Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Jenis Usaha Rumahan Yang Tak Mati Di Makan Usia, Beserta 7 Tips Memulai Usaha.

16 Jenis Usaha Rumahan Yang Tak Mati Di Makan Usia, Beserta 7 Tips Memulai Usaha.
Gaji menjadi seorang karyawan terkadang tidak mencukupi kebutuhan gaya hidup serta kebutuhan sehari - hari, di tambah harga kebutuhan pokok yang selalu tiap waktu. 

Dengan kata lain bagaimana hidup bisa maju jika terus menerus mengharapkan gaji ya terkadang tiap tanggal tua suka di buat bingung karena uang tidak cukup sampai 1 bulan. Sehingga jatah uang yang di tabung pun terkadang harus di cabut selembar demi selembar lama - lama habis juga.

Namun jika uang tabung umpama di investasikan dengan membuka sebuah usaha sampingan, usaha rumahan yang menguntungkan, agar uang bisa menjadi menjadi beranak pinak, tentunya masalah kekurangan bisa di atasi.

Yup membuka sebuaha bisnis atau usaha sampingan di rumah adalah merupakan langkah yang tepat atau sebagai jembatan untuk anda menyebrang ke kehidupan yang lebih baik dalam arti anda bisa memperoleh uang tambahan.

Walaupun uang tambahan tersebut umpama hanya menghasilkan seribu, dua ribu, tiga ribu rupiah, jika di kalikan 30 hari, 1 tahun, 10 tahun,  tentunya jumlah uang akan menjadi besar bukan.

Maka oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda memiliki uang tabungan, alngkah baiknya di buat dulu modal buat buka usaha salah satunya adalah usaha rumahan sebagai sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Karena tidak sedikit juga ada sebahagian orang yang sering meremeh temehkan usaha semacam ini. Namun faktanya, tidak banyak juga orang yang berhasil dalam menjalankan usaha rumahan ini. 

Salah satu contoh yang sudah berhasil dalam menjalankan bisnis usaha rumahan ini adalah Ibu Kustinah sebagai seorang buruh sudah bisa mengantongi keuntungan berkisar Rp 300 juta per tiap bulannya.

Sebelumnya memperoleh pengalaman dengan bekerja sebagai buruh pabrik yang memproduksi rempeyek. 

Sehingga Ibu Kustinah mencoba mendirikan bisnis kuliner di rumahnya dan ternyata sukses, malah membuka hingga 10 cabang dengan karyawan sudah mencapai puluhan.

Cerita tersebut bisa anda jadikan sebagai inspirasi, sebagai penyemangat, sebagai pendorong, buat Anda yang hendak membuka bisnis usaha rumahan. 

Namun sebelum bergerak agar bisa mulai menjalankan bisnis rumahan yang anda inginkan, ada beberapa faktor atau penunjang atau tips yang harus anda ketahui terlebih dahulu, agar usaha anda nantinya bisa berjalan dengan baik.

7 Tips Memulai USaha

Dan berikut di bawah inilah beberapa cara atau tips yang harus di ketahui dan diperhatikan sebelum anda memulai buka usaha rumahan.

1. Pelajar Cara Mengelola Administrasi

Memang sih usaha rumahan biasanya di mulai dari yang kecil - kecilan dulu, namun ada benarnya juga mempelajari poin basic tentang bagaimana cara pengelolaan administrasi yang baik. 

Hal lain yang harus di perhatikan yang di rasa penting jika sudah menjalani sebuah bisnis usaha rumahan adalah jangan pernah coba - coba untuk mencampurkan keuangan dalam bisnis dengan keuangan pribadi

Pengelolaan administrasi yang bijak dan disiplian pastinya akan memperlancar perkembangan usaha rumahan ke depanya. Prinsip dasarnya adalah dengan membnagun sebuah fondasi yang kuat, bisnis apaun pun yang hendak anda jalanu pasti akan berjalan dengan loading yang lancar. 

2. Jangan Takut Gagal

Tahukah anda bahwasanya setiap orang yang berbisnis seringkali di pertemukan pada 2 pilihan yaitu antara "sukses" atau "gagal". 

Jika memang begitu walau anda pemula, anda harus berani serta bisa menghadapi rasa takut akan kegagalan yang menghampiri benak anda.

Perasaan seperti itu memang kerap selalu menghantui pada setiap keputusan yang akan di buat ketika pertama kali hendak menjalankan sebuah bisnis.

Maka oleh karena itu, tumbuhkan mental sukses dalam diri anda dan yakinlah selalu bahwa anda bisa, bahwa anda mempunyai kelebihan, bahwa anda memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan agar usaha rumahan yang di bangun bisa sukses. 

3. Pilih Bisnis Rumahan yang Sesuai dengan Passion 

Anda mau memulai bisnis namun tak ada passion dan tetap memaksa, bisa jadi akan berujung pada sebuah kegagalan. Kok bisa begitu ? 

Karena begini, memang sih tujuan utama dari berbisnis sudah pasti uang, namun jika tanpa passion dengan kata lain tanpa di barengi dengan hati yang iklas, hati yang sesuai, hati yang ridho, niat yang tulus, dan dengan kata lain lagi yaitu tanpa di barengi hal yang di sukai,  tentunya bisnis yang di jalani akan menjadi semakin sulit di tekuni. 

Dalam merintis sebuah bisnis dari mulai nol hingga sukses memang merupakan hal yang sulit, namun jika bisnis yang hendak anda rintis dan tentunya sesuai dengan passion anda, itu pasti akan membuat segala sesuatunya akan terasa menjadi lebih mudah karena anda memang betul menyukai, menyenangi, mencintai, dan bla bla bla apa yang anda ingin lakukan. 

Masih bingung kah ?

Untuk lebih jelasnya begini !!!

Katakanlah anda hobby memasak, jika ya, maka jangan ragu untuk membuka bisnis usaha kuliner sendiri di rumah.

Dengan memulai usaha kuliner di mana pada dasarnya anda senang memasak, tentunya tidak akan bingung lagi, tidak akan kesulitan, tidak harus belajar lagi, tinggal saja di kembangkan. 

Dan yang paling penting anda tidak akan pernah bosan dan merasa jenuh karena itu adalah merupakan salah satu hoby anda yang kan menghasilkan.

Atau contoh lainnya katakanlah anda senang dengan musik, maka bisa membuka usaha studio musik yang bisa anda sewakan. I

Jika mau di ambil intisarinya seperti apa dalam memilih sebuah bisnis, ya pilihlah bisnis usaha yang benar-benar bisa membuat anda senang dan bahagia. Ketika hati dan perasaan selalu bahagia, insyallah rejekipun akan selalu menghampiri.

4. Tentukan Visi dan Misi 

Setelah passion di atas anda terpenuhi, maka dalam menentukan sebuah visi dan misi juga dapat mempermudah anda untuk menentukan arah serta tujuan dari usaha rumahan yang anda jalankan tersebut. 

Dengan kata lain dalam bisnis yang anda jalani, Anda harus memiliki target atau tujuan  tujuan yang hendak anda raih. 

Agar apa ?

Agar supaya bisnis yang anda tekuni bisa terus berkembang dan berkembang, berkembang, berkembang terus. 

Jika anda memutuskan untuk tak memikirkan hal tersebut, besar kemungkinan bisnis anda tidak sukses. Karena apa ? ya karena anda tidak betul - betul mengetahui apa yang sedang anda kerjakan. 

5. Menghitung Modal yang Dibutuhkan 

Selain passion, visi dan misi pada ulasan di atas, dalam setiap bisnis mau itu bisnis apapun pastinya memerlukan modal. 

Kembali ke paragraf awal di mana di katakan jikia anda memiliki tabungan tidak ada salahnya mencoba membangun sebuag bisnis rumahan agar bisa memperoleh sampingan.

Maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah hitung - menghitung dulu apakah tabungan anda tersebut sudah cukup untuk modal usaha rumahan yang anda inginkan.

Jika belum pas, coba alokasikan dulu ke hal - hal yang benar-benar esensial, agar usaha bisa berjalan, dan hindari dulu pembelian barang yang tidak perlu.

6. Menentukan Waktu yang Tepat 

Tips selanjutnya dalam memulai Bisnis Usaha Rumahan agar bisa  sukses adalah menentukan waktu yang tepat dengan di mulai perencanaan yang baik dan terstruktur.  

Salah satu perencanaan yang baik dan terstruktur kapan akan memulai usaga rumahan adalah salah satu poin yang harus dipikirkan.

