Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Hari Tanpa Bra Sedunia 13 Oktober, Beserta Manfaat Pakai BH.

Hari Tanpa Bra (kutang) sedunia selasa 13 oktober 2020 yang lagi trending topik di google, dan ternyata penggunaan kutang atau bra juga ada hari memperingatinya. 

Tak hanya hari kartini, hari buruh, serta hari - hari lainnya. Ternyata di dunia ini ada Hari Tanpa Bra atau Hari Tanpa Kutang.

Jadi yang belum tahu dan jujur sy admin di sini (kuper lu) baru tahu dari google new yang muncul di beranda handphone di crome google, bahwsanya pada setiap tahun perempuan atau kaum wanita (hawa) di seluruh dunia itu memperingati Hari Tanpa Bra pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 nanti.

Dalam pikiran "waduuuuh" ini bagaimana cara memperingatinya, bagaimana merayakannya, dan bagaimana - bagaimana lainnya. 

Lalu apakah ada acara upacaranya seperti halnya upacara di hari pahlawan, di hari 17 di Negara Republik Indonesia ini, serta hari - hari lainnya.

Intinya pasti ada saja kaum cowok (khususnya yang belum tahu) yang negatif ting ting, padahal bukan begitu, jadi jangan salah paham dulu ya...!!!

Hari Tanpa Bra Sedunia adalah bukan untuk mengumbar ngamber aurat atau hendak pamer tubuh, melainkan sebuah pesan bernuasa moral buat mendukung Breast Cancer Awareness sedunia. Artinya apa ?

Artinya adalah pesan moral berupa bentuk dukungan kepada kaum wanita yang menghadapi penyakit Kanker payudara di seluruh dunia. 

Jadi para wanita di ajak untuk tidak memakai bra alias kutang bin BH, selama waktu sehari dengan tujuan yaitu tadi "buat mendukung serta memberi spirit (semangat) kepada kaum wanita yang menderita akibat kanker payudara di seluruh dunia". 

Sekedar di ketahui di waktu dulu bh atau kutang bin bra sering digunakan oleh para kaum wanita sebagai sebuah pelindung. 

Namun seiring berjalannya waktu, fungsi kutang kini berevolusi menjadi sebuah penunjang penampilan bagi kaum wanita, supaya nyaman dalam beraktivitas. Selain itu ada juga manfaat yang di peroleh dalam menggunakan bra atau kutang bin BH.

Namun sebelum berlanjut ke manfaat bra, kita ketahui dulu sejarah awal mulanya Hari Tanpa Bra atau kalo menurut bahasa kerennya adalah No Bra Day. 

Awal mula No Bra Day (Hari Tanpa Bra) yaitu pada tahun 2011, di mana pada ketika itu ada sekitar 30 negara (kurang lebih) di seluruh dunia memperingati hari pembebasan payudara alias ‘No Bra day’ selama 24 jam agar bisa meningkatkan kesadaran pada kesehatan payudara.

Hari Tanpa Bra atau hari tidak pakai kutang bin BH ini di pelopori oleh seorang ahli bedah plastik Dr Mitchell Brown, yang berpraktek di Toronto, Kanada. 

Jadi mungki waktu di saat itu seorang dr michell brown melihat, mengenai kesadaran pada kesehatan payudara kaum wanita sudah berkurang dalam beberapa tahun terakhir. 

Sehingga Di Inggris, "Hari Tanpa Bra - No Bra Day’ di peringati setiap tanggal 12 - 13 Oktober bertepatan dengan Bulan Kesadaran Kanker Payudara.

istilah Bra itu sendiri akan berubah jika di terjemahkan ke dalam bahasa inggris dengan menggunakan translate google yang artinya Bra sama dengan BH. Jadi Bra bahasa inggrisnya adalah BH.  

Namun ketika si BH di terjemahkan kembali ke dalam bahasa indonesia, ternyata si BH tidak mau kembali menjadi Bra, melainkan tetap BH.

Rupa - rupanya, asal kata BH ini sebetulnya jika anda mau menelaah ternyata istilah BH ini adalah sebuah singkatan yang berasalah dari Bahasa Belanda namanya Buste Houder (BH). 

