7 Fungsi Rice Cooker Selain Buat Memasak Nasi, Ternyata Bisa Juga Untuk ?

Apakah Anda tahu, fungsi dari rice cooker ternyata bukan hanya untuk alat memasak nasi saja. Anda juga dapat membuat jenis masakan - masakan lainnya dengan alat masak serbaguna ini !
Fungsi Rice Cooker Selain Buat Memasak Nasi,
Penanak nasi atau istilah kerennya rice cooker adalah alat bantu memasak dengan sumber listrik yang bekerja agar nasi bisa masak.

Akan tetapi Anda perlu memasukkan beras serta air pada rice cooker tersebut dengan menyambungkan nya ke aliran listrik dirumah Anda dan jangan untuk menekan tombol “cook” nya. Lalu tunggu sekitar 30 menit, maka Anda sudah bisa menikmati nasi yang lembut serta hangat.

Itu adalah salah satu fungsi dari rice cooker untuk memasak nasi, akan tetapi ternyata masih ada fungsi - fungsi lainnya yang belum terlalu banyak diketahui serta dimanfaatkan orang. Apa saja itu ? mari, simak ulasannya hingga selesai !

7 Fungsi Rice Cooker Selain Masak Nasi

1. Rice Cooker Bisa untuk Merebus Mie Instan

Woiii bukan mie ayam, melainkan mie instan..!! Yup, rice cooker bisa di fungsikan untuk masak mie instan terutama disaat tengah malam pada jam perut suka lapar.

Oleh karena pergi kedapur di tengah malam agak malas selain itu agak sedikit horor dan menyeramkan, maka solusi paling gampang ketika perut lapar ditengah malam adalah memasak mie instan dengan menggunakan rice cooker.

Apalagi jika Anda seorang anak kost dan menggunakan dapur bersama anak kost lainnya yang jauh dari kamar. Betul tidak ?

Oleh karena itu maka Anda bisa menggunakan rice cooker ya sahabat larantuka gypsum. Dan caranya mudah sekali kok yakni :
  • pertama-tama masak air sampai mendidih.
  • lalu kemudian, tinggalah memasukkan mie instannya.
  • dan tunggu beberapa menit hingga masak dan matang.
Tapi sebelumnya perlu diingat juga ya, karena panasnya air berasal dari aliran listrik, mungkin proses memasak hingga air mendidih akan terasa lebih lama jika dibandingkan masak dengan menggunakan kompor.

2. Rice Cooker Bisa Untuk Mengukus Berbagai Makanan

Selain untuk memasak mie instan, ternyata rice cooker juga dapat digunakan untuk mengukus berbagai macam aneka makanan. Seperti apa itu ?

Misalkan saja untuk mengukus dimsum, mengukus siomay, bahkan untuk mengukus hingga sayuran wortel, sayuran brokoli, dan lain sebagainya.

Yup, berbagai macam makanan tersebut bisa dimasak dengan cara dikukus dengan memanfaatkan rice cooker atau penanak nasi dengan cara :
  • Pertama - tama tuangkan air pada panci rice cooker,
  • lalu masukkan ke dalam rice cooker dan panaskan,
  • tunggu hingga air mendidih,
  • dan silahkan masukan aneka makanan yang hendak dikukus di atas panci yang berisi air yang sudah mendidih.
  • Terakhir tutup serta tunggu beberapa saat hingga makanan yang dikukus matang matang.

3. Rice Cooker Bisa untuk Membuat Kue

Mau percaya ataupun tidak, rice cooker yang biasa Anda pakai buat memasak nasi ternyata bisa juga untuk membuat kue.

Yup Betul ! Anda dapat membuat kue misalnya kue bolu atau mungkin kue brownies, dan kue - kue lainnya dengan menggunakan alat penanak nasi ini.

Caranya gunakan panci rice cooker yang melapisi bahan teflon untuk dijadikan loyang atau kue beton, sedangkan rice cookernya sendiri difungsikan sebagai oven dan langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Pertama-tama, buatlah adonan kue seperti biasa di wadah lain.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengoleskan margarin atau itilah lainnya mentega pada alat penanak nasi tersebut.
  • Jika sudah, adonan kue ke dalam penanak nasi dan tunggu hingga matang.
  • Untuk kue bolu, matangnya sekitar 1 jam.
  • Sedangkan brownies membutuhkan lebih banyak waktu, kamu haru 3 kali menekan tombol ‘cook’.

