Rumus Menghitung Keramik


Bagaiman Rumus cara menghitung kebutuhan keramik untuk lantai rumah anda | Akan saya sajikan pada bahasan kali ini. Seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya bahwa keramik adalah salah satu material bahan bangunan untuk pembuatan lantai di rumah anda.

Ketika mau beli keramik, biasanya bapak / ibu menanyakan terlebih dahulu pada pekerjanya atau tukang, Berapa mas Jumlah keramik yang di butuhkan ? Maka oleh karena itulah pada kesempatan kali ini plafon gypsum larantuka akan membagikan rumusnya.
Rumus Menghitung Kebutuhan Keramik
Namun sebelumnya perlu di ketahui dulu, bahwa Keramik yang di pasaran cara jualnya itu bukan dengan berupa kepingan, perbiji atau perbuah keramik, melainkan sudah di kemas dalam bentuk kardus atau dos. Satu dos keramik umumnya berisi beberapa keping, yang apabila di satukan, maka akan membentuk "Luas" yaitu "1 M2". 

Keramik per satu dosnya memiliki jumlah yang berbeda - beda, tergantung dari ukuran keramiknya itu sendiri, misalkan :
  • keramik yang berukuran "20 cm x 20 cm". Maka persatu dosnya itu berisi 25 keping.
  • keramik yang berukuran "30 cm x 30 cm" , maka persatu dosnya berisi 11 keping.
  • keramik yang berukuran "40 cm x 40 cm" , maka persatu dosnya berisi 6 keping.
  • keramik yang berukuran "60 cm x 60 cm" , maka persatu dosnya berisi 4 keping.
Untuk mengetahui kebutuhan keramik lantai, pada dasarnya perhitungan bisa di ketahui dengan mengukur luas ruangan terlebih dahulu, lalu pilih "ukuran keramik" yang akan di gunakan misalkan ukuran kermaik yang 20cm kah, 30cm kah, 40cm kah, atau yang 60 cm.

Lalu hitung "luasnya". Setelah itu "Hasil Luas Ruangan" di bagi "Hasil Luas Keramik", maka hasilnya adalah "Jumlah Keramik" yang di perlukan.


Untuk berjaga - jaga umpama nanti keramik ada yang pecah, cacat, atau rusak, maka jumlah keramik bisa di tambahkan atau di buat lebih sekitar 3 % dari hasil perhitungan. Namun khusus untuk pemasangan keramik dengan pola diagonal, harus di tambahkan sekitar 7 %. Karena mengingat pemasangan keramik pola diagonal ini nantinya akan ada banyak pemotongan keramik di pinggiran lantai.

Dan berikut di bawah ini adalah rumusnya  :


Kebutuhan Keramik (keping) = (A:B) + (3/7%xA:B)
Keterangan :
  • A = Luas Ruangan
  • B = Luas Keramik
  • C = Pemasangan Keramik Secara Horizontal
  • D = Pemasangan Keramik Secara Diagonal.
Mengingat keramik yang di jual pasaran itu berupa kemasan atau dos, artinya tidak bisa membeli per keping, maka perhitungannya adalah Kebutuhan Keramik (Dos/Kardus) = Kebutuhan Keramik (Keping) : Isi Keramik (Kardus)".

Bagaimana, apakah bisa di pahami ? bila mana belum bisa di pahami, tolong di baca ulang ya sampai anda memahaminya.

Jadi, seperti itulah rumus cara menghitung kebutuhan keramik untuk lantai rumah anda. semoga bermanfaat...