Yuk, Kenali 3 Jenis Susunan Intalasi Listrik Untuk Rumah Tinggal Berikut Ini


larantukagypsum.com, 3 Jenis Susunan Intalasi Listrik Untuk Rumah Tinggal ~ Dalam teknik instalasi listrik terutama pada cara pemasangan jaringan kabel listrik itu terdapat beberapa jenis susunan instalasi listrik yang aman dan nyaman untuk rumah tinggal. 


Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas tentang Jenis - Jenis Susunan Instalasi listrik. susunan intalasi listrik ini kalo istilah lainnya adalah Rangkaian Instalasi Listrik. Jadi susunan itu sama juga dengan rangkaian.

Mengapa susunan instalasi ini perlu di ulas ? karena menurut ini perlu untuk di ketahui oleh konsumen, khususnya dari konsumen larantukagypsum.com yang rumahnya udah pernah di pasang di plafon sekaligus di pasangkan juga instalasi listriknya.

Khusus buat yang udah pro ataupun pemula tahukah anda, pada ketika saat bernegosiasi mengenai RAB atau Rencana anggaran biaya untuk instalasi listrik kepada konsumen, sering kali kita di banding-bandingkan dengan seorang ahli lainnya. Menurut saya wajar saja sih, itu memang hal yang lumrah dan biasa. 

Namun jika kita mampu memberi penjelasan yang mumpuni tentang jenis rangkaian instalasi listrik yang kita tawarkan, kemungkinan pihak konsument tidak akan mengatakan "Kemahalan" pada harga biaya pemasangan instalasi listrik yang kita tawarkan. Ketika para ahli yang sudah pro (instalatir) ingin memberikan kualitas instalasi listrik yang lebik baik tentu di butuhkan biaya yang lebih baik juga, betul tidak.

Ok, to the point saja ke persoalan mengenai 3 Jenis Susunan Instalasi Listrik Untuk Rumah Tinggal". sebelum berlanjut lihat dahulu keterangan gambar diagram Susunan Instalasi Listrik di bawah ini ya, agar bisa mudah di mengerti.


3 Jenis Susunan Listrik Yang Aman dan Nyaman Untuk Rumah Tinggal :

1. Instalasi listrik single line (1 MCB)

Jenis instalasi listrik single line atau instalasi listrik dengan menggunakan 1 MCB ini terdapat banyak di rumah - rumah lama. Instalasi listrik bertype 1 MCB ini  tidak memerlukan pemakaian listrik yang cukup besar, pemakaian listrik di kisaran mungkin hanya 4 ampere hingga 6 ampere saja. 

Jadi instalasi listrik single line ini, semua beban pemakaian listriknya hanya di bebankan kepada satu line saja. Contoh instalasi listrik single line bisa terlihat seperti gambar pada gambar bawah ini, 


2. Instalasi listrik duo line (2 MCB)

Jenis Instalasi listrik duo line ini harganya agak sedikit lebih mahal , namu lebih aman serta lebih tahan lama dari pada instalasi listrik single line, mengapa ?

karena Jenis instalasi listrik seperti ini memerlukan komponen susunan instalasi listrik yang agak sedikit lebih banyak, karena beban pemakaian listrik akan di bagi menjadi 2 bagian dengan menggunakan 2 MCB (Miniature Circuit Breaker). Berikut di bawah ini adalah contoh gambar susunan instalasi listrik dua line..


3. Instalasi Listrik Mutli Line (Multi MCB)

Jenis Instalasi listrik mutli line ini adalah jenis susunan instalasi listrik yang sangat sangat aman dan sangat propesional. karena jenis susunan instalasi listrik multi line ini jauh lebih aman dari pada kedua susunan instalasi listrik yang di paparkan di atas. 

Selain itu jenis instalasi listrik multi line ini akan memanjakan konsumen (pemilik rumah), jadi ketika suatu saat terjadi konsleting listrik, maka tidak semua listrik di dalam rumah akan mati, melainkan hanya pada bagian yang korsletingnya saja, sehingga bisa terhindar dari adanya kebakaran yang di akibatkan oleh korsleting listrik. Karena MCB sudah memblokir pasokan arus listrik yang mengarah ke tempat terjadinya korsleting listrik dan membiarkanya yang lain tetap menyala.

Dalam membagi line itu biasanya di lihat dulu berdasarkan berapa banyak nya ruangan di dalam rumah dan berapa banyaknya AC (Air conditioner) yang akan di pakai. Jadi setiap AC harus di beri satu line tunggal. dan setiap ruangan juga di beri satu line untuk pemasangan stop kontak dan lampu. 

Jenis susunan instalasi listrik seperti ini memang akan memerlukan biaya extra dan material yang agak sedikit banyak dari pada ke dua jenis instalasi listrik yang sudah di jelaskan di atas. Namun semua itu akan terpuaskan, karena susunan instalasi listrik jenis ini, sekali lagi, sangat, sangat aman dan juga akan lebih tahan lama. 

Jadi kesimpulannya susunan instalasi jenis ini, beban pemakaian listriknya di bagi ke banyak line. Sehingga kabel instalasi yang terpasang tidak akan cepat panas dan tidak akan cepat rusak karena beban di setiap linenya sangat sangat ringan. Lihat Contoh gambar instalasi listrik multi line (multi mcb) berikut ini :


Ok di cukupkan sekian ulasan mengenai 3 Jenis Susunan Instalasi Listrik Untuk Rumah Tinggal. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Yuk, Kenali 3 Jenis Susunan Intalasi Listrik Untuk Rumah Tinggal Berikut Ini"

Posting Komentar