Cara Pasang Skapolding Atau Steger Sebelum Buat Plafon Rumah

Sebelum buat plafon harus lah terlebih dulu pasang skapolding atau steger - Skapolding tidak bisa di passang secara sembarang, karena itu akan membuat anda terjatuh jika tidak di pasang secara baik dan benar. Apa itu Skapolding ?

Cara Pasang Skapolding Atau Steger Yang Baik dan Benar

Istilah lain skapolding adalah steger dan merupakan sebuah alat penyangga yang berguna untuk memudahkan pekerjaan kita para tukang bangunan, lebih khususnya lagi para tukang pasang plafon.

Pada saat membeli skapolding dari mereka yang menjual, itu biasanya kita mendapatkan dengan rangkaian yang terpisah, di mana kemudian nantinya kita sendiri yang pasang atau merakitnya. 


Bagaimana cara pemasangan skapolding yang baik dan benar tentu saja harus dilakukan oleh orang yang professional untuk menjamin keamanan dan keselamatan. Lalu bagaimana sebenarnya atau seperti apakah itu cara pemasangan Skapolding yang baik dan benar ?

Ok, berikut Cara Pemasangan Skapolding Atau Steger yang dan Benar ?

1. Mulai Merakit dari Tingkat Bawah lebih dulu.

Dalam memasang scaffolding jika ketinggian bangunannya lumayan tinggi, maka cara memasangnya itu harus dimulai dulu dari tingkat yang paling bawah. Jadi selesaikanlah dulu tingkatan bawah ini,

Lalu kemudian jika tingkat bawah sudah selesai di pasang, maka berlanjut ketingkat atas atau ke tingkat ke dua, jika tingkat dua selesai, maka lanjut ketingkat ketiga.

Jika pada tingkat ke tiga tangan masih belum bisa menggapai langit - langit yang akan di buat plafon, maka lanjut pemasangan skapoldingnya ke tingkat empat dan begitu seterusnya.

Untuk memasang atau merakit skapolding tingkat bawah, saya rasa bisa di lakukan dengan seorang diri jika memang anda tidak ada teman.

Perlu di ketahui skapolding terdiri dari 5 buah kompomen dengan rincian yaitu 2 buah tongkat atau tiang penyangga, lalu 2 buah silang, lalu 1 buah catwalk atau injakan.
Jika anda seorang diri, cara merakit skapoldingnya adalah sebagai berikut

  • 2 buah silang ujung satunya di masukan ke tongkat atau tiang penyang pada bagian sisi kiri dan kanan, lalu bagian atas dan bawah. Sebelumnya sandarkan di tembok atau dinding telebih dahulu tiang penyangganya.
  • Setelah 2 buah silang tersambung dengan 1 buah tiang penyangga, maka selanjutnya masukan ujung lainnya dari 2 buah silang ke 1 buah tiang penyangga.
  • Jika sudah maka tinggal meletakan catwalk atau tempat pijakan di atasnya.
  • maka selesai sudah pemasangan 1 buah skapolding. 
Jika bersama sama dengan teman, cara merakit skapoldingnya kurang lebih sama dengan cara di atas, namun agak sedikit berbeda dari waktu. Pemasangan dengan teman akan lebih cepat selesainy.

2. Menggunakan Alat Bantu Seperti Safty & Tali Tambang

Untuk melakukan pemasangan skapolding yang tinggi atau beberapa tingkat ke atas, sebaiknya anda harus lakukan perakitannya  dengan banyak teman secara bersama sama.

Selain itu, gunakanlah tali besar atau tali tali tambang yang untuk membantu menarik skapolding ke tingkat yang lebih atas. Selain di perlukan juga Safty sebagai pengan diri anda agar jika terjatuh tidak langcur ketanah, melainkan tertahan dengan safty tersebut alias bergelanatunga.

hal ini sangat untuk di lakukan untuk berjaga - jaga. Karena kasihan orang yang di rumah yaitu anak istri anda, jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan pada anda.

3. Pemasangan dengan Menggunakan Pipa.

Pemasangan yang baik dan benar untuk tingkatan skapolding yang sangat tinggi adalah dengan menggunakan semacam pipa penunjang. Biasanya jika anda membeli skapolding , maka tersedia juga pipa penunjangnya. Fungsinya adalah untuk mengunci agar susunan skapolding tidak goyang.

Bayang kan jika ada goyangan dengan susunan skapolding yang sangat tinggi lalu terjadi gempa bumi, waduuuh.  

Lalu, bagaimanakah cara menjaga kemananan dan keselamatan saat merakit scaffolding ? Pada ada dasarnya, skapolding memang harus dirancang, diubah, dan ketika selesai pekerjaan, maka harus juga dibongkar oleh mereka yang mungkin memang sudah ahli. 

Jadi, hal lain yang wajib harus di ketahui atau di perhatikan adalah sebagai berikut ini:
  • Skapolding harus dipelihara sesuai dengan petunjuk dari buku produksi skapolding pada saat membeli. Biasanya ini sudah disesuaikan dengan standard perindustrian yang digunakan. Jika memang anda menemukan ada bagian skapolding yang sudah rusak atau mungkin lemah, maka sebaiknya segeralh mengganti bagian tersebut.
  • Jangan menggabungkan bagian bagian atau komponen - komponen skapolding dari produsen yang berbeda beda. Karena kenapa ? karena hal ini sangat berbahaya.  Biasanya antara satu produsen dengan produsen lainya itu memiliki kualitas yang berbeda - beda, terutama dala bahan pembuatannya.
  • Letakkan Skapolding pada pondasi yang kuat dan rata. Hal ini bertujuan mencegah agar skapolding tidak roboh dan amblas ketanah, terutama saat sedang terdapat banyak pegawai yang berada di atas skapolding. Selain itu, ingat juga untuk tidak menggunakan material apapun untuk mengganjal skapolding. Hal ini bertujuan agar skapolding bisa tetap berdiri dengan seimbang. 
  • Jika anda memilih untuk menggunakan pengganjal, maka hal itu bisa sangat berbahaya. Jika anda menemui masalah yang menurut anda harus menggunakan pengganjal, maka akan ada baiknya untuk menemui ahli konstruksi terlebih dahulu atau tempat jual steger dimana anda membeli scaffolding tersebut.
  • Terakhir, anda harus ingat bahwa lebar scaffolding tidak boleh kurang dari 46 cm.


Ok, itulah ulasan mengenai Bagaimana Cara Memasang Skapolding atau Steger Yang Baik dan Benar sebelum anda buat plafon. Apakah Artikel ini Membantu ? Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel