Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Mudah", Cara Potong Papan Gypsum Yang Baik Dan Benar

Cara memotong atau membelah papan gypsum | Di dalam pembuatan plafon rumah berbahan gypsum, ketika pembuatan rangka sudah selesai di kerjakan, maka langkah selanjutnya adalah penutupan plafon pada rangka dengan menggunakan papan gypsum. Nah dalam pengerjaan penutupan ini pasti ada saja bagian - bagian papan gypsum yang harus di potong.

Gypsum Board

Untuk pembuatan plafon model biasa, pemotongan papan gypsum biasanya tidak terlalu banyak, karena pemotongan di lakukan pada bagian - bagian tepi sisi tembok, di mana bagian tepi tembok ini adalah merupakan ukuran buangan atau sisa ukuran yang tidak memungkinkan 1 lembar papan gypsum utuh untuk di pasang.

Sedangkan untuk pembuatan plafon yang ada model seperti model minimalis atau model modern, pemotongan papan gypsum biasanya agak sedikit lebih banyak atau bahkan mungkin hampir tiap 1 lembar papan gypsum itu akan memerlukan pemotongan.

Artinya tidak ada 1 papan gypsum yang utuh bisa di pasang., karena mengikuti model plafon yang akan di buat. Ok, saya anggap anda sudah paham bagian - bagian papan gypsum yang mana saja yang akan di potong.

Jadi dalam artikel kali ini larantukagypsum.com hanya akan membahas bagaimana cara potong papan gypsum ini ? Cara memotong papan gypsum ini tidaklah repot seperti memotong pada papan triplek, papan grc, dan lain - lain.

Anda pasti sudah pernah melakukan bagaimana cara memotong triplek ? jawabnya pasti ya dengan menggunakan gergaji, setelah sebelumnya di buat garis terlebih dahulu dengan menggunakan penggaris, bisa juga membuat garis dengan menggunakan tali sifat.

Dan setelah garis terbuat barulah triplek bisa di potong. pemotongannya mungkin membutuhkan waktu 2 menit sampai 5 menit untuk ukuran panjang triplek.

Pada papan gypsum kalo cara membuat garisnya mungkin hampir sama dengan pemotongan pada triplek.

Namun alat untuk pemotongannya ini tidak sama alias tidak di lakukan dengan menggunakan gergaji, dan juga prosesnya juga tidak akan sampai di waktu 2 menit, apalagi sampai 5 menit. Lalu dengan mengunakan alat apa sih, kok banyak sekali basa basinya artikel ini ? jhahahaha.....

Ok, langsung saja.....!!!!!

Cara Potong Papan Gypsum

Pemotongan pada papan gypsum tidak usah pakai gergaji, melainkan cukup hanya dengan menggunakan PISAU CUTTER. Anda tahu apa itu pisau cutter ?

Itu lho pisau yang biasa di gunakan untuk memotong kertas. Jika anda suka pergi ke kios fotocopy anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pisau cutter.

Jika lagi buru - buru Anda bisa simak langsung 
video bagaimana cara potong gypsum board di bawah ini :

Yup, Cara potong papan gypsum ini di lakukan dengan menggunakan pisau cutter seperti berikut ini :
  • Ukur terlebih dahulu papan gypsum yang mau di potong dari ujung satu dengan ujung satunya lagi.
  • Lalu buat garis dengan menggunakan penggaris, atau bisa juga dengan menggunakan tali sifat.
  • Jika pada waktu pembuatan rangkanya dengan menggunakan hollow atau sejenis baja ringan, maka untuk pemotongan papan gypsumnya lebih mudah lagi, tinggal gunakan hollow saja langsung tempatkan di garis yang sudah di buat. Panjang hollow di sesuiakan dengan panjang papan gypsum yang akan di potong.
  • Setelah garis di buat, maka tinggal di pisau cutter saja, mau itu potong dengan mengikuti garis atau dengan memakai hollow. Anggap saja seperti memotong kertas. Karena papan gypsum memang permukaannya ada lapisan kertas.
  • potong saja papan gypsumnya dengan menggunakan pisau cutter. Ingat cukup sekali tarik saja, dan hasil tarikan dari pisau cutter tidak menembus ke lapisan bawah juga tidak apa - apa. yang penting ada bekas pisau cutter saja.
  • Setelah tarikan pisau cutter di lakukan, selanjutnya balik papan gypsum, lalu lakukan pemukulan sedikit pada papan gypsum dengan menggunakan telapak tangan, sampai papan gypsum bengkok atau patah, sehingga bisa terlihat lekukan garis seperti garis yang di hasilkan oleh tarikan pisau cutter tadi.
  • Setelah papan gypsum bengkok atau patah dan terlihat lekukan garis, maka tidak serta merta potongan papan gypsum langsung terpisah melainkan masih ada lapisan kertas yang belum terpotong. Jadi selanjutnya adalah tarik lagi lekukan garis itu dengan menggunakan pisau cutter, sampai bagian papan gypsum terpisah, dan selesai lah sudah. Kalo sudah lancar pemotongannya, mungkin tidak sampai satu menit e....

Dan kurang lebih seperti gambar di bawah inilah ilustrasinya :

Gambar 1
Ukur terlebih dahulu papan gypsum yang mau di potong dari ujung satu dengan ujung satunya lagi

Gambar 2
Lalu buat garis dengan menggunakan penggaris, atau bisa juga dengan menggunakan tali sifat.

Gambar 3
Setelah garis di buat, maka tinggal di pisau cutter saja, mau itu potong dengan mengikuti garis atau dengan memakai hollow.

Gambar 4
Potong bagian belakang Papan Gypsum Dengan Menggunakan Pisau Cutter Kembali

Ok, jadi begitulah cara pemotongan papan gypsum menurut versi larantukagypsum.com, Cukup mudah dan cepat bukan ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah di blob ini. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.
Mang Wendy
Mang Wendy Sehabis shalat isya sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini. Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin proyek plafon 1juta M2. "Apaaaa....!!!! 1 juta M2 ??? Memangnya kebun jeruk, (Anda bermimpi). Hehehehe..."