Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menyembelih Hewan Kurban Beserta Pedoman dan Doa

Apa itu kurban ? kata 'kurban' secara harfiah awal katanya adalah 'kurbani' yang artinya dekat. Menurut kamus bahasa Arab, hewan kurban dikenal juga dengan nama "Udhiyah", atau "Dhahiyyah" yang maknanya merujuk pada hewan unta, hewan sapi, dan hewan kambing.

 Cara Menyembelih Hewan Kurban

Kegiatan penyembelih hewan kurban biasa di lakukan pada saat lebaran haji (Hari Raya Idul Adha), lebih tepatnya tanggal 10 Dzulhijjah di bulan haji di mulai pas ketika selesai melaksanakan shalat id.

Waktu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus dalam 3 hari tasyrik yaitu di tanggal 11, tanggal 12, dan tanggal 13 Dzulhijjah.

Melakukan penyembelihan hewan kurban selain sebagai cara untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT, juga untuk memperingati kisah Nabi Ibrahim ketika mendapatkan perintah dari Allah SWY untuk melakukan penyembelihah putranya yaitu Ismail.

Selain itu hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji di tahun 2020 ini tak seperti di tahun - tahun sebelumnya. Karena, dalam merayakannya di tengah - tengah wabah pandemi COVID-19. 

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Di sarankan agar membaca berdoa dan niat dulu, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Tujuannya supaya ibadah kita melalui penyembelihan hewan kurban tersebut bisa di terima Allah SAW. amin. 

Berikut niat dan doa menyembelih hewan kurban:

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm
Artinya : 
  • "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku."
Cara Menyembelih Hewan Kurban

Bagaimana cara menyembelih hewan kurban menurut syariat Islam, bisa anda ikuti langkah - langkah secara ringkasnya seperti berikut ini :
  1. Gunakan alat (pisau dll) tajam yang sudah di asah.
  2. Hadapkan hewan ke arah kiblat (hewan yang di sembelih).
  3. Baca doa seperti di atas.
  4. Silahkan sembelih hewan kurbannya dengan cara memotong pada tenggorokan hewan kurban, lebih tepatnya pada pada urat nadi.
Pedoman Pemerintah Pada Saat Sembelih 

Pemerintah mengeluarkan perdoman syarat penyembelihan Hewan Kurban di tengah Wabah Corona 19 melalui kemenag (kementrian agama) mengenai protokol kesehatan pada saat menyembelih.

Pedoman menyembelih hewan kurban di sodorkan pemerintah tertuang dalam :
  • Surat Edaran dengan Nomor SE. 18 Tahun 2020
  • Perihal : 
    • Mengenai Penyelenggaraan Shalat Idul Adha beserta Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.
    Pedoman yang di berikan pemerintah ini berlaku untuk semua masyarakat yang merayakan. Dan tujuannya adalah supaya pada saat menyembelih hewan kurban selain bisa berjalan lancar, juga bisa aman dan tentunya bisa terhindar dari penyebaran wabah corona. 

    Seperti apa pedoman atau panduan beserta syarat yang harus di perhatikan pada saat penyembelihan hewan kurban bisa di simak di bawah ini :

    1. Jaga jarak

    Pemotongan hewan kurban di tempat yang luas dan memungkinkan untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak. 

    Selain itu, panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban juga wajib dan harus mengatur kerumunan dan kepadatan penduduk yang ada di sekitar area penyembelihan. Lalu pada saat pemotongan, menguliti, hingga mencacah dan mengemas, panitia juga wajib jaga jarak.

    2. Terapkan Protokol Kesehatan

    Sebelum acara menyembelih di gelar, para panitia dan penyelenggara dan panitia yang hadir wajib dan harus di cek suhu tubuh  sebelum masuk. Pengecekan suhu tubuh tentunya di lakukan oleh petugas. 

    Selain itu Panitia beserta para penyelenggara penyembelihan hewan kurban juga di haruskan :
    • Memakai MASKER, 
    • Menggunakan pakaian lengan panjang, 
    • Menggunakan sarung tangan selama berada di area penyembelihan. 
    Tak cuma itu, panitia pun wajib dan harus mengedukasi panitia - panitia lainnya untuk tidak menyentuh mulut, hidung, dan mata, atau bagian - bagian tubuh yang sensitif untuk pencegahan penyakit corona. Selain itu para panitia juga diwajibkan agar cuci tangan secara berkala dengan menggunakan sabun.

    3. Perhatikan Kebersihan Alat

    Pada saat pemotongan hewan kurban, dari mulai menguliti hinga mencacah dan mengemas, sang panitia harus selalu memperhatikan alat - alat agar tetap bersih. 

    Salah satu cara agar peralatan tetap bersih adalah dengan di semprotkannya disinfektan pada seluruh peralatan, mau itu sebelum digunakan atau sesudah di gunakan. 

    Dan jangan lupa ya, satu alat itu harus di pakai oleh satu orang, jadi tak boleh di pakai oleh 2 orang, apa lagi 3 orang. Apabila keadaan memaksa 1 alat harus di pakau 2 orang, maka panitia harus dengan menyemprotkan disinfektan pada alat tersebut.

    Itulah Cara Menyembelih Hewan Kurban Beserta Pedoman dan Doa.doa. Apakah ini bisa membantu ? Silahkan di share saja, barangkali teman atau kerabat anda membutuhkannya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

    Post a comment for "4 Cara Menyembelih Hewan Kurban Beserta Pedoman dan Doa"