Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antara Tanaman Biji dan Tanaman Yang Di Cangkok, Manakah Yang Lebih Kuat ?

Mana yang lebih kuat antara tanaman yang ditanam dengan biji atau yang dicangkok ? barangkali ada sobat yang hobi dengan tanan tanaman, lalu terdapat pertanyaan tersebut dibenak, maka pada kesempatan pembuatan artikel kali ini larantukgypsum.com akan mencoba membahasnya.
Antara Tanaman Biji dan Tanaman Yang Di Cangkok, Manakah Yang Lebih Kuat ?
Disaat sekarang ini kegiatan masyarakat di indonesia hampir kebanyakan semuanya dilakukan dari rumah, mungkin penyebabnya adalah karena pandemi covid19 yang tak pernah jelas kapan akan berakhir dan setelah memasuki masa new normal pun kegiatan dari sebagian masyarakat ini masih tetap dilakukan dirumah.

Sehingga menjadi tak heran ketika banyak sebagian orang untuk mengerahkan tenaga, waktu, serta pikirannya untuk membuat rumah tinggal dalam kondisi senyamana mungkin semungkin mungkinnya.

Mungkinkah Sobat mengetahuinya, trending home decor yang lagi viral dimasa ppkm level 4 saat ini ? Ya, terdapat kegiatan masyarakat yang trending dan sempat viral beberapa waktu yang lalu dan salah satunya yakni kegiatan memelihara tanaman hias dirumah. Sehingga, telah menyebar dengan secara luas beragam macam tanaman hias di pasaran di Indonesia.

Akan tetapi, dengan penyebaran yang cepat tersebut malah justru mempengaruhi harganya yang melonjak tinggi, menyebabkan sebagian orang tidak mampu atau tak ingin membeli tanaman hias yang maha tersebut sebagai penghias halaman rumahnya.

Maka alternatif pilihan lainnya yang hemat biaya lebih murah yaitu Sobat bisa membeli biji tanamannya untuk ditanam sendiri dirumah atau selain menanam biji sobat juga bisa mencangkok tanamannya agar dapat dibudidayakan.

Kedua pilihan alternatif tersebut tentunya terdapat perbedaan dalam membudidayakannya oleh karena terdapat karakteristik yang berlainan, namun kedua metode tersebut dapat bekerja dengan baik.

Jika sobat hendak menerapkan diantara kedua metode tersebut, maka harus diketahui dulu kekurangan dan kelebihan tanaman biji serta tanaman berikut ini :

Tanaman Biji

Menanam dengan menggunakan tanaman biji ini adalah metode menanam yang paling popular dan yang paling sering dilakukan oleh sebagian orang yang hoby dengan tumbuh - tumbuhan.

Metode menanam biji ini merupakan salah satu pilihan alternatif yang paling mudah yang dapat coba sobat praktikan apabila disandingkan dengan metode menanam lainnya, oleh karena mungkin caranya yang terbilang cukup sederhana serta sangat praktis yang dapat dikerjakan oleh siapa saja.

Menanam tanaman (tumbuhan) dengan menggunakan biji sebagai bibit ada sejumlah manfaat serta kelebihan yang dapat diperoleh.

Berikut ini adalah manfaat maupun kelebihan tanaman biji :
  • Dan salah satu kelebihan yang paling umum ialah tanaman dapat memiliki usia yang lebih panjang bahkan tumbuhan dapat hingga ratusan tahun tergantung dari jenis tumbuhannya itu sendiri.
  • Selain itu tumbuhan (tanaman) yang ditanam dengan menggunakan bijinya langsung sebagai bibit, maka struktur tanaman akan dapat tumbuh dengan lebih kuat dan kokoh.
  • Dengan menggunakan metode tanaman biji ini sobat bisa menanam langsung tanaman sebanyak - banyaknya sekaligus dengan cara menebarkan biji-bijinya, maka dengan secara otomatis dapat memanennya juga secara bersamaan dimasa depan.
  • Dan apabila sobat menanam tumbuhan yang berbeda dengan menggunakan jenis biji yang berbeda pula, pastinya sobat dapat memperoleh varietas tumbuhan yang baru oleh karena adanya penyerbukan silang dan perihal ini tentunya seuatu hal yang sangat menarik serta dapat menguntungkan.
Selain dari kelebihan tanaman biji diatas terdapat pula kekurangan yang harus sobat ketahui agar sobat dapat mempertimbangkannya. 

