apabila terdapat sumur resapan dititik-titik tertentu untuk mencegah sumber air semakin mengalir dan menggenang seperti halnya air sungai, oleh karena air masuk didalam sumur-sumur resapan yang telah dibuat.

Sehingga dengan berkurangnya air tergenang dan mengalir diseputaran permukaan tanah, resiko banjir pun akan dapat dicegah.

3. Dapat Mencegah Instrusi Air Laut

Apa itu Intrusi ? Intrusi yaitu merembesnya air laut yang asin atau katakan saja cairan lain kedalam tanah, yang dapat mengakibatkan terjadinya pencampuran air.

Pada prinsipnya semakin banyaknya air yang mengalir diatas permukaan tanah, biasanya air yang mengalir tersebut akan bermuara ke lautan! Maka pastinya ini akan mengakibatkan terjadinya Instrusi Air, terutama pada area atau tempat-tempat yang berada dekat dengan pesisir pantai.

Jadi stok air yang tadinya bersih, akan menjadi berkurang kualitas kebersihannya ! Penyebabnya adalah karena terjadinya instrusi air laut yang ikut merembes kedalam tanah. 

Sehingga dengan adanya sumur resapan ini, perihal terjadinya instrusi air laut dapat di cegah sedini mungkin dan masyarakat masih dapat menggunakan stok air bersihnya untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Dapat Mencegah Turunnya Lahan

Penurunan lahan tanah disebabkan oleh karena, pengambilan air dilakukan secara berlebihan! Sehingga menyebabkan tinggi permukaan tanah akan berkurang dan terus berkurang.

Apabila hal semacam ini terus terjadi didaerah Jakarta, pastinya akan semakin beresiko! Pasalnya, tinggi permukaan tanah dikota modern tersebut sudah terjadi penurunan rata-rata 12 centimeter disetiap tahunnya.

Informasi tersebut didapat dari Kajian Badan Geologi Kementrian ESDM yang dilansir dari situs besar di Indonesia yakni situs liputan6.com

Itulah informasi tentang manfaat sumur resapan yang diperoleh yang dapat kita sampaikan. Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimakasih telah berkunjung serta menyimak artikel tentang sumur resapan disitus larantukagypsum ini. Semoga bermanfaat..!!