Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Mengatasi Anak Sakit di Rumah Tanpa Perlu Ke Dokter !

Mengatasi anak sakit seperti : deman, hidung meler, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, diare, sariawan, cacingan, lecet, bisul, atau mungkin susah makan ?
Mengatasi Anak Sakit
Solusinya Anda bisa mencoba tips cara mengatasinya di halaman ini. Karena pada kesempatan pembuatan artikel kali ini kita akan mengulas sejumlah tips - tips untuk mengatasi anak sakit tanpa perlu pergi ke dokter melainkan di #RumahSaja.

Tips yang ada dibawah ini, kiranya mudah sekali di lakukan. So simak ya ulasanya hingga selesai sesuai dengan sakit yang di alami anak :

Tips Mengatasi Anak Sakit

Sakit yang dialami anak bisa beragam macam diantaranya ada pada ulasan yang hendak kita bahas ini, dan apakah mungkin sama dengan sakit yang dialami anak Anda di rumah ? maka silahkan di coba karena ada cara mengatasi sakit yang di maksud.

1. Anak sakit demam

Yang pertama sakit demam. jika andak mengalami sakit ini, silahkan untuk mengobati demam pada anaknya dengan cara yakni : beri baju tipis, kompres hangat, lumuri badan dengan bawang merah, beri madu dan air kelapa muda.

2. Anak sakit hidung tersumbat

Lalu selanjutnya ada sakit hidung meler atau hidung tersumbat pada anak, maka untuk mengatasinya di rumah yaitu dengan cara : Hirup uap air panas yang ditetesi minyak telon/minyak kayu putih. Jaga kelembapan ruangan dengan mematikan AC dan menyiapkan ember berisi air panas yang meneteskan minyak telon di sudut ruangan. Untuk bayi, Anda bisa mengoleskan bubuk pala di pelipis dengan minyak telon di atasnya.

3. Anak sakit batuk

Berikutnya sakit anak yang ke tiga adalah Batuk. Untuk mengobati batuk pada anak, maka Anda bisa memberikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing wuluh ditambah madu, atau bisa juga kencur yang diperas dan diberi madu.

4. Anak sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan terjadi, anak akan cenderung sulit makan karena sakit menelan makanan. Untuk anak yang lebih besar, Anda bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam, air garam bisa membunuh kuman dan mencegah peradangan. Minum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu dapat mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan.

5. Anak sakit diare

Saat menghadapi anak diare, yang harus dilakukan adalah minum sebanyak mungkin untuk menggantikan cairan yang keluar agar tidak terjadi dehidrasi. Bisa diberikan oralit campuran air, garam dan gula. Daun jambu biji yang masih muda juga dipercaya mampu mengatasi diare. Lakukan diet BRATY (pisang, nasi, saus apel, roti panggang = roti, yogurt).

6. Anak sakit sariawan

Sariawan pada anak bisa disebabkan oleh kuman dan kebersihan mulut yang kurang, untuk mengobati sariawan bisa menggunakan daun saga yang dihaluskan dan tetes madu kemudian dioleskan pada sariawan.

7. Anak sakit cacingan

Cacingan sering dialami oleh anak-anak, selain menggunakan obat cacing ternyata ada cara alami yang bisa digunakan untuk membunuh cacing di perut yaitu petai, kandungan belerang dan tanin di dalam petai mampu membunuh cacing di perut, dan mengeluarkannya melalui kotoran anak.

8. Anak sakit lecet

Dari tersayat pisau saat memotong bahan makanan di dapur, atau tergores karena terjatuh, Anda bisa menyembuhkannya dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada luka, diamkan selama beberapa menit lalu ulangi mengoleskannya beberapa kali sehari.

9. Anak sakit bisul

Untuk mengobati bisul pada anak, Anda bisa menggunakan daun bayam giling dan menambahkan madu dan menempelkannya pada bisul. Setelah bisul kering, oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bisul agar kulit halus kembali.

10. Anak Susah Makan

Untuk mengatasi anak sakit susah makan, berikan jamu berupa jahe, jahe mampu merangsang nafsu makan pada anak.

Itulah 10 Tips Mengatasi Anak Sakit di Rumah Tanpa Perlu Ke Dokter yang bisa kita informasikan. Sekian dan terimakasih, semoga artikel bisa bermanfaat.