Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cat Plafon Belang ? Begini, Cara Paling Termudah Mengatasi Belangnya

Mungkinkah sobat gypsum pernah mengalami cat belang pada plafon yang sedang di kerjakan saat hendak finshing? Padahal pengecatan sudah di lakukan dengan benar hingga ke tahapan yang mencapai 3 kali lapisan atau bisa jadi mengalami belangnya sebulan sesudah finishing pengecatan di lakukan.

cat plafon belang

Perlu sobat ketahui, bahwa terdapat banyak faktor saat finsihing pengecatan yang dapat mengakibatkan cat plafon belang meskipun sudah pengecatan sudah dilakukan hingga mencapai 3 kali lapisan termasuk pengecatan pada dinding tembok ruangan.

Pemakaian cat pada hingga 3 lapis merupakan batas maksimun, dimana finsihing cat bisa rata, bagus, dan rapih. Tetapi, akan menjadi tetap belang bilamana terdapat kesalahan dalam pengerjaan pengecatannya, di mana hal ini berlaku juga pada dinding atau tembok ruangan rumah.

Maka dari itu, mesti diketahui dan dipahami dulu tentang bagaimana cara sobat mengecat plafonnya, cat warna apa saja yang di gunakan, apakah permukaan plafon yang akan di catnya sudah benar-benar terbebas dari debu dan kotoran ataukah belum, dan lain sabebagainya.

Beberapa hal-hal tersebut mesti sobat perhatikan terlebih dahulu sebelum pengerjaan pengecatan plafonnya di lakukan agar bisa terbebas dari cat plafon belang, dimana kasusnya hampir sama dengan lembab berjamur pada dinding ataupun plafon.

Penyebab Cat Plafon Belang

Sebelum ke bagaimana cara mengatasi cat plafon belang, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang faktor-faktor penyebabnya kenapa cat plafon bisa belang.

Penyebab cat plafon belang ini mencakup saat pencapaian pengecatannya sudah mencapai maksimal hingga 3 lapis. Dan bisa pula mencakup ketika plafon sudah di cat dengan pencapaian yang sempurna dan rapih, namun sebulan kemudian atau dalam periode tertentu cat plafon menjadi belang.

Cat plafon yang belang atau berubah warna sebagian mungkin bisa jadi di sebabkan oleh sejumlah faktor dan berikut ini faktor-faktor penyebab cat plafon menjadi belang yang bisa sobat ketahui:

1. Terkena Paparan Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari secara berkelanjutan atau berkepanjangan dapat memudarkan warna cat pada plafon, terutama cat plafon yang digunakan tidak tahan terhadap sinar Ultra Violet (UV) atau cat plafon berkualitas rendah.

Perihal tersebut bisa saja terjadi, jika ruangan dalam rumah terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Tetapi, bila plafon ruangan yang menurut sobat tidak pernah terkena langsung paparan sinar matahari dan cat plafonnya tetap belang. Maka, penyebab yang satu ini bisa sobat abaikan dan berlanjut pada penyebab berikutnya.

2. Terkena Lembab atau Kelembapan

Tahukah sobat gypsum yang kami cintai, bahwasanya kelembapan yang tinggi dalam sebuah ruangan dapat menyebabkan cat mengalami kerusakan terutama pada saat sedang mengecat dan akan mengalami pengelupasan saat pengecatan selesai.

Plafon yang terkena lembab berlebih atau bocor juga merupakan salah satu penyebab yang harus sobat deteksi saat cat plafon jadi belang, baik saat baru saja menyelesaikan pengecatan hingga sudah mencapai 3 lapisan atau pada saat sudah 1 bulan lebih pengecatan barulah terjadi belang pada plafonnya.

3. Nempelnya Kotoran dan Debu

Proses kenapa cat plafon tetap belang saat pengecatannya sudah mencapai batas lapisan maksimal yakni 3 lapis, maka penyebab utamnya adalah polusi udara dan debu yang kotor dan menempel pada permukaan plafon yang tidak sobat bersihkan terlebih dahulu sebelum pengecatan.

Ya, polusi udara dan debu atau partikel debu, kotoran, dan polusi udara lainnya dapat menempel pada permukaan plafon secara tiba-tiba yang dapat mengubah warna plafon menjadi belang.

4. Terjadi Reaksi Kimia Dalam Ruangan

Sudahkah sobat gypsum mengetahuinya, bahwasanya beberapa bahan yang mungkin tidak tidak sobat sadari di sekitar tempat kerja bisa merusak kualitas cat yang dapat menyebabkan pula perubahan pada warna saat pengecatan plafon dimulai.