Apa jadinya jika dalam memulai bisnis usaha tanpa di lakukan perencanaan, perhitungan yang cermat, dan bla bla bla 100x, 

Bisa jadi usaha yang hendak anda rintis dengan modal yang lumayan banyak, malah nanti akan berujung pada kegagalan. 

Sala satu contoh kapan waktu yang tepat agar usaha rumahan bisa di mulai,salah satunya adalah bisnis usaha kue di rumah yang bisa anda mulai pada saat menjelang Bulan Puasa (Ramadhan). 

7. Mencari Strategi Promosi yang Tepat 

Setelah anda mengetahui passion, perhitnungan modal, dan waktu yang tepat dalam mulai membuka usaha, maka tips selanjutnya adalah bagaimana cara menerapkan strategi promosi yang tepat.

Cara pertama promosi yang terbaik adalah mengenalkan lebih dulu bisnis usaha anda pada orang terdekat di sekitar rumah atau bisa juga melalui media sosial seperti fb, twitter, instagram, whatsapp group dan lain sebagainya.

Intinya begini yah, "Semakin sering anda mempromosikan, maka semakin banyak orang tahu". Dan ketika semakin banyak orang tahu, maka semakin besar peluang orang mendatangi tempat usaha anda.

Namun begitu, anda harus menargetkan pada orang tepat agar bisa menghemat biaya promosi. 

Itulah beberapa tips yang bisa harus anda ketahui, sebelum memulai bisnis usaha rumahan yang anda inginkan. 

Selanjutnya setelah anda memahami tips di atas lalu berencana ingin membangun sebuah bisnis usaha rumahan, tinggalah anda memilih jenis bisnis rumahan yang sesuai dan cocok untuk anda jalankan.

Lalu seperti apa bisnis usaha rumahan yang sesuai dan cocok untuk anda, itu sebetulnya hanya anda sendirilah yang tahu, namun begitu anda bisa memilahnya pada 16 jenis usaha rumahan yang yang tak pernah karat di makan jaman dan sudah kita rangkum di bawah ini :
.  
14 Peluang Usaha Rumahan

Inilah bisnis yang tak pernah ketinggalan jaman atau peluang usaha rumahan yang bisa anda coba untuk memulai agar bisa menghasilkan uang tambahan, dan bisa jadi membawa 1 berkah kesuksesan yang tak di sangka.

1. Jualan Pulsa.

Di zaman yang semakin maju dan canggih ini, sekarang handphone sudah menjelma menjadi sebuah kebutuhan utama yang hampir tak bisa di pisahkan lagi di dalam kehidupan manusia. 

Sehingga bisa terlihat situasinya, bahwa dengan jualan pulsa elektrik akan menjadi sebuah peluang bisnis yang tak bisa anggap sebelah mata. Selain itu usaha rumahan dengan jualan pulsa ini juga tidak terlalu memerlukan modal yang besar. 

Hal yang perlu dilakukan jika anda ingin memulai bisnis jual pulsa ini anda harus mempunyai 1 buah hp, agar apa ? ya agar anda bisa mengirim pulsa, mau itu pulsa biasa, pulsa internet, dan pulsa - pulsa lainnya. 

Agar bisa memulai bisnis ini, anda perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa anda cari dengan secara online di mbah goggle.

2. Usaha Kuliner.

Jualan makanan seperti camilan juga merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang tak karat di makan jaman dengan kata lain salah satu jenis bisnis usaha yang tak pernah mati.

Potensi usaha kuliner atau jual makanan sangat besar dan menguntungkan. Jika anda memiliki skil dalam usaha ini, maka tinggal membuat sedikit riset supaya usaha camilan yang dijalankan bisa berjalan dengan sukses. 

Dan berikut di bawah ini adalah pilihan usaha kuliner yang bisa Anda coba di rumah :
  • Berjualan Aneka Kue 
  • Membuka Warung Makan 
Jika kamu memiliki kemampuan memasak yang baik, maka jangan di sia-siakan bakat Anda. Dengan modal mulai dari yang kecil dulu, Anda sudah dapat membuka bisnis jualan usaha jualan kuliner di rumah, 

Bagaimana cara memulainya, Anda bisa mendesain dulu sebuah ruangan di depan rumah untuk bisa di gunakan oleh para capem (calon pembeli) supay aman dan nyaman. 

