Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kebutuhan List Gypsum Mudah Sangat

Kebutuhan List Gypsum sebagai bingkai plafon rumah, dapat di hitung dengan cara mencari tahu lebih dulu berapa ukuran lebar dan panjang ruangan yang akan di pasang plafon, mau itu plafon untuk ruang tamu, ruang tengah, teras, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kategorinya masuk ke dalam pemasangan plafon rumah.


Cara Menghitung Kebutuhan List Gypsum Untuk Plafon Rumah.

Di mana ada plafon gypsum, di situ pasti ada list gypsum. Dimana ada tukang yang lagi pasang plafon gypsum, di situlah profil list gypsum di butuhkan. 

Namun terkadang untuk tukang plafon pemula dalam menghitung kebutuhan list gypsum pada saat pemasangan plafon khususnya bahan gypsum, terkadang masih bingung dan agak malu - malu kucing, gitu. Lho kok malu - malu kucing ? 

Ya, Maksudnya adalah malu untuk bertanya pada tukang plafon yang sudah senior seperti saya selain sebagai penulis di sini, juga sebagai tukang plafon yang sudah profesional. (hehehe, promosi diri dulu dikit, sapa tahu ada big bos lewat dan menawarkan proyek besar).

Selain dari pada itu, saya juga sudah memiliki 4000 lebih jam tayang dan sudah melewati 1000 subscriber, jadi syarat mutlak untuk bisa di monetize sudah di penuhi bos, jadi tukang youtube dong, wekawekaweka.

Buat tukang plafon pemula, atau mungkin buat tuan rumah yang ingin beli list gypsum untuk plafon, namun tidak tahu berapa kebutuhannya, maka bolehlah simak bagaimana cara menghitungnya yang akan kita sampaikan dengan segara dan sesingkat - singkatnya.

Untuk mencari kebutuhan list gypsum, seperti yang sudah di singgung pada awal paragraf yaitu : ketahui dulu ukuran lebar dan panjang ruangan yang hendak di pasang plafon ataupun yang sudah terpasang, dan cari berapa Volumenya dengan satuan per m1 (permeter lari).

Menurut buku yang saya temukan entah di mana, dalam mencari luas atau volume ruangan per m1 (meter lari) rumusnya adalah :
(Ukuran Lebar x 2) + (Ukuran Panjang x 2) = Volume Ruangan Per m1 (meter lari).
Jika boleh saya contohkan, perumpamaan dalam mencari volume m1 misalnya ruangan kamar tidur adalah sebagai berikut :
  • Ukuran Lebar Ruangan Plafon (Kamar Tidur) : 5 meter x 2 = 10 meter
  • Ukuran Panjang Ruang Plafon (Kamar Tidur) : 7 meter x 2 = 14 meter
  • Volume Ruang Plafon (Kamar Tidur) : 10 meter + 14 meter = 24 meter lari
Kesimpulan : Volume ruangan kamar tidur yang di dapat adalah 24 m1 (meter lari), sampai di sini paham ya kawan.

Setelah di ketahui Volume ruangan yang hendak di pasang plafon atau plafon yang sudah terpasang, hanyalah tinggal pekerjaan pemasangan list gypsum, berapa batang sih kebutuhannya ? kira - kira seperti itu ya pertanyaan yang harus di jawab.

Untuk mencari tahu kebutuhan list sypsum dengan volume ruangan yang sudah di ketahui seperti contoh di atas yaitu 24m per m1 (meter lari), maka sebelum berhitung, harus di cari tahu dulu berapa ukuran panjang dari list gypsum yang bisa anda temukan secara rinci di Harga List Gypsum Terbaru 2020, Untuk Bingkai Plafon. 

Jika ingin secara ringkas mengenai ukuran panjang dari profil list gypsum yang tersedia agar bisa segera di hitung adalah sebagai berikut :
  • Ukuran Panjang 2 meter (kotor), ketika di pasang menjadi 1.94 meter di bulatkan menjadi 1.90 meter (bersih).
  • Ukuran Panjang 2.20 meter (kotor), ketika di aplikasikan menjadi 2.14 meter di bulatkan menjadi 2.10 meter (bersih).
  • Ukuran Panjang 2.40 meter (kotor), ketika terpasang menjadi 2.34 meter di bulatkan menjadi 2.30 meter (bersih).
Yup, ada 3 macam ukuran panjang list gypsum  seperti di atas, kira - kira mau ambil yang ukuran panjangnya berapa ya, agar bisa segera di hitung kebutuhan list gypsumnya.

Kita ambil contoh list gypsum yang memiliki ukuran panjang 2 meter (kotor), maka Cara Hitung Kebutuhan List Gypsum untuk bingkai plafon adalah :
  • Volume Ruangan : Ukuran Panjang List Gypsum = Kebutuhan List Gypsum 
  • 24 m1 : 2 meter = 12 batang.
Jadi kalo di simpulkan Kebutuhan List gypsum sebagai penghias plafon untuk di pasang di ruang keluarga sebanyak 12 Batang.

Ya bro, butuh 12 batang bro. Hitungan tersebut di ambil dari ukuran panjang list yang 2 meter (kotor), jika di ambil hitungan bersihnya bisa jadi 11 batang. 

Tapi yang pasti, kasih lebih saja lah bro, rugi sedikit tak apalah, takutnya nanti pada saat pemasangan ada list gypsum yang patah kena injak kah atau jatuh, dan lain sebagainya. 

Namanya pekerjaan kasar pasti ada saja hari sialnya, tapi jangan sampai kejadian ya bro, yang penting waspadalah dan hati - hati saat pengerjaannya. Nanti kalo jatuh dari stegger, segera bangun ya bro, Ok Bro.

Jika belum paham cara pasanganya, maka Berikut ini 6 Langkah Cara Praktis Pasang List Gypsum
yang bisa anda pelajari.

Itulah informasi mengenai Bagaimana Cara Hitung Kebutuhan List Gypsum Sebagai Penghias dan juga bingkai Plafon Rumah. 

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan di bagikan saja kepada rumput yang bergoyang, agar saya bisa selalu semangat dalam menghadirkan info yang menarik seputar plafon. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung, dan semoga bermanfaat.