4. Rice Cooker Bisa untuk Membuat Agar-Agar

Fungsi selanjutnya dari penanak nasi tidak cuma untuk membuat menu makanan - makanan berat, dan ternyata rice cooker pun dapat dipakai untuk membuat makanan penutup, dalam hal ini yakni makanan agar - agar atau sebut saja kue jelly.

Adapun caranya adalah Anda hanya tinggal merebus campuran air dulu, lalu siapkan bubuk agar-agar dan jangan lupa gula pasirnya, dan itu semua dimasukan kedalam pancinya rice cooker.

Selanjutnya tunggu hingga sudah matang dan ketika sudah matang, tinggalah tuangkan adonannya ke dalam pencetak lalu masukan dikulkas untuk didinginkan. Cukup mudah, bukan ?

5. Rice Cooker Bisa untuk Memasak Makaroni dan Keju

Selanjutnya jika hendak membuat pasta, namun peralatan masak tidak memungkinkan ! Tenang, Anda tak perlu khawatir karena dengan rice cooker saja Anda sudah bisa membuat makaroni serta keju.

Dan caranya sangat gampang sekali gitu loh, jadi Anda hanya tinggal memasukkan campuran makaroni, lalu bumbu kaldu, jangan lupa garamnya ke dalam rice cooker dengan langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :
  • tunggu adonan tersebut hingga 15 menit
  • jika sudah maka buka tutup rice cookernya,
  • lalu tambahkan susu dan keju ke dalam adonan,
  • habis itu aduk adonan hingga menyatu serta merata dengan baik,
  • lalu tutup kembali,
  • biarkan kira - kira hingga 20 menit.
  • cek beberapa kali ketika memasak sampai siap untuk dihidangkan.

6. Rice Cooker Bisa untuk untuk Memanggang Roti

Yeahh ternyata memanggang roti bisa juga dengan menggunakan rice cooker lho sahabat gypsum ? bahkan ini bisa dilakukan dilokasi proyek sekalipun.

Caranya Anda hanya perlu mengoleskan margarin atau mentega pada bagian dasar panci. Lalu selanjutnya, tinggal meletakkan saja roti yang sudah diolesi selai didalamnya.

Setelah itu tunggu hingga permukaan roti menjadi berubah warna seperti kecokelat - cokelatan, lalu balik rotinya untuk mematangkan permukaan yang satunya lagi.

Namun satu hal yang pasti yang harus diingat, agar Anda menggunakan sebuah capitan selama prosesnya, supaya hawa panas di penanak nasi tidak sampai melukai tangan.

7. Rice Cooker Bisa untuk untuk Membuat Sup Ayam

Satu lagi yang terakhir dan rasanya kurang lengkap jika tidak sebuah makanan tidak menyertakan dengan satu menu sup, dan disini yang dimaksud adalah sup ayam.

Dengan kata lain apapun makannnya, rasanya kurang pas jika tidak dilengkapi dengan makanan berkuah. Betul tidak ?

Maka oleh karena itu, Anda bisa mencoba menambahkan sebuah menu sup ayam versi rice cooker ya Sahabat Gypsum. Dan cara membuatnya pun bisa lebih praktis daripada menggunakan kompor.

Jadi langkah pertama Anda perlu menuangkan sedikit minyak, lalu tuang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur sup ke dalam wajan misalnya : air, sayuran, bumbu dapur, daging ayam, serta bahan lainnya.

Selanjutnya tinggal di aduk sampai merata dengan menggunakan spatula dan tunggu hasilnya sampai supnya benar - benar matang.

Itulah ulasan artikel kali tentang 7 fungsi Rice Cooker atau Penanak Nasi Selain Untuk Memasak Nasi ternyata bisa juga untuk memasaka menu makanan lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau menyimak artikel ini dan semoga bisa bermanfaat.