Pilih menu - menu makanan yang di sukai oleh banyak orang, umpama kue apa yang banyak di cari atau untuk usaha warung makan bisa di padu dengan menu ayam goreng lalapan, nasi ikan, nasi campur, nasi pecel, dll.

Lebih bagusnya lagi memiliki resep khusus keluarga yang unik dan tentunya enak serta lezat adalah merupakan poin plus peruntungan yang anda terapkan.

3. Usaha Jasa Laundry (Cucian) 

Di zaman sekarang ini semakin bertambahnya penduduk maka semakin padat pula kesibukan yang di dapat. 

Sehingga sesuatu hal yang praktis, ekonomis, dan cepat, tidak ribet adalah sebuah pilihan yang banyak di cari, dan salah satunya dalam hal seputar cucian.

Contoh Orang kantoran yang banyak menghabiskan waktunya di kantor, banyak yang lebih memilah  sesuatu yang praktis dan tidak ribet seperti membayarjasa orang lain untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak sempat di pegang di rumahnya.

Entah itu bersih - bersih rumah, bresih - bersih pekarangan, termasuk mencuci pakain yang selalu menumpuk pertiap harinya di rumah.

Nah, dengan adanya peluang sperti itu, maka membuka usaha laundry bisa menjadi tanaman buah - buahan yang siap dipetik, bisa menjadi tanaman padi yang siap di panen, dan bla bla bla 100x.

Apalagi anda memiliki lokasi yang strategis di tambah dengan strategi pemasaran matang dan terstruktur, di jamin usaha rumahan yang anda jalankan bisa menghasilkan uang tambahan. 

4. Usaha Jasa Menjahit Pakaian.

Jenis bisnis usaha rumahan berikutnya adalh Usaha Jasa Menjahit. Anda hoby menjahit ? jika anda punya skill seperti ini, maka jangan ragu untuk menekuni bisnis usaha ini di rumah. 

Sepintas mendengar kata menjahit ini sepertinya terkesan ketinggalan zaman...????

Namun, jangan salah usaha ini masih tetap setia selalu dibutuhkan oleh sebagian banyak masyarakat karena kebutuhan akan model, kebutuhan kepuasan, kebutuhan desain pakain yang unik, kebutuhan memanfaatkan pakaian lama yang sudah terobek, dain lain sebagainya, itu semuanya masih berlaku hingga saat ini.

Artinya bisnis usaha menjahit ini juga tak pernah lapuk di makan usia, tak pernah karat di makan jaman, serta tak pernah layu di makan panas.

Coba saja Anda bayangkan ??? Berapa jumlah kebutuhan seragam pernikahan yang terhitung pertiap tahunnya, beragam kebutuhan seragam sekolah yang di perlukan pertiap tahunnya, apalagi di era covid19 ini berapa keperluan masker yang dibutuhkan untuk memenuhi protokol kesehatan  yang di wajibkan oleh pemerintah di saat sekarang ini.  

5. Usaha Jasa Cuci Motor 

Jenis bisnis usaha rumahan ini juga sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan serta tak ada matinya yang bisa anda coba di rumah yaitu Usaha Jasa Pencucian Motor.   

Silahkan anda perhatikan tempat - tempat pencucian motor di kota Anda, Apakah pernah terlihat sepi ? Apakah di antara begitu banyak tempat tempat cuci motor salah satunya ada yang sepi ? 

Kalo yang kita lihat dan kebetulan saya sebagai admin di blog ini juga menjadi pelanggan tetap di tempat pencucian motor pada saat ketika waktunya mau mencuci motor harus selalu pake antri.

Itu artinya bisnis usaha jasa cuci motor ini memang memiliki peluang yang sangat menjanjikan yang tak akan pernah redup, yang tak akan pernah ada matinya, dan lain - lain.

6. Usaha Rental PS (Play Station).
7. Usaha Jasa Foto dan Video 
8. Buka Warung Kopi, 
9. Usaha Budidaya Ikan Hias 
10. Buka Jasa Desain Grafis 
11. Buka Jasa Servis Barang Elektronik 
12. Bisnis Pertamini di Depan Rumah 
13. Usaha Jasa Air Minum 
14. Menjadi Seorang Youtuber 

Itulah informasi. mengenai usaha rumaha yang tak mati di makan usia, beserta 7 tips memulai usaha untuk pemula.

Apakah ini bsa membantu ? sekian dan terimakasih atas kunjungannya, dan semoga dapat bermanfaat.