Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Bulan Ramdhan dan Keutamaan Sahur Sebelum Puasa.

Seperti telah di ketahui bahwa di bulan Ramdhan, Puasa adalah salah satu amalan atau ibadah yang wajib serta penting dan sangat istimewa dalam ajaran Islam. Selain itu ibadah di bulan puasa pun sudah diperintahkan oleh Allah SWT dalam firmannya melalui Al-Qur'an.

niat puasa ramadhan

Perintah untuk mengerjakan puasa di bulan ramadhan bisa tertuang dalam Al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 185. Allah SWT dengan bunyi firmannya yaitu :

....فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ 

Artinya adalah : " Karena itu, barangsiapa di antara Anda - anda sekalian yang menyaksikan bulan Ramadan, maka hendaklah dia berpuasa di waktu bulan tersebut, …."[QS. al-Baqarah (2): 185].

Jadi bagi orang yang beragama Islam puasa di bulan ramadhan adalah Wajib bin Harus hukumnya untuk dijalankan beserta rukun puasa yang harus dipenuhi. 

Sedangkan Rukun Puasa itu sendiri terdiri dari dua rukun yaitu .

  1. Mengucapkan niat puasa 
  2. Menahan diri dari segala macam godaan yang bisa membatalkan puasa dari mulai terbitnya fajar atau waktu imsyak (waktu subuh) hingga sampai terbenamnya matahari waktu magrib (waktunya buka puasa) demi menjalankan perintah Allah SWT.
Niat Puasa Ramdhan

Apa itu Niat ? 

Niat kalo menurut kita adalah semacam penegasan atau pengucapan selain dari juga pengucapan didalam hati dengan artian bersungguh - sungguh serta dibarengi dengan prakteknya, dalam hal ini adalah mengenai status wajib dari puasa Ramadhan itu sendiri.

Bahasa lain dari niat puasa itu adalah menunjukkan sesuatu kejelasan atau sesuatu yang jelas dan pasti bahwa benar adanya Anda akan berpuasa, jadi bukan cuma sekadar kehendak ingin menunaikannya saja, melainkan harus di sertai dengan prakteknya juga.

Para ulama dengan Mazhab Syafi'i menyampaikan pendapat bahwa setiap orang yang hendak berpuasa khususnya puasa di bulan ramadhan itu di sunahkan agar mengucapkan bacaan niatnya. 

Oleh sebab apa ? 

Oleh sebab, membaca niat puasa ramadhan sebelum melakukan puasa itu penting untuk dilakukan. Jadi bacaan niat puasa ini wajib diucapkan walaupun ucapannya di dalam hati. Akan tetapi, pelafalan niat puasanya sangat sekali dianjurkan.

Dalam hadis riwayat Umar ibn Al-Khattab RA dikatakan, "bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : "Sesungguhnya semua perbuatan ibadah hendak disertai dengan niat, dan setiap orang tergantung daripada niatnya…," (HR. al-Bukhari).

Dari postingan "Niat dalam Puasa Ramadhan" yang mengutip dari situs halaman NU Online, lafal untuk niat puasa Ramadhan itu wajib dibaca di malam hari hingga menjelang terbitnya fajar (imsyak)  sebelum tiba waktunya subuh.

Apabila niat puasa duucapkan di luar selain waktu tersebut atau di ucap selepas fajar terbit, terkecuali tanpa disengaja, maka ibadah puasanya bisa dianggap tidak sah atau batal. 

Adapun arti dari tanpa disengaja ini adalah salah satu hal yang tidak berlaku buat mereka yang ingin menjalankan puasa namu lupa mengucapkan niat atau bisa juga tertidur hingga terlewatnya waktu imsyak sehingga tak sempat membaca niat puasa.

Dasar dari perintah agar membaca niat puasa di ucapkan dimalam hari sampai menjelang imsyak (terbitnya fajar matahari) yaitu adanya hadis dari Rasulullah SAW dengan bunyi hadisnya adalah: 

"Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

So jika anda ingin berpuasa di bulan ramdhan nanti, namun lupa dengan niat puasanya atau bisa jadi belum tahu. maka berikut ini adalah bacaan niat puasa ramadhan dengan menggunakan bahasa Arab di sertai bahasa latinnya, juga ada artianya dalam bahasa Indonesia :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latinnya : Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala

Dan artinya adalah : "Saya niat berpuasa besok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Adapun jika ingin berniat puasa sebulan ramadhan, bisa dilihat pada gambar utama dengan cara klik gambar untuk memperbesar supaya lebih jelas jelas tulisannya. 

Keutamaan Sahur

Didalam bulan ramdhan dan waktunya mau puasa maka diharuskan Sahur dulu, dan sahur itu sendiri yaitu salah satu ibadah sunnah ketika hendak berpuasa. 

Anjuran agar melakukan makan sahur dulu sebelum puasa ini sudah diriwayatkan Anas bin khalik tentang hadis Rasulullah SAW yang berbunyi :

"Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan," (HR Bukhari: 1923).

Jadi sahur dulu sebelum berpuasa itu sangat dianjurkan supaya yang menjalankan puasa bisa persiapkan diri agar dapat lebih kuat ketika menjalankan puasanya. 

Maka oleh kerena itu, sahur termasuk kedalam sunnah puasa yang harus dilakukan disaat sepertiga malam terakhir hingga sampai menjelang terbitnya fajar shodiq atau waktu imsyak.

Selanjutnya jika mengkutip dari buku yang diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tentang "Tuntunan Ibadah di Bulan Ramadhan disaat Masa Darurat pandemi Covid-19" dengan kutipannya sebagai berikut : 

"Mengakhirkan waktu sahur merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan sebelum menjalankan puasa Ramadhan".

Anjuran tersebut didasari hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Sahl Ibnu Sa’ad RA yaitu : "Saya makan sahur dengan keluarga saya, kemudian saya berangkat terburu-buru sehingga saya mendapatkan salat subuh bersama Rasulullah SAW.” [HR al-Bukhari].

Dan keutamaan diwaktu sahur ini juga sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dzar yaitu : "tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa," (HR Ahmad).

Penjelasan tentang keutamaan sahur di akhir waktu bisa dinyatakan juga sebagai, "semakin dekatnya dengan waktu subuh, maka sahur yang dilakkan dapat menjadi semakin baik".

Dan menurut keterangan yang ditemukan di halaman Nu Online judul artikel yaitu "Makin Dekat dengan Waktu Subuh, Sahur Makin Baik", sahur secara bahasa yang bisa di mengerti adalah akhirdari  waktu malam. Oleh kerena diakhirkan menjelang subuh dan juga dekatnya dengan waktu subuh, maka waktu sahur paling utama ialah pada seperenam diwaktu akhir malam.

Ok itulah uraian tentang niat puasa di bulan ramdhan beserta dengan keutamaan sahur yang sudah kita rangkum dari berbagai macam website terpercara di mbah google. Apakah ini membantu ?

Sekian dan terimakasih telah menyimak artikel ini. Semoga ini bisa bermanfaat khususnya buat yang hendak melaksankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Wsslm...