Kekurangan tanaman biji, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Biji merupakan hasil dari penyerbukan menyilang, sehingga sobat tak akan dapat jaminan tanaman bisa tumbuh samapersis dengan induknya, meskipun induk dari tumbuhan termasuk jenis tumbuhan yang paling bagus sekalipun. Penyebabnya apabila terjadi penyerbukan silang dengan tanaman yang kurang begitu bagus, bisa jadi bibit tumbuhan juga dapat menurun kualitasnya.
  • Lalu menanam tanaman dengan menggunakan teknik tanam biji ini juga mempunyai risiko terkena virus dan biasanya bibit tanaman yang telah terinfeksi virus juga sering kali sulit untuk identifikasi dan baru akan terlihat virusnya disaat tanaman telah ditanam serta sudah mulai tumbuh  dan berkembang.
  • Jangka waktu yang diperlukan untuk menghasilkan tumbuhan layak jual umumnya lebih lama jika ditanam dengan biji. Sebagai contoh, tumbuhan hasil cangkok dapat berbuah dalam waktu 4 tahun sementara tumbuhan yang bijinya ditanam pada saat bersamaan baru akan berbuah satu tahun atau lebih setelah yang dicangkok.
Untuk tanaman buah, biji merupakan pilihan yang tidak tepat. Sering kali, tanaman buah yang ditanam dengan biji akan menyimpang dari tanaman induknya. Biasanya, tanaman anak tersebut justru akan lebih jelek dari tanaman induk.

Tanaman Cangkok

Di era new normal saat ini, telah begitu banyak cara atau metode yang telah dirumuskan agar dapat membudidayakan tanaman dan selain metode tanaman yang telah dirumuskan diatas, terdapat pula metode tanaman yang di cangkok.

Cara menumbuhkan tanaman dengan teknik dicangkok ini menjadi salah satu cara yang juga sangat paling trend dan popular yang sering kali dipakai terutama untuk tumbuhan yang berbuah.

Jadi metode tanaman yang dicangkok ini sedikit berbeda dalam menerapkannya dengan tanaman biji yang telah dijelaskan diatas.

Yang tidak dianjurkan pada tanaman biji untuk tidak menanam tanaman yang berbuah, karena proses pembuahannya membutuhkan waktu yang lama.

Lain halnya tanaman buah dengan melakukan metode cara di cangkok, maka tanaman buah - buahan akan lebih cepat berbuahnya. Sehingga ini adalah merupakan pilihan alternatif yang sangat praktis dan sederhana serta mudah dalam melakukannya.

So untuk sobat penyuka tanaman dimanapun berada dapat memilih cara seperti ini tidak hanya untuk tanaman untuk buah - buahan, melainkan bisa juga dipakai pada jenis tanaman lainnya.

Adapun keunggulan (kelebihan) mencangkok tanaman adalah seperti berikut ini :
  • Keunggulan atau kelebihan dari mencangkok tanaman yang satu ini mmerupakan kelebihan yang paling diinginkan oleh sebagian orang penyuka tanaman yakni kecepatannya dalam berbuah.
  • Lainnya halnya dengan menanam biji, dalam mencangkok tanaman ini biasanya orang lebih mengejar hasilnya dengan lebih cepat. Dengan kata lain tanaman buah yang dicangkok dapat dengan cepat menghasilkan buah, sehingga dapat dengan cepat pula buahnya dijual dipasaran di Indonesia.
  • Selain itu buah yang dihasilkan dari mencangkok biasanya akan sangat serupa dan bahkan bisa jadi akan lebih bagus hasilnya dengan induknya buah induknya itu sendiri. Ini mungkin dikarenakan sobat bisa memilah bibit cangkok yang bagus sebelumnya, yang berarti tidak ada yang namanya penyerbukan silang dengan secara acak seperti halnya dengan tanaman biji.
  • Anak tumbuhan seperti halnya tanaman buah yang dicangkok mempunyai sifat terbaik yang sama persis dengan induknya mulai dari rasa buah hingga sampai bentuk fisiknya.
Jadi kesimpulan dari keunggulan utama dalam mencangkok tanaman yaitu peluang tingkat keberhasilannya lebih tinggi ketimbang tanaman biji yang belum tentu berhasil dapat tumbuh dengan secara sempurna.

Kerugian mencangkok tanaman juga harus seperti berikut ini :
  • Disaat menanam tumbuhan ataupun tanaman dengan cara metode cangkok, kebanyakan hasilnya hampir semuanya mempunyai akar yang kurang sempurna, lebih pendek, serta rawan tumbang apabila dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dengan menggunakan biji.
  • Tumbuhan hasil cangkok mempunyai usia tumbuhan yang lebih singkat dan cuma menghasilkan jumlah individu yang agak lebih sedikit jika disandingkan dengan tumbuhan yang ditanam dengan biji.
  • Ketika mencangkok biasanya harus merusak tumbuhan induknya terlebih dahulu.
Itulah ulasan Antara Tanaman Biji dan Tanaman Yang Di Cangkok, Manakah Yang Lebih Kuat ? dan jika sobat menyimak ulasan ini dengan secara teliti, maka sobat dapat menyimpulkan mana yang lebih kuat, bukan !!

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih telah menyimak artikel ini. Semoga dapat bermanfaat...!!!