Adapun bahan-bahan terutama bahan berupa zat yang bisa merusak kualitas cat, beberapa diantaranya adalah asap rokok, serpihan tembakau rokok, penguapan minyak, hingga bahan kimia yang terdapat dalam ruangan.

5. Kualitas Cat Plafon Yang Rendah

Faktor penyebab kenapa cat plafon belang yang kelima, ialah kualitas cat yang di gunakan untuk mengecat plafonnya tergolong rendah atau tidak memiliki kualitas yang baik.

Jika cat yang dipergunakan pada plafon memiliki kualitas yang rendah atau tidak cocok dan sesuai dengan untuk permukaan tertentu, maka cat tersebut dapat dengan cepat mengalami perubahan warna yang bisa pula mengakibatkan pengelupasan.

6. Pemeliharaan Plafon Yang Buruk

Penyebab yang ketiga mengapa cat plafon belang, mungkin karena perawatan atau pemeliharaan yang sobat lakukan pada plafonnya terbilang buruk.

Dengan kurangnya perawatan atau dengan perawatan yang salah terhadap plafon dan catnya, maka dapat pula menyebabkan perubahan pada warna plafonnya. Akan tetapi, hal ini jarang terjadi tetapi sobat bisa menganalisanya hingga tahap ini bila poin-poin diatas tidak masuk logika atau masuk akal seperti yang sobat pikirkan.

Cara Mengatasi Cat Plafon Belang

Setelah sobat memahami faktor-faktor penyebab kenapa cat plafon belang, baik pada saat pengecatan hingga batas maksimal 3 lapis ataupun dalam batas waktu sebulan lebih setelah pengecatan.

Maka, sobat bisa mengatasi cat plafon belang secara mudah dan praktis dengan langkah-langkah yang bisa sobat coba, dimana ini juga merupakan solusi agar finishing akhir cat dinding tidak belang, sebagai berikut:
  1. Pembersihan: Pertama-tama, bersihkan plafon secara menyeluruh dengan menggunakan lap bersih yang lembut dan cairan pembersih ringan. Pastikan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda lainnya dari permukaan cat.
  2. Pengelupasan Cat Lama: Jika cat plafon mengelupas atau terkelupas, Sobat perlu menghapus cat lama yang rusak. Gunakan kikir atau alat pengelupas untuk mengangkat cat yang terkelupas secara perlahan.
  3. Pengamplasan: Setelah cat lama dihapus, haluskan permukaan plafon dengan kertas amplas yang halus. Ini akan membantu membuat permukaan lebih rata dan memungkinkan cat baru menempel dengan baik.
  4. Primer: Oleskan lapisan primer pada plafon yang telah dihaluskan. Primer membantu menciptakan permukaan yang lebih baik untuk pengecatan ulang dan membantu cat baru menempel lebih baik.
  5. Pengecatan Ulang: Setelah primer kering, Sobat bisa mulai melakukan pengecatan ulang. Pilih cat berkualitas baik yang sesuai dengan jenis plafon dan kebutuhan Sobat. Pastikan untuk mengaduk cat dengan baik sebelum mulai mengecat.
  6. Pengecatan Lapisan Tipis: Cat plafon dengan lapisan tipis, memberikan cat yang lebih tipis tetapi lebih merata. Ini akan membantu menghindari penumpukan cat yang berlebihan.
  7. Pengeringan: Biarkan cat mengering sepenuhnya sesuai dengan petunjuk pada produk cat yang Sobat gunakan. Jangan biarkan ada paparan kelembaban atau air selama proses pengeringan.
  8. Perawatan Lanjutan: Setelah pengecatan selesai, usahakan untuk menjaga lingkungan ruangan tetap bersih dan hindari paparan sinar matahari berlebihan, kelembaban tinggi, atau asap yang dapat merusak cat.
Jika Sobat merasa sulit untuk mengatasi masalah ini secara mandiri, pertimbangkan untuk memanggil profesional dalam bidang pengecatan atau dekorasi interior untuk mendapatkan saran dan bantuan yang lebih lanjut.

Demikian pembahasan tentang kenapa cat plafon belang dan apa saja penyebabnya serta bagaimana cara mudah dalam mengatasi belangnya yang bisa sobat baca kembali ulasannya diatas, bilamana sobat belum dapat memahaminya.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung sekaligus menyimak isian materi pembahasannya, semoga bermanfaat.