Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut ini 3 Tips Memilih Hewan Yang Baik Untuk Kurban

Seperti apa hewan yang berkualitas baik sesuai persyaratan islam, agar bisa anda pilih untuk qurban ? Karena ini sangat penting untuk di perhatikan supaya masyarakat tidak salah dalam memilah hewan kurban.

3 Tips Memilih Hewan Kurban Yang Baik Sesuai Syariat Islam

Hari Raya Idul Adha sering kali di istilah oleh sebagian masyarakat sebagai Hari Raya Kurban. Artinya pada hari raya ini di peringatinya peristiwa kurban.

Istilah lain dari Hari Raya Idul Adha adalah Lebaran Haji yang di rayakan oleh umat islam di seluruh dunia dengan peristiwa terkaitnya yaitu Kurban.

Tujuan peringatan peristiwa ini pada saat dulu waktu Nabi Ibrahim A.S bersedia mengorbankan putranya untuk allah swt, dan sembelihan ini di ganti kan dengan domba.

Jadi harri raya lebaran haji ini di kenal juga dengan hari ritual pemotongan (sembelih) hewan kurban.

Makna dari hari ritual penyembelihan hewan qurban ini pertama selain dari Ibadah, juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melewati media hewan yang hendak di kurbankan atau di sembelih. 

Dan yang kedua nya mempunyai makna sosial yang di wujud kan melalui bagi - bagi daging kurban, khususnya di tujukan buat kaum du’afa. 

Kebutuhan hewan untuk kurban contohnya : kerbau, kambing, dan sapi, dan tentunya dengan jenis hewan kurban yang sesuai dengan persyaratan dalam ajaran Islam.

Dan biasanya kebutuhan hewan ini akan meningkat drastis ketika menjelang Hari Raya Idul Adha. Harga yang di tawarkan untuk sejumlah jenis hewan kurbanpun akan melonjak.

3 Tips Memilih Hewan Kurban

Lalu, seperti apa hewan yang berkualitas baik dan sesuai syariat isalam, agar bisa anda pilih untuk kurban ? Karena ini sangat penting untuk di perhatikan supaya masyarakat tidak salah dalam memilah hewan kurban. 

Mengutip dari websitenya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, berikut di bawah ini ada beberapa tips cara memilah hewan untuk kurban yang kualitas baik sesuai dengan persyaratan :

1. Hewan Kurban Sehat

Adapun ciri-ciri hewan kurban yang sehat adalah sebagai berikut :
  • Badan tidak kurus
  • Suhu badan 37 derajat celcius (normal) artinya tidak demam.
  • Lubang hidung, anus, telinga, mata, dan mulut harus bersih dan normal
  • Nafsu makan terlihat baik
  • Bulu di badan bersih serta mengkilat 
  • Badan gemuk dan juga lincah 
  • Muka terlihat cerah 
2. Hewan Kurban Tidak cacat

Seperti apa ciri - ciri hewan kurban yang tidak ada cacat :
  • Mata hewan tidak buta 
  • Kaki hewan tidak pincang 
  • Hewan jantan yang tidak kebiri 
  • Kemaluan atau buah zakar hewan (testis) masih terlihat lengkap (2 buah) seperti bentuk dan letaknya yang simetris. 
3. Hewan Kurban Cukup Umur 

Berapa umur hewan yang bisa di kurbankan tergantung dari jenis hewan, dan salah satu syarat  adalah sudah cukup umur.

Berikut di bawah ini adalah batas minimal usia hewan kurban berdasarkan jenisnya :
  • Hewan domba / kambing : umurnya harus lebih dari 1 tahun, dengan ditandai tumbuhnya 1 pasang gigi tetap pada mulutnya.
  • Hewan Kerbau dan Sapi : umurnya harus lebih dari 2 tahun, dengan ditandai tumbuhnya satu pasang gigi tetap pada mulutnya.
Walaupun tidaklah diwajibkan, masyarakat di himbau dalam mengurbankan hewan kurban sebaiknya pilih yang jantan.

Hal ini sangat dianjurkan dikarenakan hewan kurban seperti kambing, kerbau, domba, dan sapi, terutama yang berjenis betina itu sangat di butuhkan kehadirannya agar bisa menjaga populasi penyuplai kebutuhan daging di masa depan.

Itulah 3 Tips Memilih Hewan Kurban Yang Berkualitas Baik Sesuai dengan Syariat Islam. Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.
✅ Kang Wendy 😎
✅ Kang Wendy 😎 Sebelum tidur sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini bro..!! Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin Proyek Plafon dengan volume 100 juta m2. (Mimpi dan Berkhayal...) 😱😁

Post a comment for "Berikut ini 3 Tips Memilih Hewan Yang Baik Untuk Kurban"