Apa itu ROC ? Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Rusia dan Olimpiade !

Jika Anda telah menonton Olimpiade tahun ini, Anda mungkin melihat singkatan yang tidak biasa, yakni apa itu ROC.
Itu singkatan dari Komite Olimpiade Rusia, dan itu pada dasarnya adalah celah yang memungkinkan atlet Rusia untuk bersaing di Olimpiade sementara negara mereka dilarang dari Olimpiade karena skandal doping.

Ada beberapa aturan khusus yang harus diikuti ROC untuk memperjelas bahwa itu tidak mewakili negara Rusia.
Tapi pertama-tama, pengingat tentang bagaimana Rusia sampai di sini:

Di dalam larangan doping Rusia

Pada 2019, Badan Anti-Doping Dunia melarang Rusia dari semua kompetisi olahraga internasional, termasuk Olimpiade, selama empat tahun karena ketidakpatuhan doping.

Hukuman itu terkait dengan inkonsistensi dalam data yang diambil oleh WADA pada Januari 2019 dari laboratorium Moskow di tengah laporan tahun 2016 yang mengungkap jaringan doping olahraga yang disponsori negara secara luas dan canggih. Komite peninjau kepatuhan WADA menyarankan sanksi karena Badan Anti-Doping Rusia gagal bekerja sama sepenuhnya selama penyelidikan terhadap olahraga negara itu.

Tahun lalu, Pengadilan Arbitrase Olahraga memotong larangan Rusia menjadi dua tahun setelah banding. Larangan itu sekarang berakhir 16 Desember 2022. Sampai saat itu, atlet Rusia tidak dapat bertanding dengan nama, bendera, dan lagu kebangsaan negara mereka di Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan ulang ke musim panas ini.

Bersaing sebagai atlet netral

Di bawah larangan tersebut, atlet Rusia masih bisa bermain sebagai atlet netral -- yang berarti mereka secara teknis tidak mewakili negara tertentu -- jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak memiliki kaitan dengan skandal doping. Lebih dari 300 atlet melakukan itu di Olimpiade Tokyo.

Tim tersebut masih memakai warna negara putih, biru dan merah, dan menampilkan atlet yang telah mewakili Rusia di Olimpiade sebelumnya.

Tapi alih-alih bendera Rusia, bendera tim menampilkan warnanya dalam nyala api Olimpiade yang ditempatkan di atas lima cincin Olimpiade. Jika seorang atlet memenangkan emas, "Piano Concerto No. 1" Pyotr Tchaikovsky akan dimainkan sebagai ganti lagu kebangsaan Rusia.

Rusia telah bermain di bawah beberapa nama tim sepanjang abad terakhir, mewakili Kekaisaran Rusia, Uni Soviet, dan Tim Terpadu, menurut halaman tim di situs web Olimpiade.

Lebih dari 100 atlet Rusia dilarang mengikuti Olimpiade Rio 2016, yang terjadi tak lama setelah laporan tentang doping yang disponsori negara.

Larangan saat ini juga berarti Rusia tidak dapat diwakili sebagai negara di Piala Dunia 2022 atau Olimpiade Musim Dingin 2022, sehingga bendera dan lagu Rusia tidak akan berada di Olimpiade sampai pertandingan 2024 di Paris.