Nama lain dari BH yang paling popular atau yang biasa sering di ucapkan di Negara Indonesia seperti yang sudah di singgung di awal - awal paragraf yaitu Kutang.

Dan ternyata istilah Kutang juga ini adalah merupakan hal yang menarik di karenakan ada sejarahnya bro sis.

Bisa di cek di Wikipedia bahwasanya asal usul istilah kata "Kutang" itu berasal dari masa di saat Deandles menerapkan sebuah sistem kerja paksa di kepulauan Jawa.

Jadi di saat di waktu itu di hari pertama ada pengerjaan sebuah proyek pembuatan jalan pos Anyer-Panarukan, di mana pada proyek tersebut banyak budak pribumi mau itu laki-laki ataupun perempuan yang bekerja dengan hanya mamakai kain semacam cawat pada tubuh bagian bawah. Sedangkan pada tubuh bagian atas mulai dari pusar hingga sampai ke leher itu nyaris telanjang.

Lalu mandor yang bertugas di tempat pada waktu di saat itu adalah seorang yang berkebangsaan Prancis namanya Don Lopez Comte de Paris. 

Jadi mandor tersebut mungkin merasa risih atau tidak dengan melihat keadaan seperti itu. Hingga akhirnya, Don Lopez Comte de Paris (mandor) memotong secuil kain putih, lalu memberikannya kepada salah satu budak yang perempuan.

Di saat ketika mandor hendak memberikan secuil kain yang telah di potong tersebut pada si budak dan lalu berkata, ”Hai Nona Tutup bagian berharga itu”, dengan logat atau dialek bahasa prancis di mana kata "berharga" jika dalam bahasa prancisnya adalah coutant.

Budak perempuan itu sama sekali tidak mengerti mengapa ia di berikan secuil kain putih, karena perempuan bertelanjang dada di masa itu adalah sesuatu hal yang biasa.

Karena Budap perempuan itu bingung, don Lopez jadi merasa jengkel, hingga akhirnya dia menunjuk-nunjuk payudara budak tersebut sambil terus - menerus mengatakan Coutant..! Coutant,,,,! Coutant,,,,! 

Hingga akhirnya budak pribumi yang melihat kejadian tersebut mengerti kalo secuil kain putih yang di berikan oleh mandor tersbut itu di maksudkan agar bisa menutup payudara wanita.

Dan dalam pemahaman mereka, secuil kain putih sebagai menutup payudara itu namanya adalah coutant. Namun seiring berjalannya waktu ke waktu kata countant dalam ejaan bahasa Indonesia melebur menjadi kutang.

Namun pada saat sekarang ini kata Bra sepertinya sudah mulai menggeser kata BH serta kata Kutang. Dan ternyat kata Bra juga berasal dari Bahasa Prancis, brassiere.

Setelah tahu sejarah dari Bra, BH, dan Kutang kini tiba saatnya mengetahui manfaat yang di dapat buat para kaum wanita jika mamakai Bra atau Kutang alias BH :

Manfaat Pakai Bra, Kutang, BH :

  • Tidak berkeringat di bawah
  • Dapat membantu membersihkan kulit
  • Membantu bentuk dada alami
  • Bisa membuat payudara Anda lebih kuat
  • Menghemat uang
  • Membebaskan Anda dari garis-garis tekanan di sekitar tubuh
  • Memberi Anda kenyamanan sepanjang hari
  • Dapat membantu meningkatkan sirkulasi
Itulah informasi mengenai 13 Oktober Hari Tanpa Bra, Hari Tidak Memakai BH, Hari Tanpa Menggunakan Kutang Sedunia berserta manfaat menggunakan bra bh dan kutang buat kaum wanita.

Apakah ini bisa membantu ? silahkan jika ingin di share, maka share saja. Siapa tahu bisa bermanfaat buat kawan wanita di sekitar anda. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Post a comment for "Sejarah Hari Tanpa Bra Sedunia 13 Oktober, Beserta Manfaat Pakai BH."