Inilah Manfaat Dari Papan Gypsum Untuk Pembuatan Plafon & Partisi Dinding

Manfaat dari papan gypsum sebagai pengganti plester dinding | Tahun 1920 adalah pertama kalinya gypsum board atau papan gypsum ini mulai di perkenalkan dalam dunia desain pembuatan partisi rumah maupun langit - langit atau plafon rumah. Dan sekarang papan gypsum ini telah mengubah pandangan masyarakat khususnya pandangan seorang desainer bangunan tentang konstruksi dinding interior sebuah rumah.

Selain itu gypsum board ini juga dikenal dengan nama sheetrock atau drywall, dan lebih di kenal lagi dengan papan gypsum atau gypsum board. Ada beberapa keuntungan jika ingin membuat partisi atau sekat dengan menggunakan papan gypsum diantaranya adalah harganya yang relatif terjangkau dan juga sangat mudah, cepat dalam proses pengerjaanya. Hasil akhir fisihing pun tidak kalah rapih dengan pembuatan skat dinding dari batu bata.
Papan Gypsum
Gypsum Board Atau Papan Gypsum
Papan gypsum dalam bahasa ingrisnya di namakan gypsum board yang artinya papan yang terbuat dari serbuk - serbuk gypsum yang sudah di proses dan di lapisi kertas khusus, lalu di bentuk seperti sebuah papan dengan lebar 120 cm dan panjang 240 cm, sehingga di namakan papan gypsum atau gypsum board.

Papan gypsum ini adalah jenis bahan terfavorit sampai sampai saat ini dimana papan gypsum ini di gunakan untuk bahan pembuatan plafon atau langit - langit di rumah anda. Namun yang akan plafongypsumlarantuka.com bahas pada saat ini adalah penggunaan papan gypsum untuk pembuatan skat dinding atau partisi. Dalam dunia pembangunan rumah skat dinding ini biasa di kenal dengan istilah partisi ruangan.

Yup, jadi penggunaan papan gypsum juga bukan hanya untuk pembuatan plafon rumah, namun bisa juga di gunakan untuk pembuatan skat dinding atau partisi dinding. Caranya hampir sama dengan pembuatan pada plafon rumah yaitu di buatkan rangka lebih dahulu, baru bisa memasang papan gypsum ini.

Perbedaanya papan gypsum bila di gunakan untuk plafon rumah dengan papan gypsum bila di gunakan untuk partisi dinding, mungkin hanya beda dari permukaan saja ya. Kalo untuk plafon rumah, papan gypsum hanya akan menampilkan 1 muka saja, karena 1 mukanya menghadap ke atas dan tidak terlihat.

Namun untuk skat dinding ini biasanya suka menampilkan 2 muka, misalkan 1 mukanya menghadap ke luar ruangan, dan 1 mukanya menghadap ke dalam ruangan, sehingga skat dinding menjadi 2 muka. Awas ya, jangan salah tafsir, bukan maksudnya orang bermuka dua ya...?? Kalo orang muka dua itu berarti,  di depan terlihat baik, namun di belakang malah suka menusuk.... hehehe.. jangan terlalu serius bacanya, teman...

Perlu di ketahui papan gypsum atau gypsum board itu memiliki bentuk yang padat dan kering, bahkan ada juga yang lentur. Selain itu seperti yang sudah di sebutkan di atas, dalam hal pemasangan gypsum board atau papan gypsum ini khusunya untuk skat dinding itu sangat mudah dan cepat, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Anda juga bisa bandingkan dan membyangkan, jika pembuatan skat dinding dengan menggunakan batu bata dalam hal pengerjaannya sesudah pasang batu bata itu harus plester dulu, selesai plester lalu aci, selesai aci harus menunggu kering dulu acian sampai beberapa hari, baru anda bisa melakukan pengecatan.

Namun jika anda dalam membuat skat dinding menggunakan papan gypsum, anda cukup membuat rangka, lalu menempelkan papan gypsumnya dengan cara di skrup, lalu dempul pada sambungan, lalu gosok dempulannya, tidak usah menunggu sampai berhari - hari sudah langsung bisa di cat skat dindingnya, selesai deh.....simple bukan...!!!

Perbedaan waktu dalam pengerjaan pembuatan skat dinding dengan menggunakan batu bata, lalu plester aci, itu misalkan di butuhkan waktu selesai 1 minggu, namun jika pembuatan skat dindingnya dengan menggunakan papan gypsum itu cukup  3 hari saja. Berapa hari coba selisih waktu selesainya tuh ? 4 hari bukan. Semakin cepat selesai dalm sebuah pekerjaan itu semakin mengurangi juga biaya pengeluaran seperti makan, rokok, dan lain - lain, betul tidak teman..

Ok, berikut di bawah ini adalah  ringkasan mengenai manfaat dari selembar Papan Gypsum bila di gunakan untuk partisi dinding  :
  • Harga gypsum board atau papan gypsum lebih murah
  • Pengerjaannya mudah
  • Perawatan dan perbaikan nya  juga lebih mudah
  • Papan gypsum memiliki berat yang lebih ringan dari pada dinding batu bata, 
  • Tekanan pada struktur dinding konstruksi juga menjadi lebih ringan
  • Papan gypsum lebih tahan terhadap api
  • Tidak harus menunggu berhari - hari menunggu kering.

Bahan baku untuk drywall adalah gypsum yang merupakan mineral abu-abu keputihan juga dikenal sebagai kalsium sulfat. Zat ini, ditambang dari tanah, berisi kristal air sekitar 20% hal ini yang memberikan papan gipsum lebih tahanan terhadap api.

Setelah ditambang, material gypsum dihancurkan dan dikeringkan, kemudian dilakukan proses calcination pada gypsum, pada proses ini mengurangi kandungan kristal air. Ini memakan waktu sekitar setengah jam.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan air dan bahan lainnya untuk membentuk Plaster Paris (Dinamai setelah deposit gypsum besar di Montmartre di Paris). Plester kemudian terjepit di antara dua lembar kertas diperlakukan khusus untuk membentuk papan dinding selesai.

Papan Gypsum tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi yang paling umum adalah lembaran tebal 8 – 12 mm, dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m. Namun ukuran papan gypsum bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Papan gypsum Atau Gypsum Board juga memiliki berbagai macam merek antara lain, jayaboard, elephant, knauf dan aplus, dengan macam jenis yaitu sebagai berikut:
  • Tipe X, memiliki ketahanan terhadap panas atau api.
  • Jenis Vapor Barrier, biasanya dilengkapi dengan foil untuk menahan kelembaban
  • Inti papan gypsum anti air, biasa digunakan di dapur dan kamar mandi
  • Papan gypsum Exterior , untuk digunakan di langit-langit eksterior, sofit dan atap

Jadi keuntungan tersebut dapat memudahkan para desainer dalam membangun konstruksi ruangan pada dinding....semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel